Mapel | Bahasa Arab |
Guru | Heri Sutopo, M.E.Sy |
Kelas | XII Pert- 4 |
المراجعة | |
Mapel | Bahasa Arab |
Guru | Heri Sutopo, M.E.Sy |
Kelas | XII Pert- 4 |
المراجعة | |
Tema: Lingkungan Rumah dan Keluarga
Tujuan Pembelajaran:
Membaca dan memahami susunan kalimat sederhana tentang rumah dan keluarga.
Menyusun kalimat Arab dengan struktur yang baik (jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah).
البيتُ نَظِيفٌ.
(Rumah itu bersih.)
في البيتِ غُرْفَةٌ كَبِيرَةٌ.
(Di rumah ada sebuah kamar besar.)
أمامي حَدِيقَةٌ جَمِيلَةٌ.
(Di depanku ada taman yang indah.)
أجلسُ في غرفةِ الجلوسِ.
(Aku duduk di ruang tamu.)
المطبخُ في جانبِ البيتِ.
(Dapur berada di samping rumah.)
هذا أبي مُهَنْدِسٌ.
(Ini ayahku, seorang insinyur.)
أمي طَيِّبَةٌ وجَمِيلَةٌ.
(Ibuku baik dan cantik.)
أخي يَدْرُسُ في المدرسةِ الثانويّةِ.
(Saudaraku belajar di sekolah menengah.)
أختي تَقْرَأُ الكِتَابَ في الغرفةِ.
(Saudariku membaca buku di kamar.)
نَجْتَمِعُ مَعَ الأُسْرَةِ في المَائِدَةِ.
(Kami berkumpul bersama keluarga di meja makan.)
Bacalah setiap kalimat dengan benar.
Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
Buatlah 5 kalimat baru tentang rumah atau keluarga kalian dalam Bahasa Arab.
📚 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas 10: Kosakata Tentang Rumah dan Keluarga (البيت و العائلة)
Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy
Memahami dan menggunakan kosakata bahasa Arab tentang rumah dan keluarga dalam kalimat sederhana.
Menyebutkan anggota keluarga dan bagian rumah dalam bahasa Arab.
| No. | Bahasa Arab | Latin | Arti |
|---|---|---|---|
| 1 | بيت | bayt | Rumah |
| 2 | غرفة | ghurfah | Kamar |
| 3 | غرفة النوم | ghurfat al-nawm | Kamar tidur |
| 4 | غرفة الجلوس | ghurfat al-julūs | Ruang tamu |
| 5 | مطبخ | maṭbakh | Dapur |
| 6 | حمام | ḥammām | Kamar mandi |
| 7 | مرحاض | mirḥāḍ | Toilet / WC |
| 8 | حديقة | ḥadīqah | Taman |
| 9 | باب | bāb | Pintu |
| 10 | نافذة | nāfidzah | Jendela |
| 11 | سطح | saṭḥ | Atap |
| 12 | سلم | sullam | Tangga |
| No. | Bahasa Arab | Latin | Arti |
|---|---|---|---|
| 13 | عائلة | 'ā'ilah | Keluarga |
| 14 | أب | ab | Ayah |
| 15 | أم | umm | Ibu |
| 16 | أخ | akh | Saudara laki-laki |
| 17 | أخت | ukht | Saudara perempuan |
| 18 | جد | jadd | Kakek |
| 19 | جدة | jaddah | Nenek |
| 20 | ابن | ibn | Anak laki-laki |
| 21 | ابنة | ibnah | Anak perempuan |
| 22 | عم | ‘amm | Paman dari pihak ayah |
| 23 | عمة | ‘ammah | Bibi dari pihak ayah |
| 24 | خال | khāl | Paman dari pihak ibu |
| 25 | خالة | khālah | Bibi dari pihak ibu |
هذا بيت جميل.
Hādzā baytun jamīl.
(Ini rumah yang indah.)
أبي في غرفة الجلوس.
Abī fī ghurfat al-julūs.
(Ayahku berada di ruang tamu.)
أمي في المطبخ.
Ummī fī al-maṭbakh.
(Ibuku berada di dapur.)
أخي في الحمام.
Akhī fī al-ḥammām.
(Saudara laki-lakiku di kamar mandi.)
هذه جدتي.
Hādhihi jaddatī.
(Ini nenekku.)
Apa bahasa Arabnya “tangga”?
