Kamis, 12 Januari 2023

اللغة العربية للفصل 10

 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

اللُّغَةُ العَرَبِيَّةُ

الْماَدَّةُ

10 العَاشِرُ IPS

اللفَصْلُ

H.Heri Sutopo, M.E.Sy

الْمُدَرِّسُ

1 & 2

اللِّقَاءُ

KD-3.5.menggambarkan sifat al-insan, dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunaannya


 

Tujuan Pembelajaran:

·         Siswa/I mampu melafalkan dan menghafalkan kosa kata-kosa kata tentang Sifat al-Insan

·         Siswa/I mampun membuat contoh kalimat dari kosa-kata tersebut!

·         Secara mandiri siswa/I mengembangkan mencari kosa kata-kosa kata berkaitan sebagai tugas.

Appersepsi:

Sebutkan dalam bahasa arab kosa kata berikut ini!(al-mabani al-aamah)

Rumah sakit

مُسْتَشْفَى

Sekolah

مَدْرَسَةٌ

Bandara

مَطَارٌ

Pelabuhan

مِيْنَاءٌ

Stasiun

مَحَطَّةٌ

 

الْمَادَّةُ: Materi Pembelajaran

الصِّفَاتُ الإِنْسَانِيَّةُ :

مَاهِرٌ

Pandai

آنِيْسَةُ طَالِبَةٌ مَاهِرَةٌ

Anisa adalah siswi yang padai

نَشِيْطٌ

Rajin

عَلِيٌّ رَجُلٌ نَشِيْطٌ

Ali orang yang rajin

كَسْلَانٌ

Malas

لَسْتُ كَسْلَانًا بَلْ نَشِيْطٌ

Saya bukan pemalas tetapi orang yang rajin

شُجَاعٌ

Berani

أَبِيْ رَجُلٌ شُجَاعٌ

Ayahku adalah orang yang berani

قَوِيٌّ

Kuat

أَنَا وَلَدٌ قَوِيُّ الجِسْمِ

Saya anak berbadan kuat

ضَعِيْفٌ

Lemah

الفَقِيْرُ ضَعِيْفٌ

Orang yang fakir itu lemah

غَنِيٌّ

Kaya

أَحْمَدُ رَجُلٌ غَنِيٌّ فِيْ قَرْيَتِهِ

Ahmad orang yang kaya di desanya

مِسْكِيْنٌ

Miskin

أَنْتَ مِسْكِيْنٌ جِدًّا

Kamu kasihan sekali

سَخِيٌّ

Dermawan

عَبْدُ اللهِ رَجُلٌ سَخِيٌّ

Abdullah orang yang dermawan

 

Penutup:

1.      Harap dilafalkan dengan baik dan di hafalkan!

2.      Tugas! Tuliskan dalam bahasa arab kosa kata berikut ini!

a.       Sombong                     :

b.      Lembut                        :

c.       Semangat                    :

d.      Cengeng                      :

e.       Jujur                            :

f.       Bertanggung jawab     :

 

 

والسلام عليكم ورحمة الله وركاته

 

 

Rabu, 11 Januari 2023

اللغة العربية 12 IPA IPS

 

السلام عليكم ورحمة الله وركاته

اللغة العربية

 للفصل 12 المدرسة الأزهار العالية  3 باندار لامفونج

اللقاء – 2: المَصْدَرُ

KD-3.5: Menentukan isi teks cerita al-qashas  pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi social,struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaanya.

1.      Menyebutkan tashrif istilah.

2.      Menyebutkan fungsi masdar, pembagian masdar, jenis-jenis masdar.

Appersepsi:

1.      Berikan arti kata berikut ini!

رِحْلَةٌ : Perjalan

سَحَابَةٌ: Awan

أَخْبَرَ-يُخْبِرُ: mengabarkan

Materi: Al-Mashdar

Etimologi = asal/sumber

Istilah:

هو ما دل على معنى  مجرد من الزماني

هو ما كان ثالثاً من تصريف فعله

(ضَرَبَ –يَضْرِبُ-ضَرْبًا)

الأمثلة التصريفية:

1.    فَتَحَ-يَفْتَحُ-فَتْحًا-وَمَفْتَحًا-وَهُوَ فَاتِحٌ-وذاك مَفْتُوْحٌ-اِفْتَحْ-لَا تَفْتَحْ-مَفْتَحٌ 2 –مِفْتَاحٌ

2.    ضَرَبَ –يَضْرِبُ-ضَرْبًا-وَمَضْرَبًا-فَهُوَ ضَارِبٌ-وَذاك مَضْرُوْبٌ- اِضْرِبْ-لَا تَضْرِبْ-مَضْرَبٌ 2 مِضْرَبٌ.

