Rabu, 01 Oktober 2025

Bahasa Arab Kelas 12

 

📘 Materi Ajar Bahasa Arab Kelas 12

Tema: Ismu Tafdhil (اسم التفضيل)

🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Memahami konsep Ismu Tafdhil.

  2. Mengidentifikasi pola pembentukan Ismu Tafdhil.

  3. Menggunakan Ismu Tafdhil dalam kalimat sederhana.

  4. Membuat perbandingan dalam bahasa Arab dengan benar.


1️⃣ Konsep Dasar

Ismu Tafdhil (اسم التفضيل) adalah kata benda yang digunakan untuk menyatakan lebih ... / paling ....
Pola umum:
👉 أفعل

Contoh dasar:

  • كبير (besar) → أكبر (lebih besar)

  • جميل (indah) → أجمل (lebih indah)

  • قريب (dekat) → أقرب (lebih dekat)


2️⃣ Pola dan Rumus

📌 Rumus:
أفعل + من = lebih … daripada …

Contoh:

  • محمد أكبر من علي.
    (Muhammad lebih besar daripada Ali.)


3️⃣ Contoh Kalimat (20 Kalimat Ismu Tafdhil)

  1. هذا الكتابُ أطولُ من ذاك الكتاب.
    (Buku ini lebih tebal daripada buku itu.)

  2. بيتُنا أوسعُ من بيتهم.
    (Rumah kami lebih luas daripada rumah mereka.)

  3. اللغةُ العربيةُ أجملُ من لغاتٍ كثيرة.
    (Bahasa Arab lebih indah daripada banyak bahasa.)

  4. المدينةُ أكبرُ من القرية.
    (Kota lebih besar daripada desa.)

  5. زيدٌ أذكى من خالد.
    (Zaid lebih cerdas daripada Khalid.)

  6. المدرسةُ الجديدةُ أحسنُ من القديمة.
    (Sekolah baru lebih baik daripada yang lama.)

  7. هذا الطريقُ أقصرُ من ذاك الطريق.
    (Jalan ini lebih pendek daripada jalan itu.)

  8. السماءُ اليومَ أصفى من أمس.
    (Langit hari ini lebih cerah daripada kemarin.)

  9. القطارُ أسرعُ من السيارة.
    (Kereta lebih cepat daripada mobil.)

  10. الفيلُ أثقلُ من الحمار.
    (Gajah lebih berat daripada keledai.)

  11. القرآنُ أعظمُ كتابٍ في الدنيا.
    (Al-Qur’an adalah kitab paling agung di dunia.)

  12. مكةُ أقدسُ مدينةٍ في الإسلام.
    (Mekkah adalah kota paling suci dalam Islam.)

  13. الصيفُ أحرُّ من الشتاء.
    (Musim panas lebih panas daripada musim dingin.)

  14. الذهبُ أغلى من الفضة.
    Emas lebih mahal daripada perak.

  15. هذا الطالبُ أجتهدُ من زميله.
    (Murid ini lebih rajin daripada temannya.)

  16. الماءُ الباردُ أطيبُ من الماءِ الساخن.
    (Air dingin lebih segar daripada air panas.)

  17. هذه السيارةُ أحدثُ من تلك.
    (Mobil ini lebih modern daripada yang itu.)

  18. المسجدُ هنا أقربُ من المستشفى.
    (Masjid di sini lebih dekat daripada rumah sakit.)

  19. هذا الجبلُ أعلى من ذاك.
    (Gunung ini lebih tinggi daripada gunung itu.)

  20. القرآنُ أحسنُ هادٍ للإنسان.
    (Al-Qur’an adalah petunjuk terbaik bagi manusia.)


4️⃣ Aktivitas Deep Learning

  1. Observasi: siswa mencari kata sifat dalam teks sederhana.

  2. Analisis: ubah kata sifat menjadi bentuk tafdhil (besar → أكبر).

  3. Kolaborasi: buat kalimat perbandingan dengan teman.

  4. Kreasi: susun teks pendek berisi 5 kalimat perbandingan.

  5. Refleksi: siswa menyebutkan apa yang paling sulit dan paling mudah dipahami.


5️⃣ Latihan

👉 Buatlah 5 kalimat perbandingan (Ismu Tafdhil) menggunakan kata sifat berikut:

  • طويل (tinggi)

  • جميل (indah)

  • قريب (dekat)

  • سريع (cepat)

  • غني (kaya)

Selasa, 30 September 2025

Bahasa Arab Kelas 11

 

Materi Ajar Bahasa Arab Kelas XI

Heri Sutopo, M.E.Sy


Tema: Isim Ma‘rifah, Nakirah, dan Isim Isyarah
Pendekatan: Deep Learning (Pemahaman Mendalam, Refleksi, dan Aplikasi Kontekstual)


1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pengertian dan perbedaan antara isim ma‘rifah dan isim nakirah.
  2. Menyebutkan macam-macam isim ma‘rifah dan contoh-contohnya.
  3. Menggunakan isim isyarah dengan benar dalam kalimat.
  4. Menerapkan penggunaan isim ma‘rifah, nakirah, dan isyarah dalam konteks kehidupan nyata melalui latihan kontekstual.

2. Materi Inti

A. Isim Ma‘rifah (اِسْمٌ مَعْرِفَةٌ)

Definisi: Isim yang menunjuk kepada sesuatu yang sudah jelas, tertentu, dan diketahui.
Macam-macam isim ma‘rifah:

  1. Isim ‘alam (اسم علم): nama orang/tempat (محمّد، مكة).
  2. Isim dhamir (الضمير): kata ganti (أنا، هو، هي).
  3. Isim isyarah (اسم الإشارة): kata tunjuk (هذا، هذه، ذلك).
  4. Isim maushul (الاسم الموصول): kata penghubung (الذي، التي).
  5. Isim yang diawali “Al-” (أل): (الكتاب، المدرسة).
  6. Isim yang disandarkan (مضاف) kepada ma‘rifah: (كتابُ الطالبِ).

B. Isim Nakirah (اِسْمٌ نَكِرَةٌ)

Definisi: Isim yang menunjuk pada sesuatu yang umum, belum jelas, dan tidak tertentu.

  • Contoh: كتابٌ (sebuah buku), مدرسةٌ (sebuah sekolah), رجلٌ (seorang laki-laki).

Perbedaan mendasar:

  • Ma‘rifah: sesuatu yang jelas → الكتاب = buku tertentu.
  • Nakirah: sesuatu yang belum jelas → كتابٌ = sebuah buku (umum).

C. Isim Isyarah (اسم الإشارة)

Definisi: Isim yang dipakai untuk menunjukkan sesuatu.
Macam-macamnya:

  1. Untuk mufrad mudzakkar: هذا (ini), ذلك (itu).
  2. Untuk mufrad muannats: هذه (ini), تلك (itu).
  3. Untuk mutsanna (dua orang/benda): هذانِ، هاتانِ، ذانِكَ، تانِكَ.
  4. Untuk jama‘: هؤلاء (ini), أولئك (itu).

Contoh kalimat:

  • هذا كتابٌ مفيدٌ (ini adalah buku yang bermanfaat).
  • تلك مدرسةٌ كبيرةٌ (itu adalah sekolah besar).
  • هؤلاء طلابٌ مجتهدون (ini adalah siswa-siswa rajin).

3. Strategi Deep Learning

Agar peserta didik memahami secara mendalam, gunakan tahapan berikut:

  1. Connection (Koneksi):

    • Guru menampilkan dua benda nyata (misalnya buku dan pena).
    • Guru menanyakan: “Ini apa?” → siswa menjawab: هذا كتابٌ / هذا قلمٌ.
    • Dari situ siswa menyadari perbedaan ma‘rifah (benda tertentu) dan nakirah (umum).
  2. Critical Thinking (Berpikir Kritis):

    • Bandingkan: هذا كتابٌ dengan الكتاب مفيدٌ.
    • Diskusikan: mengapa الكتاب lebih jelas daripada كتابٌ?
  3. Collaboration (Kolaborasi):

    • Siswa berkelompok menulis 5 kalimat yang mengandung isim ma‘rifah dan nakirah.
    • Setiap kelompok membaca kalimatnya, lalu kelompok lain mengidentifikasi mana ma‘rifah, mana nakirah.
  4. Creativity (Kreativitas):

    • Siswa membuat dialog pendek menggunakan isim isyarah (menunjukkan benda di kelas atau sekitar).
    • Contoh:
      • A: ما هذا؟ (Apa ini?)
      • B: هذا كرسيٌّ. (Ini kursi).
      • A: وتلك؟ (Kalau itu?)
      • B: تلك سبّورةٌ. (Itu papan tulis).
  5. Reflection (Refleksi):

    • Siswa menulis ringkasan dengan bahasa mereka sendiri: “Apa bedanya isim ma‘rifah dan nakirah? Apa fungsi isim isyarah?”

4. Latihan dan Evaluasi

  1. Tentukan apakah kata berikut termasuk ma‘rifah atau nakirah:

    • مدرسةٌ، الطالب، مكة، هؤلاء، رجلٌ.
  2. Lengkapilah kalimat dengan isim isyarah yang tepat:

    • … كتابٌ جديدٌ (ini).
    • … طالبةٌ مجتهدةٌ (itu).
    • … طلابٌ في الصف (ini).
  3. Buatlah 5 kalimat dengan memadukan isim ma‘rifah, nakirah, dan isyarah.


5. Penutup

  • Pesan kunci:
    • Isim ma‘rifah = jelas/tertentu.
    • Isim nakirah = umum/tidak jelas.
    • Isim isyarah = penunjuk benda/orang.
  • Dengan latihan kontekstual, siswa diharapkan mampu menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari, baik lisan maupun tulisan.

Senin, 29 September 2025

Bahasa Arab Kelas 10

 

📘 Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 10

Guru Mapel: Heri Sutopo, M.E.Sy

Tema: المدرسة (Sekolah)



🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Menguasai kosakata dasar tentang lingkungan sekolah.

  2. Membaca dan memahami teks bacaan sederhana tentang sekolah.

  3. Mengidentifikasi kaidah kebahasaan yang terkandung dalam teks.

  4. Membuat kalimat dan dialog sederhana tentang sekolah.

  5. Menunjukkan keterampilan berpikir kritis melalui kegiatan refleksi dan diskusi (deep learning).


🗂️ 1. Kosakata (المفردات)

Bahasa ArabLatinArti
المدرسةal-madrasatusekolah
الصفash-shaffukelas
المعلمal-mu‘allimguru
التلميذat-tilmīdzmurid (laki-laki)
التلميذةat-tilmīdahmurid (perempuan)
الكتابal-kitābubuku
الدفترad-daftarubuku tulis
القلمal-qalamupena/pensil
السبورةas-sabbūrahpapan tulis
المكتبal-maktabumeja
الكرسيal-kursiyyukursi
المكتبةal-maktabahperpustakaan
الملعبal-mal‘ablapangan
المديرal-mudīrkepala sekolah
الحقيبةal-haqībahtas

المدرسة = Sekolah / Madrasah

المعلم = Guru (laki-laki)

المعلمة = Guru (perempuan)

التلميذ = Murid (laki-laki)

التلميذة = Murid (perempuan)

الصف = Kelas / Ruang kelas

الطاولة = Meja

الكرسي = Kursi

السبورة = Papan tulis

القلم = Pena / Bolpoin

قلم الرصاص = Pensil

الكتاب = Buku

الدفتر = Buku catatan

الحقيبة = Tas sekolah

المسطرة = Penggaris

الممحاة = Penghapus

الطبشور = Kapur tulis

الساعة = Jam

المكتبة = Perpustakaan

الملعب = Lapangan

المختبر = Laboratorium

المدير = Kepala sekolah

الإدارة = Tata usaha / Administrasi

زملاء = Teman-teman / Rekan sekelas

الجدول الدراسي = Jadwal pelajaran

الواجب = Pekerjaan rumah (PR)

الامتحان = Ujian

النتيجة = Nilai / Hasil belajar

الاستراحة = Istirahat

الفسحة = Waktu luang / Rehat di sekolah

 

 


📖 2. Teks Bacaan (النص)

النص: في المدرسة

أذهبُ إلى المدرسةِ في الصباحِ الباكرِ. ألتقي بأصدقائي أمامَ الصفِّ. يدخلُ المعلمُ الصفَّ ويقولُ: السلامُ عليكم. نردُّ جميعًا: وعليكم السلام. نقرأُ الكتابَ ونكتبُ في الدفترِ. في وقتِ الراحةِ نلعبُ في الملعبِ. في المدرسةِ مكتبةٌ كبيرةٌ نقرأُ فيها الكتبَ المفيدةَ. أحبُّ مدرستي كثيرًا.

