🕌 MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS X
Tema: القراءة (Al-Qirā’ah)
Topik: الحياة اليومية
(Al-Ḥayāh Al-Yaumiyyah)
Pendekatan: Pembelajaran Mendalam (Deep Learning Approach)
Guru: Heri Sutopo, M.E.Sy
Waktu: 1X 45 Menit
🎯 A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Membaca
dan memahami teks berbahasa Arab bertema kehidupan sehari-hari dengan
makna yang tepat.
- Mengidentifikasi mufradāt (kosakata) penting yang berkaitan dengan aktivitas
harian.
- Menyusun kalimat sederhana tentang kegiatan sehari-hari menggunakan struktur
bahasa yang benar.
- Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kemandirian
dalam mengelola waktu melalui refleksi kegiatan sehari-hari.
📚 B. Mufradāt (المفردات)
– Kosakata Penting
Analisis Gramatikal Singkat:
|
Kata
|
Arti
|
Jenis kata
|
Keterangan
|
|
يَسْتَيْقِظُ
|
bangun tidur
|
fi‘il mudhāri‘
|
menunjukkan kebiasaan
|
|
مِنَ
النَّوْمِ
|
dari tidur
|
jar majrūr
|
keterangan sebab
|
|
فِي
السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ
|
pada pukul empat
|
jar majrūr + bilangan
|
keterangan waktu
|
|
يَتَوَضَّأُ
|
berwudu
|
fi‘il mudhāri‘
|
fi‘il dari توضأ
|
|
يَذْهَبُ
|
pergi
|
fi‘il mudhāri‘
|
aktivitas rutin
|
|
جَمَاعَةً
|
berjamaah
|
ḥāl (keterangan cara)
|
|
|
يَقْرَأُ
|
membaca
|
fi‘il mudhāri‘
|
dari قرأ – يقرأ
|
|
بَعْضَ
الآيَاتِ
|
beberapa ayat
|
maf‘ūl bih
|
objek dari fi‘il يقرأ
|
|
يُسَاعِدُ
|
membantu
|
fi‘il mudhāri‘
|
|
|
يُرَاجِعُ
|
mengulang (pelajaran)
|
fi‘il mudhāri‘
|
|
|
يَنَامُ
|
tidur
|
fi‘il mudhāri‘
|
|
C.
Teks Bacaan (النَّصُّ)
النَّصُّ: الحَيَاةُ
اليَوْمِيَّةُ
يَسْتَيْقِظُ هَيْكَلٌ مِنَ النَّوْمِ فِيْ السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ صَبَاحًا.
ثُمَّ يَتَوَضَّأُ فِي الحَمَّامِ. وَ بَعْدَ الوُضُوْءِ ، يَذْهَبُ هَيْكَلٌ إِلَى
الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً.
وَبَعْدَ الصَّلَاةِ، يَرْجِعُ إِلَى البَيْتِ. ثُمَّ يَقْرَأُ هَيْكَلٌ بَعْضَ
الآيَات ِمِنَ القُرْآنِ.ثُمَّ يَسْتَحِمُّ فِي الحَمَّامِ.و َيَتَنَاوَلُ الفُطُورَ مَعَ أَبِيْهِ وَأُمِّهِ، ثُمَّ يَذْهَبُ
إِلَى الْمَدْرَسَةِ
. و َفِي الْمَدْرَسَةِ يَدْرُسُ
وَ يَلْعَبُ مَعَ أَصْدِقَائِهِ. بَعْدَ العَوْدَةِ إِلَى
البَيْتِ، يُسَاعِدُ
أُمَّهُ وَ يَرَاجِعُ دُرُوسَهُ فِي الْمَسَاءِ ثُمَّ أَتَى اللَّيْلُ يُصَلِّي الْمَغْرِبَ
ثُّم العِشَاءَ فِي الْمَسِجِدِ وَ يُرَتِّبُ الأَدَوَاتِ الْمَدْرَسِيَّةِ ثُمَّ يَنَامُ
مُبَكِّرًا.
D. Terjemahan (الترجمة)
Heikal bangun tidur pada pukul empat pagi.
Kemudian ia berwudu di kamar mandi.
Setelah berwudu, Heikal pergi ke masjid untuk salat Subuh berjamaah.
Setelah salat, ia kembali ke rumah.
Lalu Heikal membaca beberapa ayat dari Al-Qur’an.
Kemudian ia mandi di kamar mandi.
Ia sarapan bersama ayah dan ibunya,
lalu pergi ke sekolah.
Di sekolah, ia belajar dan bermain bersama teman-temannya.
Setelah kembali ke rumah, ia membantu ibunya dan mengulang pelajarannya.
Pada malam hari, ia sholatMaghrib dan Isya, kemudian tidur lebih awal.
E. Pemahaman Teks (فهم النصّ)
Jawablah
pertanyaan berikut dalam bahasa Arab sederhana:
- مَتَى يَسْتَيْقِظُ هَيْكَلٌ؟
(Kapan siswa itu bangun?)
- أَيْنَ يُصَلِّي الصُّبْحَ؟
(Dengan siapa ia shalat Subuh?)
- مَعَ مَنْ يَتَنَاوَلُ الفُطُورِ؟
(Apa yang ia lakukan setelah sarapan?)
- مَاذَا يَعْمَلُ هَيْكَلٌ فِي
المَدْرَسَةِ؟
(Apa yang ia lakukan di sekolah?)
- مَاذَا عْمَلُ هَيْكَلٌ فِي
المَسَاءِ؟
(Apa yang ia lakukan pada malam hari?)
F.
Pendekatan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning Approach)
|
Tahap
|
Aktivitas
|
Tujuan
Pembelajaran Mendalam
|
|
1. Mengamati (Observation)
|
Siswa membaca teks dan
mendengarkan guru membacakan dengan pelafalan yang benar.
|
Membangun pemahaman konteks
kehidupan sehari-hari.
|
|
2. Menanya (Questioning)
|
Siswa bertanya tentang arti
kosakata dan struktur kalimat.
|
Mengembangkan rasa ingin tahu dan
berpikir kritis.
|
|
3. Mengeksplorasi (Exploration)
|
Siswa mencari aktivitas serupa
dalam kehidupannya sendiri dan menuliskannya dalam bahasa Arab.
|
Mengaitkan pengetahuan dengan
pengalaman pribadi.
|
|
4. Menalar (Reasoning)
|
Siswa membandingkan rutinitas
harian mereka dengan teks.
|
Melatih kemampuan analisis dan
refleksi diri.
|
|
5. Mengomunikasikan
(Communication)
|
Siswa mempresentasikan teks
tentang rutinitas harian mereka di depan kelas.
|
Melatih komunikasi aktif dan
percaya diri.
|
🗣️ G. Latihan
Produksi Bahasa (التعبير
الشفهي والكتابي)
1.
Latihan Lisan (التعبير
الشفهي)
Jawablah pertanyaan berikut dengan
bahasa Arab:
- مَاذَا تَفْعَلُ فِي الصَّبَاحِ؟
- مَتَى تَذْهَبُ إِلَى
المَدْرَسَةِ؟
- مَعَ مَنْ تَتَنَاوَلُ الطَّعَامَ؟
2.
Latihan Tulis (التعبير
الكتابي)
Tulislah paragraf pendek
tentang kegiatan harianmu sendiri dalam bahasa Arab (5–6 kalimat).
Contoh:
أَسْتَيْقِظُ فِي الصَّبَاحِ، ثُمَّ أُصَلِّي الفَجْرَ.
أَذْهَبُ إِلَى المَدْرَسَةِ فِي السَّاعَةِ السَّابِعَةِ.
فِي المَدْرَسَةِ أَدْرُسُ وَأَلْعَبُ مَعَ أَصْدِقَائِي.
بَعْدَ العَوْدَةِ أُسَاعِدُ أُمِّي فِي البَيْتِ.
فِي المَسَاءِ أَنَامُ مُبَكِّرًا
🧭 H. Refleksi dan Penilaian
Refleksi siswa:
- Apa kebiasaan baik dari teks yang dapat aku tiru dalam
kehidupan sehari-hari?
- Bagaimana aku dapat mengatur waktuku lebih baik seperti
dalam teks?
Aspek penilaian:
- Kognitif:
Pemahaman kosakata dan isi teks.
- Afektif:
Sikap positif terhadap kedisiplinan dan tanggung jawab.
- Psikomotorik:
Kemampuan membaca dan menulis teks kehidupan sehari-hari dalam bahasa
Arab.