3.    الصيغة: الفعل الماضي-المضارع-النهي-الأمر- فاعل-مفعول-مصدر ميم- اسم المكان-اسم الزمان- اسم الآلة.

Fi’il Madhi, Fi’il Mudhari, isim Mashdar, isim Faa’il, isim Maf’uul, Fi’il amer, Fi’il Nahyi, isim Zaman, isim Makan

Penutup:

1.      Tuliskan tugas Tashrif istilah dari kata

جَلَسَ-يَجْلِسُ:

قَعَدَ-يَقْعُدُ:

 

Wassalamualaikum wrwb

Selasa, 10 Januari 2023

اللغة العربية 11

MAPEL                                 : اللغة العربية

KELAS/SEMESTER           : XI/ I IPA-IPS

MATER POKOK                 :  الوحدة الأولى : فِيْ البَيْتِ :”Dirumah”

PERTEMUAN                      : 1&2

ALOKASI WAKTU                        : 1 JAM @45 MENIT

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

KD: 3.6  Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi (mudlari’) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

TUJUAN PEMBELAJARAN:

o   Melafalkan kosa kata-kosa kata baru/ sulit.

o   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat.

o   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat.

o   Menceritakan keadaan/ kegiatan sesuai konteks

o   Melakukan percakapan tanya jawab sesuai konteks

Appersepsi :

Tentukan jenis fi’il di bawah ini:

أَجْلِسُ : Saya sedang duduk

أَسْتَأْذِنُ: Saya sedang minta izin

يُنَظِّفُوْنَ: Mereka (lk) sedang membersihkan                             (فعل مضارع) fi’il mudhari’

اُكْتُبْ : tulislah!

قُمْ :Berdirilah!

كُلْ :Makanlah!                                  (فعل أمر) fi’il amri

لَا تَجْلِسْ : jangan duduk kamu (lk)!

لَا تَلْعَبْ :Jangan main kamu !

لَا تَجْرِ :Jangan lari!

MATERI PEMBELAJARAN:

المفردات:

يَغْسِلُ : mencuci

يُشَاهِدُ: menyaksikan

يَكْنُسُ:Menyapu

يَطْبَحُ:Memasak

الدرس السادس : الوحدة الأولى :

1.    الاستماع و قراءة المقالة : فِيْ البَيْتِ  (الصفحة : 137)   

2.    الإعتبار عن عرض المقالة : ماذا تعمل في البيت؟

 أَغْسِلُ السَّيَارَةَ :

 

Description: C:\Users\Heru_S\Music\download.jpg

أَشْرَبُ القَهْوَةَ :

Description: C:\Users\Heru_S\Music\2022-11-15-sederet-manfaat-mengonsumsi-kopi-di-pagi-hari-yuk-dicoba.jpg

 

 أَشَاهِدُ التِّلْفَازَ :

Description: C:\Users\Heru_S\Music\download (1).jpg

 أُنَظِّفُ البَيْتَ :

Description: C:\Users\Heru_S\Music\download (2).jpg

3.    تحليل القواعد اللغوية : المفردات و الفعل المضارع و الضمائر.

4.    التمرين لسانا أو كتابة

PENUTUP

 

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan pelajaran.

·         Memberikan refleksi sederhana terkait kegiatan yang telah dilakukan

·         Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran berupa tanya jawab secara lisan.

Tugas:

·         Mencari kosakata nama-nama benda seputar lingkungan rumah!

·         Mencari kosa kata pekerjaan disekitar rumah!

 

والسلام عليكم ورحمة الله وربكاته

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...