🕌 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas 10
Heri Sutopo, M.E.Sy
Tema: Mufrad, Mutsanna, dan Jamak (المفرد والمثنى والجمع)
🧩 A. Pengertian
-
Mufrod (المفرد)
➤ Kata benda yang menunjukkan satu orang atau satu benda.
Contoh:-
كِتَابٌ (satu buku)
-
وَلَدٌ (satu anak laki-laki)
-
-
Mutsanna (المثنّى)
➤ Kata benda yang menunjukkan dua orang atau dua benda.
➤ Dibentuk dengan menambahkan “ــَانِ” (ān) pada akhir kata jika rafa‘, dan “ــَيْنِ” (ayn) jika nashab atau jar.Contoh:
-
كِتَابَانِ (dua buku)
-
وَلَدَانِ (dua anak laki-laki)
-
-
Jamak (الجمع)
➤ Kata benda yang menunjukkan tiga atau lebih.
➤ Terbagi menjadi:-
Jamak mudzakkar sālim (جمع المذكر السالم)
Ditambah “ــُونَ” (ūna) untuk rafa‘ dan “ــِينَ” (īna) untuk nashab/jer. -
Jamak muannats sālim (جمع المؤنث السالم)
Ditambah “ــَاتٌ” (ātun) untuk rafa‘ dan “ــَاتٍ” (ātin) untuk nashab/jer. -
Jamak taksir (جمع التكسير)
Bentuk jamak yang berubah total dari bentuk mufradnya.
-
🧠 B. Rumus Sederhana
| Bentuk | Ciri Akhiran | Contoh Dasar | Contoh Bentuk |
|---|---|---|---|
| Mufrod | tanpa tambahan | وَلَدٌ | وَلَدٌ |
| Mutsanna (Rafa‘) | ـَانِ | وَلَدٌ → وَلَدَانِ | |
| Mutsanna (Nashab/Jar) | ـَيْنِ | وَلَدٌ → وَلَدَيْنِ | |
| Jamak Mudzakkar (Rafa‘) | ـُونَ | مُسْلِمٌ → مُسْلِمُونَ | |
| Jamak Mudzakkar (Nashab/Jar) | ـِينَ | مُسْلِمٌ → مُسْلِمِينَ | |
| Jamak Muannats (Rafa‘) | ـَاتٌ | مُسْلِمَةٌ → مُسْلِمَاتٌ | |
| Jamak Muannats (Nashab/Jar) | ـَاتٍ | مُسْلِمَةٌ → مُسْلِمَاتٍ |
🗣️ C. Contoh Kalimat Berharakat Lengkap
1. Mufrod (المفرد)
-
هَذَا وَلَدٌ ذَكِيٌّ.
Ini adalah anak laki-laki yang cerdas. -
تِلْكَ بِنْتٌ جَمِيلَةٌ.
Itu adalah anak perempuan yang cantik.
2. Mutsanna (المثنّى)
-
هَذَانِ وَلَدَانِ مُجْتَهِدَانِ.
Dua anak laki-laki ini rajin. -
تِلْكَ بِنْتَانِ جَمِيلَتَانِ.
Dua anak perempuan itu cantik. -
رَأَيْتُ وَلَدَيْنِ فِي الْمَدْرَسَةِ.
Aku melihat dua anak laki-laki di sekolah. -
مَرَرْتُ بِبِنْتَيْنِ فِي السُّوقِ.
Aku melewati dua anak perempuan di pasar.
3. Jamak (الجمع)
a. Jamak Mudzakkar Sālim
-
الْمُسْلِمُونَ يُصَلُّونَ فِي الْمَسْجِدِ.
Orang-orang muslim salat di masjid. -
رَأَيْتُ الْمُسْلِمِينَ فِي الْمَدْرَسَةِ.
Aku melihat para muslim di sekolah.
b. Jamak Muannats Sālim
-
الْمُسْلِمَاتُ يَقْرَأْنَ الْقُرْآنَ.
Para muslimah membaca Al-Qur’an. -
سَاعَدْتُ الْمُعَلِّمَاتِ فِي الْفَصْلِ.
Aku membantu para guru perempuan di kelas.
c. Jamak Taksir
-
فِي الْمَكْتَبَةِ كُتُبٌ كَثِيرَةٌ.
Di perpustakaan ada banyak buku. -
الْبُيُوتُ نَظِيفَةٌ.
Rumah-rumah itu bersih.
🔍 D. Pendekatan Deep Learning
Agar siswa memahami konsep dengan mendalam, langkah pembelajarannya bisa seperti ini:
-
Tahap Observasi:
Guru menampilkan berbagai kata benda dalam bentuk tunggal dan jamak.
→ Siswa mengamati perbedaan pola huruf dan akhiran. -
Tahap Analisis Pola:
Siswa mengelompokkan kata berdasarkan pola akhir: (ـٌ / ـَانِ / ـُونَ / ـَاتٌ). -
Tahap Aplikasi:
Siswa membuat kalimat sederhana menggunakan mufrod, mutsanna, dan jamak dari kosa kata yang sama. -
Tahap Refleksi:
Siswa menjelaskan kembali pola perubahan kata secara lisan dan tulisan.
📘 E. Latihan
-
Ubah kata berikut menjadi mutsanna dan jamak:
-
طَالِبٌ
-
كِتَابٌ
-
مُعَلِّمَةٌ
-
بَيْتٌ
-
-
Buat 5 kalimat dengan menggunakan bentuk:
-
2 kalimat mufrod
-
2 kalimat mutsanna
-
1 kalimat jamak
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar