📘 مَادَّةُ التَّعَلُّمِ
(Materi Ajar Bahasa Arab Kelas X)
المَوْضُوعُ: الحَجُّ وَالعُمْرَةُ (Haji dan Umrah)
Heri Sutopo, M.E.Sy
🕌 A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini,
siswa diharapkan mampu:
1.
Memahami
kosakata (mufradāt) yang berkaitan dengan ibadah haji dan umrah.
2.
Membaca
teks sederhana tentang pelaksanaan haji dan umrah dengan harakat yang benar.
3.
Menerjemahkan
teks ke dalam Bahasa Indonesia dengan lancar.
4.
Menunjukkan
sikap religius, disiplin, dan sabar dalam menunaikan ibadah.
📖 B. Mufradāt (مُفْرَدَات)
– Kosakata Berharakat Lengkap
|
No |
Bahasa
Arab |
Harakat
Lengkap |
Arti |
|
1 |
الحَجُّ |
al-ḥajju |
Haji |
|
2 |
العُمْرَةُ |
al-‘umratu |
Umrah |
|
3 |
الكَعْبَةُ |
al-ka‘bah |
Ka'bah |
|
4 |
المَسْجِدُ الحَرَامُ |
al-masjidu al-ḥarām |
Masjidil Haram |
|
5 |
المَسْعَى |
al-mas‘ā |
Tempat sa’i |
|
6 |
المَطَافُ |
al-maṭāf |
Tempat thawaf |
|
7 |
الإِحْرَامُ |
al-iḥrām |
Niat memasuki ibadah |
|
8 |
الطَّوَافُ |
aṭ-ṭawāfu |
Mengelilingi Ka'bah |
|
9 |
السَّعْيُ |
as-sa‘yu |
Berlari kecil antara Shafa dan
Marwah |
|
10 |
المَنَاسِكُ |
al-manāsiku |
Tata cara ibadah haji |
|
11 |
المِقَاتُ |
al-miqātu |
Tempat mulai ihram |
|
12 |
الرَّمْيُ |
ar-ramyu |
Melempar jumrah |
|
13 |
التَّحَلُّلُ |
at-taḥallulu |
Tahallul (mengakhiri ihram) |
|
14 |
الحَلْقُ |
al-ḥalqu |
Mencukur rambut |
|
15 |
الذَّبْحُ |
adh-dhabḥu |
Menyembelih hewan |
|
16 |
المَشَاعِرُ المُقَدَّسَةُ |
al-masyā‘iru al-muqaddasah |
Tempat-tempat suci |
|
17 |
مِنًى |
Minā |
Mina |
|
18 |
عَرَفَةُ |
‘Arafah |
Arafah |
|
19 |
المُزْدَلِفَةُ |
al-Muzdalifah |
Muzdalifah |
|
20 |
الحَجَّاجُ |
al-ḥujjāj |
Para jamaah haji |
📜 C. النَّصُّ (Teks Bacaan)
النَّصُّ:
الحَجُّ وَالعُمْرَةُ
🗣️ D. Terjemahan Teks
Haji adalah salah satu rukun Islam
dan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu.
Para jamaah haji pergi ke Makkah untuk melaksanakan manasik (tata cara ibadah
haji).
Seorang haji memulai dengan ihram dari miqat, kemudian thawaf mengelilingi
Ka'bah, dan sa’i antara Shafa dan Marwah.
Pada hari Arafah, para jamaah berdiri di Arafah sambil berdoa kepada Allah.
Kemudian mereka melempar jumrah, menyembelih hewan kurban, dan mencukur
rambutnya.
Umrah mirip dengan haji, tetapi lebih mudah dan lebih singkat waktunya.
Haji mengajarkan kita kesabaran, keikhlasan, dan persatuan di antara kaum
Muslimin.
🧠 E. Latihan Pemahaman (فَهْمُ
المَقْرُوء)
Jawablah pertanyaan berikut
berdasarkan teks di atas!
1.
مَا مَعْنَى الحَجِّ؟
2.
مِنْ أَيْنَ يَبْدَأُ الحَاجُّ إِحْرَامَهُ؟
3.
مَاذَا يَفْعَلُ الحُجَّاجُ فِي يَوْمِ عَرَفَةَ؟
4.
بِمَاذَا تَخْتَلِفُ العُمْرَةُ عَنِ الحَجِّ؟
5.
مَاذَا يُعَلِّمُنَا الحَجُّ؟
🧩 F. Pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning
Approach)
1. Eksplorasi (Exploration):
Guru memutarkan video singkat tentang pelaksanaan haji dan umrah. Siswa
mencatat kosakata penting yang ditemukan.
2. Elaborasi (Elaboration):
Siswa membaca teks “الحَجُّ وَالعُمْرَةُ”
secara bergantian dengan pengucapan yang benar.
Guru menjelaskan arti mufradāt baru dan struktur kalimat.
3. Konfirmasi (Confirmation):
Guru memberikan latihan pemahaman teks dan menerjemahkannya bersama-sama.
Siswa mendiskusikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam ibadah haji:
kesabaran, keikhlasan, dan persatuan.
💡 G. Nilai Karakter yang Dikembangkan
- Religius:
menumbuhkan semangat beribadah dan taat kepada Allah.
- Disiplin:
menaati tata cara ibadah dengan tertib.
- Persatuan:
menghargai umat Islam dari berbagai bangsa.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar