Senin, 07 Agustus 2023

bahsaa arab kelas 12


MAPEL

اللغة العربية

GURU MAPEL

HERI SUTOPO, M.E.Sy

KELAS

12 IPA/IPS

Kompetensi Dasar

Pert-3

3.1 memberi contoh ungkapan sederhana yang menyatakan harapan (roja’) atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1 menggunakan teks sederhana berisi harapan (roja’) atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

TUJUAN PEMBELAJARAN:

A.      menggunakan teks sederhana berisi harapan (roja’) atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

B.      Menuliskan contoh kalimat dari unsur kata Roja’ , Do’a dan Ucapan Selamat.

 

Contoh :

Ucapan Selamat

التهنية

Selamaty Pagi

صباح الخير – صباح النور

Selamat Siang

نهاركم سعيد – سعيد مبارك

Selamat Sore

مساء الخير – مساء النور

Selamat malam

ليلتكم سعيد – سعيد مبارك

Selamat Datang

أهلا وسهلا

Terimakasih

شكرا لك

 

Tugas:

Ucapan Selamat.

Selamat Makan

 

Selamat Jalan

 

Selamat Hari Raya

 

Selamat Tahun baru

 

Hari kelahiran

 

Pernikahan

 

 

Wassalamualaikum wrwb…

Agama Islam Kelas X fase E Pert-3

 Assalamuakum wrwb..

MATA PELAJARAN

AGAMA ISLAM

GURU MAPEL

HERI SUTOPO,M.E.Sy

KELAS

X/E

Pertemuan

3

Elemen

Al-Qur’an dan Hadits

CP; ELEMEN AL-QUR’AN

Peserta didik mampu menganalisis ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja; dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an serta Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja; dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja; meyakini bahwa sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja adalah perintah agama; dan membiasakan sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja.

 

 

TP;

1.      Peserta didik dapat membaca ayat Al-Qur’an dengan tartil dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

2.      Peserta didik dapat menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang perintah untuk kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

3.      Peserta didik dapat menganalisis hukum-hukum tajdwid dalam bacaan Ayat-ayat Al-Qur’an.

ATP;

1.      Membaca Ayat Al-Qur’an QS;Al-Maidah 5:48 Kompetensi dalam kebaikan dan QS; at-taubah 9;105 Etos kerja.

2.      Mengidentifikasi dan menjelaskan hukun tajwid, hukum nun mati dan tanwin dengan huruf hijaiyah.

3.      Siswa dibagi manjadi 7 kelompok masing-masing memilih tema pembahasan hukum tajwid.

4.      Latihan dan evaluasi

 

Materi :

وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

 

105. Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

Hukum tajwid:mengidentifikasi ayat-ayat diatas kedalam hukum tajwid berikut ini!

1.      Hukun sukun dan tanwin ( نْ ًٍ ٌ )

2.      Hukum (مْ)mim sukun dan ghunnah غُنَّه

3.      Lam ta’rif dan lafdzul jalaalah lam tebal-tipis (لام التعريف و لفظ الجلالة)

4.      Idghom Mutamasilain, idghom mutaqaaribain dan Idghom mutajanisain

(اذعام متماثلين، متقاربين و متجانسين))

5.      Hukum Al-Maad (المد)

6.      Hukum Raa dan Qalqolah(الراء و القلقلة)

7.      Al-Waqf (الوقف)

 

 

Wassalamualaikum wrwb.

Jumat, 04 Agustus 2023

PAI X FASE E JUM'AT 4 AGUSTUS 2023

 

MAPEL

PAI KELAS X FASE E

GURU

HERI SUTOPO, M.E.Sy

ELEMEN

AL-QUR’AN DAN HADITS

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Di akhir fase E, Peserta didik mampu menganalisis ayat AlQur’an dan hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta

Larangan pergaulan bebas dan zina dapat membaca

Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancer ayat Al-Qur’an serta Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta bahaya dari pergaulan bebas dan zina; dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja

serta larangan pergaulan bebas dan zina; meyakini bahwa sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja serta menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina adalah perintah agama; dan   membiasakan sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja serta menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan lebih berhati-hati dan menjaga kehormatan diri.

TUJUAN PEMBELAJARAN:

10.1 Peserta didik dapat membaca dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid dan mahkorijul khuruf QS. alMaidah/5: 48; dan QS. at-Taubah /9: 105 serta hadist terkait menjelaskan kandungan ayat QS. alMaidah/5: 48; dan QS. at-Taubah /9: 105 dan  Q.S. al-Isra /17 ayat 32 dan Q.S an-Nur/24 ayat 2sesuai dengan tafsir dan hadist terkait.

