Sabtu, 21 Desember 2019

RASIONALITAS ISLAM DALAM KOMSUMSI Heri Sutopo 15800002



A.    PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Masalah
Prilaku ekonomi masyarakat baik dalam konsumsi maupun produksi senantiasa diukur pada sisi rasionalitasnya semata. Dimensi rasionalitas ini menyemangati pelaku ekonomi untuk bertindak sesuai dengan logika kepentingan yang menjadi orientasi dalam dirinya. Sebuah prilaku dapat dianggap rasional, jika sesuai dengan standar logika yang diinginkannya. Jika ekonomi adalah upaya seseorang dalam mencari dan memenuhi kebutuhannya, maka rasionalitas ekonomi adalah bagaimana orang itu dapat mewujudkan sikap dan prilakunya itu untuk meraih kebutuhan yang diinginkannya. Jika ia tidak bisa memenuhi kebutuhan sesuai dengan keinginannya itu, maka dianggap tidak rasional.
Prilaku rasionalitas ekonomi demikian telah menjadikan motif individu sebagai panglimanya. Dalam realita di lapangan, sangat mengundang masalah serius di masyarakat. Dengan menekankan pada kepentingan pribadi semata dalam mengukur rasionalitas rawan berbenturan dengan pelaku ekonomi lain. Rasionalitas mempunyai standarnya sendiri-sendiri dalam tiap individu di masyarakat.
Secara naluriah, semua manusia menginginkan kehidupan yang bahagia dan sejahtera. Beberapa cara, dari mulai yang ideal sampai yang pragmatis, mereka tempuh untuk mencapai tujuan itu. Walaupun mereka memiliki cita-cita hidup yang sama, tetapi cara mereka mewujudkannya seringkali berbeda-beda. Bahkan tidak jarang saling berlawanan antara satu dengan lainnya. Dalam konteks jenis pencarian ekonomi, misalnya; para pedagang merasa bahagia dengan pekerjaannya. Bagi petani, pedagang merupakan jenis pekerjaan yang melelahkan. Berbeda dengan bertani, dapat dikerjakan dengan santai, tidak dikejar  target, dan pada saatnya tinggal menunggu panen. Berbeda lagi dengan para guru yang menganggap pekerjaannya lebih mulia dan “mencerdaskan”. Dan banyak lagi cara-cara lain yang dijalani manusia. Namun semuanya satu dalam tujuan, yaitu mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup.
Islam adalah agama yang mengatur kehidupan umatnya secara sempurna, bukan saja pada persoalan berkaitan dengan aqidah, akhlaq dan ibadah, namun juga persoalan mua’amalah. Slah satu aspek muamalah manusia adalah berkaitan dengan konsumsi. Konsumsi seorang muslim memiliki pola aturan dan pendekatan yang berbeda dengan seorang yang bukan muslim.
Kerangka kegiatan muammalat secara garis besar dapat dibagi dalam tiga besar, yaitu politik (Siyasah) Sosial (Ijtimai”yah) dan Ekonomi (Iqtishadiyah).[1] Dari ekonomi diambil tiga turunan yaitu konsumsi, simpanan dan investasi. Dalam kegiatan konsumsi, bekal yang dimiliki manusia adalah berupa akal dan fikiran, yang digunakan untuk manusia memilih dan menentukan fikiran terbaik dari berbagai alternative pilihan yang ada, sehingga apa yang menjadi tujuan konsumsi mereka dapat tercapai.
Pada umumnya teori perilaku konsumsi dalam ekonomi konvensional didasarkan pada pemikiran bahwa konsumsi adalah titik pangkal dan tujuan akhir dari kegiatan ekonomi masyarakat.[2] Berbeda dengan sitem Islam yang mengajarkan pola dan aturan komsumsi yang cukup seimbang tidak berlebihan yang pula tidak keterlaluan.[3]
Seorang konsumen muslim tidak hanya mencapai kepuasan dari konsumsi barang dan penggunanaan barang tahan lama, perilaku ekonomi konsumen muslim berpusat sekitar yang dikehendaki Allah Swt. Allah berfirman:
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ (١٥)
"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang berserah diri".[4]
Dari sana berarti kepuasan konsumsi seorang muslim tidak hanya sebagai fungsi jumlah dari sedekah. Sebagaimana firman Allah Swt:
الْمَالُ وَالْبَنُونَ زِينَةُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَالْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ خَيْرٌ عِنْدَ رَبِّكَ ثَوَابًا وَخَيْرٌ أَمَلا
46. harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.[5]
Seorang konsumen muslim mempunyai objek pengeluaran untuk sedekah. Pengeluaran ini tidak dapat dibandingkan dengan ekonomi dan Islam, pengeluaran untuk sedekah merupakan keharusan yang dilakukan tanpa memandang papakah kepuasaan maksimum dapat dicapai atau tidak. Al- Quran menegaskan istilah Tabdzir dan Israf.
إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا (٢٧)
27. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.[6]
Ayat lain:
 وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ (٣١)
Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan[535]. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.[7]

