Minggu, 18 September 2022

KISI-KISI PTS BAHASA ARAB KELAS 10 SMA

 

KISI-KISI PTS BAHASA ARAB KELAS 10 SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

3.1. Mendemonstrasikan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terimakasih (taqdim al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunaannya.

س: Soal

ج: Jawab

س: مَاسْمُكَ/كِ ؟ ج: اِسْمِيْ أَحْمَدُ.

س : مِنْ أَيْنَ جِئْتُ؟ ج. جِئْتُ مِنْ سُوْرَابَيَا

س: كَيْفَ حَالُكَ/كِ؟ج.  الحَمْدُ لِلِّهِ بِخَيْرٍ!

س: صَبَاحُ الخَيْرِ؟ ج. صَبَاحُ النُّوْرِ.

س: نَهَارُكَ سَعِيْدٌ؟ ج. سَعِيْدٌ مُبَارَكٌ!

س: مَسَاءُ الخَيْرٌ؟ ج. مَسَاءَ النُّوْرِ.

س: لَيْلَةُ السَّعِيْدَةِ؟ ج. سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَةٌ.

س: جَزَاكَ اللهُ الخَيْرِ؟ لَا شُكْرَ عَلَى الوَاجِبِ!

س: شُكْرًا جَزِيْلًا؟ ج. عَفْوًا!

س: وَدَعًا؟ ج. فِيْ أَمَانِ اللهِ!

·       اِسْمُ الإِشَارَةِ.

مذكّر              مؤنّث

هَذَا          ini     هَذِهِ                        ماهذا؟ هذا كتاب         ذلك كرسي

ذَلِكَ         Itu    تِلْكَ                        ماهذه؟ هذه كراسة        تلك سبورة

هذا كتاب             هذه سبورة                 أهذا قلم؟ نعم، ذلك قلم / لا، بل ذلك كتاب.

ذلك باب             تلك نافذة                                   

هُنَا           disini         هُنَاكَ              disana

مَاذَا هُنَا؟ هُنَا فَصْلٌ.                     مَاذَا هُنَاكَ؟ هُنَاكَ بَيْتٌ

المَدْرَسَةُ هُنَا           المَسْجِدُ هُنَاكَ

أَينَ المَدْرَسَةُ؟ المَدْرَسَةُ هُنَا                       أَيْنَ المَسْجِدُ؟ المَسْجِدُ هُنَاكَ.    

·       حَرْفُ جَرٍّ (__ِ__ٍ__)


فِيْ:Didalam

عَلَى:Diatas

أَمَامَ:Didepan

وَرَاءَ:Dibelakang

تَحْتَ:Dibawah

بَيْنَ:Diantara

لِ:Untuk

بِ:Dengan

جَانِبَ:Disamping

فَوْقَ:   Diatas

مَاذَا فِيْ البَيْتِ؟ فِيْ البَيْتِ أَرِيْكَةٌ

مَنْ فِيْ البَيْتِ؟ فِيْ البَيْتِ أَبٌ وَ أُمٌّ

أَيْنَ الشَّجَرَةُ؟ الشَّجَرَةُ أَمَامَ البَيْتِ

         


ماذا تَعْمَلُ في المدرسة؟ أنا أَتَعَلَّمُ فِيْ المدرسةِ

 Apa yang kamu kerjakan disekolah? Saya belajar di sekolah.

3.2 mengemukakan jati diri (huwiyah), dengan memperhati-kan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

ضَمِيْرٌ:

نحنُ

أنا

أنتم

أنتنّ

أنتما

أنتِ

أنتَ

هنَّ

هما

هي

هم

هما

هو

Kita

Saya

Kalian

Kalian(P)

Kalian ber-2

Kamu (P)

Kamu (L)

Meraka(P)

Mereka ber-2

Dia (p)

Mereka (L)

Mereka (P)

Dia (L)

نَكْتُبُ

أَكْتُبُ

تَكْتُبُوْنَ

تَكْبْتُنَّ

تَكْتُبَانِ

تَكْتُبِيْنَ

تَكْتُبُ

تَكْتُبْنَ

تَكْتُبَانِ

تَكْتُبُ

يَكْتُبُوْنَ

يَكْتُبَانِ

يَكْتُبُ

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menulis

 

 

مَنْ أَنْتَ؟ أنَا حَمِيْدٌ

مَا أَنْتَ؟ أَنَا طَبِيْبٌ

 

3.3 mengemukakan nama hari (asma al-ayyam), bulan (syuhur al-hijriyahmiladiyah), nama waktu dalam hari (shobah, nahar, masa lailah), waktu dalam bentuk angka (sa’ah), tanggal (tarikh), dan tahun (sanah hijriyah/miladiyah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

المادة:

 

اسماء الأيام: في الأسبوع سبعة أيام

 

يوم الاثنين، يوم الثلاثاء، يوم الاربعاء، يوم الخميس، يوم السبت، يوم الأحد.

 

الشهور العربية/الإسلامية: محرم، ذو القعدة، ذو الحجة، صفر، ربيع الأول، ربيع الثاني، جمادى الأولى، جمادى الثانية

 

رجل، شعبان، رمضان، شوال.

 

الأوقات: صباح، نهار، مساء، ليل      (Pagi,Siang, Sore, Malam)

*السَّاعَةُ : الوَاحِدَةُ        1.00

. الثانية                    2.00

. الثالثة                     3.00

. الرابعة                    4.00

. الخامسة                  5.00 

. السادسة                 6.00

. السابعة                   7.00

. الثامنة                    8.00

. التاسعة                   9.00

. العاشرة                   10.00

. الحادية عشرة           11.00

. الثانية عشرة             12.00.

شهر ج. شهور : bulan

سنة ج. سنوات: tahun

اسبوع ج. اسابع :minggu

 

يوم ج. أيام : hari

الأسئلة:

كم يوما في الأسبوع؟

اذكر الشهور العربية!

 

Rabu, 14 September 2022

Kelas 12 IPA IPS اللغة العربية

 3.3 mengungkapkan terkait Maksud المقاصد dan tujuan  الاهداف melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks intraksi transaksional lisan dan tulisan sesuai konteks penggunaannya. 

Assalamu'alaikum wrwb

Apersepsi:

Berikan contoh kalimat dari kata:

اراد-يريد ان:

رجا-يرجو:

انتظر-ينتظر:

المادة: Materi

تحويل الفعل: من الماضى - المضارع-المصدر

فتح -يفتح-فتح :

ساعد-يساعد-مساعدة:

سبح - يسبح-سباحة:

فتش-يفتش-تفتيش:.... الخ... 

الآن: sekarang

غدا: besok

أمس: kemarin

تحويل الفعل: فعل الأمر الى فعل النهي

يجري - اجري-لا تجر:

يجلس-اجلس-لا تجلس:

يكتب-اكتب-لاتكتب:

ينام -نم-لا تنم:

Wassalamualaikumwrwb.... 


Senin, 12 September 2022

اللغة العربية XI IPA IPS

 

Kd. 3.2
Mendemonstrasikan tentang kemampung( al. Kafaah) (al ibadah) dalam suatu tindakan (al'amal) dengan memperhatikan fungsi sosial dengan struktur teks kebahasaan tulisan dan lisan.
Kd. 3.3.
Membedakan ungkapan minta izin(isti'zan) perintah (al-amer) dan melarang (qn-nahyu) dengan memeprhatiak fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dalam interaksi lisan dan tulisan sesuai konteks penggunaanya..
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته..
Artikan mufrodat berikut dan berikan contoh kalimatnya!
في الفصل:
كم:
متى:
كيف:
Materi:
الاستئذان: izin
اراد - يريد ان: mau /ingin
استطاع -يستطيع ان: bisa/mampu
: perintah
كتب- يكتب - اكتب:
انتهى -ينتهي:
حفظ -يحفظ -احفظ:
طلب -يطلب:
جلس -يجلس -اجلس:
النهي: Larangan
لا تكتب:
لا تجلس:
لا تحفظ:
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته!..

