Senin, 14 Agustus 2023

Pend.Agama Islam X Fase E "Syu'abul Iman"

  

MATA PELAJARAN

AGAMA ISLAM

GURU MAPEL

HERI SUTOPO,M.E.Sy

KELAS

X/E

Pertemuan

1

Elemen

AQIDAH

CP; AQIDAH

Peserta didik menganalisis makna syuab al-īmān (cabang-cabang iman), pengertian, dalil, macam dan manfaatnya; mempresentasikan makna syuab al-īmān (cabang- cabang iman), pengertian, dalil, macam dan manfaatnya; meyakini bahwa dalam iman terdapat banyak cabang-cabangnya; serta menerapkan beberapa sikap dan karakter sebagai cerminan cabang iman dalam kehidupan.

 

 

TP; Tujuan Pembelajaran (BAB II)

1. Menjelaskan makna syu'abul īmān (cabang cabang iman), pengetahuan, dalil, macam, dan  manfaatnya.

2. Menganalisis makna syu'abul īmān (cabang cabang iman ), pengertian, dalil, macam, dan manfaatnya

ATP;

1.      Peserta didik dapat menyebutkan 6 Rukun Iman beserta ayat yang menerangkannya!

2.      Menyebutkan cabang-cabang iman dan menganalisa maknanya.

3.      Memberikan contoh dari masing-masing cabang Iman.

 

Pertanyaan Pemantik;

1.      Apa itu Iman?

2.      Sebutkan 6 Rukun Iman!

3.      Berikan ayat Al-Qur’an yang menerangkannya!

Konten Materi;

Rukun Iman sangat penting perannya bagi seorang muslim. Rukun Iman merupakan hal-hal yang menjadi dasar untuk menegakkan keimanan seseorang. Rukun iman sendiri terdiri dari enam yang tentunya sudah kamu pahami. Syu’abul iman merupakan cabang-cabang keimanan.

Macam-macam syu'abul iman dibagi menjadi tiga, yaitu iman berdasarkan hati atau aqidah, iman berdasarkan perkataan, dan iman berdasarkan perbuatan. Setiap bagian iman ini terbagi lagi menjadi  sejumlah cabang.

Sebelum mengenal macam-macam syu’abul iman, kamu tentu perlu memahami apa itu syu’abul iman terlebih dahulu. Beberapa ahli hadis menulis risalah mengenai syu’abul iman ini, di antaranya Imam Baihaqi RA, Abu Abdilah Alimi RA, Syeikh Abdul Jalil RA, dan Imam Abu Hatim RA.

 

Syu’abul iman dikategorikan ke dalam tiga bagian berdasarkan Hadis Ibnu Majah. Di mana hadis tersebut artinya sebagai berikut:

"Dari Ali bin Abi Thalib r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda: iman adalah tambatan hati, ucapan lisan dan perwujudan perbuatan," (H.R. Ibnu Majah).

Berdasarkan hadis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa macam-macam syu’abul iman dapat dibedakan menurut tiga kategori, yaitu Ma'rifatun bil qalbi yaitu meyakini dengan hati, Iqrarun bil lisan yaitu diucapkan dengan lisan, dan Amalun bil arkan yaitu mengamalkannya dengan perbuatan anggota badan. Jadi, macam-macam syu’abul iman dibagi berdasarkan niat, akidah, dan hati; lisan atau ucapan; serta seluruh anggota badan.

Macam-macam Syu’abul Iman yang pertama yaitu berdasarkan hati atau aqidah. Berikut macam-macam Syu’abul Iman berdasarkan hati atau aqidah:

·         Iman kepada Allah SWT.

·         Iman kepada malaikat Allah SWT.

·         Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.

·         Iman kepada rasul-rasul Allah SWT.

·         Iman kepada takdir baik dan takdir buruk Allah SWT.

·         Iman kepada hari akhir.

·         Iman kepada kebangkitan setelah kematian.

·         Iman bahwa manusia akan dikumpulkan di Yaumul Mahsyar setelah hari kebangkitan.

·         Iman bahwa orang mukmin akan tinggal di surga, dan orang kafir akan tinggal di neraka.

·         Mencintai Allah SWT.

·         Mencintai dan membenci karena Allah SWT.

·         Mencintai Rasulullah SAW dan yang memuliakannya.

·         Ikhlas, tidak riya dan menjauhi sifat munafik.

·         Bertaubat, menyesal dan janji tidak akan mengulang suatu perbuatan dosa

·         Takut kepada Allah SWT.

·         Selalu mengharapkan rahmat Allah SWT.

·         Tidak berputus asa dari rahmat Allah SWT.

·         Syukur nikmat.

·         Menunaikan amanah.

·         Sabar.

·         Tawadu dan menghormati yang lebih tua.

·         Kasih sayang termasuk mencintai anak-anak kecil.

·         Rida dengan takdir Allah SWT.

·         Tawakal.

·         Meninggalkan sifat takabur dan menyombongkan diri.

·         Tidak dengki dan iri hati.

·         Rasa Malu.

·         Tidak mudah marah.

·         Tidak menipu, tidak su'uzon dan tidak merencanakan keburukan kepada siapa pun.

·         Menanggalkan kecintaan kepada dunia, termasuk cinta harta dan jabatan.

