Selasa, 28 Oktober 2025

Tema: Isim Nakiroh dan Ma‘rifah (اِسْمٌ نَكِرَةٌ وَمَعْرِفَةٌ) Kelas XI

 

MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS XI

Tema: Isim Nakiroh dan Ma‘rifah (اِسْمٌ نَكِرَةٌ وَمَعْرِفَةٌ)

Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy


🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian isim nakiroh dan isim ma‘rifah.
  2. Membedakan antara isim nakiroh dan ma‘rifah dalam kalimat.
  3. Menggunakan isim nakiroh dan ma‘rifah dalam kalimat Bahasa Arab sederhana.

🧭 1. Pengertian Isim (اِسْمٌ)

Isim (اِسْمٌ) adalah kata yang menunjukkan makna benda, orang, tempat, waktu, atau sesuatu yang tidak terkait dengan waktu.

Contoh:

  • كِتَابٌ (buku)
  • مُدَرِّسٌ (guru)
  • مَدْرَسَةٌ (sekolah)

🕋 2. Isim Nakiroh (اِسْمٌ نَكِرَةٌ)

📘 Pengertian:

Isim nakiroh adalah isim yang tidak menunjukkan sesuatu yang tertentu (belum dikenal).
Biasanya ditandai dengan tanwīn (ً ٍ ٌ) pada akhirnya.

🧩 Contoh Isim Nakiroh:

No

Isim Nakiroh (النَّكِرَةُ)

Arti

1

وَلَدٌ

seorang anak laki-laki

2

بِنْتٌ

seorang anak perempuan

3

كِتَابٌ

sebuah buku

4

طَالِبٌ

seorang siswa

5

بَيْتٌ

sebuah rumah

🗣️ Contoh Kalimat Isim Nakiroh:

  1. رَأَيْتُ وَلَدًا فِي الْمَدْرَسَةِ.
    Aku melihat seorang anak laki-laki di sekolah.
  2. فِي الْحَقِيبَةِ كِتَابٌ.
    Di dalam tas ada sebuah buku.
  3. هَذَا طَالِبٌ مُجْتَهِدٌ.
    Ini adalah seorang siswa yang rajin.

🕌 3. Isim Ma‘rifah (اِسْمٌ مَعْرِفَةٌ)

📗 Pengertian:

Isim ma‘rifah adalah isim yang menunjukkan sesuatu yang sudah diketahui atau tertentu.
Biasanya tanpa tanwīn dan dapat diawali oleh ال” (alif-lam) atau berbentuk nama khusus.


💡 Macam-Macam Isim Ma‘rifah:

Jenis Isim Ma‘rifah

Contoh Arab

Arti

Keterangan

1️ Isim ‘Alam (Nama Orang / Tempat)

مُحَمَّدٌ، مَكَّةُ

Muhammad, Mekah

Nama tertentu

2️ Isim yang diawali “ال” (Alif-Lam)

الْكِتَابُ

Buku itu

Menunjukkan benda tertentu

3️ Dhomir (Kata Ganti)

هُوَ، أَنْتَ، أَنَا

Dia, kamu, saya

Sudah diketahui

4️ Isim Isyarah (Kata Tunjuk)

هَذَا، تِلْكَ

Ini, itu

Menunjuk benda tertentu

5️ Isim Maushul (Kata Sambung)

الَّذِي، الَّتِي

yang (laki-laki), yang (perempuan)

Menghubungkan kata

6️ Isim yang Mudhaf kepada Ma‘rifah

كِتَابُ الطَّالِبِ

Buku milik siswa itu

Karena terhubung dengan ma‘rifah


🗣️ Contoh Kalimat Isim Ma‘rifah:

  1. قَرَأْتُ الْكِتَابَ فِي الْفَصْلِ.
    Aku membaca buku itu di kelas.
  2. ذَهَبَ مُحَمَّدٌ إِلَى الْمَسْجِدِ.
    Muhammad pergi ke masjid.
  3. هَذَا الطَّالِبُ مُجْتَهِدٌ.
    Siswa ini rajin.
  4. هُوَ فِي الْبَيْتِ.
    Dia berada di rumah.
  5. جَاءَ الَّذِي نَجَحَ فِي الِامْتِحَانِ.
    Datanglah orang yang lulus ujian.

🔍 4. Perbandingan Isim Nakiroh dan Ma‘rifah

Aspek

Isim Nakiroh (النَّكِرَةُ)

Isim Ma‘rifah (الْمَعْرِفَةُ)

Pengertian

Tidak tertentu / umum

Sudah tertentu / dikenal

Ciri

Mengandung tanwīn (ً ٍ ٌ)

Tanpa tanwīn, sering diawali “ال

Contoh

كِتَابٌ (sebuah buku)

الْكِتَابُ (buku itu)

Fungsi

Menunjukkan sesuatu secara umum

Menunjukkan sesuatu secara khusus


🧠 5. Latihan

📝 A. Tentukan mana Isim Nakiroh dan Ma‘rifah dari kata berikut:

  1. بَيْتٌ
  2. الْمُدَرِّسُ
  3. طَالِبٌ
  4. هَذَا
  5. مَدِينَةُ جَاكَرْتَا

📝 B. Ubah kata nakiroh menjadi ma‘rifah:

  1. كِتَابٌ → …………………
  2. بَيْتٌ → …………………
  3. طَالِبٌ → …………………
  4. بِنْتٌ → …………………

🌟 Kesimpulan

  • Isim Nakiroh (اِسْمٌ نَكِرَةٌ): menunjuk sesuatu yang belum tertentu (umum).
  • Isim Ma‘rifah (اِسْمٌ مَعْرِفَةٌ): menunjuk sesuatu yang sudah diketahui (khusus).
  • Tanda utama: Nakiroh = ada tanwīn, Ma‘rifah = tanpa tanwīn dan sering diawali “ال”.

 

Senin, 27 Oktober 2025

Tema: Al-Mufrad, Al-Mutsannā, wa Al-Jam‘ (المُفْرَد، المُثَنَّى، وَالْجَمْع) Kelas X

 

🕌 Materi Bahasa Arab X

الكلمة : (من إسمٍ و فعلٍ و حرفٍ)

الجملة الإسمية

الجملة الفعلية

Heri Sutopo, M.E.Sy

Tema: Al-Mufrad, Al-Mutsannā, wa Al-Jam‘ (المُفْرَد، المُثَنَّى، وَالْجَمْع)


🧭 A. Pengertian Umum

Dalam bahasa Arab, kata benda (isim) dapat dibedakan menjadi tiga bentuk berdasarkan jumlahnya, yaitu:

  1. Mufrad (مُفْرَد) : kata tunggal (menunjukkan satu benda).
  2. Mutsannā (مُثَنَّى) : kata ganda (menunjukkan dua benda).
  3. Jam‘ (جَمْع) : kata jamak (menunjukkan tiga benda atau lebih).

🟢 B. Al-Mufrad (المُفْرَد)

1. Pengertian

Mufrad adalah kata yang menunjukkan satu orang atau satu benda.

2. Contoh

Bahasa Arab

Arti

Jenis

كِتَابٌ

sebuah buku

Mufrad

وَلَدٌ

seorang anak laki-laki

Mufrad

بِنْتٌ

seorang anak perempuan

Mufrad

مُدَرِّسٌ

seorang guru laki-laki

Mufrad

طَالِبَةٌ

seorang mahasiswi

Mufrad

3. Contoh Kalimat

  • هَذَا كِتَابٌ جَدِيدٌ.
    Ini adalah sebuah buku baru.
  • الْمُدَرِّسُ فِي الْفَصْلِ.
    Guru itu berada di kelas.

🟡 C. Al-Mutsannā (المُثَنَّى)

1. Pengertian

Mutsannā adalah kata yang menunjukkan dua benda atau dua orang.

