Jumat, 17 Maret 2023

kisi-kisi materi b.arab pts kls 11

 

Mapel

Bahasa Arab 11

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

KD. 3.5. mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli) dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan
tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.5 menggunakan teks sederhana
berisi tindakan memberi danmeminta informasi terkait dengan tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau (al-madli), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
3.6 mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi (mudlari’) dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.6 menggunakan teks sederhana berisi tindakan menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi (mudlari’), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai  konteks

السلام عليكم ورحمة الله وركاته

Arti

Contoh

أدوات الاستفهام (؟)

Apakah kamu seorang murid?

أَ أَنْتَ تِلْمِيْذٌ؟

Apakah?

هَلْ / أَ

Diaman masjid itu?/ Dimana kamu belajar?

أَيْنَ المَسْجِدُ؟ / أَيْنَ تَتَعَلَّمُ؟

Dimana?

أَيْنَ

Apa saja yang ada dirumah?

مَاذَا فِي البَيْتِ؟

Apa?

مَاذَا/مَا

Kapan kamu tidur dimalam hari?(jam)

مَتَى تَنَامُ فِي اللَّيْلِ؟

Kapan?

مَتَى

Bagaimana kamu pergi ke sekolah?

كَيْفَ تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ؟

Bagaimana?

كَيْفَ

Jam berapa sekarang?

كَمْ السَّاعَةُ الآنَ؟

Berapa?

كَمْ

Siapa saja yang ada disekolah?

مَنْ فِي الْمَدْرَسَةِ؟

Siapa?

مَنْ

 

Contoh

حَرْفُ جَرٍّ () Huruf jar

 

Di dalam/ pada

فِي

 

Diatas

عَلَى

 

Didepan

أَمَامَ

 

Dibelakang

وَرَاءَ

 

Dibawah

تَحْتَ

 

Diatas

فَوْقَ

 

Disamping

جَانِبَ

 

Diantara

بَيْنَ

 

Untuk

لِ

 

Dengan

بِ

 

Dari

عَنْ

 

Dari

مِنْ

 

Ke

إِلَى

 

Sesudah

بَعْدَ

 

Sebelum

قَبْلَ

 

Artinya

فِعْلُ النَّهْيٍ

فِعْلُ الأَمْرِ

الفِعْلُ المُضَارِعُ

الفِعْلُ المَاضِيُّ

 

Kata larangan

Kata Perintah

Kata yang sedang dilakukan

Kata Lampau

Membuka

لَا تَفْتَحْ

اِفْتَحْ

يَفْتَحُ

فَتَحَ

Memukul

لَا تَضْرِبْ

اِضْرِبْ

يَضْرِبُ

ضَرَبَ

Meminum

لَا تَشْرٍبْ

اِشْرَبْ

يَشْرَبُ

شَرِبَ

Berangkat

لَا تَذْهَبْ

اِذْهَبْ

يَذْهَبُ

ذَهَبَ

Pulang

لَا تَرْجِعْ

اَرْجِعُ

يَرْجِعُ

رَجَعَ

Masuk

لَا تَدْخُلْ

اُدْخُلْ

يَدْخُلُ

دَخَلَ

Keluar

لَا تَخْرُجْ

اُخْرُجْ

يَخْرُجُ

خَرَجَ

 

Senin, 13 Maret 2023

PAI Kisi-kisi PTS! kelas 10

 

Mapel

PAI

Guru

H.Heri Sutopo, M.E.Sy

KD: 3.7 Menuntut Ilmu

KD: 3.8 Sumber Hukum Islam

KD: 3.9 Manasik Haji

Kisi-kisi PTS

 

Assalamualaikum wrwb.

A.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

1.      Apa hukum menuntut Ilmu?

2.      Apa saja 3 perkara yang tidak terputus setelah mati?

3.      Sebutkan adab-adab menuntut ilmu!

4.      Apa saja keuntungan seseorang yang menuntut ilmu?

5.      Apa saja syarat-syarat menuntut ilmu?

6.      Teruskan hadits berikut dan tuliskan artinya!

طَلَبُ........فَرِيْضَةٌ........

Artinya: .....

7.      Apa yang dimaksud dengan hukum Islam?

8.      Sebutkan 5 hukum Islam yang menjadi dasar hokum Islam?

9.      Sebutkan sumber-sumber hukum Islam?

10.  Apa yang dimaksud dengan Ijitihad?

11.  Sebutkan syarat-syarat Haji?

12.  Sebutkan Rukun-rukun Haji?

13.  Apa itu wajib haji?

14.  Teruskan ayat berikut:

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ...........إِلَيْهِ.......الآية

15.  Sebutkan bagian-bagian dari pada Ka’bah! (dihafalkan)

Description: C:\Users\Acer\Downloads\kabah2 (1).JPG

Jumat, 10 Maret 2023

. Pai 10 Jumat

 Assalamualaikum wrwb

KD. 3.9 Menganalisis hikmah ibadah haji bagi individu dan masyarakat

4.9 mensimulasikan ibadah haji melalui manasik haji

Tujuan Pembelajaran

*Menganalisa Hadist Rukun Islam dalam Bab Haji

*Membaca Menghafalkan Hadits Rukun Islam. 

(بني الإسلام على خمس)

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: بُنِيَ الإِسْلامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ رواه البخاري (8)، ومسلم (16

Kamis, 09 Maret 2023

bahasa arab 11 العربية

  

Mata Pelajaran

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo,M.E.Sy

KD. 3.8 mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi benda (sifat al- maddah), secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis,
sesuai dengan konteks penggunaannya
.

4.8 memproduksi teks sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan keberadaan benda (sifat al-maddah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:

·         Mampu mengucap, menulis kosa kata dalam shifat al-maddah

·         Menghafal kosa kata shifat al-maaddah.

 

السلام عليكم ورحمة الله وركاته

 

Kosa kata

المُفْرَدَاتُ:

Jalan itu panjang

الطَّرِيْقٌ طَوِيْلٌ

Panjang-pendek

طَوِيْلٌ – قَصِيْرٌ

Masjid itu besar

المَسْجِدُ كَبِيْرٌ

Besar-kecil

كَبِيْرٌ – صَغِيْرٌ

Batu itu berat

الحَجَرُ ثَقِيْلٌ

Berat-ringan

ثَقِيْلٌ – خَفِيْفٌ

Lapangan itu luas

المَيْدَانُ وَاسِعٌ

Sempit-luas

ضَيِّقٌ – وَاسِعٌ

Sumur itu dalam

البِئْرُ عَمِيْقٌ

Dalam –dangkal

عَمِيْقٌ – ضَحْلٌ

Menara itu tinggi

المَنَارَةُ مُرْتَفِعَةٌ

Tinggi-rendah

مُرْتَفِعٌ – سُفْلَى

Es itu dingin

الثَّلْجُ بَارِدٌ

Panas – dingin

حَارٌّ – بَارِدٌ

Kota itu jauh

المَدِيْنَةُ بَعِيْدَةٌ

Jauh-dekat

بَعِيْدٌ – قَرِيْبٌ

Buku itu tebal

الكِتَابُ ثَخِيْنٌ

Tebal-tipis

ثَخِيْنٌ – رَقِيْقٌ

 

 

Banyak – sedikit

كَثِيْرٌ – قَلِيْلٌ

 

 

Jernih-keruh

صَافٍ – كَدِرٌ

 

 

Bagus – buruk

جَمِيْلٌ – قَبِيْحٌ

 

 

Bersih – kotor

نَظِيْفٌ – وَسِخٌ

 

 

Manis - pahit

حُلْوَةٌ - مُرٌّ

Penutup:

1.      Masing-masing siswa untuk menghafal!

والسلام عليكم ورحمة الله وربكاته

                                     

Rabu, 08 Maret 2023

BAHASA ARAB 12

 

Mapel

Bahasa Arab 12

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

KD. 3.7 Menyatakan kembali kisah-kisah teladan dalam bahasa Arab sangat sederhana dengan memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan  