Terjemahan:
Aku pergi ke sekolah pada pagi hari. Aku bertemu dengan teman-temanku di depan kelas. Guru masuk kelas dan berkata: "Assalamu’alaikum". Kami semua menjawab: "Wa’alaikumussalam". Kami membaca buku dan menulis di buku tulis. Pada waktu istirahat kami bermain di lapangan. Di sekolah ada perpustakaan besar, kami membaca buku-buku yang bermanfaat di sana. Aku sangat mencintai sekolahku.


📝 3. Kaidah Kebahasaan (القواعد)

a. Isim Mufrad (kata benda tunggal)

Contoh:

  • مدرسة (sekolah)

  • كتاب (buku)

  • طالب (murid laki-laki)

b. Jumlah Fi‘liyah (kalimat verbal: diawali fi‘il)

Pola: فعل + فاعل + مفعول به

  • أذهبُ إلى المدرسةِ (Aku pergi ke sekolah).

  • يقرأُ الطالبُ الكتابَ (Siswa membaca buku).

c. Mubtada’ – Khabar (Jumlah Ismiyah)

  • المدرسةُ جميلةٌ. (Sekolah itu indah).

  • الكتابُ جديدٌ. (Buku itu baru).


✍️ 4. Contoh Kalimat

  1. المدرسةُ كبيرةٌ. (Sekolah itu besar).

  2. أدرسُ في الصفِّ العاشر. (Aku belajar di kelas sepuluh).

  3. المعلمُ يشرحُ الدرسَ. (Guru menjelaskan pelajaran).

  4. التلميذُ يجلسُ على الكرسي. (Murid duduk di kursi).

  5. نقرأُ في المكتبة. (Kami membaca di perpustakaan).


🔎 5. Pendekatan Deep Learning

Agar siswa tidak hanya hafal kosakata, gunakan pembelajaran mendalam (deep learning) dengan langkah berikut:

  1. Mengamati (Observing):

    • Guru membawa gambar sekolah Indonesia (kelas, perpustakaan, lapangan).

    • Siswa mengidentifikasi benda/ruang dengan bahasa Arab.

  2. Menanya (Questioning):

    • Siswa bertanya: "ما هذا؟" (Ini apa?)

    • Guru/siswa lain menjawab: "هذا كتاب" (Ini buku).

  3. Menalar (Reasoning):

    • Diskusikan mengapa sekolah itu penting.

    • Kaitkan dengan pengalaman nyata siswa di SMA Al-Azhar 3.

  4. Mencoba (Experimenting):

    • Siswa membuat dialog sederhana tentang kegiatan di sekolah.

    • Contoh:

      • أحمد: أين تذهبُ في الصباح؟

      • علي: أذهبُ إلى المدرسةِ.

  5. Merefleksi (Reflecting):

    • Siswa menuliskan pengalaman sehari-hari di sekolah dengan 3–5 kalimat Arab.

    • Diskusikan bagaimana suasana sekolah dapat mendorong semangat belajar.

Jumat, 26 September 2025

Bahasa Arab Kelas 12

📘 Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XII

Heri Sutopo, M.E.Sy

Bab 3: الشِّعْرُ الْعَرَبِيُّ (Puisi Arab)



🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini, siswa diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep dasar syair Arab klasik dan modern.

  2. Mengidentifikasi kosakata baru terkait puisi.

  3. Menganalisis makna puisi sederhana berbahasa Arab.

  4. Menyampaikan gagasan kreatif melalui pembuatan bait syair sederhana dalam bahasa Arab.


1. Pendahuluan

Puisi Arab (الشِّعْرُ الْعَرَبِيُّ) memiliki sejarah panjang sejak masa Jahiliyah hingga modern. Syair digunakan untuk menyampaikan nilai moral, cinta tanah air, agama, dan kehidupan sehari-hari. Dalam konteks pembelajaran, siswa akan diajak memahami makna syair bukan hanya secara bahasa, tetapi juga pesan moral dan sosial yang terkandung di dalamnya.


