Selasa, 19 November 2024

Latihan Soal Bahasa Arab kelas 10

 

BAHASA ARAB KELAS 10

Pilihlah jawaban yang benar dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

 


1.    مَاسْمُكَ/ كِ؟

2.    مِنْ أَيْنَ جِئْتَ/تِ؟

3.    صَباَحُ الخَيْرِ؟

4.    نَهَارُكَ سَعِيْدٌ؟

5.    مَسَاءُ الخَيْرِ؟

6.    لَيْلَتُكَ سَعِيْدَةٌ؟

7.    أَهْلًا وَ سَهْلًا؟

8.    إِلَى اللِّقَاءِ؟

9.    مَعَ السَّلَامَةِ ؟

10.    أَناَ سَعِيْدٌ بِلِقَاءِكَ؟

Sempurnakan kalimat berikut ini dengan pilihan jawaban yang benar!

 


11.  أَنَا تِلْمِيْذَةٌ ................... فِيْ هَذِهِ المَدْرَسَةِ

  أَنَا تِلْمِيْذَةٌ ................... فِيْ هَذِهِ المَدْرَسَةِ

12.    أَنَا مَسْرُوْرٌ ..................

13.    يَذْهَبُ ............إِلَى المَدْرَسَةِ صَبَاحًا

14.    .............. فِيْ الصَّفِّ العَاشِرِ العَالِيَةِ

15.    فِيْ الفَصْلِ (30) طَالِبًا

16.    فِيْ الأُسْبُوْعِ ........... أَيَّامٍ

17.    فَاطِمَةُ .............. فِي الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ

18.    أَقْرَأُ الْكِتَابَ.............. الْمَكْتَبَةِ

19.    خَدِيْجَةُ طَالِبَةٌ .............. فِي الفَصْلِ

20.    ............. الْمَغْرِبَ فِيْ الْمَسْجِدِ

 

 

Senin, 18 November 2024

bahasa arab kelas 11 Latihan Soal

  

Mapel

BAHASA ARAB KELAS 11

Guru

HERI SUTOPO, M.E.Sy

TP.

·         Membaca teks tema "الصحة" dan menganalisa kosakata dan huruf ‘atf dan huruf jaar

·         Menampilkan contoh kalimat dan fungsi huruf ‘atf dan huruf jar

·         Mengerjakan latihan/tamrin B dan C

 Assalamualaikumwrwb

Perintah B. Isilah bagian titik dibawah ini dengan kalimat yang tepat!

1.    1Di kepala

2.    Kehidupan

3.    Membeli

4.    Dan

5.    Di atas

Perintah C. Hubungkan 2 sisi kalimat dibawah ini menjadi kalimat yang berurutan!

 



 

Rabu, 06 November 2024

bahasa arab kelas 12

 

Mapel

Bahasa Arab 12

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan (bunyi, kata,  dan makna) dari teks yang berkaitan dengan

tema:

الشعرَالعربيَ)الشعر، الشاعر البوصري(

yang melibatkan tindak tutur memberi apresiasi sebuah karya dengan

memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

 

اسمَالتفضيل

 

 

Assalamualaikum wrwb

إِسْمُ التَفْضِيْلِ

إِسْمُ الصِّفَةِ

Lebih utama

أَفْضَلُ

Utama

فَضِيْلٌ

Lebih besar

أَكْبَرُ

Besar

كَبِيْرٌ

Lebih banyak

أَكْثَرُ

Banyak

كَثِيْرٌ

Lebih sedikit

أَقَلُّ

Sedikit

قَلِيْلٌ

Lebih kecil

أَصْغَرُ

Kecil

صَغِيْرٌ

Lebih cantik

أَجْمَلُ

Cantik

جَمِيْلٌ

Lebih jelek

أَقْبَحُ

Jelek

قَبِيْحٌ

Lebih jauh

أَبْعَدُ

Jauh

بَعِيْدٌ

Lebih dekat

أَقْرَبُ

Dekat

قَرِيْبٌ

Lebih berat

أَثْقَلُ

Berat

ثَقِيْلٌ

Lebih murah

أَرْخَصُ

Murah

رَخِيْصٌ

Lebih mahal

أَغْلَى

Mahal

غاَلٍ

 

مَدِيْنَةُ لَامْفُوْنْج "أَقْرَبُ" إِلَى فَالِيْمْبَانْجْ

Kota lampung lebih dekat ke kota Palembang

Selasa, 05 November 2024

bahasa arab 10

 

Mapel

Bahasa Arab 10

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

3.4 Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna, dan fungsi dari susunan الضمير )المنفصل، المتصل( gramatikal dalam menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : األسرة والبيت)أعضاء األسرة، أجزاء البيت(

4.4 Menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema األسرة والبيت)أعضاء األسرة، أجزاء البيت( dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal الضمير )المنفصل، المتصل( baik secara lisan maupun tulisan.





Senin, 04 November 2024

BAHASA ARAB KELAS 12


Mapel

Bahasa Arab 12

Guru

Heri Sutopo, M.E.Sy

3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks,dan unsur kebahasaan (bunyi, kata,  dan makna) dari teks yang berkaitan dengan

tema:

الشعرَالعربيَ)الشعر، الشاعر البوصري(

yang melibatkan tindak tutur memberi apresiasi sebuah karya dengan

memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

 

اسمَالتفضيل

 

 

Asslamualaikum wrwb

SYI’IR ABU NAWWAS/I'tiraf dalam Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia.

إِلهِي لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً , وَلاَ أَقْوَى عَلىَ النَّارِ الجَحِيْمِ

Ilaahii lastu lil firdausi ahlaan, wa laa aqwaa 'alaa naaril jahiimi

Artinya: "Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka jahim"

فَهَبْ ليِ تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذُنُوْبيِ , فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ العَظِيْم

Fa hablii taubatan waghfir zunuubii, fa innaka ghaafirudzdzambil 'azhiimi

Artinya: "Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar"

ذُنُوْبيِ مِثْلُ أَعْدَادِ الرِّمَالِ , فَهَبْ ليِ تَوْبَةً يَاذاَالجَلاَلِ

Dzunuubii mitslu a'daadir rimaali, fa hablii taubatan yaa dzaaljalaali

Artinya: "Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan"

وَعُمْرِي نَاقِصٌ فيِ كُلِّ يَوْمٍ , وَذَنْبيِ زَئِدٌ كَيْفَ احْتِمَالِ

Wa 'umrii naaqishun fii kulli yaumi, wa dzambii zaa-idun kaifah timaali

Artinya: "Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya"

إِلهِي عَبْدُكَ العَاصِي أَتَاكَ , مُقِرًّا بِالذُّنُوْبِ وَقَدْ دَعَاكَ

Ilaahii 'abdukal 'aashii ataaka, muqirran bidzdzunuubi wa qad da'aaka

Artinya: "Wahai, Tuhanku ! Hamba Mu yang berbuat dosa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu"

فَإِنْ تَغْفِرْ فَأَنْتَ لِذَا أَهْلٌ , فَإِنْ تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُو سِوَاكَ

Fa in taghfir fa anta lidzaaka ahlun, ca in tathrud faman narjuu siwaaka

Artinya: "Maka jika engkau mengampuni, maka Engkaulah yang berhak mengampuni. Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau?"

 


SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...