Senin, 22 Juli 2024

BAHASA ARAB 11

 

                                                        MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS 11

                                                           GURU MAPEL : HERI SUTOPO, M.E.Sy

 

Nama Sekolah

: SMA AL-AZHAR 3 BDL

Materi Pokok

: BAB 1 - التسوق

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: مهارة الإستماع

Kelas/Semester

: XI/Ganjil

Alokasi Waktu

: 2 x 45 menit (pertemuan ke –1)

 

A.      Kompetensi Dasar

3.1.     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون

3.2.     Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون

4.1.  Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan

 

 

 

4.2.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema:

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan

 

B.      Tujuan Pembelajaran

1.       Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melafalkan kosakata yang diperdengarkan tentang tema التسوق dengan baik

2.       Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu menuliskan kosakata yang diperdengarkan tentang tema التسوق benar

C.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas X KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 3 – 4

Teks Materi:

عادة نحن نتسوق في السوق و السوبر ماركيت، و تباع فيهما أنواع كثيرة من السلع....

المفردات:

الاستماع 1:

البائع و المشتري....

 

D.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

3.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, telegram, google classroom dan sejenisnya maupun E-Learning Bahasa Arab MA

Inti :

1.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA

2.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA

4.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

BAHASA ARAB KELAS 12

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy

 

Nama Sekolah

: SMA AL-AZHAR 3 BDL

Materi Pokok

: BAB 1 -  الرياضة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: مهارة الإستماع

Kelas/Semester

: XII/Ganjil

Alokasi Waktu

: 1 x 45 menit (pertemuan ke – 1)

 

A.    Kompetensi Dasar

3.1.   Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

yang melibatkan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

3.2.   Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

4.1.Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal :  النعت – الإضافة

baik secara lisan maupun tulisan

 

 

 

4.2.Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة baik secara lisan maupun tulisan

B.     Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melafalkan kosakata yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan baik

2.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu menuliskan kosakata yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan benar

3.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu mengkategorikan kosakata tentang jenis-jenis olahraga (perseorangan/banyak) dengan benar

4.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melengkapi teks dari hiwar yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan benar

C.    Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas XII KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman  3 – 5

Teks materi:

الدرس الأول : الرياضة

الرياضة النشاطات التي يستفيد منها الإنسان لشتى الأهداف.....ألخ...

المفرات:

أ‌.         يستفيد:

ب‌.     شتى:

ت‌.     الأهداف: .....ألخ

D.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.      Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran

3.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi,

Inti

1.      Peserta didik diberikan tutorial membaca teks tema الرياضة oleh Guru dan mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan disiapkan dalam BUKU MATERI Bahasa Arab SMA

2.      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri untuk membaca teks Bahasa Arab tema الرياضة sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran di kelas yang telah dilaksanakan

2.      Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.      Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.      Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

E.     Penilaian مهارة الإستماع

معايير التقويم )Kriteria Penilaian)

الإسم

جيد جدا

86-95

جيد

75-85

مقبول

46-75

راسب

0-45

 

 

 

 

Dora

 

 

 

 

Dori

 

 

 

 

Maya

 

 

 

 

Laila

 

 

 

 

Putri

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...