Terjemahkan ke dalam bahasa Arab: “Ini kamar tidur saya.”
Sebutkan 5 anggota keluarga dalam bahasa Arab!
Lengkapi kalimat:
........ في غرفة النوم. (Saya di kamar tidur)
Dalam pembelajaran Bahasa Arab, penting untuk memahami fungsi huruf-huruf tertentu yang mengubah makna dan hubungan kata dalam kalimat. Dua huruf penting yang harus dipahami adalah Huruf Jaarr (huruf yang menyebabkan kata setelahnya menjadi majrur/berkasrah) dan Huruf ‘Atf (huruf penghubung).
Huruf Jaarr adalah huruf-huruf yang jika mendahului suatu kata maka kata tersebut akan menjadi majrur (berkasrah atau berkasrah dua, tergantung huruf dan jenis kata).
Menghubungkan kata dengan kata lain dalam hubungan makna tertentu, misalnya menunjukkan tempat, waktu, sebab, alat, dan lain-lain.
مِنْ (min) = dari
إِلَى (ilā) = ke / kepada
عَلَى (‘alā) = di atas
فِي (fī) = di dalam
بِـ (bi) = dengan / oleh
كَـ (ka) = seperti
عَنْ (‘an) = dari / tentang
لِـ (li) = untuk / milik
ذَهَبْتُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
(Zahabtu ilā al-madrasati)
Saya pergi ke sekolah.
Kata "المدرسة" menjadi majrur karena didahului huruf jaarr إِلَى.
كَتَبْتُ الدَّرْسَ بِ الْقَلَمِ
(Katabtu ad-darsa bi al-qalami)
Saya menulis pelajaran dengan pena.
Kata "القلم" menjadi majrur karena didahului huruf jaarr بِ.
Huruf ‘Atf adalah huruf-huruf yang menghubungkan dua kata, dua kalimat, atau lebih sehingga keduanya setara dalam hubungan makna.
Menggabungkan kata atau kalimat untuk memperjelas hubungan atau menambahkan informasi.
وَ (wa) = dan
فَ (fa) = lalu / kemudian
ثُمَّ (tsumma) = kemudian
أَوْ (aw) = atau
أَمْ (am) = atau (untuk pilihan)
لَا (lā) = tidak (bukan huruf ‘atf dalam makna menghubungkan, tapi sering dalam kalimat negatif)
أَكَلْتُ التُّفَّاحَةَ وَ الْمَوْزَةَ
(Akaltu at-tuffāhata wa al-mawzata)
Saya makan apel dan pisang.
ذَهَبَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ ثُمَّ إِلَى الْمَكْتَبَةِ
(Zahaba ilā al-madrasati thumma ilā al-maktabati)
Dia pergi ke sekolah kemudian ke perpustakaan.
a. ذَهَبْتُ إِلَى الْمَسْجِدِ
b. كَتَبْتُ الدَّرْسَ بِ الْقَلَمِ
c. الْكِتَابُ فِي الْحَقِيبَةِ
a. أَكَلْتُ التُّفَّاحَةَ ___ الْمَوْزَةَ
b. ذَهَبَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ ___ إِلَى الْمَكْتَبَةِ
c. هل تريد قهوة ___ شاي؟
Huruf Jaarr menyebabkan kata setelahnya menjadi majrur (berkasrah).
Huruf ‘Atf berfungsi sebagai penghubung antar kata atau kalimat.
📌 Tujuan Pembelajaran:
Huruf jarr adalah huruf yang berfungsi men-jarr-kan isim (kata benda) sesudahnya sehingga harakat akhirnya menjadi kasrah.
🔹 Contoh huruf jarr:
مِنْ (dari)
إِلَى (ke)
فِي (di)
عَلَى (di atas)
بِـ (dengan)
لِـ (untuk)
عَنْ (dari/tentang)
📍 Contoh Kalimat:
ذَهَبْتُ إِلَى المَدْرَسَةِ → Aku pergi ke sekolah.
الكِتَابُ عَلَى المَكْتَبِ → Buku berada di atas meja.
جَلَسَ الطَّالِبُ فِي الفَصْلِ → Siswa duduk di kelas.
أَخَذْتُ الكِتَابَ مِنَ الحَقِيبَةِ → Aku mengambil buku dari tas.
سَافَرْنَا بِالسَّيَّارَةِ → Kami bepergian dengan mobil.