2. Kosakata (المفردات)

Berikut beberapa kosakata penting terkait puisi Arab:

ArabLatinArti
شِعْرٌ (shi‘run)syi‘rPuisi
بَيْتٌ (baytun)baitLarik/bait puisi
قَافِيَةٌ (qāfiyah)qafiyahRima
بَحْرٌ (baḥrun)bahrWazan/irama puisi
شَاعِرٌ (shā‘irun)sya‘irPenyair
أَدَبٌ (adabun)adabSastra
مَعْنَى (ma‘nā)ma‘naMakna
صُوْرَةٌ بَيَانِيَّةٌ (ṣūrah bayāniyyah)shūrah bayāniyyahGaya bahasa (majas)
الْعَصْرُ الْجَاهِلِيُّ (al-‘aṣru al-jāhilī)al-‘ashru al-jahiliMasa pra-Islam
الْعَصْرُ الْحَدِيْثُ (al-‘ashru al-ḥadīth)al-‘ashru al-haditsZaman modern

3. Contoh Syair Arab Klasik dan Modern

a. Syair Klasik (Jahiliyah)

قِفَا نَبْكِ مِنْ ذِكْرَى حَبِيْبٍ وَمَنْزِلِ
بِسِقْطِ اللِّوَى بَيْنَ الدَّخُوْلِ فَحَوْمَلِ

Arti bebas:
“Berhentilah sejenak, mari kita tangisi kenangan tentang kekasih dan tempat tinggalnya,
yang berada di antara Dakhul dan Hawmal.”

(Mu‘allaqat Imru’ al-Qais)


b. Syair Modern

وَطَنِي أُحِبُّهُ وَأُضَحِّي لِأَجْلِهِ
بِعِلْمِي وَقَلْبِي مَا حَيِيتُ وَأَنْفَعُ

Arti bebas:
“Negeriku, aku mencintaimu dan berkorban untukmu,
dengan ilmu dan hatiku selama aku hidup, aku memberi manfaat.”


4. Latihan Pemahaman

  1. Terjemahkan kosakata berikut ke dalam bahasa Indonesia: شِعْرٌ – بَيْتٌ – قَافِيَةٌ – شَاعِرٌ.

  2. Apa perbedaan syair Arab klasik dengan modern?

  3. Bacalah syair modern di atas, lalu temukan nilai moral yang terkandung di dalamnya!

  4. Buatlah dua bait syair sederhana dalam bahasa Arab bertema cinta tanah air atau persahabatan.


5. Alur Pembelajaran dengan Pendekatan Deep Learning

  1. Stimulasi (Aktivasi pengetahuan awal):

    • Guru menayangkan video pendek pembacaan syair Arab klasik & modern.

    • Siswa diminta mengungkapkan apa yang mereka rasakan.

  2. Eksplorasi Konsep:

    • Mengenalkan kosakata inti (مفردات) tentang syair.

    • Membaca bersama syair klasik & modern.

  3. Koneksi & Analisis:

    • Siswa membandingkan isi, bahasa, dan pesan syair klasik vs modern.

    • Diskusi kelompok: relevansi nilai syair dengan kehidupan siswa SMA Indonesia.

  4. Kreasi (Penerapan kreatif):

    • Siswa menulis syair pendek bertema persahabatan, cinta tanah air, atau pendidikan.

    • Membacakan syair di depan kelas dengan irama tertentu.

  5. Refleksi:

    • Siswa menuliskan pengalaman belajar: apa pesan moral yang mereka dapat dari syair Arab.

Kamis, 25 September 2025

اللغة العربية ١١

  

 Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI

Guru : Heri Sutopo, M.E.Sy

Tema: السَّفَر وَالسِّيَاحَة (Perjalanan dan Pariwisata)



🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti materi ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menguasai kosa kata (مفردات) tentang perjalanan dan pariwisata.

  2. Membaca dan memahami teks bacaan sederhana terkait perjalanan.

  3. Melatih keterampilan berbicara (المحادثة) dengan tema wisata.

  4. Menulis kalimat dan paragraf pendek tentang pengalaman perjalanan.

  5. Mengaitkan konsep perjalanan dengan wawasan budaya, sosial, dan nilai Islam.


🗂️ A. Kosa Kata (المفردات)

ArabLatinArti
سَفَرsafarperjalanan
سِيَاحَةsiyāhahpariwisata
مَطَارmaṭārbandara
جَوَاز السَّفَرjawāz as-safarpaspor
تَذْكِرَةtazkirahtiket
حَقِيبَةḥaqībahkoper/tas
فُنْدُقfunduqhotel
سَائِحsā’iḥwisatawan
خَرِيطَةkharīṭahpeta
رِحْلَةriḥlahperjalanan/tour
مَعْلَم سِيَاحِيّma‘lam siyāḥiyyobjek wisata
بَاصbāṣbus
قِطَارqiṭārkereta
طَائِرَةṭā’irahpesawat
سَيَّارَة أُجْرَةsayyārah ujrahtaksi
بَحْرbaḥrlaut
جَبَلjabalgunung

📖 B. Teks Bacaan

نص القراءة (Teks Bacaan)

السَّفَر وَالسِّيَاحَة

يُحِبُّ النَّاسُ السَّفَرَ وَالسِّيَاحَةَ لِلاِسْتِرَاحَةِ وَالِاسْتِمْتَاعِ. فِي عُطْلَةِ الصَّيْفِ يُسَافِرُ الكَثِيرُ مِنَ الطُّلَّابِ مَعَ أُسَرِهِمْ إِلَى الْمُدُنِ أَوِ الْقُرَى أَوْ إِلَى الْبِلَادِ الأُخْرَى.

فِي السَّفَرِ نَرَى الْجِبَالَ وَالْبِحَارَ وَالمَعَالِمَ السِّيَاحِيَّةَ. وَمِنْ أَهَمِّ أَدَوَاتِ السَّفَرِ: جَوَازُ السَّفَرِ، التَّذْكِرَةُ، وَالْحَقِيبَةُ.

إِنَّ السِّيَاحَةَ تُعَلِّمُنَا التَّعَارُفَ وَالتَّعَاوُنَ مَعَ النَّاسِ، وَتُزِيدُنَا مَعْرِفَةً بِالثَّقَافَاتِ الْمُخْتَلِفَةِ. وَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى: فَسِيحُوا فِي الْأَرْضِ، أَيْ سَافِرُوا فِي الْبِلَادِ لِلتَّفَكُّرِ وَالتَّعَلُّمِ.


🧠 C. Pendekatan Deep Learning

1. Tahap Eksplorasi (Exploration)

  • Guru menampilkan gambar bandara, hotel, gunung, laut, dan siswa menebak kosa kata Arabnya.

  • Diskusi singkat tentang pengalaman perjalanan siswa.

2. Tahap Koneksi (Connection)

  • Hubungkan kosa kata baru dengan pengalaman nyata siswa.

  • Misal: “من ذهب إلى الجبل؟” (Siapa yang pernah pergi ke gunung?)

3. Tahap Aplikasi (Application)

  • Membaca teks bacaan bersama.

  • Menjawab pertanyaan pemahaman:

    1. لماذا يُحِبُّ النَّاسُ السَّفَرَ؟

    2. مَا أَهَمُّ أَدَوَاتِ السَّفَرِ؟

    3. مَاذَا تَعَلِّمُنَا السِّيَاحَةُ؟

4. Tahap Refleksi (Reflection)

  • Diskusi kelas: “Apa manfaat perjalanan menurut Islam dan budaya kita?”

  • Menulis paragraf pendek dalam bahasa Arab tentang رحلة ممتعة (perjalanan menyenangkan).


🗣️ D. Latihan (تمارين)

  1. Mencocokkan Kosa Kata
    Cocokkan kata Arab dengan artinya.

  2. Isian Singkat
    اِمْلَأِ الْفَرَاغَ:

  • أَذْهَبُ إِلَى المَطَارِ لِأَشْتَرِيَ ________.

  • أَضَعُ الْمَلَابِسَ فِي ________.

  1. Dialog Singkat
    Buat dialog pendek antara turis dan resepsionis hotel.

  2. Menulis
    Tulislah pengalaman singkat perjalanan liburanmu dalam 3-4 kalimat bahasa Arab.


🌍 E. Integrasi Nilai

  • Melatih rasa syukur atas ciptaan Allah (gunung, laut, alam).

