Kamis, 09 Februari 2023

اللغة العربية 11 اليوم

 

MATA PELAJARAN

اللغة العربية

GURU

Heri Sutopo, S.E.I,M.E.Sy

KELAS

11 IPA IPS

KD. 3.7 mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah (muqaranah al-adad), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.7 menggunakan teks sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan perbandingan jumlah (muqaranah al-‘adad) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.      Membedakan perbandingan jumlah dalam jama’ mudzakkar dan mu’annas

2.      Menybutkan dan mengucapkan al-adad wal ma’duud.

3.      Mengaplikasikan dalam bentuk kalimat. 

ِ

عدد ومعدود

Aturan ‘Adad Ma’dud dalam Bahasa Arab (Bagian 1)

Aturan ‘Adad Ma’dud dalam Bahasa Arab cukup panjang dalam Bahasa Arab, kami bagi tulisan ini menjadi beberapa bagian :

Ditinjau dari segi kata, lafadz العدد secara etimologi berarti hitungan bilangan.

Sedang المعدود memiliki arti sesuatu yang dihitung.

Secara garis besar, العدد  terbagi menjadi dua, yaitu :

1.    Adad Asli   (العدد الاصليialah bilangan yang menunjukkan banyaknya sesuatu

2.    Adad Tartib (العدد الترتيبىIalah bilangan yang menunjukkan urutan.

Adad asli di bagi menjadi empat :

1.    Adad Mufrod : 1-10

2.    Adad murokab : 11-19

3.    Adad Uqud : 20-90

4.    Adad Ma’tuf : 21-29 sampai dengan 91-99

Ada 2 rumus yang berlaku dalam penyusunan ‘adad ma’dud:

Jenis ‘adad sama dengan jenis ma’dud

Jika ma’dud mudzakkar maka ‘adad mudzakkar, jika ma’dud mu’annats maka ‘adad mu’annats.

Rumus ini berlaku pada bilangan 1 & 2 

Catatan : Jika anda membaca menggunakan HP, putar dalam mode landscape agar tabel dapat terlihat secara keseluruhan

معدود

عدد

+

+

المذكر مع المذكر

المؤنث مع المؤنث

Jenis ‘adad merupakan kebalikan dari jenis ma’dud

Ma’dud mudzakkar maka ‘adad mu’annats, ma’dud mu’annats maka ‘adad mudzakkar(

Rumus ini berlaku pada bilangan selain 1 & 2

Catatan : Jika anda membaca menggunakan HP, putar dalam mode landscape agar tabel dapat terlihat secara keseluruhan

معدود

عدد

+

المذكر مع المؤنث

+

المؤنث مع المذكر

Catatan:

Untuk menentukan jenis ma’dud, maka dilihat dari bentuk mufrodnya. Apakah ia mudzakkar atau mu’annats.

BILANGAN 1 & 2

Pada bilangan ini berlaku rumus yang pertama, yakni jenis ‘adad sama dengan jenis ma’dudnya.

Bilangan 1 dan 2 terdapat pada beberapa ‘adad :

Adad Mufrod  (العدد المفرد)

Kemudian Bilangan 1 pada adad mufrod berkedudukan sebagai na’atdan ma’dud sebagai man’ut, maka ‘adad selalu mengikuti ma’dudnya seperti ketentuan na’at man’ut.

Contoh :

Catatan : Jika anda membaca menggunakan HP, putar dalam mode landscape agar tabel dapat terlihat secara keseluruhan

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

جَاءَ رَجُلٌ وَاحِدٌ

جَاءَتْ امْرَأَةٌ وَاحِدَةٌ

رَأَيْتُ رَجُلاً وَاحِدًا

رَأَيْتُ امْرَأَةً وَاحِدَةً

مَرَرْتُ بِرَجُلٍ وَاحِدٍ

مَرَرْتُ بِامْرَأَةٍ وَاحِدَةٍ

 

Lalu Bilangan 2 pada adad mufrod seperti na’at man’ut (isim yang ikut pada isim lain dengan menjelaskan salah satu sifat pada isim yang diikuti).

Contoh :

Catatan : Jika anda membaca menggunakan HP, putar dalam mode landscape agar tabel dapat terlihat secara keseluruhan

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

جَاءَ رَجُلاَنِ اثْنَانِ

جَاءَتْ امْرَأَتاَنِ اثْنَتَانِ

رَأَيْتُ رَجُلَيْنِ اثْنَيْنِ

رَأَيْتُ امْرَأَتَيْنِ اثْـنَـتَيْنِ

مَرَرْتُ بِرَجُلَيْنِ اثْنَيْنِ

مَرَرْتُ بِامْرَأَتَيْنِ اثْـنَـتَيْنِ

Adad Murokkab (العدد المركب)

Selanjutnya Bilangan 1 dan 2 di ‘adad murokkab berubah menjadi 11 dan 12

Ketentuan:

1.    Untuk bilangan 11, bagian yang pertama menggunakan lafadz احـد untuk ma’dud mudzakar dan menggunakan lafadz احـدي untuk ma’dud muannats,

2.    Untuk bilangan 12 disamakan dengan isim tasniyah (berhukum mu’rob)

Aturan yang berlaku pada ma’dud bilangan ini adalah:

1.    Berbentuk mufrod

2.    Dibaca nashob

3.    Sebagai Tamyiz

Contoh :

Catatan : Jika anda membaca menggunakan HP, putar dalam mode landscape agar tabel dapat terlihat secara keseluruhan

Bilangan

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

11

حَاءَ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا

رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا

مَرَرْتُ بِأَحَدَ عَشَرَ كَوْكَباً

جَاءَتْ اِحْدَي عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

رَأَيْتُ اِحْدَي عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

مَرَرْتُ بِإِحْدَى عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

12

جَاءَ اثْنَا عَشَرَ كَوْكَبًا

رَأَيْتُ اثْنَىْ عَشَرَ كَوْكَبًا

مَرَرْتُ بِاثْـنَى عَشَرَ كَوْكَبًا

جَاءَتْ اثْنَتَا عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

رَأَيْتُ اثْنَتَىْ عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

مَرَرْتُ بِاثْـنَتَىْ عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

Bersambung ke Bagian 2 : ‘Adad Ma’thuf

Description: Print Friendly, PDF & Email

 


Selasa, 07 Februari 2023

11 IPA B. Arab

 

MATA PELAJARAN

اللغة العربية

GURU

Heri Sutopo, S.E.I,M.E.Sy

KELAS

11 IPA IPS

KD. 3.7 mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah (muqaranah al-adad), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.7 menggunakan teks sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan perbandingan jumlah (muqaranah al-‘adad) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.      Membedakan perbandingan jumlah dalam jama’ mudzakkar dan mu’annas

2.      Menybutkan dan mengucapkan al-adad wal ma’duud.

3.      Mengaplikasikan dalam bentuk kalimat.

السلام عليكم ورحمة الله وركاته

Appersepsi:

1.      Buatlah kalimat dari kosa kata berikut dalam fi’il mudhari!

أَسْمَعُ قَرَاءَةَ القُرْآنِ مِنَ اليُوْتُوْبِ

Mendengarkan

سَمِعَ – يَسْمَعُ

يَهْتَمُّ فَرِيْدٌ شَرْحَ المُدَرِّسِ

Memperhatikan

إِهْتَمَّ- يَهْتَمُّ

أَنْتَ تَحْفَظُ القُرْآنَ بِالضَّبْطِ

Menghafal

حَفِظَ -يَحْفَظُ

8

Materi Pembeajaran:

Buku

Majalah

كُتُبٌ

كِتَابَانِ

كِتَابٌ

مَجَلَّاتٌ

مَجَلَّتَانِ

مَجَلَّةٌ

 

 

 

 

berapa

كَمْ :

 

العَدَدُ

مُذَكَرٌ

مُؤَنَّثٌ

1

كِتَابٌ وَاحِدٌ

مَجَلَّةٌ وَاحِدَةٌ

2

كِتَابَانِ اثْنَانِ

مَجَلَّتَانِ اثْنَتَانِ

3

ثَلَاثَةُ كُتُبٍ

ثَلَاثُ مَجَلَّاتٍ

4

أَرْبَعَةُ كُتُبٍ

أَرْبَعُ مَجَلَّاتٍ

5

خَمْسَةُ كُتُبٍ

خَمْسُ مَجَلَّاتٍ

6

سِتَّةُ كُتُبٍ

سِتُّ مَجَلَّاتٍ

7

سَبْعَةُ كُتُبٍ

سَبْعُ مَجَلَّاتٍ

8

ثَمَانِيَةُ كُتُبٍ

ثَمَانِيْ مَجَلَّاتٍ

9

تِسْعَةُ كُتُبٍ

تِسْعُ مَجَلَّاتٍ

10

عَشَرَةُ كُتُبٍ

عَشْرُ مَجَلَّاتٍ

 

Penutup:

كَمْ كِتَابًا لَكَ؟

Berapa jumlah buku milikmu?

Milikku ada 4 buku

لِيْ أَرْبَعَةُ كُتُبٍ

كَمْ مَجَلَّةً عَلَى المَكْتَبِ؟

Berapa jumlah majalah diatas meja?

Diatasnya ada 10 majalah

عَلَيْهِ عَشْرُ مَجَلَّاتٍ

 

والسلام عليكم ورحمة الله وركاتة

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...