Doktrin Al-Qur’an ini secara ekonomi dapat ditafsirkan sebagai dorongan untuk surplus dalam konsumsi dalam bentuk simpanan, dihimpun dan kemudian dipergunakan untuk investasi dalam bentuk perdagangan (Tijarah), produksi (Manufactur) dan jasa (service). Dalam konteks ini diperlukan kehadiran lembaga yang mampu menjadi perantara (Intermediary) antara unit surplus dengan unit demand sangat diharapakan.
Konsumsi adalah permintaan, sedangkan produksi adalah penyediaan. Kedua hali ini bagian penting dalam kehidupan manusia. Kedua kegiatan tersebut merupakan hal primer disamping harus memperhatikan factor ekonomi lainnya, seperti sirkulasi dan distribusi. Konsumsi bagi sebagian manusia hanya sebuah kepuasan bagi individu-individu dangan mengesampingkan nilai moral suatu agama. Maka, Islam memandang bahwa bumi dengan segala isisnya merupakan amanah Allah kepada khalifahnya agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya bagi kesejahteraan bersama.
Semakin tinggi seseoarang memilik peradaban, semakin seorang itu terkalahkan oleh kebutuhan fisiologis karena factor-faktor psikologis, citarasa, keangkuhan dan dorongan untuk pamer. Dari semua itu dianggap fortor dominan dalam menentukan bentuk yang kongkrit dari kebutuhan fisologis. Dalam kondisi masyarakat yang primitive konsumsi sangat sederhanan, akan tetapi peradaban masyarakat modern telah mengubah factor-faktor tersebut dengan menghancurkan ketersediaan manusia akan kebutuhan-kebutuhan itu.
Peradaban materialistic dunia barat memperlihatkan bagaimana cara memperoleh kesenangan kepuasan dan membuat bermacam-macam dengan banyak kebutuhan, kesejahteraan seseorang diukur berdasarkan bermacam-macam sifat kebutuhan yang diusahakannya untuk dapat terpenuhi dan tercapai dengan upaya khusus.[8]
Dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini, tingkat hidup yang mengandung arti meluasnya kebutuhan-kebutuhan yang menambah perasaan ketidakpuasan dan kekecewaan akan hal-hal yang sebagaimana adanya, sehingga nafsu untuk mencapai memperolah konsumsi dengan tingkat yang lebih tinggipun bertambah. Islam tidak mengakui sifat materilistik dalam konsumsi dalam masyarakat peradaban modern. Oleh karena itu, bagi seorang muslim harus rasional dalam berkonsumsi terhadap segala yang diciptakan dan dianugerahkan Allah Swt kepada manusia. Sehingga konsumen muslim dalam membelanjakan atau mengkonsumsi barang-barang atau jasa berpihan kepada yang tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir atau pelit.
2.      Rumusan Masalah
a.       Apa yang dimaksud dengan rasionalitas ekonomi dalam berkonsumsi?
b.      Bagaimana rasionalitas Islam dalam berkomsumsi?

3.      Tujuan Penelitian
a.       Untuk mengetahui rasionalitas ekonomo dalam komsumsi
b.      Untuk mengetahui rasionalitas Islam dalam konsumsi