Huruf ‘athf adalah huruf yang digunakan untuk menghubungkan antara dua kata atau dua kalimat. Kata yang di-‘athafkan mengikuti i‘rab (bentuk akhir) kata sebelumnya.
🔹 Contoh huruf ‘athf:
وَ (dan)
فَ (maka/lalu)
ثُمَّ (kemudian)
أَوْ (atau)
لَكِنْ (tetapi)
📍 Contoh Kalimat:
جَاءَ زَيْدٌ وَعَلِيٌّ → Datang Zaid dan Ali.
قَرَأْتُ الكِتَابَ ثُمَّ نِمْتُ → Aku membaca buku kemudian tidur.
ذَهَبْتُ إِلَى السُّوقِ فَاشْتَرَيْتُ الخُبْزَ → Aku pergi ke pasar lalu membeli roti.
يُمْكِنُكَ أَنْ تَجْلِسَ أَوْ تَقُومَ → Kamu boleh duduk atau berdiri.
حَضَرَ الطَّالِبُ لَكِنَّ الأُسْتَاذَ غَائِبٌ → Siswa hadir tetapi guru tidak ada.
A. Tentukan huruf jarr dalam kalimat berikut:
سَافَرَ أَحْمَدُ إِلَى جَاكَرْتَا.
القَلَمُ عَلَى الكِتَابِ.
جَلَسْنَا فِي المَسْجِدِ.
B. Tentukan huruf ‘athf dalam kalimat berikut:
ذَهَبْتُ إِلَى المَدْرَسَةِ وَالمَكْتَبَةِ.
قَرَأْتُ الدَّرْسَ ثُمَّ كَتَبْتُ الوَاجِبَ.
جَاءَ مُحَمَّدٌ أَوْ خَالِدٌ.
Setelah mempelajari materi ini, siswa mampu:
Menjelaskan pengertian ḍamīr munfaṣil dan ḍamīr muttashil.
Menyebutkan dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk ḍamīr munfaṣil dan ḍamīr muttashil.
Menggunakan ḍamīr munfaṣil dan ḍamīr muttashil dalam kalimat sederhana.
Ḍamīr adalah kata ganti dalam Bahasa Arab yang digunakan untuk menggantikan nama orang atau benda dalam kalimat.
Contoh dalam Bahasa Indonesia:
Ahmad pergi ke sekolah. → Dia pergi ke sekolah.
Dalam Bahasa Arab:
ذهب أحمد إلى المدرسة → هو ذهب إلى المدرسة
Secara umum, ḍamīr dibagi menjadi dua jenis:
Ḍamīr Munfaṣil (الضمير المنفصل): Kata ganti yang berdiri sendiri.
Ḍamīr Muttashil (الضمير المتصل): Kata ganti yang menempel pada kata kerja, kata benda, atau huruf.
Ḍamīr Munfaṣil adalah kata ganti yang berdiri sendiri dan tidak menempel pada kata lain. Biasanya digunakan sebagai fa'il (subjek) atau khabar (predikat).
| Orang | Laki-laki | Perempuan | Arti |
|---|---|---|---|
| 1 (Aku) | أَنَا | أَنَا | Aku |
| 2 (Kamu) | أَنْتَ | أَنْتِ | Kamu |
| 3 (Dia) | هُوَ | هِيَ | Dia |
| 2 (Kalian) | أَنْتُم | أَنْتُنَّ | Kalian |
| 3 (Mereka) | هُمْ | هُنَّ | Mereka |
| 1 (Kita/Kami) | نَحْنُ | نَحْنُ | Kami/Kita |
أَنَا طَالِبٌ. (Aku adalah pelajar)
أَنْتِ ذَكِيَّةٌ. (Kamu cerdas – untuk perempuan)
هُوَ مُعَلِّمٌ. (Dia adalah guru – untuk laki-laki)
Ḍamīr Muttashil adalah kata ganti yang menempel pada kata kerja (fi’il), kata benda (isim), atau huruf.
Terdapat tiga fungsi utama:
Sebagai Fa'il (Subjek) → menempel pada kata kerja.
Sebagai Maf'ul Bih (Objek) → menempel pada fi’il.
Sebagai Mudhaf Ilaih (Pemilik) → menempel pada isim.