4.7 menjelaskan teks-teks kisah
teladan dalam bahasa Arab sangat sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan

TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Membaca teks kisah-kisah

·         Mengidentifikasi kosa kata baru bahasa arab

·         Mengambil intisari

 

Kosa kata

المفردات

Menggembala

Padang rumput

Rumput hijau

Berteriak

Serigala

Tongkat/pemukul kayu

Untuk menyelamatkannya

Tertawa

Takut

Tidak memperhatikan

Teriakan

Dibunuh/dimakan

Jujur

يَرْعَى

مَرْعًى

العُشْبُ الأَخْضَرُ

صَاحَ

الذِئْبُ

عَصَبٌ

لِنَجْدَتِهِ

يَضْحَكُ

خَافَ

لَمْ يَهْتَمُّوْا

صِيَاحٌ

فَتَكَ

صَدَّقَ

 

Tema materi:

" الرَّاعِيْ وَ الذِّئْبُ"


كَانَ الوَلَدُ يَرْعىَ غَنَمًا.  فَيَخْرُجُ بِهَا كُلَّ يَوْم إِلَي مَرْعَى قَرِيْبٍ مِنْ بَلَدِهِ. لِتَأْكُلَ مِنْ العُشْبِ الأَخْضَرِ.

وَذَاتَ يَوْمٍ أَرَادَ أَنْ يَسْخَرَ مِنْ أَهْلِ البَلَدِ.  فَصَاحَ بِأَعْلَى صَوْتِهِ " الذِّئْبُ, الذِّئْبُ!!". فَخَرَجَ الرَّجُلُ بِعِصِيِّهِمْ لِنَجْدَتِهِ. وَ لَكِنَّهُمْ لَمْ يَجِدُوا شَيْئًا فَعَادَواْ منْ حَيْثُ أَتَوْا وَ الوَلَدُ يَضْحَكُ مِنْهُمْ, وَفِي اليَوْمِ التَالِي أَتَى ذَئْبٌ حَقِيْقِةً. فَخَافَ الوَلَدُ وَزَعَقَ مَرَّةً أُخْرَى "الذِّئْبُ, الذِّئْبُ!!". فَظَنَّ النَّاسُ أَنَّ الوَلَدَ عَادَ يَسْخَرُ مِنْهُمْ. كَامَ فَعَلَ اَوَّلَ مَرَّةٍ. وَلِذَلِكَ لَمْ يَهْتَمُّوا بِصِيَاحِهِ. فَفَتَكَ الذَئْبُ بِعَدَدِ عَظِيْمٍ مِنْ الغَنَمِ. وَلَوْ لَا كَذِبَهُ فِيْ الْمَرَّةِ الأُوْلَى لَصَدَقَّةُ النَّاسُ عِنْدَ صِيَاحَةِ فِيْ المَرَّةِ الثَانِيَةِ. 

PENGEMBALA DAN SRIGALA

            Ada seorang anak sedang mengembala biri-biri. Dan ia keluar dengan biri-birinya setiap hari ke tempat yang dekat dari kotanya untuk makan rumputan hidup yang hijau.

 

            Dan pada suatu hari anak itu ingi mentertawakan para penduduk kota. Maka berteriaklah anak tersebut dengan suaranya yang keras “srigala, srigala!!”. Maka keluarlah para laki-laki dengana alat pemukul untuk memeranginya. Tetapi mereka tidak menemukan sesuatu lalu mereka pulang dari mana mereka datang, dan anak kecil tersebut menertawainya. Dan hari berikutnya datanglah srigala yang sebenarnya. Maka anak tyersebut merasa takut da dia berteriak sekali lagi “ srigala, srigala!!” maka orang-orang menyangka anak tersebut kembali menertawai mereka. Sebagaimana yang ia lakukan sebelumnya. Dan oleh karena itu mereka tidak memperhatikan tiarakan anak tersebut. Dan srigala menyerang domba dengan jumlah yang besar. Dan apabila anak tersebut tidak berbohong dari awal, maka orang-orang akan mempercayainya pada tiriakannya yang kedua.

 

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...