Senin, 21 Juli 2025

Bahan Ajar Bahasa Arab Kelas 10 SMA

  

Bahan Ajar Bahasa Arab Kelas 10 SMA


Tema: التعارف (Perkenalan)
Fase: E / Kelas X
Semester: 1
Tahun Pelajaran: 2025/2026
Pendekatan: Deep Learning (Pembelajaran Mendalam)
Guru: Heri Sutopo, M.E.Sy

📌 Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu:

  1. Memahami ungkapan-ungkapan perkenalan dalam Bahasa Arab.
  2. Mempraktikkan dialog perkenalan secara lisan dan tulisan.
  3. Mengidentifikasi kosakata dasar terkait identitas diri
  4. Menunjukkan sikap percaya diri dan sopan dalam berkenalan.

📚 Kosa Kata (المفردات)

Bahasa Arab

Artinya

اسمي

Namaku

من أين أنت؟

Dari mana kamu?

أنا من ...

Saya dari ...

تشرفنا

Senang berkenalan denganmu

كيف حالك؟

Apa kabar?

بخير، الحمد لله

Baik, Alhamdulillah

أين تسكن؟

Di mana kamu tinggal?

أسكن في ...

Saya tinggal di ...

ما مهنتك؟

Apa pekerjaanmu?

أنا طالب / طالبة

Saya siswa / siswi

🗣️ Dialog Perkenalan (محادثة)

👦 أَحْمَد: السلام عليكم 
👨🦱 فَهْد: وعليكم السلام، ما اسمك؟ 
👦 أَحْمَد: اسمي أحمد، وأنت؟ 
👨🦱 فَهْد: اسمي فهد. من أين أنت؟ 
👦 أَحْمَد: أنا من إندونيسيا. وأنت؟ 
👨🦱 فَهْد: أنا أيضا من إندونيسيا. 
👦 أَحْمَد: تشرفنا. 
👨🦱 فَهْد: وأنا أيضا.

👧 نَدِيَة: السلام عليكم 
👩🦰 سَارَة: وعليكم السلام، من أين أنتِ؟ 
👧 نَدِيَة: أنا من جاكرتا، وأنتِ؟ 
👩🦰 سَارَة: أنا من باندونج. تشرفنا. 
👧 نَدِيَة: وأنا أيضا، سعدت بلقائك.

🎨 Ilustrasi Percakapan

🧠 Alur Pembelajaran (Model Deep Learning)

1. **Fase Eksplorasi**: Guru memantik diskusi dengan menayangkan video pendek tentang perkenalan dalam Bahasa Arab.

2. **Fase Elaborasi**: Siswa mengamati dan menganalisis kosakata dan struktur kalimat dari dialog yang ditampilkan.

3. **Fase Konfirmasi**: Siswa mempraktikkan dialog dengan pasangan, dilanjutkan penugasan menulis teks perkenalan diri.

4. **Fase Refleksi**: Siswa merefleksikan pengalaman berkenalan dalam Bahasa Arab dan memberikan umpan balik.

Kamis, 17 Juli 2025

Bahasa Arab kelas 12

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy

 

Nama Sekolah

SMA AL-AZHAR 3 BDL

Materi Pokok

: BAB 1 -  الرياضة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

مهارة الإستماع

Kelas/Semester

XII/Ganjil

Alokasi Waktu

1 x 45 menit (pertemuan ke – 1)

 

A.    Kompetensi Dasar

3.1.   Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

yang melibatkan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

3.2.   Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

4.1.Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal :  النعت – الإضافة

baik secara lisan maupun tulisan

 

 

 

4.2.Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة baik secara lisan maupun tulisan

B.     Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melafalkan kosakata yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan baik

2.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu menuliskan kosakata yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan benar

3.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu mengkategorikan kosakata tentang jenis-jenis olahraga (perseorangan/banyak) dengan benar

4.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melengkapi teks dari hiwar yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan benar

C.    Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas XII KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman  3 – 5

Teks materi:

الدرس الأول : الرياضة

الرياضة النشاطات التي يستفيد منها الإنسان لشتى الأهداف.....ألخ...

المفرات:

أ‌.         يستفيد:

ب‌.     شتى:

ت‌.     الأهداف: .....ألخ

D.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.      Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran

3.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi,

Inti

1.      Peserta didik diberikan tutorial membaca teks tema الرياضة oleh Guru dan mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan disiapkan dalam BUKU MATERI Bahasa Arab SMA

2.      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri untuk membaca teks Bahasa Arab tema الرياضة sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran di kelas yang telah dilaksanakan

2.      Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.      Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.      Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

E.     Penilaian مهارة الإستماع

معايير التقويم )Kriteria Penilaian)

الإسم

جيد جدا

86-95

جيد

75-85

مقبول

46-75

راسب

0-45

 

 

 

 

Dora

 

 

 

 

Dori

 

 

 

 

Maya

 

 

 

 

Laila

 

 

 

 

Putri

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...