4.      Kajian Literatur
Setiap manusia berperilaku untuk memenuhi keinginannya adalah sebagai konsumen (Smith, 1776). Makna konsumen akan berbeda dalam doktrin ekonomi yang berbeda. Dalam Ekonomi konvensional mendefinisikan konsumen adalah sebagai kepuasan maksimum (maximum utilities) atas kebutuhan material, sedangkan norma dan nilai religious tidak hadir disini (Friedman, 1979). Perilaku dari konsumen konvensional bervariasi karena budaya dan karakter diberbagai bidang kehidupan (Weber, 1958). Kepentingan pribadi (self interest) dan Rasionalisme ekonomi adalah cara menentukan konsumsi dan nilai religius dipertimbangkan disini (Quiggin, 1997). Sebaliknya, ekonomi Islam menggabungkan baik positif dan normatif pada pemandangannya.
Yaitu prinsip dan mendefinisikan konsumen sebagai kepuasan maksimum dalam hal materi serta kebutuhan dan kebutuhan spiritual, di mana, norma dan nilai religius adalah faktor kuat (Chapra, 1995). Rasionalisme ekonomi Islam meliputi agama, sosial dan agama nilai budaya untuk mengatur konsumsi (Ahmad, 1992). Mannan (1984) dalam bukunya menyerukan kehadiran Konsumen sebagai orang islam. Selain faktor nilai netral (Seperti disposable income, wealth), nilai yang diisikan adalah faktor (seperti kepercayaan, agama) juga penting untuk menentukan keinginan dan tuntutan konsumen islami (Kahf, 1980, 1996). Hasan (1985, 2005) dalam kritikannya terhadap kerangka konsumsi Fahim khan (1984, 1995) dan diskusikan kemudian teori konsumen Islam berhasil dalam memodifikasi konsep kelangkaan konvensional; antara keinginan, kebutuhan, permintaan, utilitas, dan kepuasan, untuk memenuhi norma dan persyaratan Islam Zarqa (1992) menyebutkan adalah sebagai imbalan atau hukuman pada kehidupan akhirat adalah sebagai perbedaan utama antara konsumen Islam dan konvensional. Bahkan dalam Konsumen Islam harus melepaskan konsumsi beberapa konsumen barang dan jasa yang berbahaya bagi masyarakat (Siddiqi, 1988, 2001). Makanya, model konsumen Islami memastikan keadilan sosial dan ekonomi (Haider Naqvi, 1997). Selain itu, khan (2013) menjelaskan bahwa, kerangka kerja teori perilaku konsumen konvensional tidak cukup untuk menjelaskan semua aspek perilaku konsumen, sehingga teori-teori Islam paling penting disini.
Rasionalisme Ekonomi Islam telah dirancang dengan beberapa asumsi. Seorang konsumen yang dapat memuaskan dirinya dengan asumsi akan dianggap sebagai konsumen Islam. Lebih tepatnya, konsumen Islam mengacu pada perilaku konsumen yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam (Hamid (2009)). Asumsi utamanya adalah sebagai berikut:[9]
a.                   Sebuah perilaku konsumen Islam didasarkan pada Rasionalisme ekonomi dan ketakutan akan Allah, Pencipta dan Tuhan Yang Maha Esa. Sebuah desain konsumen dengan pola konsumsinya untuk menyenangkan hati Allah Yang Maha Kuasa. Ini adalah masalah rasa syukur; ini juga adalah merupakan ibadah (‘Ibadah).
b.                  Konsumen Islam sangat percaya pada Syariah Islam .Syariah adalah hukum ilahi yang diwahyukan Qur'an dan Sunnah. Al-Qur'an adalah kitab dari Allah mengungkapkan kepada Nabi Muhammad SAW dan Sunnah digunakan sebagai penjelas. Hadist adalah  adalah ucapan, tindakan, kebiasaan dan kejadian Nabi Muhammad (SAW).
c.                   Konsumen dianggap sebagai ekonomi dan moral Utilitas maksimum. Dia menentukan konsumsi miliknya dalam hal prinsip moral dan etis. Etika dapat didefinisikan sebagai moral Prinsip yang membedakan antara benar Dan salah dan antara baik dan buruk (Beekun, 1997).
d.                  Dia bisa mengendalikan keinginan dan permintaannya.
e.                   Utility atau Satisfaction berasal dari duniawi (kehidupan sebelum kematian) dan Surgawi (hidup setelah kematian) konsumsi.
f.                   Dia hanya mengkonsumsi berguna sekaligus menghindari bahaya dalam barang dan jasa, untuk dirinya sendiri dan untuk keseluruhan masyarakat. Apalagi menjadi kooperatif dan bertanggung jawab sosial, yang selalu memperhatikan kekurangan konsumen lain di masyarakat.
g.                  Menghabiskan di moderasi tidak sebagai kikir atau tidak boros, baik untuk di sini (duniawi) dan Akhirat (surgawi) hidup. Sadaqah (Amal atau Sumbangan) dan zakat adalah instrumen Islam untuk pengeluaran. Zakat adalah kekayaan Islam wajib dan pajak untuk mendistribusikannya di antara orang miskin dan yang membutuhkan Ini adalah pilar ketiga Islam.
h.                  Ketat pada kehalalan dan keharaman  masuk produk-produk konsumsi. Halal berarti diperbolehkan dan Hal atau kegiatan yang sah yang diizinkan oleh Syariah Haram berarti hal-hal yang melanggar hukum atau kegiatan yang dilarang oleh Syariah tidak menimbun kekayaannyadan  lebih suka memimpin yang sederhana dan moderat dalam kehidupan.

