Materi Pembelajaran
Heri Sutopo, M.E.Sy
Nama
Sekolah |
: SMA
AL-AZHAR 3 BDL |
Materi
Pokok |
: BAB 1 - الرياضة |
Mata
Pelajaran |
:
Bahasa Arab |
Sub
Materi |
: مهارة الكتابة |
Kelas/Semester |
:
XII/Ganjil |
Alokasi
Waktu |
:
1 x 45 menit (pertemuan ke – 4) |
A.
Kompetensi Dasar
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan
tema : الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) yang melibatkan tindak tutur membandingkan
sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal
: النعت - الإضافة 3.2. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan tema: الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi
dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة |
4.1.Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan
sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal
: النعت –
الإضافة baik secara lisan maupun tulisan 4.2.Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari
teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema: الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi
dari dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة baik secara
lisan maupun tulisan |
B.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui pembelajaran مهارة الكتابة,
peserta didik mampu menyusun kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan
benar
2.
Melalui pembelajaran مهارة الكتابة,
peserta didik mampu membuat kalimat dengan kata yang tersedia tentang الرياضة dengan baik
C.
Materi Pembelajaran
Buku Bahasa Arab Kelas XII KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 13
الريضة ، أنواع الرياضة ، الأفعال تتعلق
باارياضة.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
1.
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik
untuk berdo’a
2.
Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik.
3.
Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui
grup whatsapp, telegram, google classroom yang mendukung belajar Bahasa Arab SMA
Inti :
1.
Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik
dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi
E-Learning Bahasa Arab MA
2.
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan
aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA sekaligus mempelajari materi pembelajaran
yang ada di dalamnya
3.
Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan
dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan Buku Bahasa Arab MA
4.
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
1.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring
yang telah dilaksanakan
2.
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran
daring dengan baik dan disiplin
3.
Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau
mengukur ketuntasan pembelajaran di kelas
4.
Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya