Senin, 23 Oktober 2023

BAHASA ARAB KELAS 12

 

MAPEL

اللغة العربية

GURU

HERI SUTOPO, M.E.Sy

KELAS

12 IPA/IPS

3.3      menentukan ungkapan terkait maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.3      menggunakan teks sederhana berisi ungkapan tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

1.      Membuat tarakib/ jumlah kalimat dalam bahasa arab.

ضع هذه المفردات في الجملة!

1. شَاهَدَ – يُشَاهِدُ = Menonton/ menyaksikan

2. غَسَلَ – يَغْسِلُ  = Mencuci

3. لَعِبَ – يَلْعَبُ  = bermain 

4. جَرَى – يَجْرِيْ = berlari

5. سَافَرَ – يُسَافِرُ = Melakukan Perjalan

6. تَنَزَّهَ – يَتَنَزَّهُ = Rekreasi

7. زَارَ – يَزُوْرُ = Berziarah

pai senin 23 OKT 2023


MAPEL

PEND. AGAMA ISLAM

GURU

HERI SUTOPO, M.E.Sy

KELAS

X (SEPULUH)

Pertemuan-1

TP;

1.      Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan fikih muamalah: asuransi, bank, dan koperasi syariah di masyarakat

2.      Peserta didik mampu menganalisis implementasi fikih muamalah: asuransi, bank, dan koperasi syariah di masyarakat

3.      Peserta didik dapat menyajikan paparan tentang fikih muamalah: asuransi, bank, dan koperasi syariah dalam bentuk penelitian

4.      Peserta didik mampu menyatakan bahwa ketentuan fikih muamalah adalah ajaran agama; serta

5.      Peserta didik dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kepedulian sosial

 

ATP;

1.      Peserta didik dapat menjelaskan implementasi fikih mu’āmalah: asuransi, bank dan koperasi  syariah di masyarakat.

2.      Peserta didik dapat Menganalisis implementasi fikih mu’āmalah: asuransi, bank , dan koperasi   syariah di Masyarakat.

 

Pertanyaan pemantik;

1.      Apa itu Ilmu Fiqih?

2.      Apa tujuan dipelajarinya Ilmu Fiqih?

Materi;

QS. At Taubah (9) ayat 122

وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ۝

Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.

Pengertian Fiqih Muammalah;

Fiqh muamalah(umum) adalah peraturan-peraturan Allah yang harus diikuti dan ditaati oleh manusia dalam hidup bermasyarakat untuk menjaga kepentingan manusia.

Adapun beberapa contoh transaksi yang termasuk dalam muamalah, seperti upah mengupah, sewa menyewa, jual beli, dan sebagainya. Transaksi muamalah bisa juga dilakukan pada kegiatan permodalan dan usaha karena kedua kegiatan transaksi tersebut masih masuk ke dalam kegiatan transaksi muamalah.

Tujuan dari muamalah itu sendiri adalah terciptanya hubungan yang harmonis antara sesama manusia sehingga tercipta masyarakat yang rukun dan tentram, karena didalam muamalah tersirat sifat tolong menolong yang dalam ajaran islam sangat dianjurkan: Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an surah Al-Maidah ayat 2.

Ruang lingkup fiqh muamalah mencakup seluruh kegiatan dan aspek kehidupan manusia seperti sosial, ekonomi, hukum politik dan sebagainya.

Adapun contoh Praktik fikih mummalah dalam ekonomi dan keuangan adalah

Asuransi Syariah, Bank Syariah dan koperasi Syariah

Wassalamualaikum wrwb.

Evaluasi:

1.      Apa itu Fikim Muamalah

2.      Apa tujuan mempelajarinya?

 

 

Senin, 16 Oktober 2023

Kelas 12 bahasa arab

  

اللغة العربية

المادة

هايري سوطافوا ، M.E.Sy

المدرس

12

الفصل

KD. 3.3 menentukan ungkapan terkait maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.3 menggunakan teks sederhana berisi tindakan–tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan /kegiatan ,dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:  Wihdah 3 Wisata

1.       Menggunakan teks sederhana berisi tindakan–tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud maksud (al-maqashid)

2.       Tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan /kegiatan ,dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Kosa kata

المفردات

Menziarahi

زار – يزور

Mengunjungi

تنزه – يتنزه

Wisata

الإجارة

Musafir

المسافر

Travel

السفر

 

مع السلامة / في أمان اللعة

Kapal laut

السفينة

Bus

الحافلة

Mobil

السيارة

Destinasi Wisata

وجهات السياح

Penumpang

الركاب

Mengendarai

ركب - يركب

tiket

التذكرة

Pesawat

الطيارة / الطائرة

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Senin, 09 Oktober 2023

BAB 3 sikap hidup berfoya-foya, riya', sumah, takabur dan hasad kelas x


بسم الله الرحمن الرحيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy

Manfaat menghindari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad

Tujuan Pembelajaran

#Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan  akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad, pengertian, cara menghindari, dan manfaatnya

#Peserta didik mampu menganalisis akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad, pengertian, cara menghindari, dan manfaatnya

#Peserta didik dapat menyatakan bahwa akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad adalah larangan agama, serta

#Peserta didik mampu membiasakan untuk menghindari akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad dalam kehidupan sehari-hari. 

#Peserta didik dapat membuat karya yang mengandung konten manfaat menghindari akhlak mazmumah sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur, dan hasad.

Materi:

halaman 44 "PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI" SMA KELAS X

Bab 3 : sikap hidup berfoya-foya, riya', sum"ah, takabur dan hasad.

Evaluasi:

berfoya-foya, riya', sum"ah, takabur dan hasad.

Tuliskan!

a. Pengertian

b. Dalil (hadits/ ayat al-qur'an)

c. ciri praktis perilakunya 2 saja.

d.cara menghindarinya 2 saja.




Senin, 02 Oktober 2023

Bahasa Arab 12

 Assalamu'alaikum wrwb

Pendahuluan:
Apersepsi:
Membahas SOAL PTS
http://hsutopo.blogspot.com/2022/09/kunci-jawaban-pts-bahasa-arab-kelas-12.html?m=1
KD dan Materi
KD. 3.4
Membedakan ungkapan sederhana terkait perintah (الأمر) dan melarang (النهي) melakukan suatu tindakan kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulisan sesusai dengan konteks penggunaann
4.4
Menggunakan teks sederhana terkait perintah (الأمر) dan melarang (النهي) melakukan suatu tindakan kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulisan sesusai dengan konteks penggunaannya.
Materi inti:
الأمر:
قام يقوم قم :berdiri
جرى يجري اجر: berlari
تقدم يتقدم تقدم : maju
النهي:
لا تقم : jangan berdiri
لا تجر:jangan berlari
لا تتقدم : jangan maju
Evaluasi:
سمع -يسمع: mendengar
اهتم يهتم: memperhatikan
حفظ يحفظ: menghafal

Selasa, 26 September 2023

اللغة العربية 12

 

اللغة العربية

المادة

هايري سوطافوا ، M.E.Sy

المدرس

12

الفصل

KD. 3.3 menentukan ungkapan terkait maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.3 menggunakan teks sederhana berisi tindakan–tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud maksud (al-maqashid) dan tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan /kegiatan ,dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran:  Wihdah 3 Wisata

1.       Menggunakan teks sederhana berisi tindakan–tindakan memberi dan meminta informasi terkait maksud maksud (al-maqashid)

2.       Tujuan (al-ahdaf) melakukan suatu tindakan /kegiatan ,dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Kosa kata

المفردات

Menziarahi

زار – يزور

Mengunjungi

تنزه – يتنزه

Wisata

الإجارة

Musafir

المسافر

Travel

السفر

 

مع السلامة / في أمان اللعة

Kapal laut

السفينة

Bus

الحافلة

Mobil

السيارة

Destinasi Wisata

وجهات السياح

Penumpang

الركاب

Mengendarai

ركب - يركب

tiket

التذكرة

Pesawat

الطيارة / الطائرة

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...