  • Menumbuhkan sikap toleransi dan saling mengenal antar budaya (ta‘āruf).

  • Menyadari bahwa perjalanan bisa menjadi sarana ibadah (tafakkur).

Rabu, 24 September 2025

Bahasa Rab Kelas 10

 

📘 Materi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X

Heri Sutopo, M.E.Sy


Tema: المدرسة (Al-Madrasatu / Sekolah)
Pendekatan: Deep Learning


1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan mampu:

  1. Menguasai kosa kata dasar tentang sekolah.

  2. Membaca dan memahami teks pendek tentang sekolah.

  3. Menggunakan kosa kata untuk menyusun kalimat sederhana.

  4. Mengaitkan materi dengan pengalaman pribadi di sekolah.

  5. Berkomunikasi sederhana dalam bahasa Arab seputar kegiatan di sekolah.


2. Kosa Kata (المفردات)

ArabLatinArti
المدرسةal-madrasatusekolah
الفصلal-fashlukelas
المعلمal-mu‘allimguru (laki-laki)
المعلمةal-mu‘allimahguru (perempuan)
الطالبath-thaalibmurid laki-laki
الطالبةath-thaalibahmurid perempuan
الكتابal-kitaabbuku
الدفترad-daftarbuku tulis
القلمal-qalampena
السبورةas-sabuurohpapan tulis
المكتبal-maktabmeja
الكرسيal-kursiykursi
الحديقةal-hadiiqohtaman
المكتبةal-maktabahperpustakaan

3. Teks Bacaan (النص)

اقرأ النص الآتي:

هذه مدرسة جميلة. في المدرسة فصول كثيرة. في الفصل معلم وطلاب. على المكتب كتاب ودفتر وقلم. في المدرسة مكتبة وحديقة. الطلاب يقرأون في المكتبة ويلعبون في الحديقة.

Terjemahan:
Ini adalah sekolah yang indah. Di sekolah ada banyak kelas. Di kelas ada guru dan murid. Di atas meja ada buku, buku tulis, dan pena. Di sekolah ada perpustakaan dan taman. Para murid membaca di perpustakaan dan bermain di taman.


4. Latihan Pemahaman (تدريبات الفهم)

A. Pilih jawaban yang benar (اختيار من متعدد):

  1. في المدرسة …
    a) مطبخ
    b) مكتبة
    c) سوق

  2. على المكتب …
    a) كتاب ودفتر وقلم
    b) سيارة
    c) كرة

B. Jawab pertanyaan (أجب عن الأسئلة):

  1. هل المدرسة جميلة؟

  2. أين يقرأ الطلاب؟

  3. ماذا على المكتب؟


5. Aktivitas Deep Learning

Untuk memperdalam pemahaman, guru bisa memandu dengan aktivitas:

  1. Connecting (Menghubungkan dengan pengalaman):

    • Siswa menyebutkan fasilitas di sekolah mereka menggunakan bahasa Arab.

    • Contoh: "في مدرستي مكتبة وحديقة" (Di sekolah saya ada perpustakaan dan taman).

  2. Collaboration (Berkolaborasi):

    • Siswa berpasangan, satu menjadi "guru", satu menjadi "murid", lalu melakukan percakapan sederhana.

    • Contoh:

      • A: من هذا؟ (Siapa ini?)

      • B: هذا معلم. (Ini guru.)

  3. Critical Thinking (Berpikir kritis):

    • Guru menanyakan: "لماذا المكتبة مهمة في المدرسة؟" (Mengapa perpustakaan penting di sekolah?)

    • Siswa menjawab dengan ide masing-masing, meski sederhana.

  4. Creative Communication (Kreatif):

    • Siswa menggambar denah sekolah mereka lalu memberi label dengan bahasa Arab (الحديقة، الفصل، المكتبة).


6. Tugas (وظيفة بيتية)

  • Buat 5 kalimat sederhana tentang sekolahmu dalam bahasa Arab.

  • Contoh:

    1. هذه مدرستي.

    2. في مدرستي معلمون ومعلمات.

    3. في الفصل طلاب كثيرون.

    4. في المكتبة كتب كثيرة.

    5. أحب مدرستي.

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...