5.      Metode penelitian
Makalah ini menggunakan analisis dekskriptif pada “ Rasionalitas Islam dalam Konsumsi” menggunakan Al-Qur’an dan hadist, artikel, jurnal dan buku-buku referensi. Dan sebagai tambahan dari internet dan lain-lain.






B.     PEMBAHASAN

1.      Rasionalitas Dalam Perilaku Ekonomi
Pemahaman tentang rasionalitas ekonomi tidak bisa dilepaskan begitu saja dari pengertian ilmu ekonomi itu sendiri. Ilmu ekonomi didefinisikan secara beragam, paling populer diantaranya adalah “ilmu yang mempelajari segala aktivitas yang berkaitan dengan produksi dan  distribusi di antara orang-orang”. Definisi ini dianggap masih kurang representatif sehingga para ahli ekonomi neo-klasik, seperti Lionel Robbins, mengajukan pengertian lain bahwa inti kegiatan ekonomi adalah aspek “pilihan dalam penggunaan sumberdaya”. Dalam pemilihan ini, lanjutnya, manusia menjumpai masalah kelangkaan (scarcity). Dengan demikian, sasaran ilmu ekonomi adalah bagaimana mengatasi kelangkaan itu. Dari situ muncul definisi ilmu ekonomi yang dipegang hingga kini, yaitu “sebuah kajian tentang prilaku manusia sebagai hubungan antara tujuan-tujuan dan alat-alat pemuas yang terbatas, yang mengundang pilihan dalam penggunaannya”.[10]
Ada beberapa penekanan dari pengertian tentang, prilaku manusia, pilihan dan alat pemuas yang terbatas. Unsur “prilaku manusia” muncul sebagai bagian dari aplikasi naluriah manusia untuk mencari kesejahteraan hidup. Sehingga itu harus diwujudkan melalui aktivitas. Prilaku ini tentu merupakan cerminan dari apa yang ada dalam diri pelakunya, yang berupa kepercayaan, kecenderungan berpikir, tata nilai, pola pikir dan juga ideologi. Term “pilihan” merupakan hal yang wajar pula, sebab manusia punya rasa, idealisme, dan kecenderungan-kecenderungan serta ukuran-ukuran tertentu yang menjadi standar dalam membentuk hidupnya. Pilihan ini juga tergantung pada yang ada dibalik pelakunya. Sedangkan term “alat pemuas yang terbatas” atau kelangkaan sumberdaya, mengandung makna ambigu, bisa ya bisa tidak. Relativity is an attribute of scarcity, menurut Zubair Hasan.[11] Dalam konteks ini bahwa tujuan manusia mencari kekayaan, penilaian tersebut dapat menjadi spirit untuk mendorong manusia mencapai kekayaan dengan secepatnya. Pendek kata term terakhir ini, mengimplikasikan adanya target tertentu yang harus dikejar pelaku ekonomi.
Dalam bangunan terminologi, konsep rasionalitas ekonomi itu muncul dan setiap orang yang dapat mencari kesejahteraan hidupnya (kekayaan material) dengan cara melakukan pilihan-pilihan yang tepat bagi dirinya, dengan prinsip jangan sampai dia tidak kebagian mendapatkan pilihan itu karena terbatasnya ketersediaan, maka orang tersebut dianggap melakukan tindakan rasional. Dalam lingkup yang lebih khusus, seorang produsen dianggap rasional jika ia dapat mencapai tujuan usahanya (keuntungan) dengan cara melakukan beberapa pilihan strategi, meminimalisasi kapital dan mendapatkan keuntungan maksimum. Demikian juga konsumen, ia dianggap rasional, jika ia dapat memenuhi atau melampaui batas maksimum kepuasannya dari alat-alat pemuas yang terbatas. Oleh karena itu, rasionalitas ekonomi dapat dipahami sebagai tindakan atas dasar kepentingan pribadi  (self-interest) untuk mencapai kepuasannya yang bersifat material lantaran kawatir tidak mendapatkan kepuasan itu karena terbatasnya alat atau sumber pemuas.
Maka dari situ, konsep rasionalitas ini menjadi fondasi penting bagi suatu standar prilaku ekonomi Konsep ini menjadi prinsip pembangun suatu ilmu ekonomi. Prinsip ini dijadikan parameter suatu tindakan tepat atau tidak tepat dalam kacamata ekonomi. Apabila suatu tindakan ekonomi sesuai dengan parameter tersebut berarti tindakan itu benar, demikian juga sebaliknya.