10.2 Peserta didik dapat membaca dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid dan mahkorijul khuruf QS. alMaidah/5: 48; dan QS. at-Taubah /9: 105. dan  Peserta didik dapat membaca dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid dan mahkorijul khuruf QS. Al-Isra'/17: 32; dan QS. An-Nur/24: 2

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN;

1.      Peserta didik dapat membaca ayat Al-Qur’an dengan tartil dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

2.      Peserta didik dapat menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang  perintah untuk kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

3.      Peserta didik dapat menjelaskan ayat tentang ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang kompetisi dalam  kebaikan dan etos kerja.

4.      Peserta didik dapat menganalisis ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan  dan etos kerja.

5.      Peserta didik dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk kompetisi dalam  kebaikan dan etos kerja dalam bentuk penelitian.

 

 

REFLEKSI TILAWAH BAB 1:

1.      BERLOMBA-LOMBA DALAM KEBAIAKAN

QS. Al-Ma'idah:48

 

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَۙ

 

Kami telah menurunkan kitab suci (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan (membawa) kebenaran sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan sebagai penjaganya (acuan kebenaran terhadapnya). Maka, putuskanlah (perkara) mereka menurut aturan yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikanmu satu umat (saja). Akan tetapi, Allah hendak mengujimu tentang karunia yang telah Dia anugerahkan kepadamu. Maka, berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang selama ini kamu perselisihkan.

 

2.      ETOS KERJA

QS. At-Taubah:105

 

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ

 

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Bekerjalah! Maka, Allah, rasul-Nya, dan orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu. Kamu akan dikembalikan kepada (Zat) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata. Lalu, Dia akan memberitakan kepada kamu apa yang selama ini kamu kerjakan.”

 

Tugas:

Menyimpulkan inti sari dari Al-Maidah Ayat 48 dan At-taubah Ayat 105!

 

Rabu, 02 Agustus 2023

12 Bahasa Arab

  Assalamualaikumwrwb..

KI-

قدرة التلاميذ على فمة اللغة العربية من المفردات والكلمات مع قواعدها الصرفية والنحوية....

KD-

3.1

Memberi contoh ungkapan sederhanad (رجا-يرجو) ...

4.1

Mengunakan teks sedrhana berisi harapan (رجا-يرجو) dengan memperhatiakn fungsi sosial struktur teks dan kaidah bahasa dengan benar.


Materi

المقالة ١ ومفرداتها

وصل-يصل datang/sampai

ركب-يركب mengendarai

رجا-يرجو :berharap

حضر-يحضر: hadir-ada

انتظر-ينتظر: menunggu

تحويل افعال... الفعل الماضي -الفعل المضارع- المصدر

فتح يفتح

ذهب يذهب

كتب يكتب

خرج يخرج

قرأ يقرأ

سبح يسبح

ساعد يساعد

الاحتبار:

قراءة المقالة.

وضع المفردات الى الجملة.

حفظ المفردات...


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته..


Selasa, 01 Agustus 2023

BAHASA ARAB 12 Pert- 2 & 3

 

MAPEL

اللغة العربية

GURU MAPEL

HERI SUTOPO, M.E.Sy

KELAS

12 IPA/IPS

Kompetensi Dasar

3.1 memberi contoh ungkapan sederhana yang menyatakan harapan (roja’) atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1 menggunakan teks sederhana berisi harapan (roja’) atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

TUJUAN PEMBELAJARAN:

A.      menggunakan teks sederhana berisi harapan (roja’) atas suatu kebahagiaan dan prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

B.      Menuliskan contoh kalimat dari unsur kata Roja’ , Do’a dan Ucapan Selamat.

الْمُفْرَدَاتُ :

Mengharapkan

رَجَا – يَرْجُوْ

Semoga

عَسَى أَنْ -

Pesta

حَفْلَةٌ

Acara

بَرْنَامَجُ

Ucapan Selamat

التَهْنِيَةُ

Kedatangan

خُضُوْرٌ

Ulang Tahun

يَوْمُ المِيْلَادِ

Kelulusan

التَّخَرُّجُ

 

Contoh kalimat:

Saya harapkan kehadiranmu di acara ulang tahunku.

أَرْجُوْ مِنْكَ الحُضُوْرَ فِي يَوْمِ مِيْلَادِيْ أَنَا

Semoga Allah memudahkan segala urusanmu.

عَسَى أَنْ يَسْهَلَ اللهُ جَمِيْعَ أُمُوْرِكَ

Tugas: Buatlah kalimat dari kosakata berikut ini!

Pesta

حَفْلَةٌ

Resepsi Pernikahan

وَلِيْمَةُ النِّكَاحِ

Semoga

عَسَى أَنْ -

 

Wassalamualaikum wrwb

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...