Rabu, 29 Oktober 2025

Topik: الحياة اليومية (Al-Ḥayāh Al-Yaumiyyah) 10

 

🕌 MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS X

Tema: القراءة (Al-Qirā’ah)

Topik: الحياة اليومية (Al-Ḥayāh Al-Yaumiyyah)

Pendekatan: Pembelajaran Mendalam (Deep Learning Approach)

Guru: Heri Sutopo, M.E.Sy

Waktu:  1X 45 Menit

🎯 A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Membaca dan memahami teks berbahasa Arab bertema kehidupan sehari-hari dengan makna yang tepat.
  2. Mengidentifikasi mufradāt (kosakata) penting yang berkaitan dengan aktivitas harian.
  3. Menyusun kalimat sederhana tentang kegiatan sehari-hari menggunakan struktur bahasa yang benar.
  4. Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kemandirian dalam mengelola waktu melalui refleksi kegiatan sehari-hari.

📚 B. Mufradāt (المفردات) – Kosakata Penting

Analisis Gramatikal Singkat:

Kata

Arti

Jenis kata

Keterangan

يَسْتَيْقِظُ

bangun tidur

fi‘il mudhāri‘

menunjukkan kebiasaan

مِنَ النَّوْمِ

dari tidur

jar majrūr

keterangan sebab

فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ

pada pukul empat

jar majrūr + bilangan

keterangan waktu

يَتَوَضَّأُ

berwudu

fi‘il mudhāri‘

fi‘il dari توضأ

يَذْهَبُ

pergi

fi‘il mudhāri‘

aktivitas rutin

جَمَاعَةً

berjamaah

ḥāl (keterangan cara)

يَقْرَأُ

membaca

fi‘il mudhāri‘

dari قرأ – يقرأ

بَعْضَ الآيَاتِ

beberapa ayat

maf‘ūl bih

objek dari fi‘il يقرأ

يُسَاعِدُ

membantu

fi‘il mudhāri‘

يُرَاجِعُ

mengulang (pelajaran)

fi‘il mudhāri‘

يَنَامُ

tidur

fi‘il mudhāri‘

 

C. Teks Bacaan (النَّصُّ)

النَّصُّ: الحَيَاةُ اليَوْمِيَّةُ

يَسْتَيْقِظُ هَيْكَلٌ مِنَ النَّوْمِ فِيْ السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ صَبَاحًا. ثُمَّ يَتَوَضَّأُ فِي الحَمَّامِ. وَ بَعْدَ الوُضُوْءِ ، يَذْهَبُ هَيْكَلٌ إِلَى الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً.

وَبَعْدَ الصَّلَاةِ، يَرْجِعُ إِلَى البَيْتِ. ثُمَّ يَقْرَأُ هَيْكَلٌ بَعْضَ الآيَات ِمِنَ القُرْآنِ.ثُمَّ يَسْتَحِمُّ فِي الحَمَّامِ.و َيَتَنَاوَلُ الفُطُورَ مَعَ أَبِيْهِ وَأُمِّهِ، ثُمَّ يَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

. و َفِي الْمَدْرَسَةِ يَدْرُسُ وَ يَلْعَبُ مَعَ أَصْدِقَائِهِ. بَعْدَ العَوْدَةِ إِلَى البَيْتِ، يُسَاعِدُ أُمَّهُ وَ يَرَاجِعُ دُرُوسَهُ فِي الْمَسَاءِ    ثُمَّ أَتَى اللَّيْلُ يُصَلِّي الْمَغْرِبَ ثُّم العِشَاءَ فِي الْمَسِجِدِ وَ يُرَتِّبُ الأَدَوَاتِ الْمَدْرَسِيَّةِ ثُمَّ يَنَامُ مُبَكِّرًا.

D. Terjemahan (الترجمة)

Heikal bangun tidur pada pukul empat pagi.
Kemudian ia berwudu di kamar mandi.
Setelah berwudu, Heikal pergi ke masjid untuk salat Subuh berjamaah.
Setelah salat, ia kembali ke rumah.
Lalu Heikal membaca beberapa ayat dari Al-Qur’an.
Kemudian ia mandi di kamar mandi.
Ia sarapan bersama ayah dan ibunya,
lalu pergi ke sekolah.
Di sekolah, ia belajar dan bermain bersama teman-temannya.
Setelah kembali ke rumah, ia membantu ibunya dan mengulang pelajarannya.
Pada malam hari, ia sholatMaghrib dan  Isya, kemudian tidur lebih awal.


