Rabu, 07 September 2022

XII.IPA IPS B. Arab

 XII اللغة العربية

3.3 mengungkapkan terkait Maksud المقاصد dan tujuan  الاهداف melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks intraksi transaksional lisan dan tulisan sesuai konteks penggunaannya. 

Assalamu'alaikum wrwb

المادة:

احتاج-يحتاج إلى: 

أحتاج إلى الفلوس

أراد-يريد أن:

أريد أن أذهب إلى السوق

إستطاع-يستطيع أن:

إنا أستطيع أن أصبح اللحم والسمك في المطبخ

عسى +الفاعل+أن:

عسى محمد أن يذهب للحج و العمرة.. 

و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Rabu, 31 Agustus 2022

PAI X IPA 1.2.3. Pert. 1.2.3

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Pert. 1.2.3

KD. 

3.8. Menganalisis kedudukan Allah Quran Hadist dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

4.8.mendeskripsikan macam-macam sumber hukum Islam

Pendahuluan

: apa pengertian tentang hukum:

Wajib? Sunnah? Haram? 

Kegiatan Inti:

Kegiatan Literasi

Membaca: Mengamati:

sesuai dengan Tema

lembar kerja kedudukan al Quran hadits dan Ijtihad

Menulis: mendengar : menyimak

Materi:

* Pengertian Hukum Islam حكم

*Macam-macam Hukum Islam

*Landasan Dasar Hukum Islam

- Surat AnNisa Ayat 59

- Al maidah Ayat 45

-Hadits Riwayat Abu Dawud

*Ruang Lingkup Hukum Islam

*Sumber Hukum Islam

-Definisi Al-Quran,  kedudukan al Quran, fungsi Al-Quran dan isi kandungan Al-Quran

-Definisi Hadits, Kedudukan hadits, macam-macam hadits. 

-Ijtihad

Pengertian ijitihad syarat2 mujtahid

Macam2 metode ijitihad.. 


Wassalamualaikumwrwb. 


Rabu, 24 Agustus 2022

اللقاء 5 الفصل XI

 

اليوم:______________________

التاريخ:_____________________

إعداد التدريس

الفصل 11 اللقاء 4

الغرض العام:

·      قدرة التلاميذ على فهم اللغة العربية القراءة والكتابة و وتركيب الجملة و الكلام باللغة العربية.

الغرض الخاص:

·      قدرة التلاميدذ على ذكر معاني المفردات من الإندونيسية إلى العربية و إجابة الأسئلة عن الدرس الماضى

·      قدرة التلاميذ على إتيان الجملة التي ذكرها التلميذ

·      قدرة التلاميذ على قراءة المقالة العربية في موضوع "في السوق"

·      قدرة التلاميذ على قراءة الكتابة على السبورة

·      قدرة التلاميذ على إجابة الأسئلة من الموضوع التي ألقاها المدرس

المقدمة:

القاء السلام:

الأسئلة عن الدرس الماضى: 

ماذا نقول في العربية:

Ruang Kelas: فصل

Membaca:  قرأ- يقرأ

فتح - يفتح:

المادة : في السوق : Di Pasar

المفردات:


يوم العطلة: Hari Libur

دكان: Kios/Toko

قسم المأكولات: Toko Sembako

الأرز: Beras

والبيضة: Telor

الخضروات: Sayuran

الدجاج: Ayam

بَائِعٌ : Penjual

 تَاجِرٌ :Pedagang:

 مُشْتَرِيٌّ :Pembeli

يشتري: membeli

يحمل: Membawa

يرجع: Pulang

يدفع: membayar


 

 

 

عِنْدَمَا أَتَى يَوْمُ العُطْلَةِ يَذْهَبُ أَحْمَدُ إِلَى السُّوْقِ مُسَاعَدَةً لِأُمِّهِ فِيْ البَيْتِ.

فِيْ السُّوْقِ دَكَاكِيْنُ كَثِيْرَةٌ، فِيْهِ دُكَّانُ قِسْمِ المَأْكُوْلَاتِ يَبِيْعُ فِيْهِ الأَرُزَّ وَالبَيْضَةَ وَ الأَدَوَاتِ الأَغْذِيَّةِ كَالخَضْرَوَاتِ وَ الفُلَيْفُلَةِ وَ البَطَّاطِ وَ السَّمَكِ وَ الدَّجَّاجِ وَغَيْرُ ذَلِكَ. وَأَيْضًا دُكَّانُ قِسْمِ المَلَابِسِ يَبِيْعُ فِيْهِ أَنْوَاعَ المَلَابِسِ مِنَ الأَطْفَالِ وَالرِّجَالِ وَ النِّسَاءِ.

فِيْ السُّوْقِ بَائِعٌ وَ تَاجِرٌ وَ مُشْتَرِيٌّ،  وَ يَشْتَرِيْ أَحْمَدُ الأَدَوَاتِ الأَغْذِيَّةِ كَثِيْرَةٌ وَيَحْمِلُهَا بِالحَقِيْبَةِ وَيَدْفَعُ كُلَّهَا بِالنُّقُوْدِ. وَيَرْجِعُ مَعَ أُمِّهِ إِلَى البَيْتِ بِالسَّيَّارَةِ.

 

 العرض:

قراءة المدرس ما على السبورة

قراءة بعض التلميذ ما على السبورة و قراءة المقالة.

