Kamis, 25 September 2025

اللغة العربية ١١

  

 Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI

Guru : Heri Sutopo, M.E.Sy

Tema: السَّفَر وَالسِّيَاحَة (Perjalanan dan Pariwisata)



🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menguasai kosa kata (مفردات) tentang perjalanan dan pariwisata.

  2. Membaca dan memahami teks bacaan sederhana terkait perjalanan.

  3. Melatih keterampilan berbicara (المحادثة) dengan tema wisata.

  4. Menulis kalimat dan paragraf pendek tentang pengalaman perjalanan.

  5. Mengaitkan konsep perjalanan dengan wawasan budaya, sosial, dan nilai Islam.


🗂️ A. Kosa Kata (المفردات)

ArabLatinArti
سَفَرsafarperjalanan
سِيَاحَةsiyāhahpariwisata
مَطَارmaṭārbandara
جَوَاز السَّفَرjawāz as-safarpaspor
تَذْكِرَةtazkirahtiket
حَقِيبَةḥaqībahkoper/tas
فُنْدُقfunduqhotel
سَائِحsā’iḥwisatawan
خَرِيطَةkharīṭahpeta
رِحْلَةriḥlahperjalanan/tour
مَعْلَم سِيَاحِيّma‘lam siyāḥiyyobjek wisata
بَاصbāṣbus
قِطَارqiṭārkereta
طَائِرَةṭā’irahpesawat
سَيَّارَة أُجْرَةsayyārah ujrahtaksi
بَحْرbaḥrlaut
جَبَلjabalgunung

📖 B. Teks Bacaan

نص القراءة (Teks Bacaan)

السَّفَر وَالسِّيَاحَة

يُحِبُّ النَّاسُ السَّفَرَ وَالسِّيَاحَةَ لِلاِسْتِرَاحَةِ وَالِاسْتِمْتَاعِ. فِي عُطْلَةِ الصَّيْفِ يُسَافِرُ الكَثِيرُ مِنَ الطُّلَّابِ مَعَ أُسَرِهِمْ إِلَى الْمُدُنِ أَوِ الْقُرَى أَوْ إِلَى الْبِلَادِ الأُخْرَى.

فِي السَّفَرِ نَرَى الْجِبَالَ وَالْبِحَارَ وَالمَعَالِمَ السِّيَاحِيَّةَ. وَمِنْ أَهَمِّ أَدَوَاتِ السَّفَرِ: جَوَازُ السَّفَرِ، التَّذْكِرَةُ، وَالْحَقِيبَةُ.

إِنَّ السِّيَاحَةَ تُعَلِّمُنَا التَّعَارُفَ وَالتَّعَاوُنَ مَعَ النَّاسِ، وَتُزِيدُنَا مَعْرِفَةً بِالثَّقَافَاتِ الْمُخْتَلِفَةِ. وَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى: فَسِيحُوا فِي الْأَرْضِ، أَيْ سَافِرُوا فِي الْبِلَادِ لِلتَّفَكُّرِ وَالتَّعَلُّمِ.


🧠 C. Pendekatan Deep Learning

1. Tahap Eksplorasi (Exploration)

  • Guru menampilkan gambar bandara, hotel, gunung, laut, dan siswa menebak kosa kata Arabnya.

  • Diskusi singkat tentang pengalaman perjalanan siswa.

2. Tahap Koneksi (Connection)

  • Hubungkan kosa kata baru dengan pengalaman nyata siswa.

  • Misal: “من ذهب إلى الجبل؟” (Siapa yang pernah pergi ke gunung?)

3. Tahap Aplikasi (Application)

  • Membaca teks bacaan bersama.

  • Menjawab pertanyaan pemahaman:

    1. لماذا يُحِبُّ النَّاسُ السَّفَرَ؟

    2. مَا أَهَمُّ أَدَوَاتِ السَّفَرِ؟

    3. مَاذَا تَعَلِّمُنَا السِّيَاحَةُ؟

4. Tahap Refleksi (Reflection)

  • Diskusi kelas: “Apa manfaat perjalanan menurut Islam dan budaya kita?”

  • Menulis paragraf pendek dalam bahasa Arab tentang رحلة ممتعة (perjalanan menyenangkan).


🗣️ D. Latihan (تمارين)

  1. Mencocokkan Kosa Kata
    Cocokkan kata Arab dengan artinya.

  2. Isian Singkat
    اِمْلَأِ الْفَرَاغَ:

  • أَذْهَبُ إِلَى المَطَارِ لِأَشْتَرِيَ ________.

  • أَضَعُ الْمَلَابِسَ فِي ________.

  1. Dialog Singkat
    Buat dialog pendek antara turis dan resepsionis hotel.

  2. Menulis
    Tulislah pengalaman singkat perjalanan liburanmu dalam 3-4 kalimat bahasa Arab.


🌍 E. Integrasi Nilai

  • Melatih rasa syukur atas ciptaan Allah (gunung, laut, alam).

  • Menumbuhkan sikap toleransi dan saling mengenal antar budaya (ta‘āruf).

  • Menyadari bahwa perjalanan bisa menjadi sarana ibadah (tafakkur).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...