Rabu, 08 Maret 2023

BAHASA ARAB 12

 

Mapel

Bahasa Arab 12

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

KD. 3.7 Menyatakan kembali kisah-kisah teladan dalam bahasa Arab sangat sederhana dengan memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan  

4.7 menjelaskan teks-teks kisah
teladan dalam bahasa Arab sangat sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Membaca teks kisah-kisah

·         Mengidentifikasi kosa kata baru bahasa arab

·         Mengambil intisari

 

Kosa kata

المفردات

Menggembala

Padang rumput

Rumput hijau

Berteriak

Serigala

Tongkat/pemukul kayu

Untuk menyelamatkannya

Tertawa

Takut

Tidak memperhatikan

Teriakan

Dibunuh/dimakan

Jujur

يَرْعَى

مَرْعًى

العُشْبُ الأَخْضَرُ

صَاحَ

الذِئْبُ

عَصَبٌ

لِنَجْدَتِهِ

يَضْحَكُ

خَافَ

لَمْ يَهْتَمُّوْا

صِيَاحٌ

فَتَكَ

صَدَّقَ

 

Tema materi:

" الرَّاعِيْ وَ الذِّئْبُ"


كَانَ الوَلَدُ يَرْعىَ غَنَمًا.  فَيَخْرُجُ بِهَا كُلَّ يَوْم إِلَي مَرْعَى قَرِيْبٍ مِنْ بَلَدِهِ. لِتَأْكُلَ مِنْ العُشْبِ الأَخْضَرِ.

وَذَاتَ يَوْمٍ أَرَادَ أَنْ يَسْخَرَ مِنْ أَهْلِ البَلَدِ.  فَصَاحَ بِأَعْلَى صَوْتِهِ " الذِّئْبُ, الذِّئْبُ!!". فَخَرَجَ الرَّجُلُ بِعِصِيِّهِمْ لِنَجْدَتِهِ. وَ لَكِنَّهُمْ لَمْ يَجِدُوا شَيْئًا فَعَادَواْ منْ حَيْثُ أَتَوْا وَ الوَلَدُ يَضْحَكُ مِنْهُمْ, وَفِي اليَوْمِ التَالِي أَتَى ذَئْبٌ حَقِيْقِةً. فَخَافَ الوَلَدُ وَزَعَقَ مَرَّةً أُخْرَى "الذِّئْبُ, الذِّئْبُ!!". فَظَنَّ النَّاسُ أَنَّ الوَلَدَ عَادَ يَسْخَرُ مِنْهُمْ. كَامَ فَعَلَ اَوَّلَ مَرَّةٍ. وَلِذَلِكَ لَمْ يَهْتَمُّوا بِصِيَاحِهِ. فَفَتَكَ الذَئْبُ بِعَدَدِ عَظِيْمٍ مِنْ الغَنَمِ. وَلَوْ لَا كَذِبَهُ فِيْ الْمَرَّةِ الأُوْلَى لَصَدَقَّةُ النَّاسُ عِنْدَ صِيَاحَةِ فِيْ المَرَّةِ الثَانِيَةِ. 

PENGEMBALA DAN SRIGALA

            Ada seorang anak sedang mengembala biri-biri. Dan ia keluar dengan biri-birinya setiap hari ke tempat yang dekat dari kotanya untuk makan rumputan hidup yang hijau.

 

            Dan pada suatu hari anak itu ingi mentertawakan para penduduk kota. Maka berteriaklah anak tersebut dengan suaranya yang keras “srigala, srigala!!”. Maka keluarlah para laki-laki dengana alat pemukul untuk memeranginya. Tetapi mereka tidak menemukan sesuatu lalu mereka pulang dari mana mereka datang, dan anak kecil tersebut menertawainya. Dan hari berikutnya datanglah srigala yang sebenarnya. Maka anak tyersebut merasa takut da dia berteriak sekali lagi “ srigala, srigala!!” maka orang-orang menyangka anak tersebut kembali menertawai mereka. Sebagaimana yang ia lakukan sebelumnya. Dan oleh karena itu mereka tidak memperhatikan tiarakan anak tersebut. Dan srigala menyerang domba dengan jumlah yang besar. Dan apabila anak tersebut tidak berbohong dari awal, maka orang-orang akan mempercayainya pada tiriakannya yang kedua.

 

Senin, 06 Maret 2023

Bahasa Arab kelas 11

 

Mata Pelajaran

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo,M.E.Sy

KD. 3.8 mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi benda (sifat al- maddah), secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis,
sesuai dengan konteks penggunaannya
.

4.8 memproduksi teks sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan keberadaan benda (sifat al-maddah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:

·         Mampu mengucap, menulis kosa kata dalam shifat al-maddah

·         Menghafal kosa kata shifat al-maaddah.