2.   Rasionalitas dalam Perspektif Islam
Ekonomi Islam menurut Chapra adalah branch of knowledge yang membantu manusia untuk mencapai kesejahteraan manusia melalui alokasi dan distribusi dari kelangkaan sumber daya yang mengikuti maqashid syariah. Ekonomi Islam sejatinya dapat menjadi kekuatan baru dalam mewarnai kehidupan manusia. Kombinasi dimensi spiritual yang meneduhkan serta rasionalitas yang meyakinkan sangat berpotensi untuk memperbaiki kondisi kehidupan manusia. Dengan itu, kesejahteraan dan kebahagian manusia tidak semata berlaku secara individual tetapi juga yang bersifat sosial.[12]
Kemudian hal yang menjadi dasar hukum rasionalitas dalam Islam adalah rasionalitas dalam perilaku pembelian konsumen muslim harus berdasarkan aturan Islam,[13] sebagaimana dalam Al-Qur’an sebagai berikut:[14]
a.       Konsumen muslim dinyatakan rasional jika pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kebutuan dan kemampuan. Sesuai dengan QS. Al-Israa: 29
وَلَاتَجْعَلْ يَدَكَ مَغْلُولَةً إِلٰى عُنُقِكَ وَلاَ تَبْسُطْهَا كُلَّ الْبَسْطِ فَتَقْعُدَ مَلُو مًامَّحْسُوْرًا
Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kami menjadi tercela dan menyesal.”
b.      Seorang konsumen muslim dapat dibilang rasional jika ia membelanjakan tidak hanya untuk barang-barang yang bersifat duniawi semata, melainkan turut pula untuk keperluan dijalan Allah SWT (fi sabilillah) sesuai dalam QS. al-Israa: 26
وَءَاتِ ذَا الْقُرْ بٰى حَقَّةُ, وَالْمِسْكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلاَ تُبَذِّ رْ تَبْذِ يْرًا
Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghamburkan (hartamu) secara boros.”
c.       Seorang konsumen muslim yang rasional akan mempunyai tingkat konsumsi yang lebih kecil dari konsumen non-muslim dikarenakan konsumsi hanya diperbolehkan untuk barang-barang yang halal. Hal ini sesuai dengan QS. Al-Baqarah: 173

إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ
فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ فَلا إِثْمَ عَلَيْهِ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (١٧٣)
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika di sembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa sedang ia tidak menginginkanya dan tidak melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang.
Dalam ketentuannya, jelas Islam memiliki keunikan tersendiri dalam hal syariah. Berbeda dengan sitem lainnya, Islam mengajarkan pola konsumsi yang moderat, tidak berlebihan, tidak keterlaluan, disebutkan dalam Al-Qur’an dengan tadzir dan kemuadziran.[15]
Sebagai Konsumen muslim tentunya ajaran Islam tidak menganjurkan pemenuhan keinginan yang terbatas dalam bidang konsumsi. Islam menyarankan agar manusia dapat bertindak secara moderat dan sede rhana.
Konsumsi sendiri pada hakikatnya adalah memberlanjakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan. Dalam pembelanjaannya seorang konsumen muslim dapat dibagi dalam dua jenis: pertama yaitu pembelanjaan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan lahiriayah (duniawi) dan keluarga. Kedua untuk memenuhi kebutuhan bathiniyah (akhirat).
Demikian norma-norma ekonomi yang diajarkan Islam dalam rincian sebagai berikut:
a.       Etika Konsumsi dalam Islam
Islam adalah agama yang sarat dengan etika, dalam Naqvi (1985)[16], mengungkapkan bahwa etika dalam Islam dapat dikelompokkan enam aksioma pokok, yaitu: tauhid, keadilan, kebebasan berkehendak dan pertanggungjawaban, halal, dan sederhana.
b.      Nilai dan Moral Pada Konsumen Muslim
Yusuf Qardhawi mengatakan bahwa nilai dan moral pada konsumen muslim dijabarkan menjadi tiga pilar utama:
1.      Pembelanjaan pada hal-hal baik
2.      Memerangi kemegahan, pemborosan dan kemubadziran
3.      Penerapan undang-undang dengan penyuluhan dan pengarahan, hal ini tersirat dalam surat Al-A’raf ayat 32;
قُلْ مَنْ حَرَّمَ زِينَةَ اللَّهِ الَّتِي أَخْرَجَ لِعِبَادِهِ وَالطَّيِّبَاتِ مِنَ الرِّزْقِ
قُلْ هِيَ لِلَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا خَالِصَةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ
 كَذَلِكَ نُفَصِّلُ الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ (٣٢)
Katakanlah: "Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan) rezki yang baik?" Katakanlah: "Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat.[17]" Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui.

c.       Prioritas Konsumsi
Seorang dalam konsumsinya akan selalu memperhatikan ajaran Islam yang berkaitan dengan aspek-aspek pencapaian kebahagiaan dunia dan akhirat, setiap muslim akan selalu berhati-hati dalam konsumsinya, baik yang dikonsumsi merupakan barang halal dan baik bersih menurut ajaran Islam dan konsumen muslim tidak akan melakukan permintaan terhadapa barang yang ada dengan sama banyak sehingga pendapatannya habis. Akan tetapi manusia mempuanyai kebutuhan jangka pendek (dunia) dan kebituhan jangka panjang (akhirat) yang harus dipenuhi.

3.            Konsep dan Aplikasi Rasionalitas Konsumen Muslim
Konsep rasionalitas dalam buku ekonomi konvensional, berbagai persyaratan yang pendapatnya perlu dilakukan perubahan dalam ekonomi Islam agar dapat diaplikasikan oleh konsumen muslim, yaitu:[18] pada perluasan konsep rasionalitas dengan pendapat tentang self-interest rationality yang diperkenalkan oleh Edgeword ialah konsep yang lebih baik dalam artian kita berasumsi bahwa individu mengejar banyak tujuan, bukan hanya memperbanyak kekayaan secara moneter. Kedua pendapat bahwa teori modern tentang keputusan rasional tidak disepakati secara menyeluruh. Dalam nilai Islam terdapat dua cara untuk mendistribusikan pendapat yaitu zakat dan infak.
Perbedaan dengan sistem ekonomi konvrnsional (umum), terkait dengan perilaku konsumen rasional dalam ekonomi konvensional, perilaku konsumen muslim rasional mencapai maksimum dalam mengkonsumsi sejumlah barang atau membelanjakan pendapatannya untuk amalan shaleh sesuai perintah Allah Swt.berupa zakat, infak, dan shadaqah serta pengeluaran untuk saudaranya yang membutuhkan.
Pengeluaran ZIS dan untuk saudaranya inilah yang diyakini akan memperolah pahala, imbalan, dan berkah yang lebih besar.[19] Dan kemudian memperroleh pahala dunia akhirat. Dengan pertimbangan perilaku dan keseimbangan konsumen muslim dapat dirumuskan secara matematis fungsi tujuan muslim rasionalis sebagai berikut:[20]
U=a+f (Xi,Yj,Zks)
            Di mana:
U   = Total utilitas yang dicapai konsumen kerena mengkonsumsi barang Xi dan barang tahan lama Zj.
Xi  = Jumlah barang ke-I yang dikonsumsi pada periode tertentu.
Yj  = Jumlah barang ke-j yang direlakan untuk dikonsumsi saudaranya yang membutuhkan.
Zk  = Jumlah barang tahan lama ke-k yang dikonsumsi pada periode tertentu.
a    = Jumlah pengeluaran untuk ZIS dan utilitas yang diterima sebagai akibat dari dikeluarkannya zakat sebagai A.
Pendapatan konsumen muslim tidak dibelanjakan sesumanya tetapi sebagian diperuntukkan pengeluaran dalam bentuk ZIS (zakat, infak dan shadaqah). Kemudaian Islam mengajarkan agar pengeluaran dalam membelanjakan hartanya disesuaikan dengan kebutuhan atau keperluan yang memang diperlukan menurut prioritasnya dan dilarang untuk dihambur-hamburkan dengan secara bebas karena merupakan pemborosan dan kemubadziran.
4.      Rasionalitas dan Tujuan Konsumsi Perspektif Islam
Dalam teori konsumen adalah kepuasan merupakan tujuan dari konsumsi dalam mengkonsumsi barang atau jasa dan merupakan teori pokok dalam analisis mikro ekonomi. Kepuasan merupakan bagian dari teori perilaku konsumen. Seorang konsumen mengkonsumsi barang dan jasa akan dianggap memperoleh kepuasan dalam kerangka rasionalitas. Sehingga manusia dianggap rasional adalah yang beruasaha mencapai kepuasan maksimum (maximum utility) dalam kegiatan konsumsinya.[21]
Sedangkan tujuan konsumsi dalam Islam adalah memperoleh mashlahah terbesar. Sehingga ia dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.[22] Kaidah konsumsi dalam Islam, telah tegas dinyatakan dalam Al-Qura’an dan Hadits Rasulullah, dijelaskan bahwa seorang muslim akan mencapai tingkat konsumsi yang baik atau mencapai kepuasan maksimal dalam konsumsi, apabila konsumsi dilakukan sesuai dengan ajaran Islam. Sebagaimana ayat-ayat Al-Qur’an yang telah disebutkan dipembahasan sebelumnya. Dalam hadits dicontohkan sebagai berikut; Makanlah, minumlah, berpakaianlah, dan bersedekahlahlah tanpa kecongkakan dan berlebih-lebihan karena sesungguhnya Alah suka melihat nikmat-Nya (HR. Ahmad, Nasai Ibnu Majah, Al-hakim, dishahihkan jami’ As-Shaghir.)