E. Pemahaman Teks (فهم النصّ)

Jawablah pertanyaan berikut dalam bahasa Arab sederhana:

  1. مَتَى يَسْتَيْقِظُ هَيْكَلٌ؟
    (Kapan siswa itu bangun?)
  2. أَيْنَ يُصَلِّي الصُّبْحَ؟
    (Dengan siapa ia shalat Subuh?)
  3. مَعَ مَنْ  يَتَنَاوَلُ الفُطُورِ؟
    (Apa yang ia lakukan setelah sarapan?)
  4. مَاذَا يَعْمَلُ هَيْكَلٌ فِي المَدْرَسَةِ؟
    (Apa yang ia lakukan di sekolah?)
  5. مَاذَا عْمَلُ هَيْكَلٌ فِي المَسَاءِ؟
    (Apa yang ia lakukan pada malam hari?)

 

 

 

 

F. Pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning Approach)

Tahap

Aktivitas

Tujuan Pembelajaran Mendalam

1. Mengamati (Observation)

Siswa membaca teks dan mendengarkan guru membacakan dengan pelafalan yang benar.

Membangun pemahaman konteks kehidupan sehari-hari.

2. Menanya (Questioning)

Siswa bertanya tentang arti kosakata dan struktur kalimat.

Mengembangkan rasa ingin tahu dan berpikir kritis.

3. Mengeksplorasi (Exploration)

Siswa mencari aktivitas serupa dalam kehidupannya sendiri dan menuliskannya dalam bahasa Arab.

Mengaitkan pengetahuan dengan pengalaman pribadi.

4. Menalar (Reasoning)

Siswa membandingkan rutinitas harian mereka dengan teks.

Melatih kemampuan analisis dan refleksi diri.

5. Mengomunikasikan (Communication)

Siswa mempresentasikan teks tentang rutinitas harian mereka di depan kelas.

Melatih komunikasi aktif dan percaya diri.

🗣G. Latihan Produksi Bahasa (التعبير الشفهي والكتابي)

1. Latihan Lisan (التعبير الشفهي)

Jawablah pertanyaan berikut dengan bahasa Arab:

  • مَاذَا تَفْعَلُ فِي الصَّبَاحِ؟
  • مَتَى تَذْهَبُ إِلَى المَدْرَسَةِ؟
  • مَعَ مَنْ تَتَنَاوَلُ الطَّعَامَ؟

2. Latihan Tulis (التعبير الكتابي)

Tulislah paragraf pendek tentang kegiatan harianmu sendiri dalam bahasa Arab (5–6 kalimat).
Contoh:

أَسْتَيْقِظُ فِي الصَّبَاحِ، ثُمَّ أُصَلِّي الفَجْرَ.
أَذْهَبُ إِلَى المَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ.
فِي المَدْرَسَةِ أَدْرُسُ وَأَلْعَبُ مَعَ أَصْدِقَائِي.
بَعْدَ العَوْدَةِ أُسَاعِدُ أُمِّي فِي البَيْتِ.
فِي المَسَاءِ أَنَامُ مُبَكِّرًا

🧭 H. Refleksi dan Penilaian

Refleksi siswa:

  • Apa kebiasaan baik dari teks yang dapat aku tiru dalam kehidupan sehari-hari?
  • Bagaimana aku dapat mengatur waktuku lebih baik seperti dalam teks?

Aspek penilaian:

  1. Kognitif: Pemahaman kosakata dan isi teks.
  2. Afektif: Sikap positif terhadap kedisiplinan dan tanggung jawab.
  3. Psikomotorik: Kemampuan membaca dan menulis teks kehidupan sehari-hari dalam bahasa Arab.

 

Rubrik Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab

Tema: Kegiatan Sehari-hari (الحَيَاةُ اليَوْمِيَّةُ)

Kelas/Semester: XI / Ganjil

Aspek Penilaian: Kognitif – Afektif – Psikomotor

Ranah Kognitif (Pemahaman Kosakata & Struktur Kalimat)

Skor

Kriteria Penilaian

Deskripsi Kemampuan

4 (Sangat Baik)

Siswa memahami >90% kosakata dan mampu menjelaskan struktur kalimat dengan benar; dapat menerjemahkan teks tanpa bantuan.