Penutup:

1.      Apa itu syu’abul Iman?

2.      Apa pengertian dari Iman?

Jumat, 11 Agustus 2023

PAI KELAS X.3 Jum'at, 11 agustus 2023 Pert.1&2

MAPEL

PAI KELAS X FASE E

GURU

HERI SUTOPO, M.E.Sy

ELEMEN

AL-QUR’AN DAN HADITS

Pert-1 & 2

KELAS X.3

CAPAIAN PEMBELAJARAN:

Di akhir fase E, Peserta didik mampu menganalisis ayat AlQur’an dan hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta

Larangan pergaulan bebas dan zina dapat membaca

Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancer ayat Al-Qur’an serta Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta bahaya dari pergaulan bebas dan zina; dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja

serta larangan pergaulan bebas dan zina; meyakini bahwa sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja serta menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina adalah perintah agama; dan   membiasakan sikap kompetitif dalam kebaikan dan etos kerja serta menghindari pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan lebih berhati-hati dan menjaga kehormatan diri.

TUJUAN PEMBELAJARAN:

10.1 Peserta didik dapat membaca dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid dan mahkorijul khuruf QS. alMaidah/5: 48; dan QS. at-Taubah /9: 105 serta hadist terkait menjelaskan kandungan ayat QS. alMaidah/5: 48; dan QS. at-Taubah /9: 105 dan  Q.S. al-Isra /17 ayat 32 dan Q.S an-Nur/24 ayat 2sesuai dengan tafsir dan hadist terkait.

10.2 Peserta didik dapat membaca dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid dan mahkorijul khuruf QS. alMaidah/5: 48; dan QS. at-Taubah /9: 105. dan  Peserta didik dapat membaca dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid dan mahkorijul khuruf QS. Al-Isra'/17: 32; dan QS. An-Nur/24: 2

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN;

1.      Peserta didik dapat membaca ayat Al-Qur’an dengan tartil dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

2.      Peserta didik dapat menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang  perintah untuk kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

3.      Peserta didik dapat menjelaskan ayat tentang ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang kompetisi dalam  kebaikan dan etos kerja.

4.      Peserta didik dapat menganalisis ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan  dan etos kerja.

5.      Peserta didik dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk kompetisi dalam  kebaikan dan etos kerja dalam bentuk penelitian.

 

 

 

 

REFLEKSI TILAWAH BAB 1:

1.      BERLOMBA-LOMBA DALAM KEBAIAKAN

QS. Al-Ma'idah:48

 

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَۙ

 

Kami telah menurunkan kitab suci (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan (membawa) kebenaran sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan sebagai penjaganya (acuan kebenaran terhadapnya). Maka, putuskanlah (perkara) mereka menurut aturan yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikanmu satu umat (saja). Akan tetapi, Allah hendak mengujimu tentang karunia yang telah Dia anugerahkan kepadamu. Maka, berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang selama ini kamu perselisihkan.

 

2.      ETOS KERJA

QS. At-Taubah:105

 

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ

 

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Bekerjalah! Maka, Allah, rasul-Nya, dan orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu. Kamu akan dikembalikan kepada (Zat) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata. Lalu, Dia akan memberitakan kepada kamu apa yang selama ini kamu kerjakan.”

 

Tugas:

Menyimpulkan inti sari dari Al-Maidah Ayat 48 dan At-taubah Ayat 105!

 

Wassalamualakum wrwb.

  

Kamis, 10 Agustus 2023

bahasa arab 12-membaca teks dan identifakasi mufrodaat

 

assalamualaikum wrwb…

MAPEL

اللغة العربية

GURU MAPEL

HERI SUTOPO, M.E.Sy

KELAS

12 IPA/IPS

Kompetensi Dasar

Pert-1

Dars-1

3.2      menyatakan kembali ungkapan sederhana terkait persetujuan (muwafaqah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.2      menggunakan teks sederhana berisi ungkapan tindakan memberi dan meminta informasi terkait persetujuan (muwafaqah) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

TUJUAN PEMBELAJARAN:

A.    Membaca dan menggunakan teks sederhana berisi ungkapan tindakan memberi dan meminta informasi terkait persetujuan (muwafaqah) .

B.    Mengidentifikasi  dan membaca kosa kata yang berkaitan dengan tema.

C.   melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

 

Membaca teks:

أَعْمَالِيْ اليَّوْمِيَّةِ

(Kegiatanku Sehari-hari)

 

أَنَا خَالِد، أَتَحَدَّثُ عَنْ أَعْمَالِي اليَوْمِيَّةِ مِنَ الاِسْتِيْقَاظِ إِلَى النَّوْمِ. أَسْتَيْقِظُ فِي السَّاعَةِ الخَامِسَةِ صَبَاحًا، ثُمَّ أَذْهَبُ إِلَى الحَمَّامِ لِلسِّوَاكِ وَأَتَوَضَّأُ فِيْهِ، بَعْدَ ذلِكَ أَذْهَبُ إِلَى المَسْجِدِ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً، وَبَعْدَهَا نَذْكُرُ اللهَ جَمَاعَةً وَقَرَأْنَا التَّسْبِيْحَ والتَّحْمِيْدَ والتَّهْلِيْلَ والدُّعَاءَ وانْتَهَيْنَا بِالمُصَافَحَةِ.

Identifkasi kosa kata:

استيقظ :

ذهب –يذهب :

السواك :

نذكر:

المصافحة:

 

Wassalamualaikum wrwb.

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...