Selasa, 14 Oktober 2025

أدوات الاستفهام (Kata Tanya dalam Bahasa Arab)

 🕌 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas XI

Tema: أدوات الاستفهام (Kata Tanya dalam Bahasa Arab)

Heri Sutopo, M.E.Sy

📘 A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengenal dan menyebutkan berbagai kata tanya (أدوات الاستفهام) dalam bahasa Arab.

  2. Memahami fungsi dan makna masing-masing kata tanya.

  3. Menggunakan kata tanya dalam kalimat sederhana berbahasa Arab secara tepat.

  4. Menyusun dialog menggunakan أدوات الاستفهام dengan konteks kehidupan sehari-hari.


📚 B. Pengertian

أدوات الاستفهام (Adawātul Istifhām) adalah kata-kata yang digunakan untuk menanyakan sesuatu dalam bahasa Arab, baik mengenai orang, tempat, waktu, alasan, cara, jumlah, dan sebagainya.
Dalam bahasa Indonesia, disebut kata tanya seperti apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana, dan sebagainya.


🧩 C. Macam-Macam أدوات الاستفهام

NoKata Tanya (Arab)LatinArtiKeterangan / Digunakan untukContoh Kalimat
1مَاApaMenanyakan benda atau halمَا هَذَا؟
(Apa ini?)
2مَنْmanSiapaMenanyakan orangمَنْ أَنْتَ؟
(Siapa kamu?)
3مَاذَاmādzāApa yangMenanyakan perbuatan atau pekerjaanمَاذَا تَفْعَلُ؟
(Apa yang kamu lakukan?)
4أَيْنَaynaDi manaMenanyakan tempatأَيْنَ الْمُدَرِّسُ؟
(Di mana guru itu?)
5مَتَىmatāKapanMenanyakan waktuمَتَى تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ؟
(Kapan kamu pergi ke sekolah?)
6كَيْفَkaifaBagaimanaMenanyakan cara atau keadaanكَيْفَ حَالُكَ؟
(Bagaimana kabarmu?)
7كَمْkamBerapaMenanyakan jumlahكَمْ سِنُّكَ؟
(Berapa umurmu?)
8أَيٌّayy-unYang manaMenanyakan pilihanأَيُّ كِتَابٍ تُرِيدُ؟
(Buku yang mana kamu inginkan?)
9لِمَاذَاlimādzāMengapa / KenapaMenanyakan sebabلِمَاذَا تَتَأَخَّرُ؟
(Mengapa kamu terlambat?)
10هَلْhalApakahMenanyakan kalimat ya/tidakهَلْ أَنْتَ طَالِبٌ؟
(Apakah kamu seorang siswa?)
11أَaApakahSama dengan “هَلْ”, lebih ringkasأَذَهَبْتَ إِلَى الْمَسْجِدِ؟
(Apakah kamu pergi ke masjid?)

🗣️ D. Contoh Kalimat Lengkap (Berharakat Penuh)

  1. مَا اِسْمُكَ؟
    (Siapa namamu?)
    → اِسْمِي أَحْمَدُ. (Namaku Ahmad.)

  2. مَنْ هُوَ الْمُدَرِّسُ الْجَدِيدُ؟
    (Siapa guru baru itu?)
    → هُوَ الأُسْتَاذُ مُحَمَّدٌ. (Dia guru Muhammad.)

  3. أَيْنَ تَسْكُنُ؟
    (Di mana kamu tinggal?)
    → أَسْكُنُ فِي بَنْدَرْ لَمْبُونْغَ. (Saya tinggal di Bandar Lampung.)

  4. مَتَى تَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ؟
    (Kapan kamu pergi ke sekolah?)
    → أَذْهَبُ السَّاعَةَ السَّابِعَةَ. (Saya pergi pukul tujuh.)

  5. كَيْفَ صِحَّتُكَ؟
    (Bagaimana kesehatanmu?)
    → صِحَّتِي جَيِّدَةٌ، الْحَمْدُ لِلّٰهِ. (Kesehatanku baik, alhamdulillah.)

  6. كَمْ أَخٌ لَكَ؟
    (Berapa saudara laki-lakimu?)
    → لِي أَخٌ وَاحِدٌ. (Aku punya satu saudara laki-laki.)

  7. أَيُّ طَالِبٍ نَاجِحٌ؟
    (Siswa yang mana yang berhasil?)
    → الطَّالِبُ أَحْمَدُ نَاجِحٌ. (Siswa Ahmad berhasil.)

  8. لِمَاذَا لَا تَكْتُبُ الدَّرْسَ؟
    (Mengapa kamu tidak menulis pelajaran?)
    → لِأَنَّنِي نَسِيتُ الْقَلَمَ. (Karena saya lupa membawa pena.)

  9. هَلْ تُحِبُّ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ؟
    (Apakah kamu menyukai bahasa Arab?)
    → نَعَمْ، أُحِبُّهَا جِدًّا. (Ya, saya sangat menyukainya.)

  10. أَتَذْهَبُ إِلَى الْمَكْتَبَةِ؟
    (Apakah kamu pergi ke perpustakaan?)
    → لَا، لَا أَذْهَبُ. (Tidak, saya tidak pergi.)


💡 E. Aktivitas Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

  1. Eksplorasi (Mengamati dan Menanya)

    • Siswa mengamati percakapan pendek berisi kata tanya.

    • Siswa menuliskan semua أدوات الاستفهام yang ditemukan.

  2. Elaborasi (Menalar dan Menganalisis)

    • Diskusikan fungsi masing-masing kata tanya.

    • Buat tabel perbandingan arti dan penggunaannya.

  3. Kreasi (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)

    • Siswa membuat dialog dua orang menggunakan minimal 5 أدوات الاستفهام berbeda.

    • Presentasikan di depan kelas dengan pelafalan yang benar.

  4. Refleksi

    • Siswa menulis kesimpulan tentang pentingnya memahami أدوات الاستفهام dalam komunikasi Bahasa Arab.


🧠 F. Rangkuman

  • أدوات الاستفهام adalah kata tanya dalam bahasa Arab.

  • Digunakan untuk menanyakan hal, orang, tempat, waktu, sebab, cara, dan jumlah.

  • Contoh: مَا، مَنْ، أَيْنَ، مَتَى، كَيْفَ، كَمْ، أَيٌّ، لِمَاذَا، هَلْ، أَ.


✍️ G. Latihan

  1. Terjemahkan ke dalam bahasa Arab:

    1. Apa namamu?

    2. Di mana kamu belajar?

    3. Kapan kamu tidur?

    4. Berapa umurmu?

    5. Apakah kamu seorang siswa?

  2. Buatlah dialog pendek (3-5 baris) menggunakan minimal tiga أدوات الاستفهام!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...