🕌 الموضوع: السَّفَرُ وَالسِّيَاحَةُ (Perjalanan dan Wisata)
🌿 أولاً: الجُمَلُ الاِسْمِيَّةُ (Jumlah Ismiyyah)
(Kalimat yang diawali dengan isim / kata benda)
-
السَّفَرُ مُفِيدٌ لِلتَّعَلُّمِ.
As-safaru mufīdun litta‘allum.
➤ Perjalanan itu bermanfaat untuk belajar. -
السِّيَاحَةُ تُمْتِعُ النَّفْسَ وَتُسِرُّ الْقَلْبَ.
As-siyāḥatu tumti‘u an-nafsa wa tusirru al-qalba.
➤ Wisata menyenangkan jiwa dan menggembirakan hati. -
الطَّائِرَةُ سَرِيعَةٌ وَمُرِيحَةٌ.
Aṭ-ṭā’iratu sarī‘atun wa murīḥatun.
➤ Pesawat itu cepat dan nyaman. -
الْبَحْرُ جَمِيلٌ وَمَنْظَرُهُ رَائِعٌ.
Al-baḥru jamīlun wa manẓaruhu rā‘i‘un.
➤ Laut itu indah dan pemandangannya menakjubkan. -
الطَّالِبُ فِي رِحْلَةٍ إِلَى بَالِي.
Aṭ-ṭālibu fī riḥlatin ilā Bālī.
➤ Siswa itu sedang dalam perjalanan ke Bali.
🏞️ ثانياً: الجُمَلُ الفِعْلِيَّةُ (Jumlah Fi‘liyyah)
(Kalimat yang diawali dengan fi‘l / kata kerja)
-
سَافَرَ الْأُسْتَاذُ إِلَى مِصْرَ فِي الْعُطْلَةِ.
Sāfara al-ustāḏu ilā Miṣra fī al-‘uṭlah.
➤ Guru itu bepergian ke Mesir pada waktu libur. -
زَارَ السُّيَّاحُ الْمَسَاجِدَ التَّارِيخِيَّةَ.
Zāra as-suyyāḥu al-masājida at-tārīkhiyyah.
➤ Para wisatawan mengunjungi masjid-masjid bersejarah. -
رَكِبَ الْمُسَافِرُونَ الْقِطَارَ فِي الصَّبَاحِ.
Rakiba al-musāfirūna al-qiṭāra fī aṣ-ṣabāḥ.
➤ Para penumpang menaiki kereta di pagi hari. -
شَاهَدَ السَّائِحُونَ الْمَعَالِمَ الطَّبِيعِيَّةَ.
Shāhada as-sā’iḥūna al-ma‘ālima aṭ-ṭabī‘iyyah.
➤ Para wisatawan melihat tempat-tempat alami. -
اِسْتَمْتَعَ الْأَطْفَالُ بِالرِّحْلَةِ إِلَى الْجَبَلِ.
Istamta‘a al-aṭfālu bir-riḥlati ilā al-jabali.
➤ Anak-anak menikmati perjalanan ke gunung.
✏️ Catatan Pengajaran
-
Jumlah Ismiyyah (الجملة الاسمية): dimulai dengan isim (kata benda), misalnya: السَّفَرُ مُفِيدٌ.
-
Jumlah Fi‘liyyah (الجملة الفعلية): dimulai dengan fi‘l (kata kerja), misalnya: سَافَرَ الأُسْتَاذُ.
-
Tema السَّفَرُ وَالسِّيَاحَةُ sangat cocok untuk memperkenalkan kosakata tentang perjalanan, transportasi, dan rekreasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar