Materi Ajar Bahasa Arab— Kelas 11
Heri Sutopo, M.E.sy
Tema: Isim Nakīrah (نَكِرَة) dan Isim Maʿrifah (مَعْرِفَة)
Tujuan pembelajaran:
* Siswa dapat menjelaskan perbedaan isim nakīrah dan maʿrifah, mengenali tanda-tandanya, menerapkannya dalam kalimat, serta mengubah bentuk kata dalam konstruksi idhāfah.
1. Pengantar singkat
-
Isim (اسم) = kata benda.
-
Isim Nakīrah (نَكِرَة) = kata benda yang tidak spesifik / belum dikenal / a/an/some (tidak diberi penanda tertentu dalam bahasa Arab).
-
Isim Maʿrifah (مَعْرِفَة) = kata benda yang spesifik / sudah dikenal / the (ditandai oleh artikel أو penanda lain).
2. Tanda-tanda (penentu) dan contoh
2.1 Isim Nakīrah — ciri & penanda
-
Biasanya memiliki tanwīn (nunasi akhir):
-
ـٌ (dhammah tanwīn) → nominatif: كِتَابٌ
-
ـٍ (kasrah tanwīn) → genitif: كِتَابٍ
-
ـً (fatḥah tanwīn) → akusatif: كِتَابًا
-
-
Makna: sebuah / seorang / suatu / beberapa (a/an/some).
-
Contoh kata sederhana: طَالِبٌ (seorang siswa), بَيْتٌ (sebuah rumah).
2.2 Isim Maʿrifah — ciri & penanda
Isim menjadi maʿrifah bila salah satu dari berikut berlaku:
-
Artikel الـ (al-) — contoh: الْكِتَابُ (buku itu / the book).
-
Perhatikan aturan assimilasi huruf sunah/qamariyyah (lihat bagian 3).
-
-
Isim dhamīr (kata ganti yang menjadikannya pasti) — contoh: كِتَابُهُ (bukunya).
-
Isim Maḥsūs (kata ganti kepemilikan atau khusus), ism al-ismāʼ (nama diri/proper nouns) — contoh: مُحَمَّدٌ (Muhammad) → sudah maʿrifah.
-
Isim musytarak dengan isyarah (demonstrative) seperti هَذَا / هَذِهِ → membuat maʿrifah: هَذَا الْكِتَابُ (buku ini).
-
Idhāfah (konstuksi kepemilikan) — mis. كِتَابُ الطَّالِبِ (buku siswa) — makna pasti meski kata pertama tidak ber-ال dan tidak tanwīn.
3. Artikel الـ (al-) dan huruf syamsiyyah/qamariyyah
-
Artikel الـ selalu tertulis, tetapi cara pengucapan huruf lām (ل) pada al- berubah jika huruf berikutnya adalah huruf syamsiyyah (huruf matahari) → lām diserap dan huruf syamsiyyah menjadi geminasi (syaddah).
-
Contoh: الشَّمْسُ dibaca ash-shamsu (līnyap), bukan al-shamsu.
-
-
Jika huruf berikutnya adalah huruf qamariyyah (huruf bulan) → lām dibaca jelas.
-
Contoh: الْقَمَرُ dibaca al-qamaru.
-
(Daftar pendek huruf syamsiyyah: ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن; lengkap bisa dipelajari lebih jauh.)
4. Idhāfah (إِضَافَة) — konstruksi kepemilikan
-
Bentuk: mudāf + mudāf ilayh (kata pertama + kata yang dimiliki).
-
Ciri: kata kedua definite (maʿrifah) dan menunjukkan kepemilikan atau hubungan; kata pertama tidak boleh memakai tanwīn atau الـ.
-
Contoh: كِتَابُ الطَّالِبِ (buku siswa).
-
Jika ingin menyatakan the student's book is new: كِتَابُ الطَّالِبِ جَدِيدٌ.
-
Catatan: walaupun kata pertama tidak ber-ال, secara makna ia definite karena hubungan dengan kata kedua yang definite.
5. Contoh kalimat berharakat (lengkap)
Perhatikan harakat (tanda baca vokal) di setiap kata.
-
Isim nakīrah (tanwīn):
-
عِنْدِي كِتَابٌ جَدِيدٌ.
(ʼIndī kitābun jadīdun.) — Saya punya sebuah buku baru.
-
-
Isim maʿrifah dengan al-:
-
الْكِتَابُ جَدِيدٌ.
(al-kitābu jadīdun.) — Buku itu baru.
-
-
Perbedaan bentuk kasus dengan tanwīn:
-
قَرَأْتُ كِتَابًا.
(qaraʼtu kitābā) — Aku membaca sebuah buku. (akusatif: ـًا) -
أَعْطَيْتُ الطَّالِبَ كِتَابًا.
(aʿṭaytu al-ṭāliba kitābā) — Aku memberikan seorang siswa sebuah buku.
-
-
Idhāfah (konstruksi):
-
كِتَابُ الطَّالِبِ عَلَى الطَّاوِلَةِ.
(kitābu al-ṭālibi ʼalā al-ṭāwilati.) — Buku siswa di atas meja.
-
-
Isim maʿrifah karena isim khāṣ (nama):
-
مُحَمَّدٌ طَالِبٌ نَجْحٌ.
(Muḥammadun ṭālibun nājiḥun.) — Muhammad adalah siswa yang lulus.
(Nama mahṣūs → sudah maʿrifah walau tidak ber-ال.)
-
-
Isim maʿrifah oleh dhamīr (possessive):
-
هَذَا كِتَابُهُ.
(hādhā kitābuhu.) — Ini bukunya. (dengan dhamīr milik)
-
-
Demonstrative menjadi maʿrifah:
-
هَذِهِ الْمَدْرَسَةُ كَبِيرَةٌ.
(hādhihi al-madrasatu kabīratun.) — Sekolah ini besar.
-
-
Contoh lain (sun/qamar):
-
الشَّمْسُ سَاطِعَةٌ.
(ash-shamsu sāṭiʻatun.) — Matahari bersinar. -
الْقَمَرُ جَمِيلٌ.
(al-qamaru jamīlun.) — Bulan itu indah.
-
6. Latihan (praktik)
Latihan 1 — Tandai apakah kata berikut nakīrah (N) atau maʿrifah (M):
a) كِتَابٌ —
b) الْبَيْتُ —
c) طَالِبُهُ —
d) مَدْرَسَةٌ —
e) هَذَا الْوَلَدُ —
Latihan 2 — Ubah kata nakīrah jadi maʿrifah dengan menambahkan الـ atau idhāfah:
a) قَلَمٌ → ...
b) بَيْتٌ → ...
Latihan 3 — Lengkapi kalimat dengan tanwīn yang tepat (ـٌ / ـٍ / ـً):
a) أَكَلَ وَلَدٌ ___ (subjek + predikat; gunakan nominatif untuk predikat ketika subjek mafʻūl bihi?)
b) رَأَيْتُ بَيْتًا ___ (akusatif)
(Jawaban di bagian akhir materi)
7. Kunci jawaban (singkat)
Latihan 1: a) N (nakīrah — ada tanwīn), b) M (dengan الـ), c) M (dhamīr kepemilikan → maʿrifah), d) N, e) M (demonstrative → maʿrifah).
Latihan 2 (contoh jawaban): a) الْقَلَمُ atau قَلَمُ الطَّالِبِ; b) الْبَيْتُ atau بَيْتُ الْأُسْتَاذِ.
Latihan 3 (contoh pengisian): a) أَكَلَ وَلَدٌ طَعَامًا. (wāladu-nya subjek; predikat akusatif? — contoh umum: "وَلَدٌ جَائَعٌ" → وَلَدٌ جَائِعٌ), b) رَأَيْتُ بَيْتًا جَمِيلًا.
Catatan: latihan 3 harus disusun sesuai kasus; guru dapat menyesuaikan soal agar latihan kasus (nominatif/genitif/akusatif) lebih jelas.
8. Tips pengajaran & aktivitas kelas
-
Visualisasi: Tampilkan kartu kata (nakīrah dengan tanwīn / maʿrifah dengan الـ / nama diri / idhāfah).
-
Praktik lisan: Minta siswa membuat kalimat bergantian: satu siswa menyebut kata nakīrah, siswa lain mengubah menjadi maʿrifah dan membuat kalimat.
-
Permainan "Tangkap Kata": Guru menyebut frasa; siswa lari ke sisi “nakīrah” atau “maʿrifah”.
-
Idhāfah challenge: Beri daftar kata, minta siswa buat 5 contoh idhāfah (mis. كِتَابُ الطَّبِيبِ).
9. Daftar kosakata pendek (dengan arti)
-
كِتَابٌ — buku
-
طَالِبٌ — siswa
-
مَدْرَسَةٌ — sekolah
-
بَيْتٌ — rumah
-
قَلَمٌ — pena
-
طَاوِلَةٌ — meja
-
طَالِبُهُ — siswanya / muridnya
10. Penutup singkat
Isim nakīrah dan maʿrifah adalah konsep dasar yang sangat penting untuk memahami struktur kalimat bahasa Arab. Perhatikan tanda-tanda (tanwīn, al-, dhamīr, idhāfah, nama diri) dan praktikkan pengucapan terutama assimilasi al- (syamsiyyah/qamariyyah). Latihan terus menerus (membaca kalimat berharakat) membantu kecepatan membaca dan ketepatan tata bahasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar