Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI
Tema: السَّفَر وَالسِّيَاحَة (Perjalanan dan Pariwisata)
🎯 Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti materi ini, peserta didik diharapkan mampu:
Menguasai kosa kata (مفردات) tentang perjalanan dan pariwisata.
Membaca dan memahami teks bacaan sederhana terkait perjalanan.
Melatih keterampilan berbicara (المحادثة) dengan tema wisata.
Menulis kalimat dan paragraf pendek tentang pengalaman perjalanan.
Mengaitkan konsep perjalanan dengan wawasan budaya, sosial, dan nilai Islam.
🗂️ A. Kosa Kata (المفردات)
| Arab | Latin | Arti |
|---|---|---|
| سَفَر | safar | perjalanan |
| سِيَاحَة | siyāhah | pariwisata |
| مَطَار | maṭār | bandara |
| جَوَاز السَّفَر | jawāz as-safar | paspor |
| تَذْكِرَة | tazkirah | tiket |
| حَقِيبَة | ḥaqībah | koper/tas |
| فُنْدُق | funduq | hotel |
| سَائِح | sā’iḥ | wisatawan |
| خَرِيطَة | kharīṭah | peta |
| رِحْلَة | riḥlah | perjalanan/tour |
| مَعْلَم سِيَاحِيّ | ma‘lam siyāḥiyy | objek wisata |
| بَاص | bāṣ | bus |
| قِطَار | qiṭār | kereta |
| طَائِرَة | ṭā’irah | pesawat |
| سَيَّارَة أُجْرَة | sayyārah ujrah | taksi |
| بَحْر | baḥr | laut |
| جَبَل | jabal | gunung |
📖 B. Teks Bacaan
نص القراءة (Teks Bacaan)
السَّفَر وَالسِّيَاحَة
يُحِبُّ النَّاسُ السَّفَرَ وَالسِّيَاحَةَ لِلاِسْتِرَاحَةِ وَالِاسْتِمْتَاعِ. فِي عُطْلَةِ الصَّيْفِ يُسَافِرُ الكَثِيرُ مِنَ الطُّلَّابِ مَعَ أُسَرِهِمْ إِلَى الْمُدُنِ أَوِ الْقُرَى أَوْ إِلَى الْبِلَادِ الأُخْرَى.
فِي السَّفَرِ نَرَى الْجِبَالَ وَالْبِحَارَ وَالمَعَالِمَ السِّيَاحِيَّةَ. وَمِنْ أَهَمِّ أَدَوَاتِ السَّفَرِ: جَوَازُ السَّفَرِ، التَّذْكِرَةُ، وَالْحَقِيبَةُ.
إِنَّ السِّيَاحَةَ تُعَلِّمُنَا التَّعَارُفَ وَالتَّعَاوُنَ مَعَ النَّاسِ، وَتُزِيدُنَا مَعْرِفَةً بِالثَّقَافَاتِ الْمُخْتَلِفَةِ. وَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى: فَسِيحُوا فِي الْأَرْضِ، أَيْ سَافِرُوا فِي الْبِلَادِ لِلتَّفَكُّرِ وَالتَّعَلُّمِ.
🧠 C. Pendekatan Deep Learning
1. Tahap Eksplorasi (Exploration)
Guru menampilkan gambar bandara, hotel, gunung, laut, dan siswa menebak kosa kata Arabnya.
Diskusi singkat tentang pengalaman perjalanan siswa.
2. Tahap Koneksi (Connection)
Hubungkan kosa kata baru dengan pengalaman nyata siswa.
Misal: “من ذهب إلى الجبل؟” (Siapa yang pernah pergi ke gunung?)
3. Tahap Aplikasi (Application)
Membaca teks bacaan bersama.
Menjawab pertanyaan pemahaman:
لماذا يُحِبُّ النَّاسُ السَّفَرَ؟
مَا أَهَمُّ أَدَوَاتِ السَّفَرِ؟
مَاذَا تَعَلِّمُنَا السِّيَاحَةُ؟
4. Tahap Refleksi (Reflection)
Diskusi kelas: “Apa manfaat perjalanan menurut Islam dan budaya kita?”
Menulis paragraf pendek dalam bahasa Arab tentang رحلة ممتعة (perjalanan menyenangkan).
🗣️ D. Latihan (تمارين)
Mencocokkan Kosa Kata
Cocokkan kata Arab dengan artinya.Isian Singkat
اِمْلَأِ الْفَرَاغَ:
أَذْهَبُ إِلَى المَطَارِ لِأَشْتَرِيَ ________.
أَضَعُ الْمَلَابِسَ فِي ________.
Dialog Singkat
Buat dialog pendek antara turis dan resepsionis hotel.Menulis
Tulislah pengalaman singkat perjalanan liburanmu dalam 3-4 kalimat bahasa Arab.
🌍 E. Integrasi Nilai
Melatih rasa syukur atas ciptaan Allah (gunung, laut, alam).
Menumbuhkan sikap toleransi dan saling mengenal antar budaya (ta‘āruf).
Menyadari bahwa perjalanan bisa menjadi sarana ibadah (tafakkur).

Tidak ada komentar:
Posting Komentar