Kamis, 28 Agustus 2025

Bahasa Arab Kelas 11

  

MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS 11: 

TEMA KESEHATAN (الصحة)



🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Memahami dan menggunakan kosa kata Bahasa Arab tentang kesehatan.

  2. Membaca dan memahami teks pendek bertema kesehatan.

  3. Mengungkapkan pendapat secara lisan dan tulisan mengenai pentingnya menjaga kesehatan.

  4. Menghubungkan pengetahuan kesehatan dalam konteks kehidupan sehari-hari.

  5. Menganalisis informasi dalam teks dan menyimpulkan pesan moralnya.


📚 KOSA KATA TEMATIK: KESEHATAN (مُفْرَدَات الصِّحَّة)

Bahasa IndonesiaBahasa ArabPengucapan (Latin)
Kesehatanالصِّحَّةas-shiḥḥah
Tubuhالجِسْمal-jism
Sakitمَرِيضmarīḍ
Dokterطَبِيبṭabīb
Rumah sakitمُسْتَشْفَىmustasyfā
Obatدَوَاءdawā’
Makanan sehatطَعَام صِحِّيّṭa‘ām ṣiḥḥiyy
Istirahatاِسْتِرَاحَةistirāḥah
Vaksinلُقَاحluqāḥ
Penyakitمَرَضmaraḍ
Suhu tubuhدَرَجَة الحَرَارَةdarajat al-ḥarārah
Menjaga kebersihanالحِفَاظ عَلَى النَّظَافَةal-ḥifāẓ ‘alā an-naẓāfah

🧠 STRATEGI PEMBELAJARAN: PENDEKATAN DEEP LEARNING

1. Aktivasi Pengetahuan Awal

  • Diskusi tanya jawab:

    • Apa yang kamu ketahui tentang kesehatan?

    • Bagaimana kamu menjaga kesehatan tubuhmu?

    • Apakah kamu pernah pergi ke dokter?

2. Eksplorasi Makna

  • Teks Bacaan Tematik (Level Menengah)

📄 Judul: أَهَمِّيَّة الصِّحَّة (Pentingnya Kesehatan)

الصِّحَّةُ نِعْمَةٌ كَبِيرَةٌ. يَجِبُ عَلَيْنَا أَنْ نَحْفَظَ أَجْسَامَنَا. نَأْكُلُ الطَّعَامَ الصِّحِّيَّ، وَنَشْرَبُ الْمَاءَ، وَنَرْتَاحُ. إِذَا مَرِضْنَا، نَذْهَبُ إِلَى الطَّبِيبِ فِي الْمُسْتَشْفَى.

Arti:
Kesehatan adalah nikmat yang besar. Kita harus menjaga tubuh kita. Kita makan makanan sehat, minum air, dan beristirahat. Jika kita sakit, kita pergi ke dokter di rumah sakit.

Tugas:

  • Identifikasi kosa kata baru

  • Diskusikan isi teks: Apa saja cara menjaga kesehatan?

  • Analisis struktur kalimat (jumlah ismiyyah vs jumlah fi’liyyah)


3. Koneksi & Aplikasi (Pemahaman Mendalam)

  • Siswa membuat dialog antara pasien dan dokter.

  • Siswa melakukan wawancara fiktif tentang gaya hidup sehat.

  • Diskusi kelompok: Bandingkan kebiasaan sehat di negara Arab dan Indonesia.


🗣️ KETERAMPILAN PRODUKTIF

A. Berbicara (المُحَادَثَة)

Buat dialog sederhana antara dua orang di rumah sakit.

Contoh:
👤 A: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ، يَا طَبِيب.
👤 B: وَعَلَيْكُمُ السَّلَام، مَا بِكَ؟
👤 A: أَشْعُرُ بِالْأَلَمِ فِي رَأْسِي.
👤 B: لَا بَأْسَ، سَأَفْحَصُكَ.

B. Menulis (الكِتَابَة)

Tugas: Tulis paragraf pendek tentang bagaimana kamu menjaga kesehatanmu sehari-hari.


✅ EVALUASI PEMBELAJARAN

1. Formatif:

  • Kuis kosa kata (matching / isian)

  • Menjawab pertanyaan isi teks bacaan

2. Sumatif:

  • Menulis esai pendek tentang “Pentingnya Menjaga Kesehatan dalam Islam”

  • Dialog peran: Simulasi kunjungan ke dokter


🎓 PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI

AspekKriteria Penilaian (Skor 1-5)
Penguasaan kosa kataMenggunakan kosa kata dengan tepat
Kefasihan berbicaraLancar, percaya diri, dan sesuai konteks
Pemahaman isi teksMampu menjelaskan isi dan pesan teks
Tata bahasaMenggunakan struktur kalimat yang benar
KreativitasMenunjukkan kreativitas dalam tugas lisan/tulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

**KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL

  **KISI-KISI UJIAN SEMESTER GANJIL BAHASA ARAB KELAS 10 (FASE E)** Tahun Ajaran 2025/2026 I. Ruang Lingkup Materi & Kosakata Tema ...