3 (Baik)

Siswa memahami 70–89% kosakata, mampu menjelaskan sebagian besar struktur kalimat dengan benar, dan menerjemahkan teks dengan sedikit kesalahan.

2 (Cukup)

Siswa memahami 50–69% kosakata, mampu menjelaskan struktur kalimat sederhana namun masih banyak kesalahan dalam menerjemahkan.

1 (Kurang)

Siswa memahami <50% kosakata, tidak mampu menjelaskan struktur kalimat dengan benar, serta kesulitan menerjemahkan teks.

\

Ranah Afektif (Sikap & Keteladanan dari Isi Teks)

Skor

Kriteria Penilaian

Indikator Perilaku

4 (Sangat Baik)

Siswa menunjukkan kedisiplinan tinggi, datang tepat waktu, menjaga kebersihan, dan meneladani perilaku tokoh dalam teks (rajin ibadah & belajar).

3 (Baik)

Siswa cukup disiplin, menunjukkan sebagian sikap positif dari teks (misalnya rajin belajar atau membantu orang tua).

2 (Cukup)

Siswa kadang-kadang meniru perilaku baik dari teks, namun belum konsisten dalam sikap disiplin atau tanggung jawab.

1 (Kurang)

Siswa tidak menunjukkan perubahan atau keteladanan dari nilai-nilai yang terkandung dalam teks.

Ranah Psikomotor (Keterampilan Membaca dan Menerjemahkan)

Skor

Kriteria Penilaian

Deskripsi Kemampuan

4 (Sangat Baik)

Siswa membaca teks dengan tajwid dan harakat sempurna, pelafalan jelas, dan menerjemahkan secara lancar dan tepat.

3 (Baik)

Siswa membaca teks dengan sedikit kesalahan harakat atau pelafalan, namun tetap dapat dimengerti; terjemahan cukup akurat.

2 (Cukup)

Siswa membaca dengan beberapa kesalahan harakat dan pengucapan, masih terbata-bata dalam menerjemahkan.

1 (Kurang)

Siswa membaca dengan banyak kesalahan dan tidak mampu menerjemahkan dengan benar.

 

Rekapitulasi Nilai Akhir

Aspek

Bobot (%)

Skor Maksimal

Nilai Akhir

Kognitif

40%

4

...

Afektif

30%

4

...

Psikomotor

30%

4

...

Total Nilai Akhir (Skala 100)

100%

(Σ Skor x Bobot)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

مَهَارَةُ القِرَاءَةِ

الحَيَاةُ اليَوْمِيَّةُ

يَسْتَيْقِظُ هَيْكَلٌ مِنَ النَّوْمِ فِيْ السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ صَبَاحًا. ثُمَّ يَتَوَضَّأُ فِي الحَمَّامِ. وَ بَعْدَ الوُضُوْءِ ، يَذْهَبُ هَيْكَلٌ إِلَى الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً.

وَبَعْدَ الصَّلَاةِ، يَرْجِعُ إِلَى البَيْتِ. ثُمَّ يَقْرَأُ هَيْكَلٌ بَعْضَ الآيَات ِمِنَ القُرْآنِ.ثُمَّ يَسْتَحِمُّ فِي الحَمَّامِ.و َيَتَنَاوَلُ الفُطُورَ مَعَ أَبِيْهِ وَأُمِّهِ، ثُمَّ يَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

. و َفِي الْمَدْرَسَةِ يَدْرُسُ وَ يَلْعَبُ مَعَ أَصْدِقَائِهِ. بَعْدَ العَوْدَةِ إِلَى البَيْتِ، يُسَاعِدُ أُمَّهُ وَ يَرَاجِعُ دُرُوسَهُ فِي الْمَسَاءِ    ثُمَّ أَتَى اللَّيْلُ يُصَلِّي الْمَغْرِبَ ثُّم العِشَاءَ فِي الْمَسِجِدِ وَ يُرَتِّبُ الأَدَوَاتِ الْمَدْرَسِيَّةِ ثُمَّ يَنَامُ مُبَكِّرًا.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...