Kamis, 11 September 2025

اللغة العربية ١٢

   

Mapel

Bahasa Arab

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

Kelas

XII Pert- 4

 المراجعة


Kerjakan dalam buku catatanmu!




Selamat Mengerjakan!

Rabu, 10 September 2025

bahasa arab kelas 10

 

📘 Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 10

Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy

Tema: Lingkungan Rumah dan Keluarga
Tujuan Pembelajaran:

  • Membaca dan memahami susunan kalimat sederhana tentang rumah dan keluarga.

  • Menyusun kalimat Arab dengan struktur yang baik (jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah).


📖 Contoh Kalimat tentang Lingkungan Rumah

  1. البيتُ نَظِيفٌ.
    (Rumah itu bersih.)

  2. في البيتِ غُرْفَةٌ كَبِيرَةٌ.
    (Di rumah ada sebuah kamar besar.)

  3. أمامي حَدِيقَةٌ جَمِيلَةٌ.
    (Di depanku ada taman yang indah.)

  4. أجلسُ في غرفةِ الجلوسِ.
    (Aku duduk di ruang tamu.)

  5. المطبخُ في جانبِ البيتِ.
    (Dapur berada di samping rumah.)


📖 Contoh Kalimat tentang Keluarga

  1. هذا أبي مُهَنْدِسٌ.
    (Ini ayahku, seorang insinyur.)

  2. أمي طَيِّبَةٌ وجَمِيلَةٌ.
    (Ibuku baik dan cantik.)

  3. أخي يَدْرُسُ في المدرسةِ الثانويّةِ.
    (Saudaraku belajar di sekolah menengah.)

  4. أختي تَقْرَأُ الكِتَابَ في الغرفةِ.
    (Saudariku membaca buku di kamar.)

  5. نَجْتَمِعُ مَعَ الأُسْرَةِ في المَائِدَةِ.
    (Kami berkumpul bersama keluarga di meja makan.)


✍️ Tugas Siswa

  1. Bacalah setiap kalimat dengan benar.

  2. Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

  3. Buatlah 5 kalimat baru tentang rumah atau keluarga kalian dalam Bahasa Arab.

Senin, 08 September 2025

Bahasa Arab Kelas 10

 📚 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas 10: Kosakata Tentang Rumah dan Keluarga (البيت و العائلة)

Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy

🎯 Tujuan Pembelajaran:

  • Memahami dan menggunakan kosakata bahasa Arab tentang rumah dan keluarga dalam kalimat sederhana.

  • Menyebutkan anggota keluarga dan bagian rumah dalam bahasa Arab.


🏠 A. Kosakata Tentang Rumah (البيت)

No.Bahasa ArabLatinArti
1بيتbaytRumah
2غرفةghurfahKamar
3غرفة النومghurfat al-nawmKamar tidur
4غرفة الجلوسghurfat al-julūsRuang tamu
5مطبخmaṭbakhDapur
6حمامḥammāmKamar mandi
7مرحاضmirḥāḍToilet / WC
8حديقةḥadīqahTaman
9بابbābPintu
10نافذةnāfidzahJendela
11سطحsaṭḥAtap
12سلمsullamTangga

👨‍👩‍👧‍👦 B. Kosakata Tentang Keluarga (العائلة)

No.Bahasa ArabLatinArti
13عائلة'ā'ilahKeluarga
14أبabAyah
15أمummIbu
16أخakhSaudara laki-laki
17أختukhtSaudara perempuan
18جدjaddKakek
19جدةjaddahNenek
20ابنibnAnak laki-laki
21ابنةibnahAnak perempuan
22عم‘ammPaman dari pihak ayah
23عمة‘ammahBibi dari pihak ayah
24خالkhālPaman dari pihak ibu
25خالةkhālahBibi dari pihak ibu

🗣️ C. Contoh Kalimat Sederhana

  1. هذا بيت جميل.
    Hādzā baytun jamīl.
    (Ini rumah yang indah.)

  2. أبي في غرفة الجلوس.
    Abī fī ghurfat al-julūs.
    (Ayahku berada di ruang tamu.)