Menempel pada kata kerja.
| Orang | Laki-laki | Perempuan | Contoh Kata Kerja | Arti |
|---|---|---|---|---|
| Aku | تُ | تُ | كَتَبْتُ | Aku menulis |
| Kamu | تَ | تِ | كَتَبْتَ / كَتَبْتِ | Kamu menulis |
| Dia | - | - | كَتَبَ / كَتَبَتْ | Dia menulis |
| Kami | نَا | نَا | كَتَبْنَا | Kami menulis |
| Mereka | وا | نَ | كَتَبُوا / كَتَبْنَ | Mereka menulis |
Menempel pada kata kerja atau huruf.
| Orang | Kata Ganti | Contoh Kalimat | Arti |
|---|---|---|---|
| Aku | ـنِي | أَحَبَّنِي | Dia mencintaiku |
| Kamu | ـكَ / ـكِ | أُرِيدُكَ / أُرِيدُكِ | Aku menginginkanmu |
| Dia | ـهُ / ـهَا | رَأَيْتُهُ / رَأَيْتُهَا | Aku melihatnya |
| Kami | ـنَا | نَصَحْتُنَا | Dia menasihati kami |
Menempel pada isim (kata benda).
| Orang | Kata Ganti | Contoh | Arti |
|---|---|---|---|
| Aku | ـي | كِتَابِي | Bukuku |
| Kamu | ـكَ / ـكِ | كِتَابُكَ | Bukumu |
| Dia | ـهُ / ـهَا | كِتَابُهُ / كِتَابُهَا | Bukunya |
| Kami | ـنَا | كِتَابُنَا | Buku kami |
Pilihlah jawaban yang benar!
Kata ganti “هُوَ” termasuk dalam jenis ...
a. Ḍamīr Muttashil
b. Ḍamīr Munfaṣil ✅
c. Isim Isyarah
d. Fi’il
Kata “كِتَابِي” menggunakan ḍamīr muttashil yang berfungsi sebagai ...
a. Fa’il
b. Maf’ul bih
c. Mudhaf Ilaih ✅
d. Khabar
Jelaskan perbedaan antara ḍamīr munfaṣil dan ḍamīr muttashil!
Buatlah masing-masing 2 contoh kalimat dengan menggunakan:
a. Ḍamīr Munfaṣil
b. Ḍamīr Muttashil
Pahami dulu jenis-jenis kata dalam Bahasa Arab: fi’il (kata kerja), isim (kata benda), huruf.
Hafalkan bentuk-bentuk ḍamīr untuk setiap orang dan jumlah.
Latihan membuat kalimat secara berkala dengan menggunakan ḍamīr yang berbeda.
Perhatikan posisi dan fungsi ḍamīr dalam kalimat.
Ḍamīr Munfaṣil dan Ḍamīr Muttashil sangat penting dalam pemahaman dan penyusunan kalimat Bahasa Arab. Dengan menguasai materi ini, siswa dapat membaca, memahami, dan menulis kalimat Bahasa Arab dengan lebih baik.
Mapel | Bahasa Arab 12 |
Guru | Heri Sutopo, M.E.Sy |
TP. · Membaca teks tema “ الشباب المتفائلون” dengan memperhatikan serta menganalisis mufrodat dan kaidah kebahasaan. · Siswa mampu menulis, menirukan, mengucapkan dan menghafal kosakata | |
Materi:
الشَّبَابُ الْمُتَفَائِلُوْنَ
الْمُفْرَدَاتُ :
Pemuda | شَابٌ ج. شَبَابٌ |
Level/jenjang | مَرْحَلَةٌ |
Optimis | مُتَفَائِلٌ |
Pesimis | مُتَشَائِمٌ |
Spekulasi/Resiko | مُغَامَرَةٌ |
Masa Remaja | مُرَاهَقَةٌ |
Pengetahuan | مَعرِفَةٌ ج. مَعَارِفُ |
Gembira | بَشُوْشٌ |
Harga diri | الاِعْتِزَازُ بِالنَّفْسِ |
Memperoleh | اِكْتَسَبَ – يَكْتَسِبُ |
Memanfaatkan/merampas | اِغَتَنَمَ – يَغْتَنِمُ |
Kegiatan/Aktivitas | النَّشَاطُ |
Rajin | نَشِيْطٌ |
Pejuang | مُجاَهِدٌ |
Terpelajar | مُتَعَلِّمٌ |
شاب إنه مصطلح يطلق على مرحلة عمرية هي ذروة القوة والحيوية و النشاط بين جميع مراحل العمر لدى العمر................إلخ
**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...