5.      Kesimpulan dan Saran
Dalam mengalokasikan kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dimana berhadapan dengan sumber daya yang terbatas, setiap individu menggunakan prinsip rasionalitas dalam mencapai kepuasan yang maksimum. Rasionalitas merupakan pengembangan dari asumsi bahwa manusia ialah homo economicus. Hal ini berarti bahwa setiap individu paling mengetahui kepuasan yang maksimum bagi dirinya. Akan tetapi dalam perpektif Islam mengajarkan bahwa rasionalitas konsumsi bukan hanya untuk tujuan kepuasan lahiriah (duniawi) saja akan tetapi sebagaimana disebutkan adalah untuk mashlah jangka panjang dengan membelanjakan untuk kepentingan manusia setelah mati yaitu akhirat, yang diyakini seorang muslim sebagi hari penghitungan pahala, amal baik dan buruk dan hari pembalasan. Maka manusia bukan hanya sebagai pelaku ekonomi saja akan tetapi disempurnakan dalam diri manusia lahir batinnya dengan nilai-nilai Islam (Islamic man/ homo Islamicus).
Rasionalitas ajaran Islam dalam Ekonomi dicerminkan dalam perilaku konsumen muslim dalam membelanjakan pendapatannya harus berdasarkan aturan Islam. Konsep rasionalitas dalam buku ekonomi konvensional, berbagai persyaratan yang pendapatnya perlu dilakukan perubahan dalam ekonomi Islam sehingga dapat diaplikasikan oleh konsumen muslim.
Dalam ajaran Islam tidak semua barang dan jasa dapat dikonsumsi, bagi seorang konsumen muslim hanya diperbolehkan mengkonsumsi barang dan jara yang halal. Dengan dibatasi dengan keperluan dan berdifat sederhana. Sebagaimana ajaran Rasulullah tentang mengkonsumsi makanan khususnya, pola konsumsi seorang muslim hendaknya sepertiga untuk makanan sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk yang lainnya.
Maka, sebagai tujuan dari konsumen muslim yang rasional bahwa seorang muslim melakukan konsumsi pengeluaran dari pendapatannya harus mempertimbangkan perbuatan israf dan tabdzir. Mashlah adalah tujuan dari suatu kegiatan ekonomi bagi seorang muslim khususnya dalam konsmsi. Sehingga bukan tujuan kepuasan duniawi saja akan tetapi juga tujuan akhirat yang dalam waktu tertentu dan barang tahan lama yang dimiliki dengan pengeluaran zakat, infaq serta shadaqah sebagai bekal di kehidupan akhirat. 
6.      Saran
Keunikan dan yang menjadi pembeda konsep ekonomi Islam adalah terletak pada orientasinya yang tidak hanya pada pemenuhan kehidupan dunia akan tetapi sebagi bekal kehidupan akhirat. Oleh karena itu, keseimbangan antara aktivitas ibadah dengan pemenuhan hidup hendaknya harus seimbang dan makalah yang dibuat ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya baik akademis maupun praktis.
Saya akui masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan semoga peneliti selanjutnya dapat melengkapi dan menyempurnakan.










7.      Daftar Pustaka
Karim,Adiwarman, Ekonomi Mikro Islami, (Jakarta: IIT-Indonesia,2002), hlm. 31.
Antonio, M. Syafi’i. Bank Syariah dari Teorika Praktek. (  Jakarta: Gema Insani Press, 2001) h. 106.
Arif, Suyoto, Konsumen Rasional Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 2 No. 3 2014 ISID Gontor.
Hossain,Basharat, Economic Rationalism and Comsumption: Islamic Perspective. International Journal Of Economics, Fiinance and Management> Vol.3 No.6, Oct, 2014. Page, 273
Rahardjo,Dawam, Islam dan Transformasi Sosial-Ekonomi, Yogyakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF), cetakan pertama, 1999, 57.
Departemen Agama RI, Al-Hidayah: Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka, (Tangerang: Kalim, 2011)
Gilarso, T. Pengantar Ekonomi bagian Mikro. Jilid 1 (Yogyakarta: Kanisius, 1993) h.77
Kahf, Monzer, The Demand Side or Consumer Behavior: an Islamic Perspective,http://monzer.kahf.com/papers/english/demand_side_or_consumer_behavior.pdf
Mannan,  Teori dan Praktek Ekonomi Islam, (Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf, 1995). H.29
Naqvi, Syed Nawab Haidar, Etika dan Ilmu Ekonomi, Suatu Sitesis Islami. (Bandung: Mizan, 1985).h. 78
Syed Omar Syed Agil, Rationality in Economic Theory, dalam Sayid Tahir et. al..ed. Reading in Microeconomics: an Islamic Perspective (Selangor: Longman Malaysia, 1992), hlm. 44.
Umer Chapra dalam Adiwarman A. Karim, Ilmu Ekonomi Islam dari buku; The Future of Economic; An Islamic Perspective, Landscape Baru Perekonomian Masa Depan, Jakarta, SEBI, 2001, hlm. 397.
Qardhawi, Yusuf, Peran Nilai dan Moral Dalam Ekonomi Islam. (Jakarta: Rabbani Press, 1993).h.111
Hasan,Zubair, Introduction to Microeconomics, An Islamic Perspective, Malaysia: Prentice Hall, Cet. I, 2006,


[1] Antonio, M. Syafi’i. Bank Syariah dari Teorika Praktek. (  Jakarta: Gema Insani Press, 2001) h. 106.
[2] Gilarso, T. Pengantar Ekonomi bagian Mikro. Jilid 1 (Yogyakarta: Kanisius, 1993) h.77
[3] QS: 7:31
[4] QS: 46:15
[5] QS: 18:46
[6] QS: 17:27
[7] QS: 7: 31
[8] Yusuf Qardhawi, Peran Nilai dan Moral Dalam Ekonomi Islam. (Jakarta: Rabbani Press, 1993).h.111
[9] Basharat Hossain,  Economic Rationalism and Comsumption: Islamic Perspective. International Journal Of Economics, Fiinance and Management> Vol.3 No.6, Oct, 2014. Page, 273
[10] Dawan Rahardjo, Islam dan Transformasi Sosial-Ekonomi, Yogyakarta: Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF), cetakan pertama, 1999, 5-7.
[11] Zubair Hasan, Introduction to Microeconomics, An Islamic Perspective, Malaysia: Prentice Hall, Cet. I, 2006,

[12] Umer Chapra dalam Adiwarman A. Karim, Ilmu Ekonomi Islam dari buku; The Future of Economic; An Islamic Perspective, Landscape Baru Perekonomian Masa Depan, Jakarta, SEBI, 2001, hlm. 397.
[13] Syed Omar Syed Agil, Rationality in Economic Theory, dalam Sayid Tahir et. al..ed. Reading in Microeconomics: an Islamic Perspective (Selangor: Longman Malaysia, 1992), hlm. 44.
[14] Departemen Agama RI, Al-Hidayah: Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka, (Tangerang: Kalim, 2011)
[15] Mannan,  Teori dan Praktek Ekonomi Islam, (Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf, 1995). H.29
[16] Naqvi, Syed Nawab Haidar, Etika dan Ilmu Ekonomi, Suatu Sitesis Islami. (Bandung: Mizan, 1985).h. 78
[17] Maksudnya: perhiasan-perhiasan dari Allah dan makanan yang baik itu dapat dinikmati di dunia ini oleh orang-orang yang beriman dan orang-orang yang tidak beriman, sedang di akhirat nanti adalah semata-mata untuk orang-orang yang beriman saja.
[18] Adiwarman A. Karim, Ekonomi Mikro Islami, (Jakarta: IIT-Indonesia,2002), hlm. 31.
[19] QS: 2: 261
[20] Arif, Suyoto, Konsumen Rasional Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 2 No. 3 2014 ISID Gontor.
[21]             Kahf, Monzer, The Demand Side or Consumer Behavior: an Islamic Perspective, http://monzer.kahf.com/papers/english/demand_side_or_consumer_behavior.pdf
[22]             QS: 28:77

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...