  3. أمي في المطبخ.
    Ummī fī al-maṭbakh.
    (Ibuku berada di dapur.)

  4. أخي في الحمام.
    Akhī fī al-ḥammām.
    (Saudara laki-lakiku di kamar mandi.)

  5. هذه جدتي.
    Hādhihi jaddatī.
    (Ini nenekku.)


📝 D. Latihan Soal

  1. Apa bahasa Arabnya “tangga”?

  2. Terjemahkan ke dalam bahasa Arab: “Ini kamar tidur saya.”

  3. Sebutkan 5 anggota keluarga dalam bahasa Arab!

  4. Lengkapi kalimat:
    ........ في غرفة النوم. (Saya di kamar tidur)

Kamis, 04 September 2025

bahasa arab kelas 11

 

Materi Ajar Bahasa Arab Kelas 11

Heri Sutopo, M.E.Sy

Tema: Huruf Jaarr dan Huruf ‘Atf


A. Pendahuluan

Dalam pembelajaran Bahasa Arab, penting untuk memahami fungsi huruf-huruf tertentu yang mengubah makna dan hubungan kata dalam kalimat. Dua huruf penting yang harus dipahami adalah Huruf Jaarr (huruf yang menyebabkan kata setelahnya menjadi majrur/berkasrah) dan Huruf ‘Atf (huruf penghubung).


B. Huruf Jaarr (حروف الجر)

1. Pengertian

Huruf Jaarr adalah huruf-huruf yang jika mendahului suatu kata maka kata tersebut akan menjadi majrur (berkasrah atau berkasrah dua, tergantung huruf dan jenis kata).

2. Fungsi Huruf Jaarr

Menghubungkan kata dengan kata lain dalam hubungan makna tertentu, misalnya menunjukkan tempat, waktu, sebab, alat, dan lain-lain.

3. Contoh Huruf Jaarr

  • مِنْ (min) = dari

  • إِلَى (ilā) = ke / kepada

  • عَلَى (‘alā) = di atas

  • فِي (fī) = di dalam

  • بِـ (bi) = dengan / oleh

  • كَـ (ka) = seperti

  • عَنْ (‘an) = dari / tentang

  • لِـ (li) = untuk / milik

4. Contoh Kalimat

  • ذَهَبْتُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
    (Zahabtu ilā al-madrasati)
    Saya pergi ke sekolah.
    Kata "المدرسة" menjadi majrur karena didahului huruf jaarr إِلَى.

  • كَتَبْتُ الدَّرْسَ بِ الْقَلَمِ
    (Katabtu ad-darsa bi al-qalami)
    Saya menulis pelajaran dengan pena.
    Kata "القلم" menjadi majrur karena didahului huruf jaarr بِ.


C. Huruf ‘Atf (حروف العطف)

1. Pengertian

Huruf ‘Atf adalah huruf-huruf yang menghubungkan dua kata, dua kalimat, atau lebih sehingga keduanya setara dalam hubungan makna.

2. Fungsi Huruf ‘Atf

Menggabungkan kata atau kalimat untuk memperjelas hubungan atau menambahkan informasi.

3. Contoh Huruf ‘Atf

  • وَ (wa) = dan

  • فَ (fa) = lalu / kemudian

  • ثُمَّ (tsumma) = kemudian

  • أَوْ (aw) = atau

  • أَمْ (am) = atau (untuk pilihan)

  • لَا (lā) = tidak (bukan huruf ‘atf dalam makna menghubungkan, tapi sering dalam kalimat negatif)

4. Contoh Kalimat

  • أَكَلْتُ التُّفَّاحَةَ وَ الْمَوْزَةَ
    (Akaltu at-tuffāhata wa al-mawzata)
    Saya makan apel dan pisang.

  • ذَهَبَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ ثُمَّ إِلَى الْمَكْتَبَةِ
    (Zahaba ilā al-madrasati thumma ilā al-maktabati)
    Dia pergi ke sekolah kemudian ke perpustakaan.


D. Latihan

1. Tandai huruf Jaarr pada kalimat berikut:

a. ذَهَبْتُ إِلَى الْمَسْجِدِ
b. كَتَبْتُ الدَّرْسَ بِ الْقَلَمِ
c. الْكِتَابُ فِي الْحَقِيبَةِ

2. Hubungkan kata dengan huruf ‘Atf yang tepat:

a. أَكَلْتُ التُّفَّاحَةَ ___ الْمَوْزَةَ
b. ذَهَبَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ ___ إِلَى الْمَكْتَبَةِ
c. هل تريد قهوة ___ شاي؟


E. Kesimpulan

  • Huruf Jaarr menyebabkan kata setelahnya menjadi majrur (berkasrah).

  • Huruf ‘Atf berfungsi sebagai penghubung antar kata atau kalimat.

Rabu, 03 September 2025

Bahasa Raba Kelas 11 SMA

  

📘 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas XI        Tema: Huruf Jarr dan Huruf ‘Athf

Guru : Heri Sutopo, M.E.Sy

📌 Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu mengenal dan memahami huruf jarr beserta penggunaannya.
  • Siswa mampu menggunakan huruf ‘athf untuk menghubungkan kata dan kalimat.
  • Siswa mampu membuat kalimat sederhana dengan huruf jarr dan ‘athf.

1. Huruf Jarr (حروف الجرّ)

Huruf jarr adalah huruf yang berfungsi men-jarr-kan isim (kata benda) sesudahnya sehingga harakat akhirnya menjadi kasrah.

🔹 Contoh huruf jarr:

  • مِنْ (dari)

  • إِلَى (ke)

  • فِي (di)

  • عَلَى (di atas)

  • بِـ (dengan)

  • لِـ (untuk)

  • عَنْ (dari/tentang)

📍 Contoh Kalimat:

  1. ذَهَبْتُ إِلَى المَدْرَسَةِ → Aku pergi ke sekolah.

  2. الكِتَابُ عَلَى المَكْتَبِ → Buku berada di atas meja.

  3. جَلَسَ الطَّالِبُ فِي الفَصْلِ → Siswa duduk di kelas.

  4. أَخَذْتُ الكِتَابَ مِنَ الحَقِيبَةِ → Aku mengambil buku dari tas.

  5. سَافَرْنَا بِالسَّيَّارَةِ → Kami bepergian dengan mobil.


2. Huruf ‘Athf (حروف العطف)

Huruf ‘athf adalah huruf yang digunakan untuk menghubungkan antara dua kata atau dua kalimat. Kata yang di-‘athafkan mengikuti i‘rab (bentuk akhir) kata sebelumnya.

🔹 Contoh huruf ‘athf:

  • وَ (dan)

  • فَ (maka/lalu)

  • ثُمَّ (kemudian)

  • أَوْ (atau)

  • لَكِنْ (tetapi)

📍 Contoh Kalimat:

  1. جَاءَ زَيْدٌ وَعَلِيٌّ → Datang Zaid dan Ali.

  2. قَرَأْتُ الكِتَابَ ثُمَّ نِمْتُ → Aku membaca buku kemudian tidur.

  3. ذَهَبْتُ إِلَى السُّوقِ فَاشْتَرَيْتُ الخُبْزَ → Aku pergi ke pasar lalu membeli roti.

  4. يُمْكِنُكَ أَنْ تَجْلِسَ أَوْ تَقُومَ → Kamu boleh duduk atau berdiri.

  5. حَضَرَ الطَّالِبُ لَكِنَّ الأُسْتَاذَ غَائِبٌ → Siswa hadir tetapi guru tidak ada.


3. Latihan

A. Tentukan huruf jarr dalam kalimat berikut:

  1. سَافَرَ أَحْمَدُ إِلَى جَاكَرْتَا.

  2. القَلَمُ عَلَى الكِتَابِ.

  3. جَلَسْنَا فِي المَسْجِدِ.