2. Ciri-ciri

Untuk membentuk mutsannā, tambahkan:

  • اَنِ (انِ) → bila kata berharakat raf‘ (رفع)
  • يْنِ (يْنِ) → bila kata berharakat nashb atau jarr

3. Contoh

Mufrad

Mutsanna

Arti

كِتَابٌ

كِتَابَانِ

dua buku

وَلَدٌ

وَلَدَانِ

dua anak laki-laki

بِنْتٌ

بِنْتَانِ

dua anak perempuan

طَالِبٌ

طَالِبَانِ

dua pelajar laki-laki

طَالِبَةٌ

طَالِبَتَانِ

dua pelajar perempuan

4. Contoh Kalimat

  • هَذَانِ وَلَدَانِ مُجْتَهِدَانِ

هَذَا وَلَدٌ مُجْتَهِدٌ.
Dua anak laki-laki ini rajin.

  • فِي الْمَدْرَسَةِ طَالِبَتَانِ جَدِيدَتَانِ.
    Di sekolah ada dua siswi baru.

🔵 D. Al-Jam‘ (الْجَمْع)

1. Pengertian

Jam‘ adalah kata yang menunjukkan tiga atau lebih.

2. Macam-macam Jam‘

Jam‘ dibagi menjadi tiga:

1.    Jam‘ Mudhakkar Sālim (جَمْعُ الْمُذَكَّرِ السَّالِمِ) – jamak untuk laki-laki.

2.    Jam‘ Muannats Sālim (جَمْعُ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ) – jamak untuk perempuan.

3.    Jam‘ Taksīr (جَمْعُ التَّكْسِيرِ) – jamak tak beraturan (perubahan bentuk kata).


🔹 1. Jam‘ Mudhakkar Sālim (Jamak Laki-laki Beraturan)

Cara membentuknya:

  • Tambahkan وْنَ (ونَ) untuk rafa‘
  • Tambahkan يْنَ (ينَ) untuk nashb dan jarr

Contoh:

فاعل :

Mufrad

Jamak

Arti

مُدَرِّسٌ

مُدَرِّسُونَ

para guru

مُسْلِمٌ

مُسْلِمُونَ

orang-orang muslim

طَالِبٌ

طُلَّابٌ (takṣīr, tetapi sering digunakan)

para pelajar

مؤمن

مؤمنون

 

Contoh Kalimat:

  • جَاءَ الْمُدَرِّسُونَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ.
    Para guru datang ke sekolah.

🔹 2. Jam‘ Muannats Sālim (Jamak Perempuan Beraturan)

Cara membentuknya:

  • Tambahkan اتٌ (اتٌ) untuk rafa‘
  • Tambahkan اتٍ (اتٍ) untuk nashb dan jarr

Contoh:

Mufrad

Jamak

Arti

طَالِبَةٌ

طَالِبَاتٌ

para mahasiswi

مُدَرِّسَةٌ

مُدَرِّسَاتٌ

para guru perempuan

بِنْتٌ

بَنَاتٌ (takṣīr)

anak-anak perempuan

Contoh Kalimat:

  • حَضَرَتِ الطَّالِبَاتُ إِلَى الْفَصْلِ.
    Para siswi hadir ke kelas.

🔹 3. Jam‘ Taksīr (Jamak Tak Beraturan)

Ciri-ciri:

  • Terjadi perubahan pada bentuk kata dasar (tidak hanya menambah akhiran).

Contoh:

Mufrad

Mutsanna

Jamak

Arti

 

رَجُلٌ

رجلان

رِجَالٌ

laki-laki

 

كِتَابٌ

كتابان

كُتُبٌ

buku-buku

 

بَيْتٌ

بيتان

بُيُوتٌ

rumah-rumah

 

قَلَمٌ

قلمان

أَقْلَامٌ

pena-pena

 

وَلَدٌ

ولدان

أَوْلَادٌ

anak-anak laki-laki

 

Contoh Kalimat:

  • قَرَأَ الْوِلْدَانُ الْكُتُبَ فِي الْمَكْتَبَةِ.
    Anak-anak membaca buku di perpustakaan.

🧩 E. Ringkasan Perbandingan

Bentuk

Arti

Contoh

مُفْرَد

Satu

كِتَابٌ

مُثَنَّى

Dua

كِتَابَانِ

جَمْع

tiga atau lebih

كُتُبٌ


📖 F. Latihan

Ubah kata berikut menjadi mutsanna dan jamak, lalu buatkan contoh kalimat!

  1. طَالِبٌ
  2. مُدَرِّسَةٌ
  3. بَيْتٌ
  4. قَلَمٌ
  5. بِنْتٌ

 

Selasa, 21 Oktober 2025

Bahasa Arab 11 🕌 الموضوع: السَّفَرُ وَالسِّيَاحَةُ (Perjalanan dan Wisata)

 

🕌 الموضوع: السَّفَرُ وَالسِّيَاحَةُ (Perjalanan dan Wisata)

Heri Sutopo, M.E.Sy

🌿 أولاً: الجُمَلُ الاِسْمِيَّةُ (Jumlah Ismiyyah)

(Kalimat yang diawali dengan isim / kata benda)

  1. السَّفَرُ مُفِيدٌ لِلتَّعَلُّمِ.
    As-safaru mufīdun litta‘allum.
    ➤ Perjalanan itu bermanfaat untuk belajar.

  2. السِّيَاحَةُ تُمْتِعُ النَّفْسَ وَتُسِرُّ الْقَلْبَ.
    As-siyāḥatu tumti‘u an-nafsa wa tusirru al-qalba.
    ➤ Wisata menyenangkan jiwa dan menggembirakan hati.

  3. الطَّائِرَةُ سَرِيعَةٌ وَمُرِيحَةٌ.
    Aṭ-ṭā’iratu sarī‘atun wa murīḥatun.
    ➤ Pesawat itu cepat dan nyaman.

  4. الْبَحْرُ جَمِيلٌ وَمَنْظَرُهُ رَائِعٌ.
    Al-baḥru jamīlun wa manẓaruhu rā‘i‘un.
    ➤ Laut itu indah dan pemandangannya menakjubkan.

  5. الطَّالِبُ فِي رِحْلَةٍ إِلَى بَالِي.
    Aṭ-ṭālibu fī riḥlatin ilā Bālī.
    ➤ Siswa itu sedang dalam perjalanan ke Bali.


🏞️ ثانياً: الجُمَلُ الفِعْلِيَّةُ (Jumlah Fi‘liyyah)

(Kalimat yang diawali dengan fi‘l / kata kerja)

  1. سَافَرَ الْأُسْتَاذُ إِلَى مِصْرَ فِي الْعُطْلَةِ.
    Sāfara al-ustāḏu ilā Miṣra fī al-‘uṭlah.
    ➤ Guru itu bepergian ke Mesir pada waktu libur.

  2. زَارَ السُّيَّاحُ الْمَسَاجِدَ التَّارِيخِيَّةَ.
    Zāra as-suyyāḥu al-masājida at-tārīkhiyyah.
    ➤ Para wisatawan mengunjungi masjid-masjid bersejarah.

  3. رَكِبَ الْمُسَافِرُونَ الْقِطَارَ فِي الصَّبَاحِ.
    Rakiba al-musāfirūna al-qiṭāra fī aṣ-ṣabāḥ.
    ➤ Para penumpang menaiki kereta di pagi hari.

  4. شَاهَدَ السَّائِحُونَ الْمَعَالِمَ الطَّبِيعِيَّةَ.
    Shāhada as-sā’iḥūna al-ma‘ālima aṭ-ṭabī‘iyyah.
    ➤ Para wisatawan melihat tempat-tempat alami.

  5. اِسْتَمْتَعَ الْأَطْفَالُ بِالرِّحْلَةِ إِلَى الْجَبَلِ.
    Istamta‘a al-aṭfālu bir-riḥlati ilā al-jabali.
    ➤ Anak-anak menikmati perjalanan ke gunung.


✏️ Catatan Pengajaran

  • Jumlah Ismiyyah (الجملة الاسمية): dimulai dengan isim (kata benda), misalnya: السَّفَرُ مُفِيدٌ.

  • Jumlah Fi‘liyyah (الجملة الفعلية): dimulai dengan fi‘l (kata kerja), misalnya: سَافَرَ الأُسْتَاذُ.

  • Tema السَّفَرُ وَالسِّيَاحَةُ sangat cocok untuk memperkenalkan kosakata tentang perjalanan, transportasi, dan rekreasi.

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...