Jumat, 01 Agustus 2025

اللغة العربية 12

 

📚 BAHAN AJAR BAHASA ARAB KELAS 12

📝 Materi: Na’at dan Man’ut (Sifat dan Yang Disifati)

القاعدة

I. Kompetensi Dasar

  1. Memahami kaidah tata bahasa Arab tentang na’at dan man’ut.

  2. Mengidentifikasi na’at dan man’ut dalam kalimat.

  3. Menggunakan na’at dan man’ut dalam kalimat Arab yang benar.


II. Pengertian Na’at dan Man’ut

  • Na’at (النَّعْت) adalah kata sifat (adjective) yang menjelaskan atau menerangkan kata benda.

  • Man’ut (الْمَنْعُوت) adalah kata benda (noun) yang diterangkan atau dijelaskan oleh na’at.

🧠 Hubungan na’at dan man’ut mirip dengan kata "yang disifati" dan "sifat" dalam Bahasa Indonesia.


III. Kaidah (Aturan) Na’at dan Man’ut

Na’at harus sesuai dengan man’ut dalam 4 hal:

  1. Jenis kelamin (mudzakkar / mu’annats)

  2. Jumlah (mufrad / mutsanna / jamak)

  3. Ma’rifah atau Nakirah

  4. I’rab (harakat akhir kata)


IV. Contoh Kalimat

🔹 Contoh 1:

الرَّجُلُ الطَّوِيلُ فِي الْمَدْرَسَةِ
Ar-rajulu ath-thawīlu fī al-madrasah
(Pria tinggi itu ada di sekolah)

  • الرَّجُلُ = man’ut (kata benda, mudzakkar, ma’rifah, mufrad)

  • الطَّوِيلُ = na’at (kata sifat yang mengikuti man’ut)


🔹 Contoh 2:

كِتَابٌ جَدِيدٌ
Kitābun jadīdun
(Sebuah buku baru)

  • كِتَابٌ = man’ut (nakirah, mufrad)

  • جَدِيدٌ = na’at (nakirah, mufrad)


🔹 Contoh 3:

الطُّلَّابُ الْمُجْتَهِدُونَ فِي الْفَصْلِ
Ath-thullābu al-mujtahidūna fī al-fashli
(Siswa-siswa rajin berada di kelas)

  • الطُّلَّابُ = man’ut (jamak, ma’rifah)

  • الْمُجْتَهِدُونَ = na’at (harus jamak dan ma’rifah juga)


V. Jenis-Jenis Na’at

  1. Na’at Hakiki (النعت الحقيقي): Na’at yang langsung menjelaskan man’ut.
    Contoh:
    كِتَابٌ مُفِيدٌ (Buku yang bermanfaat)

  2. Na’at Sababi (النعت السببي): Na’at yang menjelaskan bagian atau sesuatu yang berhubungan dengan man’ut. Biasanya, na’at mengikuti kata yang berhubungan dengan man’ut.
    Contoh:
    رَجُلٌ حَسَنَةٌ أَخْلَاقُهُ (Laki-laki yang akhlaknya baik)


VI. Latihan Soal

A. Pilihlah man’ut dan na’at dari kalimat berikut!

  1. هَذَا بَيْتٌ جَمِيلٌ

  2. الطَّالِبَةُ النَّشِيطَةُ فِي الْفَصْلِ

  3. شَرِبْتُ مَاءً بَارِدًا

B. Lengkapilah kalimat berikut dengan na’at yang sesuai!

  1. هَذَا كِتَابٌ ___________

  2. رَأَيْتُ وَلَدًا ___________

  3. عِنْدِي سَيَّارَةٌ ___________

C. Buatlah 3 kalimat menggunakan struktur na’at dan man’ut!


VII. Penutup

🔁 Ringkasan:

  • Na’at menerangkan man’ut (sifat dan yang disifati)

  • Na’at harus sesuai dengan man’ut dalam jumlah, jenis, ma’rifah/ nakirah, dan i’rab.

  • Digunakan untuk memperjelas makna dalam kalimat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...