B. Tentukan huruf ‘athf dalam kalimat berikut:

  1. ذَهَبْتُ إِلَى المَدْرَسَةِ وَالمَكْتَبَةِ.

  2. قَرَأْتُ الدَّرْسَ ثُمَّ كَتَبْتُ الوَاجِبَ.

  3. جَاءَ مُحَمَّدٌ أَوْ خَالِدٌ.

Senin, 01 September 2025

bahasa arab kelas 10

 

📘 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas 10

Guru Mata Pelajaran : Heri Sutopo, M.E.Sy
Pertemuan ke- 2

Topik: Ḍamīr Munfaṣil dan Ḍamīr Muttashil (الضمائر المنفصلة والمتصلة)


🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, siswa mampu:

  1. Menjelaskan pengertian ḍamīr munfaṣil dan ḍamīr muttashil.

  2. Menyebutkan dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk ḍamīr munfaṣil dan ḍamīr muttashil.

  3. Menggunakan ḍamīr munfaṣil dan ḍamīr muttashil dalam kalimat sederhana.


🧠 A. Pengertian Ḍamīr (الضمير)

Ḍamīr adalah kata ganti dalam Bahasa Arab yang digunakan untuk menggantikan nama orang atau benda dalam kalimat.

Contoh dalam Bahasa Indonesia:

  • Ahmad pergi ke sekolah. → Dia pergi ke sekolah.

Dalam Bahasa Arab:

  • ذهب أحمد إلى المدرسة → هو ذهب إلى المدرسة


🧩 B. Jenis-Jenis Ḍamīr

Secara umum, ḍamīr dibagi menjadi dua jenis:

  1. Ḍamīr Munfaṣil (الضمير المنفصل): Kata ganti yang berdiri sendiri.

  2. Ḍamīr Muttashil (الضمير المتصل): Kata ganti yang menempel pada kata kerja, kata benda, atau huruf.


📍 C. Ḍamīr Munfaṣil (الضمير المنفصل)

✔️ Pengertian:

Ḍamīr Munfaṣil adalah kata ganti yang berdiri sendiri dan tidak menempel pada kata lain. Biasanya digunakan sebagai fa'il (subjek) atau khabar (predikat).

✔️ Contoh dan Tabel:

OrangLaki-lakiPerempuanArti
1 (Aku)أَنَاأَنَاAku
2 (Kamu)أَنْتَأَنْتِKamu
3 (Dia)هُوَهِيَDia
2 (Kalian)أَنْتُمأَنْتُنَّKalian
3 (Mereka)هُمْهُنَّMereka
1 (Kita/Kami)نَحْنُنَحْنُKami/Kita

✔️ Contoh Kalimat:

  • أَنَا طَالِبٌ. (Aku adalah pelajar)

  • أَنْتِ ذَكِيَّةٌ. (Kamu cerdas – untuk perempuan)

  • هُوَ مُعَلِّمٌ. (Dia adalah guru – untuk laki-laki)


📍 D. Ḍamīr Muttashil (الضمير المتصل)

✔️ Pengertian:

Ḍamīr Muttashil adalah kata ganti yang menempel pada kata kerja (fi’il), kata benda (isim), atau huruf.

Terdapat tiga fungsi utama:

  1. Sebagai Fa'il (Subjek) → menempel pada kata kerja.

  2. Sebagai Maf'ul Bih (Objek) → menempel pada fi’il.

  3. Sebagai Mudhaf Ilaih (Pemilik) → menempel pada isim.


✔️ Bentuk dan Tabel Ḍamīr Muttashil

1. Sebagai Fa'il (Pelaku Tindakan)

Menempel pada kata kerja.

OrangLaki-lakiPerempuanContoh Kata KerjaArti
AkuتُتُكَتَبْتُAku menulis
Kamuتَتِكَتَبْتَ / كَتَبْتِKamu menulis
Dia--كَتَبَ / كَتَبَتْDia menulis
KamiنَانَاكَتَبْنَاKami menulis
Merekaوانَكَتَبُوا / كَتَبْنَMereka menulis

2. Sebagai Maf’ul Bih (Objek Langsung)

Menempel pada kata kerja atau huruf.

