Jumat, 10 Oktober 2025

Tema: Mufrad, Mutsanna, dan Jamak (المفرد والمثنى والجمع) Kelas 10

 🕌 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas 10

Heri Sutopo, M.E.Sy

Tema: Mufrad, Mutsanna, dan Jamak (المفرد والمثنى والجمع)


🧩 A. Pengertian

  1. Mufrod (المفرد)
    ➤ Kata benda yang menunjukkan satu orang atau satu benda.
    Contoh:

    • كِتَابٌ (satu buku)

    • وَلَدٌ (satu anak laki-laki)

  2. Mutsanna (المثنّى)
    ➤ Kata benda yang menunjukkan dua orang atau dua benda.
    ➤ Dibentuk dengan menambahkan “ــَانِ” (ān) pada akhir kata jika rafa‘, dan “ــَيْنِ” (ayn) jika nashab atau jar.

    Contoh:

    • كِتَابَانِ (dua buku)

    • وَلَدَانِ (dua anak laki-laki)

  3. Jamak (الجمع)
    ➤ Kata benda yang menunjukkan tiga atau lebih.
    ➤ Terbagi menjadi:

    • Jamak mudzakkar sālim (جمع المذكر السالم)
      Ditambah “ــُونَ” (ūna) untuk rafa‘ dan “ــِينَ” (īna) untuk nashab/jer.

    • Jamak muannats sālim (جمع المؤنث السالم)
      Ditambah “ــَاتٌ” (ātun) untuk rafa‘ dan “ــَاتٍ” (ātin) untuk nashab/jer.

    • Jamak taksir (جمع التكسير)
      Bentuk jamak yang berubah total dari bentuk mufradnya.


🧠 B. Rumus Sederhana

BentukCiri AkhiranContoh DasarContoh Bentuk
Mufrodtanpa tambahanوَلَدٌوَلَدٌ
Mutsanna (Rafa‘)ـَانِوَلَدٌ → وَلَدَانِ
Mutsanna (Nashab/Jar)ـَيْنِوَلَدٌ → وَلَدَيْنِ
Jamak Mudzakkar (Rafa‘)ـُونَمُسْلِمٌ → مُسْلِمُونَ
Jamak Mudzakkar (Nashab/Jar)ـِينَمُسْلِمٌ → مُسْلِمِينَ
Jamak Muannats (Rafa‘)ـَاتٌمُسْلِمَةٌ → مُسْلِمَاتٌ
Jamak Muannats (Nashab/Jar)ـَاتٍمُسْلِمَةٌ → مُسْلِمَاتٍ

🗣️ C. Contoh Kalimat Berharakat Lengkap

1. Mufrod (المفرد)

  1. هَذَا وَلَدٌ ذَكِيٌّ.
    Ini adalah anak laki-laki yang cerdas.

  2. تِلْكَ بِنْتٌ جَمِيلَةٌ.
    Itu adalah anak perempuan yang cantik.

2. Mutsanna (المثنّى)

  1. هَذَانِ وَلَدَانِ مُجْتَهِدَانِ.
    Dua anak laki-laki ini rajin.

  2. تِلْكَ بِنْتَانِ جَمِيلَتَانِ.
    Dua anak perempuan itu cantik.

  3. رَأَيْتُ وَلَدَيْنِ فِي الْمَدْرَسَةِ.
    Aku melihat dua anak laki-laki di sekolah.

  4. مَرَرْتُ بِبِنْتَيْنِ فِي السُّوقِ.
    Aku melewati dua anak perempuan di pasar.

3. Jamak (الجمع)

a. Jamak Mudzakkar Sālim

  1. الْمُسْلِمُونَ يُصَلُّونَ فِي الْمَسْجِدِ.
    Orang-orang muslim salat di masjid.

  2. رَأَيْتُ الْمُسْلِمِينَ فِي الْمَدْرَسَةِ.
    Aku melihat para muslim di sekolah.

b. Jamak Muannats Sālim

  1. الْمُسْلِمَاتُ يَقْرَأْنَ الْقُرْآنَ.
    Para muslimah membaca Al-Qur’an.

  2. سَاعَدْتُ الْمُعَلِّمَاتِ فِي الْفَصْلِ.
    Aku membantu para guru perempuan di kelas.

c. Jamak Taksir

  1. فِي الْمَكْتَبَةِ كُتُبٌ كَثِيرَةٌ.
    Di perpustakaan ada banyak buku.

  2. الْبُيُوتُ نَظِيفَةٌ.
    Rumah-rumah itu bersih.


🔍 D. Pendekatan Deep Learning

Agar siswa memahami konsep dengan mendalam, langkah pembelajarannya bisa seperti ini:

  1. Tahap Observasi:
    Guru menampilkan berbagai kata benda dalam bentuk tunggal dan jamak.
    → Siswa mengamati perbedaan pola huruf dan akhiran.

  2. Tahap Analisis Pola:
    Siswa mengelompokkan kata berdasarkan pola akhir: (ـٌ / ـَانِ / ـُونَ / ـَاتٌ).

  3. Tahap Aplikasi:
    Siswa membuat kalimat sederhana menggunakan mufrod, mutsanna, dan jamak dari kosa kata yang sama.

  4. Tahap Refleksi:
    Siswa menjelaskan kembali pola perubahan kata secara lisan dan tulisan.


📘 E. Latihan

  1. Ubah kata berikut menjadi mutsanna dan jamak:

    • طَالِبٌ

    • كِتَابٌ

    • مُعَلِّمَةٌ

    • بَيْتٌ

  2. Buat 5 kalimat dengan menggunakan bentuk:

    • 2 kalimat mufrod

    • 2 kalimat mutsanna

    • 1 kalimat jamak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...