Rabu, 25 Januari 2023

RABU, 25 JANUARI 2023 BAHASA ARAB

 

اللغة العربية

مَادَّةُ الدَّرْسِ

Heri Sutopo, M.E.Sy

المُدَرِّسُ

12 IPA IPS

الفَصْلُ

KD.3.5 menentukan isi teks cerita al-qashas pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.5 menjelaskan teks naratif sederhana secara lisan dan tulis terkait teks cerita al-qashas dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:

·         Menggunakan kalimat tanya لماذا   dengan menjawab لأنّ

·         Merubah fi’il madhi  menjadi mudhari’, amr, dan fi’il nahyi dengan dhomir  mudzkkar dan muannats.

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Appersepsi:

A.     Terjemahkan kalimat-kalimat dibawah ini!

أَسْتـَأْ ذِنُ إِلَى الحَمَّامِ

Saya izin ke kamar mandi

أَحْمَدُ يَقْرَأُ القُرْآنَ

Ahmad sedang membaca Qur’an

فَرْحَانُ يَجْرِيْ فِيْ المَيْدَانِ صَبَاحًا

Farhan sedang berlari di lapangan pagi hari

 

Materi:

1.    لِمَاذَا...................لِأَنَّ

2.    لِمَاذَا.............لِ

Soal

Jawab

لِمَاذَا يَتَعَلَّمُ أَحْمَدُ اللُّغَةَ العَرَبِيَّةَ

لِأَنَّهُ يُحِبُّ اللُّغَةَ العَرَبِيَّةَ

لِمَاذَا تَذْهَبُ إِلَى المَيْدَانِ؟

لِأَنِّي أُحِبُّ لَعْبَ كُرَةِ القَدَمِ

لِمَاذَا تَذْهَبُ إِلَى المَكْتَبَةِ؟

لَأَنِّي أُحِبُّ القِرَاءَةَ

لِمَاذَا تَذْهَبُ إِلَى المُسْتَشْفَى

لِأَ تَدَاوَى إِلَى الطَّبِيْبِ

 

 

3.      Tatabahasa fi’il madhi, mudhari’ amr dan nahyu

مؤنث (أنتِ)

مذكر (أنتَ)

النهي

الأمر

المضارع

الماضي

 

Arti

اِفْتَحِيْ

اِفْتَحْ

لَا تَفْتَحْ

اَفْتَحْ

يَفْتَحُ

فَتَحَ

Membuka

لَاتَجْلِسِيْ

اِجْلِسْ

لَا تَجْلِسْ

اِجْلِسْ

يَجْلِسُ

جَلَسَ

Duduk

اِمْسَحِيْ

اِمْسَحْ

لَا تَمْسَحْ

اِمْسَحْ

يَمْسَحُ

مَسَحَ

Menghapus/Mengepel

اُنْظُرِيْ

اُنْظُرْ

لَا تَنْظُرْ

اُنْظُرْ

يَنْظُرُ

نَظَرَ

Memandang

قُمِيْ

قُمْ

لَا تَقُمْ

قُمْ

يَقُوْمُ

قَامَ

Berdiri

 

Penutup:

1.       Carilah fi’il amr dan fi’il nahyu dari kata berikut!

a.     غَسَلَ – يَغْسِلُ  :Mencuci

b.    رَجَعَ –يَرْجِعُ  : Pulang/kembali

c.     خَرَجَ – يَخْرُجُ : : Keluar

والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

 

Selasa, 24 Januari 2023

اللغة العربية بين يديك

 

اللغة العربية

مَادَّةُ الدَّرْسِ

Heri Sutopo, M.E.Sy

المُدَرِّسُ

12 IPA IPS

الفَصْلُ

KD.3.5 menentukan isi teks cerita al-qashas pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.5 menjelaskan teks naratif sederhana secara lisan dan tulis terkait teks cerita al-qashas dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:

·         Menggunakan kalimat tanya لماذا   dengan menjawab لأنّ

·         Merubah fi’il madhi  menjadi mudhari’, amr, dan fi’il nahyi dengan dhomir  mudzkkar dan muannats.

 

Appersepsi:

A.     Terjemahkan kalimat-kalimat dibawah ini!

أَسْتـَأْ ذِنُ إِلَى الحَمَّامِ

Saya izin ke kamar mandi

أَحْمَدُ يَقْرَأُ القُرْآنَ

Ahmad sedang membaca Qur’an

فَرْحَانُ يَجْرِيْ فِيْ المَيْدَانِ صَبَاحًا

Farhan sedang berlari di lapangan pagi hari

 

Materi:

1.       

Soal

Jawab

لِمَاذَا يَتَعَلَّمُ أَحْمَدُ اللُّغَةَ العَرَبِيَّةَ

لأنه يحب اللغة العربية

لِمَاذَا تَذْهَبُ إِلَى المَيْدَانِ؟

لأني أحب لعب كرة القدم

لِمَاذَا تَذْهَبُ إِلَى المَكْتَبَةِ؟

لاني أحبّ القراءة

 

2.      Tatabahasa fi’il madhi, mudhari’ amr dan nahyu

مؤنث (أنتِ)

مذكر (أنتَ)

النهي

الأمر

المضارع

الماضي

افتحي

افتح

لاتفتح

افتح

يفتح

فتح

لاتجلسي

اجلس

لاتجلس

اجلس

يجلس

جلس

امسحي

امسح

لا تمسح

امسح

يمسح

مسح

انظري

انظر

لاتنظر

انظر

ينظر

نظر

قمي

قم

لا تقم

قم

يقوم

قام

 

Penutup:

1.       Carilah fi’il amr dan fi’il nahyu dari kata berikut!

a.     غَسَلَ – يَغْسِلُ  :Mencuci

b.    رَجَعَ –يَرْجِعُ  : Pulang/kembali

c.     خَرَجَ – يَخْرُجُ : : Keluar

والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Senin, 23 Januari 2023

Kajian Bulan Rajab Senin 23 Januari 2023

 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung

Ust. Cecep Hilal Subandi, S.Ag.

رَجَبٌ شَهْرُ اللهِ وَشَعَبَانُ شَهْرِيْ وَرَمَضَانُ شَهْرُ أُمَّتِيْ

"Rajab adalah bulannya Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulannya umatku. (Jami'ul Ahadits, hadits nomor: 12682).

Karena itu dianjurkan bagi setiap Muslim untuk memperbanyak zikir, puasa sunah, dan berdoa ketika memasuki bulan Rajab. Di antara doa yang dianjurkan dibaca saat memasuki bulan Rajab adalah sebagai berikut: 

اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا في رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنا رَمَضَانَ

Allahuma baarik lana fi rajaba wa syabaana wa balighna ramadhana

Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.

Dalam kitab Al Ghunyah, Syekh Abdul Qadir al Jilani menjelaskan bahwa sayidina Ali bin Abi Thalib memperbanyak ibadah ketika masuk malam pertama Rajab. 

كَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يُفَرِّغُ نَفْسَهُ لِلْعِبَادَةِ فِيْ أَرْبَعِ لَيَالٍ فِي السَّنَةِ، وَهِيَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةُ الْفِطْرِ، وَلَيْلَةُ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ. وَكَانَ مِنْ دُعَائِهِ فِيْهَا

Sayyidina Ali Radhiyallaahu ‘Anhu memfokuskan dirinya untuk beribadah dalam empat malam dalam satu tahun, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, dan malam Nishfu Sya’ban.

Dan dalam kitab Al Ghunyah dituliskan doa yang dipanjatkan Sayyidina Ali ketika masuk bulan Rajab. 

   اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ مَصَابِيْحِ الْحِكْمَةِ، وَمَوَالِي النِّعْمَةِ، وَمَعَادِنِ الْعِصْمَةِ، وَاعْصِمْنِيْ بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ، وَلَا تَأْخُذْنِيْ عَلَى غِرَّةٍ، وَلَا عَلَى غَفْلَةٍ، وَلَا تَجْعَلْ عَوَاقِبَ أَمْرِيْ حَسْرَةً وَنَدَامَةً، وَارْضَ عَنِّيْ؛ فَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظَّالِمِيْنَ، وَأَنَا مِنَ الظَّالِمِيْنَ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا لَا يَضُرُّكَ، وَأَعْطِنِيْ مَا لَا يَنْفَعُكَ، فَإِنَّكَ الْوَاسِعَةُ رَحْمَتُهُ، الْبَدِيْعَةُ حِكْمَتُهُ، فَأَعْطِنِي السَّعَةَ وَالدَّعَةَ، وَالْأَمْنَ وَالصِّحَّةَ، وَالشُّكْرَ وَالْمُعَافَاةَ وَالتَّقْوَى، وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ وَالصِّدْقَ عَلَيَّ وَعَلَى أَوْلِيَائِكَ، وَأَعْطِنِي الْيُسْرَ، وَلَا تَجْعَلْ مَعَهُ الْعُسْرَ، وَاعْمُمْ بِذٰلِكَ أَهْلِيْ وَوَلَدِيْ وَإِخْوَانِيْ فِيْكَ، وَمَنْ وَلَدَنِيْ، مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Ya Allah, limpahkan rahmat ta'dzim kepada Muhammad dan keluarganya yang menjadi pelita-pelita hikmah, pemilik kenikmatan, sumber perlindungan. Jagalah kami—sebab (keberkahan) mereka—dari keburukan. Dan jangan engkau ambil kami dalam keadaan lupa.   

Jangan jadikan akhir urusan kami sebagai penyesalan. Ridhailah kami. Sesungguhnya ampunan-Mu bagi orang-orang yang dzalim, dan aku bagian orang yang dzalim itu. Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang tidak pernah bisa membahayakan-Mu, berilah aku sesuatu yang memang tak ada manfaatnya sama sekali untuk-Mu. Sesungguhnya Engkau itu maha luas rahmat-Nya. Hikmahnya yang sangat indah.   

Berikan kami kelapangan dan ketenteraman, keamanan, dan kesehatan, serta rasa syukur, selamat sentosa dan ketakwaan. Berikan kesabaran dan kejujuran kepada kami dan orang-orang yang Engkau cintai. Berikan kami pula kemudahan yang tidak ada kesulitannya sama sekali. Semoga itu semua juga Engkau berikan bagi keluarga kami, anak kami, saudara-saudara kami seagama. Dan Engkau berikan kepada orang tua yang telah melahirkan kami, dari muslimin .muslimat, mukminin mukminat.

Jumat, 20 Januari 2023

pai kelas 10 ipa 1,2&3

 

Mata Pelajaran

Pend. Agama Islam

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

Kelas

10 IPA 1,2&3

KD.3.7 menganalisis semangat menuntut ilmu, merapkan dan menyampaikan ilmu kepada sesame.

4.7 menyajikan keterkaitan antara kewajiban menuntut ilmu, dengan kewajiban membela gama dengan perintah Q.S at-taubah 122. Dan hadist yang berkaitan dengan ilmu.

Tujuan Pembelajaran:

1.       Mampu memnghafal ayat-ayat dan hadits tentang menuntut Ilmu.

2.       Menyebutkan adab-adab murid dalam menuntut ilmu.

3.       Menyebutkan syarat-syarat menuntut ilmu.

4.       Menjawab soal latihan.

 

Assalamualaikum wrwb.

Pendahuluan:

1.       Sebutkan hadits tentang anjuran menuntut ilmu!

2.       Apa syarat-syarat dalam menuntut ilmu?

3.       Apa arti kata “Halkaa”?

“Yaltamisu”

Materi:

Keuntungan Menuntut Ilmu:

من يرد الله به خيرا يفقه في الدين (رواه اللخاري)

1.     Allah Swt menjadikan orang yang nmenuntut ilmu menjadi orang baik.

 

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة (رواه مسلم)

2.     Dipermudah jalan menuju syurga.

يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أتوا العلم درجات...المجادلة 11

3.     Pahala yang tidak terputus

إذا مات الإنسان انقطع.......رواه مسلم

4.     Allah menjadikannya sukses dunia dan akhirat

من أراد الدنيا فعليه بالعلم ومن أراد الآخرة فعليه بالعلم ومن أراد هما فعليه بالعلم...

 

 

Penutup:

1.     Mengahfalkan Ayat dan Hadits keuntungan menuntut llmu

2.     Mengerjakan soal-soal tamrinat (KD.3.7)!

 

 

Wassalamualaikum wrwb

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...