OrangKata GantiContoh KalimatArti
AkuـنِيأَحَبَّنِيDia mencintaiku
Kamuـكَ / ـكِأُرِيدُكَ / أُرِيدُكِAku menginginkanmu
Diaـهُ / ـهَارَأَيْتُهُ / رَأَيْتُهَاAku melihatnya
KamiـنَانَصَحْتُنَاDia menasihati kami

3. Sebagai Mudhaf Ilaih (Kepemilikan)

Menempel pada isim (kata benda).

OrangKata GantiContohArti
AkuـيكِتَابِيBukuku
Kamuـكَ / ـكِكِتَابُكَBukumu
Diaـهُ / ـهَاكِتَابُهُ / كِتَابُهَاBukunya
KamiـنَاكِتَابُنَاBuku kami

📝 E. Latihan Soal

1. Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang benar!

  1. Kata ganti “هُوَ” termasuk dalam jenis ...

    • a. Ḍamīr Muttashil

    • b. Ḍamīr Munfaṣil ✅

    • c. Isim Isyarah

    • d. Fi’il

  2. Kata “كِتَابِي” menggunakan ḍamīr muttashil yang berfungsi sebagai ...

    • a. Fa’il

    • b. Maf’ul bih

    • c. Mudhaf Ilaih ✅

    • d. Khabar

2. Uraian

  1. Jelaskan perbedaan antara ḍamīr munfaṣil dan ḍamīr muttashil!

  2. Buatlah masing-masing 2 contoh kalimat dengan menggunakan:

    • a. Ḍamīr Munfaṣil

    • b. Ḍamīr Muttashil


🎨 F. Tips Menguasai Ḍamīr

  • Pahami dulu jenis-jenis kata dalam Bahasa Arab: fi’il (kata kerja), isim (kata benda), huruf.

  • Hafalkan bentuk-bentuk ḍamīr untuk setiap orang dan jumlah.

  • Latihan membuat kalimat secara berkala dengan menggunakan ḍamīr yang berbeda.

  • Perhatikan posisi dan fungsi ḍamīr dalam kalimat.


📚 Penutup

Ḍamīr Munfaṣil dan Ḍamīr Muttashil sangat penting dalam pemahaman dan penyusunan kalimat Bahasa Arab. Dengan menguasai materi ini, siswa dapat membaca, memahami, dan menulis kalimat Bahasa Arab dengan lebih baik.

Jumat, 29 Agustus 2025

اللغة العربية 12

   


Mapel

Bahasa Arab 12

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

TP.

·        Membaca teks tema “ الشباب المتفائلون” dengan memperhatikan serta menganalisis mufrodat dan kaidah kebahasaan.

·        Siswa mampu menulis, menirukan, mengucapkan dan menghafal kosakata

 

Materi:

الشَّبَابُ الْمُتَفَائِلُوْنَ

الْمُفْرَدَاتُ :

Pemuda

شَابٌ ج. شَبَابٌ

Level/jenjang

مَرْحَلَةٌ

Optimis

مُتَفَائِلٌ

Pesimis

مُتَشَائِمٌ

Spekulasi/Resiko

مُغَامَرَةٌ

Masa Remaja

مُرَاهَقَةٌ

Pengetahuan

مَعرِفَةٌ ج. مَعَارِفُ

Gembira

بَشُوْشٌ

Harga diri

الاِعْتِزَازُ بِالنَّفْسِ

Memperoleh

اِكْتَسَبَ – يَكْتَسِبُ

Memanfaatkan/merampas

اِغَتَنَمَ – يَغْتَنِمُ

Kegiatan/Aktivitas

النَّشَاطُ

Rajin

نَشِيْطٌ

Pejuang

مُجاَهِدٌ

Terpelajar

مُتَعَلِّمٌ

 

شاب إنه مصطلح يطلق على مرحلة عمرية هي ذروة القوة والحيوية و النشاط بين جميع مراحل العمر لدى العمر................إلخ

 


**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...