Senin, 16 Oktober 2023

Kelas 12 bahasa arab

  

اللغة العربية

المادة

هايري سوطافوا ، M.E.Sy

المدرس

12

الفصل

KD. 3.3 menentukan ungkapan terkait maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.3 menggunakan teks sederhana berisi tindakan–tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan /kegiatan ,dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:  Wihdah 3 Wisata

1.       Menggunakan teks sederhana berisi tindakan–tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud maksud (al-maqashid)

2.       Tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan /kegiatan ,dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Kosa kata

المفردات

Menziarahi

زار – يزور

Mengunjungi

تنزه – يتنزه

Wisata

الإجارة

Musafir

المسافر

Travel

السفر

 

مع السلامة / في أمان اللعة

Kapal laut

السفينة

Bus

الحافلة

Mobil

السيارة

Destinasi Wisata

وجهات السياح

Penumpang

الركاب

Mengendarai

ركب - يركب

tiket

التذكرة

Pesawat

الطيارة / الطائرة

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Senin, 09 Oktober 2023

BAB 3 sikap hidup berfoya-foya, riya', sumah, takabur dan hasad kelas x


بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy

Manfaat menghindari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad

Tujuan Pembelajaran

#Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan  akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad, pengertian, cara menghindari, dan manfaatnya

#Peserta didik mampu menganalisis akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad, pengertian, cara menghindari, dan manfaatnya

#Peserta didik dapat menyatakan bahwa akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad adalah larangan agama, serta

#Peserta didik mampu membiasakan untuk menghindari akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad dalam kehidupan sehari-hari. 

#Peserta didik dapat membuat karya yang mengandung konten manfaat menghindari akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad.

Materi:

halaman 44 "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI" SMA KELAS X

Bab 3 : sikap hidup berfoya-foya, riya', sum"ah, takabur dan hasad.

Evaluasi:

berfoya-foya, riya', sum"ah, takabur dan hasad.

Tuliskan!

a. Pengertian

b. Dalil (hadits/ ayat al-qur'an)

c. ciri praktis perilakunya 2 saja.

d.cara menghindarinya 2 saja.




Senin, 02 Oktober 2023

Bahasa Arab 12

 Assalamu'alaikum wrwb

Pendahuluan:
Apersepsi:
Membahas SOAL PTS
http://hsutopo.blogspot.com/2022/09/kunci-jawaban-pts-bahasa-arab-kelas-12.html?m=1
KD dan Materi
KD. 3.4
Membedakan ungkapan sederhana terkait perintah (الأمر) dan melarang (النهي) melakukan suatu tindakan kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulisan sesusai dengan konteks penggunaann
4.4
Menggunakan teks sederhana terkait perintah (الأمر) dan melarang (النهي) melakukan suatu tindakan kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulisan sesusai dengan konteks penggunaannya.
Materi inti:
الأمر:
قام يقوم قم :berdiri
جرى يجري اجر: berlari
تقدم يتقدم تقدم : maju
النهي:
لا تقم : jangan berdiri
لا تجر:jangan berlari
لا تتقدم : jangan maju
Evaluasi:
سمع -يسمع: mendengar
اهتم يهتم: memperhatikan
حفظ يحفظ: menghafal

Selasa, 26 September 2023

اللغة العربية 12

 

اللغة العربية

المادة

هايري سوطافوا ، M.E.Sy

المدرس

12

الفصل

KD. 3.3 menentukan ungkapan terkait maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.3 menggunakan teks sederhana berisi tindakan–tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan /kegiatan ,dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:  Wihdah 3 Wisata

1.       Menggunakan teks sederhana berisi tindakan–tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud maksud (al-maqashid)

2.       Tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan /kegiatan ,dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Kosa kata

المفردات

Menziarahi

زار – يزور

Mengunjungi

تنزه – يتنزه

Wisata

الإجارة

Musafir

المسافر

Travel

السفر

 

مع السلامة / في أمان اللعة

Kapal laut

السفينة

Bus

الحافلة

Mobil

السيارة

Destinasi Wisata

وجهات السياح

Penumpang

الركاب

Mengendarai

ركب - يركب

tiket

التذكرة

Pesawat

الطيارة / الطائرة

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Minggu, 17 September 2023

PAI SKOR JAWABAN X

 

Description: LOGO a copyYAYASAN AL-AZHAR LAMPUNG

SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

PENILAIAN TENGAH SEMESTER ( PTS ) GANJIL

Jl. M. Nur 1 Sepang Jaya, Way Halim Bandar Lampung

email : alazhar3lampung@gmail.com web : https://smaalazhar3bandarlampung.sch.id

 

Mata Pelajaran

:

PEND. AGAMA ISLAM

Guru Bid. Study

:

H.Heri Sutopo, M.E.Sy

Hari/Tgl

:

SENIN, 11 SEPTEMBER 2023

 

:

H.Rahmatulloh, M.Pd

Waktu

:

10.00-11.00

Nama Peserta

:

 

Kelas

:

X

Nomor Ujian

:

 

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar ! (53)

 

1.      Apa yang dimaksud dengan istilah fastabiqul khairat? (3)

2.      Tuliskan 5 contoh perilaku berlomba-lomba dalam kebaikan dan perilaku pelajar yang memiliki etos kerja! (20)

3.      Sebutkan 2 hal kenikmatan yang sering manusia melalaikannya! (2) Tuliskan hadistnya! (8)

4.      Apa yang dimaksud dengan Iman  (2) dan Syu’aabul Iman? (2)

5.      Tuliskan 5 macam cabang Iman! (10)

6.      Tuliskan arti dari hadits berikut! (6)

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :

 مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيْهِ (رواه الترميذي) 

7.      Berikan contoh bacaan ayat dari hukun tajwid berikut! (20)

 

Iqlab

4

Mad Aaridl Lissukun

4

Idhgom Mii mi

4

Ikhfa’ Syafawi

4

Lafdzul Jalaalah

4

 

8.      Sebab bertambah dan berkurangnya Iman pada diri seorang Muslim. Sebutkan masing-masing 3 saja! (6x2=12)

9.      Tulikan arti mufrodat berikut ini! (15)

 

3

شِرْعَةً

3

مُهَيْمِنًا

3

الصِّحَّةُ وَ الفَرَاغُ

3

إِمَاطَةُ الأَذَى

3

حُسْنُ الخُلُقِ

 

Skor = 53+20+12+15

=100

***مع النجاح***

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...