Selasa, 30 September 2025

Bahasa Arab Kelas 11

 

Materi Ajar Bahasa Arab Kelas XI

Heri Sutopo, M.E.Sy


Tema: Isim Ma‘rifah, Nakirah, dan Isim Isyarah
Pendekatan: Deep Learning (Pemahaman Mendalam, Refleksi, dan Aplikasi Kontekstual)


1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian dan perbedaan antara isim ma‘rifah dan isim nakirah.
  2. Menyebutkan macam-macam isim ma‘rifah dan contoh-contohnya.
  3. Menggunakan isim isyarah dengan benar dalam kalimat.
  4. Menerapkan penggunaan isim ma‘rifah, nakirah, dan isyarah dalam konteks kehidupan nyata melalui latihan kontekstual.

2. Materi Inti

A. Isim Ma‘rifah (اِسْمٌ مَعْرِفَةٌ)

Definisi: Isim yang menunjuk kepada sesuatu yang sudah jelas, tertentu, dan diketahui.
Macam-macam isim ma‘rifah:

  1. Isim ‘alam (اسم علم): nama orang/tempat (محمّد، مكة).
  2. Isim dhamir (الضمير): kata ganti (أنا، هو، هي).
  3. Isim isyarah (اسم الإشارة): kata tunjuk (هذا، هذه، ذلك).
  4. Isim maushul (الاسم الموصول): kata penghubung (الذي، التي).
  5. Isim yang diawali “Al-” (أل): (الكتاب، المدرسة).
  6. Isim yang disandarkan (مضاف) kepada ma‘rifah: (كتابُ الطالبِ).

B. Isim Nakirah (اِسْمٌ نَكِرَةٌ)

Definisi: Isim yang menunjuk pada sesuatu yang umum, belum jelas, dan tidak tertentu.

  • Contoh: كتابٌ (sebuah buku), مدرسةٌ (sebuah sekolah), رجلٌ (seorang laki-laki).

Perbedaan mendasar:

  • Ma‘rifah: sesuatu yang jelas → الكتاب = buku tertentu.
  • Nakirah: sesuatu yang belum jelas → كتابٌ = sebuah buku (umum).

C. Isim Isyarah (اسم الإشارة)

Definisi: Isim yang dipakai untuk menunjukkan sesuatu.
Macam-macamnya:

  1. Untuk mufrad mudzakkar: هذا (ini), ذلك (itu).
  2. Untuk mufrad muannats: هذه (ini), تلك (itu).
  3. Untuk mutsanna (dua orang/benda): هذانِ، هاتانِ، ذانِكَ، تانِكَ.
  4. Untuk jama‘: هؤلاء (ini), أولئك (itu).

Contoh kalimat:

  • هذا كتابٌ مفيدٌ (ini adalah buku yang bermanfaat).
  • تلك مدرسةٌ كبيرةٌ (itu adalah sekolah besar).
  • هؤلاء طلابٌ مجتهدون (ini adalah siswa-siswa rajin).

3. Strategi Deep Learning

Agar peserta didik memahami secara mendalam, gunakan tahapan berikut:

  1. Connection (Koneksi):

    • Guru menampilkan dua benda nyata (misalnya buku dan pena).
    • Guru menanyakan: “Ini apa?” → siswa menjawab: هذا كتابٌ / هذا قلمٌ.
    • Dari situ siswa menyadari perbedaan ma‘rifah (benda tertentu) dan nakirah (umum).
  2. Critical Thinking (Berpikir Kritis):

    • Bandingkan: هذا كتابٌ dengan الكتاب مفيدٌ.
    • Diskusikan: mengapa الكتاب lebih jelas daripada كتابٌ?
  3. Collaboration (Kolaborasi):

    • Siswa berkelompok menulis 5 kalimat yang mengandung isim ma‘rifah dan nakirah.
    • Setiap kelompok membaca kalimatnya, lalu kelompok lain mengidentifikasi mana ma‘rifah, mana nakirah.
  4. Creativity (Kreativitas):

    • Siswa membuat dialog pendek menggunakan isim isyarah (menunjukkan benda di kelas atau sekitar).
    • Contoh:
      • A: ما هذا؟ (Apa ini?)
      • B: هذا كرسيٌّ. (Ini kursi).
      • A: وتلك؟ (Kalau itu?)
      • B: تلك سبّورةٌ. (Itu papan tulis).
  5. Reflection (Refleksi):

    • Siswa menulis ringkasan dengan bahasa mereka sendiri: “Apa bedanya isim ma‘rifah dan nakirah? Apa fungsi isim isyarah?”

4. Latihan dan Evaluasi

  1. Tentukan apakah kata berikut termasuk ma‘rifah atau nakirah:

    • مدرسةٌ، الطالب، مكة، هؤلاء، رجلٌ.
  2. Lengkapilah kalimat dengan isim isyarah yang tepat:

    • … كتابٌ جديدٌ (ini).
    • … طالبةٌ مجتهدةٌ (itu).
    • … طلابٌ في الصف (ini).
  3. Buatlah 5 kalimat dengan memadukan isim ma‘rifah, nakirah, dan isyarah.


5. Penutup

  • Pesan kunci:
    • Isim ma‘rifah = jelas/tertentu.
    • Isim nakirah = umum/tidak jelas.
    • Isim isyarah = penunjuk benda/orang.
  • Dengan latihan kontekstual, siswa diharapkan mampu menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari, baik lisan maupun tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...