 

الاختتام:

1.   ماذا في السوق؟ في السوق دكان.....الخ

2.   من في السوق،؟ في السوق تاجر.....الخ

3.   ماذا تعمل في السوق ؟ أشتري الدجاج و البيضة....

 

اللقاء 4 XI

KD. 
3.6: aktifitas (al ainsyitah) orang dan fungsi benda/alat dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur keabsahan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulisan sesuai konteks penggunaannya. 
4.5 menggunakan teks sederhanan terkait dengan aktivitas (ansyithah) orangnya dan fungsi benda alat fungsi sosial struktur teks dan unsur kejahatan yang benar dan sesuai konteks. 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته... 
المقدمة
المادة:
تحويل الماضى الى فعل المضارع... وتركيب الجملة.. 
الموضوع
في السوق
ماذا في السوق؟ 
من في السوق؟ 
ماذا تعمل في السوق؟ 
المفردات:دكان
الملابس
الخضروات
السمك
المأكولات
تاجر
بائع
المشترى
أبيع
أشتري
أدفع

المثال من الجملة:
أشتري الأرز في دكان المأكولات
Saya membeli beras di kios sembako. 

الواجبة:
ضع هذه المفردات في الجملة:
اشترى-يشتري membeli
باع-يبيع menjual

Jumat, 12 Agustus 2022

PAI X IPA pert-4PAI

 Assalamualaikum wrwb.. 

KD.4.1.2 mendemonstrasikan hafalan... Dst

KD.4.1.3 menyajikan hubungan kualitas iman terkait tema yg dibahas

Materi:

*hafalan surat alanfal 72 alhujurat ayat 10.12 dan kaidah tajwid

#Hukum Nun sukun dan tanwin

#Hukum Madd

#Hukum mim sukun dan tanwin

#Alif Lama Qomariah dan Syamsiah

*membahas soal hots

*membaca khulashoh

*membahas tamrinat A, 

*menjawab B dan C sebagai tugas mingguan

W assalamualaikum wrwb... 

Senin, 01 Agustus 2022

PAI X ke-3

  Assalamualaikumwrwb.

Mapel : PAI X IPA IPS AL-AZHAR 3 BD.LAMPUNG

Pengajar :HERI SUTOPO,M.E.Sy

Tema Bab 1  Kontrol Diri,Prasangka baik dan Persaudaraan

KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agaama yang dianutnya.

KD.1.1: Terbiasa membaca alquran dengan meyakini kontrol diri prasanka baik dan persaudaraan

KD.2.1 menunjukkan perilaku diatas

KD.3.1 Membaca menganalisa surat al hujirat 10dan 12 dan hadist yg berkaitan diatas

KD.4.1.1 membaca surat alhujurat sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrojnya

KD.4.1.2 demonstrasi hafalan surat diatas

KD.4.1.3 menyaajikan kualitas keimanan dan kontrol diri prasangka baik dan persaudaraan sesui pesan surat dan ayat diatas.

Materi:

(یَـٰۤأَیُّهَا ٱلَّذِینَ ءَامَنُوا۟ لَا یَسۡخَرۡ قَوۡمࣱ مِّن قَوۡمٍ عَسَىٰۤ أَن یَكُونُوا۟ خَیۡرࣰا مِّنۡهُمۡ وَلَا نِسَاۤءࣱ مِّن نِّسَاۤءٍ عَسَىٰۤ أَن یَكُنَّ خَیۡرࣰا مِّنۡهُنَّۖ وَلَا تَلۡمِزُوۤا۟ أَنفُسَكُمۡ وَلَا تَنَابَزُوا۟ بِٱلۡأَلۡقَـٰبِۖ بِئۡسَ ٱلِٱسۡمُ ٱلۡفُسُوقُ بَعۡدَ ٱلۡإِیمَـٰنِۚ وَمَن لَّمۡ یَتُبۡ فَأُو۟لَـٰۤىِٕكَ هُمُ ٱلظَّـٰلِمُونَ)

[Surat Al-Hujurat 11]

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

Hukum Tajdwid
non sukun/mati dan tanwin ن
نْ--- ًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًًٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٌٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍٍ
ً  ٌ ٌ
مع احرف الهجاىءية
و المد.. 

اللقاء 3 XI

  Assalamualaikumwrwb...

KI- 

قدرة التلاميد على فهم درس اللغة العربية مفدراتها قواعدها وتركيبها في الكلام...

KD-4.1

Menggunakan teks sederhana yang berisi meminta perhatian (الملاحظات)

الاستيعاب المادة) menghargai kinerja yg baik dan meminta mengungkapkan pe dapat (تقديم الآراء) memperhatiakn fu gsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.

المادة:

الجملة الاسمية

الجملة الفعلية

المفردات:

سكت-يسكت: diam

فهم-يفهم: memahami

ضحك-يضحك: tertawa

ناقش-يناقش: berdiskusi

تكلم-يتكلم: berbicara

ذهب-يذهب: berngkat/pergi

ادوات الاستفهام... 

كم؟ 

اين؟ 

لماذا؟ 

ماذا؟ 

هل؟ 

كيف؟ 

Evaluasi:

Memberikan contoh kalimat dari

ذهب-يذهب :يذهب محمد الى المدرسة

تكلكم-يتكلم :يتكلم المدرس امام التلاميذ

فهم-يفهم  :يفهم علي درس اللغة...


Wassalamualaikumwrwb....


SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...