Selasa, 07 Oktober 2025

Bahasa Arab kelas 11 "اَلِاسْمُ النَّكِرَةُ وَالِاسْمُ الْمَعْرِفَةُ"

 🕌 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas XI

Heri Sutopo, M.E.Sy

Tema: "اَلِاسْمُ النَّكِرَةُ وَالِاسْمُ الْمَعْرِفَةُ"

Pendekatan: Deep Learning


🎯 A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Memahami pengertian isim nakirah dan isim ma‘rifah.

  2. Mengidentifikasi contoh-contoh isim nakirah dan ma‘rifah dalam kalimat.

  3. Menggunakan keduanya dalam kalimat sederhana.

  4. Menganalisis fungsi dan makna dari perubahan nakirah menjadi ma‘rifah dalam konteks bacaan.


📘 B. Pengantar Materi (Apersepsi Deep Learning)

Guru memulai dengan menampilkan dua gambar:

  • Gambar 1: كِتَابٌ (sebuah buku)

  • Gambar 2: اَلْكِتَابُ (buku itu)

Guru menanyakan:

“Apa perbedaan makna antara كِتَابٌ dan اَلْكِتَابُ?”

Dari sini, siswa diarahkan menemukan bahwa huruf “الـ” membuat kata menjadi ma‘rifah (diketahui, khusus).


🧩 C. Materi Inti

1. Pengertian

  • اَلنَّكِرَةُ (Isim Nakirah) adalah kata benda yang menunjukkan sesuatu yang belum tertentu atau umum.
    Contoh: كِتَابٌ (sebuah buku), طَالِبٌ (seorang siswa)

  • اَلْمَعْرِفَةُ (Isim Ma‘rifah) adalah kata benda yang menunjukkan sesuatu yang sudah tertentu atau dikenal.
    Contoh: اَلْكِتَابُ (buku itu), اَلطَّالِبُ (siswa itu)


2. Macam-macam Isim Ma‘rifah

Jenis Ma‘rifahNama ArabPenjelasanContoh
1اَلْمَعْرِفَةُ بِالْاَلِفِ وَاللَّامِDikenal karena memakai “الـ”اَلْبَيْتُ (rumah itu)
2اَلْعَلَمُNama orang, tempat, atau benda khususمُحَمَّدٌ، مَكَّةُ
3اِسْمُ الْإِشَارَةِKata tunjukهَذَا (ini), تِلْكَ (itu)
4اِسْمُ الْمَوْصُولِKata sambung bendaالَّذِي (yang), الَّتِي (yang)
5اِسْمُ الضَّمِيرِKata gantiهُوَ (dia), أَنْتَ (kamu)
6اَلْمُضَافُ إِلَى الْمَعْرِفَةِIsim yang disandarkan pada ma‘rifahكِتَابُ الطَّالِبِ (buku milik siswa itu)

3. Perbedaan Isim Nakirah dan Isim Ma‘rifah

AspekIsim NakirahIsim Ma‘rifah
ArtiUmumKhusus
TandaTidak ada "الـ"Ada "الـ" atau dikenal
Contohطَالِبٌ (seorang siswa)اَلطَّالِبُ (siswa itu)

🧠 D. Contoh Kalimat (Berharakah Lengkap)

  1. رَأَيْتُ طَالِبًا فِي الْفَصْلِ.
    → Aku melihat seorang siswa di kelas. (nakirah)

  2. رَأَيْتُ اَلطَّالِبَ فِي الْفَصْلِ.
    → Aku melihat siswa itu di kelas. (ma‘rifah)

  3. هَذَا كِتَابٌ جَدِيدٌ.
    → Ini sebuah buku baru.

  4. أَيْنَ اَلْكِتَابُ؟
    → Di mana buku itu?

  5. جَاءَ رَجُلٌ إِلَى الْمَسْجِدِ.
    → Seorang lelaki datang ke masjid.

  6. جَاءَ اَلرَّجُلُ إِلَى الْمَسْجِدِ.
    → Lelaki itu datang ke masjid.

  7. نَحْنُ نُحِبُّ الْعِلْمَ.
    → Kami mencintai ilmu.

  8. فِي الْبُسْتَانِ شَجَرَةٌ جَمِيلَةٌ.
    → Di taman ada sebatang pohon yang indah.

  9. الطَّالِبُ يَكْتُبُ فِي دَفْتَرِهِ.
    → Siswa itu menulis di bukunya.

  10. الْمُعَلِّمُ دَخَلَ الْفَصْلَ.
    → Guru itu masuk ke kelas.


📖 E. Latihan Pemahaman (Deep Learning Activities)

✳️ Tahap 1: Observasi dan Analisis

Siswa mengamati 5 kalimat berikut dan menentukan mana isim nakirah dan mana isim ma‘rifah:

  1. فِي الْمَسْجِدِ رَجُلٌ.

  2. جَاءَ الطَّالِبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ.

  3. هَذِهِ بِنْتٌ صَالِحَةٌ.

  4. رَأَيْتُ الْمُعَلِّمَ فِي الْفَصْلِ.

  5. اشْتَرَيْتُ كِتَابًا جَدِيدًا.

✳️ Tahap 2: Kolaborasi

Diskusikan dalam kelompok kecil:

Bagaimana perubahan makna kalimat jika isim nakirah diubah menjadi ma‘rifah?

✳️ Tahap 3: Elaborasi

Siswa membuat 5 kalimat sendiri menggunakan isim nakirah dan mengubahnya menjadi bentuk ma‘rifah.

✳️ Tahap 4: Refleksi

Guru memandu refleksi dengan pertanyaan:

“Mengapa penting membedakan isim nakirah dan ma‘rifah dalam memahami teks Arab?”


🌱 F. Penilaian

Aspek yang DinilaiKriteriaSkor Maksimal
Pemahaman konsep nakirah–ma‘rifahDapat menjelaskan dengan benar25
Ketepatan identifikasi dalam kalimatMenentukan isim dengan benar25
Pembuatan kalimat baruKalimat benar dan bermakna25
Refleksi maknaMenunjukkan pemahaman mendalam25
Total Skor100

📚 G. Kosa Kata Penting (20 Mufradāt)

NoBahasa ArabHarakat LengkapArti
1كِتَابٌkitabunbuku
2اَلطَّالِبُaṭ-ṭālibusiswa itu
3مَدْرَسَةٌmadrasatunsekolah
4اَلْمُعَلِّمُal-mu‘allimuguru itu
5بَيْتٌbaytunrumah
6اَلْبَيْتُal-bayturumah itu
7قَلَمٌqalamunpena
8اَلْقَلَمُal-qalamupena itu
9رَجُلٌrajulunlaki-laki
10اَلرَّجُلُar-rajululaki-laki itu
11بِنْتٌbintunperempuan
12اَلْبِنْتُal-bintuperempuan itu
13كُرْسِيٌّkursiyyunkursi
14اَلْكُرْسِيُّal-kursiyyukursi itu
15طَالِبٌṭālibunsiswa
16اَلْمَسْجِدُal-masjidumasjid
17سَيَّارَةٌsayyāratunmobil
18اَلسَّيَّارَةُas-sayyāratumobil itu
19دَفْتَرٌdaftarunbuku catatan
20اَلدَّفْتَرُad-daftarubuku catatan itu

🧭 H. Penutup (Refleksi Deep Learning)

Guru menegaskan kembali bahwa memahami isim nakirah dan ma‘rifah membantu siswa:

  • Membaca teks Arab dengan pemahaman makna lebih dalam.

  • Mengetahui konteks apakah sesuatu bersifat umum atau khusus.

  • Membangun kalimat yang lebih tepat dan komunikatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...