 

السلام عليكم ورحمة الله وركاته

 

Kosa kata

المُفْرَدَاتُ:

Jalan itu panjang

الطَّرِيْقٌ طَوِيْلٌ

Panjang-pendek

طَوِيْلٌ – قَصِيْرٌ

Masjid itu besar

المَسْجِدُ كَبِيْرٌ

Besar-kecil

كَبِيْرٌ – صَغِيْرٌ

Batu itu berat

الحَجَرُ ثَقِيْلٌ

Berat-ringan

ثَقِيْلٌ – خَفِيْفٌ

Lapangan itu luas

المَيْدَانُ وَاسِعٌ

Sempit-luas

ضَيِّقٌ – وَاسِعٌ

Sumur itu dalam

البِئْرُ عَمِيْقٌ

Dalam –dangkal

عَمِيْقٌ – ضَحْلٌ

Menara itu tinggi

المَنَارَةُ مُرْتَفِعَةٌ

Tinggi-rendah

مُرْتَفِعٌ – سُفْلَى

Es itu dingin

الثَّلْجُ بَارِدٌ

Panas – dingin

حَارٌّ – بَارِدٌ

Kota itu jauh

المَدِيْنَةُ بَعِيْدَةٌ

Jauh-dekat

بَعِيْدٌ – قَرِيْبٌ

Buku itu tebal

الكِتَابُ ثَخِيْنٌ

Tebal-tipis

ثَخِيْنٌ – رَقِيْقٌ

 

 

Banyak – sedikit

كَثِيْرٌ – قَلِيْلٌ

 

 

Jernih-keruh

صَافٍ – كَدِرٌ

 

 

Bagus – buruk

جَمِيْلٌ – قَبِيْحٌ

 

 

Bersih – kotor

نَظِيْفٌ – وَسِخٌ

 

 

Manis - pahit

حُلْوَةٌ - مُرٌّ

Penutup:

1.      Masing-masing siswa untuk menghafal!

والسلام عليكم ورحمة الله وربكاته

                                     

Jumat, 03 Maret 2023

Pelajaran Manasik kelas 10

 


Assalamualaikum wrwb

KD. 3.9 Menganalisis hikmah ibadah haji bagi individu dan masyarakat

4.9 mensimulasikan ibadah haji melalui manasik haji

Tujuan Pembelajaran:

* memahami proses perjalanan ibadah haji

*Mempersiapkan diri sebagai calon jamaah haji

*menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar Ibadah Haji dan Umrah

 #Jawablah Pertanyaan-pertanyaan berikut ini! 

Haji dan Umrah

Apa yang dimaksud ibadah haji?

Apa yang dimaksud ibadah umrah?

Apa hukum ibadah haji dan umrah?

Apakah setiap ibadah haji harus digabung dengan umrah?

Apa yang dimaksud haji tamattu’?

Apa yang dimaksud haji ifrād?

Apa yang dimaksud haji qirān?

Apa syarat wajib haji dan umrah?

Apakah itu istita’ah (mampu) dalam ibadah haji?

Ada berapa rukun haji?

Ada berapa wajib haji?

Apa itu Tertib dalam ibadah haji?

Ada berapa rukun umrah?

Apa yang dimaksud wajib umrah?

Apa yang dimaksud umrah wajib?

Apa yang dimaksud umrah sunah?

Apakah pahala umrah 7x sama dengan ibadah haji 1x ?

Apa boleh umrah berkali-kali sebelum wukuf?

Ihram

Apa yang dimaksud dengan ihram?

Di mana dimulai ihram haji dan umrah bagi jemaah Indonesia?

Bagaimana pakaian ihram bagi laki-laki dan perempuan?

Apa boleh dalam keadaan ihram menyembelih hewan ternak untuk keperluan makan?

Apa saja yang dilarang selama dalam keadaan ihram?

Apa saja ibadah yang boleh dilakukan perempuan haid dalam ibadah haji?

Apakah jemaah haji laki-laki atau perempuan yang sedang berihram boleh melepaskan pakaian ihramnya?

Apakah boleh berihram haji/umrah sebelum sampai miqāt?

Kamis, 02 Maret 2023

bahasa arab 11

 

Mata Pelajaran

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo,M.E.Sy

KD. 3.8 mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi benda (sifat al- maddah), secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis,
sesuai dengan konteks penggunaannya
.

4.8 memproduksi teks sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan keberadaan benda (sifat al-maddah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:

·         Mampu mengucap, menulis kosa kata dalam shifat al-maddah

·         Menghafal kosa kata shifat al-maaddah.

 

السلام عليكم ورحمة الله وركاته

 

Kosa kata

المُفْرَدَاتُ:

Jalan itu panjang

الطَّرِيْقٌ طَوِيْلٌ

Panjang-pendek

طَوِيْلٌ – قَصِيْرٌ

Masjid itu besar

المَسْجِدُ كَبِيْرٌ

Besar-kecil

كَبِيْرٌ – صَغِيْرٌ

Batu itu berat

الحَجَرُ ثَقِيْلٌ

Berat-ringan

ثَقِيْلٌ – خَفِيْفٌ

Lapangan itu luas

المَيْدَانُ وَاسِعٌ

Sempit-luas

ضَيِّقٌ – وَاسِعٌ

Sumur itu dalam

البِئْرُ عَمِيْقٌ

Dalam –dangkal

عَمِيْقٌ – ضَحْلٌ

Menara itu tinggi

المَنَارَةُ مُرْتَفِعَةٌ

Tinggi-rendah

مُرْتَفِعٌ – سُفْلَى

Es itu dingin

الثَّلْجُ بَارِدٌ

Panas – dingin

حَارٌّ – بَارِدٌ

Kota itu jauh

المَدِيْنَةُ بَعِيْدَةٌ

Jauh-dekat

بَعِيْدٌ – قَرِيْبٌ

Buku itu tebal

الكِتَابُ ثَخِيْنٌ

Tebal-tipis

ثَخِيْنٌ – رَقِيْقٌ

Penutup:

1.      Masing-masing siswa untuk menghafal!

والسلام عليكم ورحمة الله وربكاته

                                     

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...