Jumat, 09 September 2022

PAI X 1.2.3 3 JP.

 assalamualaikum wrwb.

Tema Larangan Pegaulan Bebas dan Pebuatan Zina

KD. 3.2 Menganalisis QS. Al-Isra Ayat 32.An-nur ayat.2 hadits tentang larang pergaulan bebas dan perbuatan Zina

4.2.1 analisa kaidah tajwid dalam surat dan ayat larang pergaulan bebas dan perbuatan zina.

apersepsi:

apa itu kaum muhajirin?

apa itu kaum anshar?

apa hukum bacaan berikut:

أن يأكل:

بعضكم بعضا

اثم ولا

Materi:

وَلا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلا (٣٢)

32. dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.

 

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ (٣٠)

30. Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat".

 Makna Ijmali:

a. Melihat atau memperlihatkan aurat terhadap perempuan atau laki-laki bukan mahram.

b. menyentuh atau memegang lawan jenis yang bukan mahram.

c.membayangkan hal-hal yang mengundang syahwat.

d. melakukan yang menimbulkan perbuatan syahwat.onani masturbasi sehingga mengarah kepada perbuatan zina.

 

Hukum Tajwid:

1. Madd 'Iwad:

bacaan panjang karena fathatain di akhir ayat:

سميعا بصيرا

2. Qalqalah: 

Kubro: di akhir ayat

shugro: huruf qalqalah ditenga kaliat bacaan ayat:

ب،ج،د،ط،ق

  wassalamualaikum wrwb..

Rabu, 07 September 2022

X IPS 2 اللغة العربية

 X IPS 2

KD. 3.3

Mengemukakan

اسماء الايام، الشهور الميلادية، الأوقات، الساعة، تاريخ الهجرية و الميلادية

Dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan  dari lisan dan tulisan sesuai kegunaannya. 


Assalamu'alaikum wrwb

المادة:

اسماء الأيام: في الأسبوع سبعة أيام

يوم الاثنين، يوم الثلاثاء، يوم الاربعاء، يوم الخميس، يوم السبت، يوم الأحد. 

الشهور العربية/الإسلامية: محرم، ذو القعدة، ذو الحجة، صفر، ربيع الأول، ربيع الثاني، جمادى الأولى، جمادى الثانية

رجل، شعبان، رمضان، شوال. 

الأوقات: صباح، نهار، مساء، ليل

*الساعة : الواحدة. الثانية. الثالثة. الرابعة. الخامسة. السادسة. السابعة. الثامنة. التاسعة. العاشرة. الحادية عشرة. الثانية عشرة. 

شهر ج. شهور : bulan

سنة ج. سنوات: tahun

اسبوع ج. اسابع :minggu

يوم ج. أيام : hari

الأسئلة:

كم يوما في الأسبوع؟ 

اذكر الشهور العربية! 

Wassalamualaikumwrwb... 


XII.IPA IPS B. Arab

 XII اللغة العربية

3.3 mengungkapkan terkait Maksud المقاصد dan tujuan  الاهداف melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks intraksi transaksional lisan dan tulisan sesuai konteks penggunaannya. 

Assalamu'alaikum wrwb

المادة:

احتاج-يحتاج إلى: 

أحتاج إلى الفلوس

أراد-يريد أن:

أريد أن أذهب إلى السوق

إستطاع-يستطيع أن:

إنا أستطيع أن أصبح اللحم والسمك في المطبخ

عسى +الفاعل+أن:

عسى محمد أن يذهب للحج و العمرة.. 

و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...