Rubrik
Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab
Tema:
Kegiatan Sehari-hari (الحَيَاةُ اليَوْمِيَّةُ)
Kelas/Semester:
XI / Ganjil
Aspek
Penilaian: Kognitif – Afektif – Psikomotor
Ranah
Kognitif (Pemahaman Kosakata & Struktur Kalimat)
|
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
Deskripsi Kemampuan
|
|
4
(Sangat Baik)
|
Siswa memahami >90%
kosakata dan mampu menjelaskan struktur kalimat dengan benar;
dapat menerjemahkan teks tanpa bantuan.
|
|
|
3
(Baik)
|
Siswa memahami 70–89%
kosakata, mampu menjelaskan sebagian besar struktur kalimat
dengan benar, dan menerjemahkan teks dengan sedikit kesalahan.
|
|
|
2
(Cukup)
|
Siswa memahami 50–69%
kosakata, mampu menjelaskan struktur kalimat sederhana namun
masih banyak kesalahan dalam menerjemahkan.
|
|
|
1
(Kurang)
|
Siswa memahami <50%
kosakata, tidak mampu menjelaskan struktur kalimat dengan
benar, serta kesulitan menerjemahkan teks.
|
|
\
Ranah Afektif (Sikap & Keteladanan dari Isi
Teks)
|
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
Indikator Perilaku
|
|
4
(Sangat Baik)
|
Siswa menunjukkan kedisiplinan
tinggi, datang tepat waktu, menjaga kebersihan, dan meneladani perilaku tokoh
dalam teks (rajin ibadah & belajar).
|
|
|
3
(Baik)
|
Siswa cukup disiplin, menunjukkan
sebagian sikap positif dari teks (misalnya rajin belajar atau membantu orang
tua).
|
|
|
2
(Cukup)
|
Siswa kadang-kadang meniru
perilaku baik dari teks, namun belum konsisten dalam sikap disiplin atau
tanggung jawab.
|
|
|
1
(Kurang)
|
Siswa tidak menunjukkan perubahan
atau keteladanan dari nilai-nilai yang terkandung dalam teks.
|
|
Ranah
Psikomotor (Keterampilan Membaca dan Menerjemahkan)
|
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
Deskripsi Kemampuan
|
|
4
(Sangat Baik)
|
Siswa membaca teks dengan
tajwid dan harakat sempurna, pelafalan jelas, dan
menerjemahkan secara lancar dan tepat.
|
|
|
3
(Baik)
|
Siswa membaca teks dengan sedikit
kesalahan harakat atau pelafalan, namun tetap dapat
dimengerti; terjemahan cukup akurat.
|
|
|
2
(Cukup)
|
Siswa membaca dengan beberapa
kesalahan harakat dan pengucapan, masih terbata-bata dalam
menerjemahkan.
|
|
|
1
(Kurang)
|
Siswa membaca dengan banyak
kesalahan dan tidak mampu menerjemahkan dengan benar.
|
|
Rekapitulasi
Nilai Akhir
|
Aspek
|
Bobot (%)
|
Skor Maksimal
|
Nilai Akhir
|
|
Kognitif
|
40%
|
4
|
...
|
|
Afektif
|
30%
|
4
|
...
|
|
Psikomotor
|
30%
|
4
|
...
|
|
Total
Nilai Akhir (Skala 100)
|
100%
|
|
(Σ Skor
x Bobot)
|
مَهَارَةُ
القِرَاءَةِ
الحَيَاةُ اليَوْمِيَّةُ
يَسْتَيْقِظُ هَيْكَلٌ مِنَ النَّوْمِ فِيْ السَّاعَةِ
الرَّابِعَةِ صَبَاحًا. ثُمَّ يَتَوَضَّأُ فِي الحَمَّامِ. وَ بَعْدَ الوُضُوْءِ ،
يَذْهَبُ هَيْكَلٌ إِلَى الْمَسْجِدِ لِصَلاَةِ الصُّبْحِ جَمَاعَةً.
وَبَعْدَ الصَّلَاةِ، يَرْجِعُ إِلَى البَيْتِ. ثُمَّ يَقْرَأُ
هَيْكَلٌ بَعْضَ الآيَات ِمِنَ القُرْآنِ.ثُمَّ يَسْتَحِمُّ فِي الحَمَّامِ.و َيَتَنَاوَلُ الفُطُورَ مَعَ أَبِيْهِ وَأُمِّهِ، ثُمَّ
يَذْهَبُ إِلَى الْمَدْرَسَةِ
. و َفِي الْمَدْرَسَةِ يَدْرُسُ وَ يَلْعَبُ
مَعَ أَصْدِقَائِهِ. بَعْدَ العَوْدَةِ إِلَى البَيْتِ، يُسَاعِدُ أُمَّهُ وَ يَرَاجِعُ دُرُوسَهُ فِي الْمَسَاءِ ثُمَّ أَتَى اللَّيْلُ يُصَلِّي الْمَغْرِبَ
ثُّم العِشَاءَ فِي الْمَسِجِدِ وَ يُرَتِّبُ الأَدَوَاتِ الْمَدْرَسِيَّةِ ثُمَّ
يَنَامُ مُبَكِّرًا.