Rabu, 21 Agustus 2024

bahasa arab kelas x

 

Mapel

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

Kelas

X Pert- 1

المراجعة

Tuliskan profil singkat dirimu dalam buku tulis !

عَرِّفْ نَفْسَكَ بِإْمَلَاءِ الِاسْتِمَارَةِ التَّالِيَةِ!

البَيَانَاتُ الشَّخْصِيَّةُ

الصُّوْرَةُ:

Foto

الإِسْمُ بِالكَامِلِ :

Nama Lengkap

رَقْمُ التَّسْجِيْلِ:

No. Reg

الجِنْسُ :

Kelamin

مَكَانُ وَ تَارِيْخُ المِيْلَادِ:

TTL

عُنْوَانُ البَيْتِ:

Alamat Rumah

عُنْوَانُ الْمَدْرَسَةِ:

Alamat sekolah

رَقْمُ الجَوَّالِ:

No. HP

الطُمُوْحُ:

Cita-cita

 

Contoh:





Selasa, 20 Agustus 2024

bahasa arab kelas xi tamrin

 

Mapel

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

Kelas

XI

Latihan Soal Halaman 17 Al-Muraja’ah

 



 

 



Senin, 19 Agustus 2024

bahasa arab kelas 11

 

Mapel

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

TP:

Memahami fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengantema:

الصحة )المستشفى والصيدلية، عيادة  yang melibatkan tindak tutur menanyakan kondisi kesehatan,ungkapan ketika menjenguk orang sakit, dan memberi saran (menjaga kesehatan)dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

حروف الجر وحروف العطف

Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan kondisi kesehatan, ungkapan ketika menjenguk orang sakit, dan memberi saran (menjaga kesehatan) dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

حروف الجر وحروف العطف baik secara lisan maupun tulisan

 

 

Kamis, 08 Agustus 2024

Kelas XI Bahasa Arab

                                                          BAHASA ARAB KELAS XI

Mapel

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

TP.

1.     Membaca dan menulis ‘adad dan ma’dud

2.     Mengidentifikasi ‘adad ma’dud dan meletakkan dalam kalimat

Assalamualaikum wrwb.

 








Waalaikumsalam wrwb

Rabu, 07 Agustus 2024

kelas 10 bahasa arab

  

BAHASA ARAB KELAS X

Nama Sekolah

SMA AL-AZHAR 3

Materi Pokok

: BAB 1 -  و التعارف التحيات

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

القواعد

Kelas/Semester

X/Ganjil

Alokasi Waktu

1 x 45 menit (pertemuan ke –3)

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

3.1.     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:  و التعارف التحيات  yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berterimakasih, dan berpamitan dengan memperhatikan  تقسيم الكلمة – الارقام ا – 100

3.2.     Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema: (التحيات, التحيات و التعارف, البيانات الشخصية, التعريف بالنفس وبالغير ) و التعارف التحيات dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الارقام 1- 100

4.1.  Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan تقسيم الكلمة – الارقام ا – 100  baik secara lisan maupun tulisan

 

 

4.2.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema و التعارف التحيات (التحيات, التحيات و التعارف, البيانات الشخصية, التعريف بالنفس وبالغير )  dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة – الارقام 1- 100

 

B.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui pembelajaran القواعد, peserta didik mampu memahami kaidah pembagian kalimat yaitu isim fi'il dan harf dengan baik

2.       Melalui pembelajaran القواعد, peserta didik mampu mengkategorikan kalimat Isim fi'il dan harf dari sebuah teks dengan benar

C.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas X KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 9 - 13

D.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik

3.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, telegram, google classroom berBahasa Arab MA

Inti :

1.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam buku bahasa Arab MA

2.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan buku Bahasa Arab MA sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan buku Bahasa Arab MA

4.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

 

Wassalamuakum wrwb

 

Selasa, 06 Agustus 2024

bahasa arab kelas 12

 

Mapel

Bahasa Arab 12

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

TP.

1.      Mendemonstrasikan na’at man’ut dalam unsur kebahasaan

2.      Memberikan contoh kalimat dalam kaidah na’at ma’uut sesuia dengan kaidah kebahasaan bahasa arab

 

Assalamualaikum wrwb.



Senin, 05 Agustus 2024

BAHASA ARAB KELAS XI

                                                         BAHASA ARAB KELAS XI

Mapel

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

TP.

1.     Membaca dan menulis ‘adad dan ma’dud

2.     Mengidentifikasi ‘adad ma’dud dan meletakkan dalam kalimat

Assalamualaikum wrwb.

 








Waalaikumsalam wrwb

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...