MATA PELAJARAN |
اللغة العربية |
GURU |
Heri Sutopo, S.E.I,M.E.Sy |
KELAS |
11 IPA IPS |
KD.
3.7 mengemukakan tindak
tutur yang menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah (muqaranah
al-adad), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks
penggunaannya 4.7 menggunakan teks
sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
perbandingan jumlah (muqaranah al-‘adad) dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
|
TUJUAN PEMBELAJARAN: 1.
Membedakan
perbandingan jumlah dalam jama’ mudzakkar dan mu’annas 2.
Menybutkan
dan mengucapkan al-adad wal ma’duud. 3.
Mengaplikasikan
dalam bentuk kalimat. |
السلام عليكم ورحمة الله وركاته
Appersepsi:
1. Buatlah kalimat dari kosa
kata berikut dalam fi’il mudhari!
أَسْمَعُ قَرَاءَةَ القُرْآنِ مِنَ اليُوْتُوْبِ |
Mendengarkan |
سَمِعَ – يَسْمَعُ |
يَهْتَمُّ فَرِيْدٌ
شَرْحَ المُدَرِّسِ |
Memperhatikan |
إِهْتَمَّ- يَهْتَمُّ |
أَنْتَ تَحْفَظُ القُرْآنَ بِالضَّبْطِ |
Menghafal |
حَفِظَ -يَحْفَظُ |
8
Materi Pembeajaran:
Buku |
Majalah |
||||
كُتُبٌ |
كِتَابَانِ |
كِتَابٌ |
مَجَلَّاتٌ |
مَجَلَّتَانِ |
مَجَلَّةٌ |
|
|
|
|
berapa |
كَمْ : |
العَدَدُ |
مُذَكَرٌ |
مُؤَنَّثٌ |
1 |
كِتَابٌ وَاحِدٌ |
مَجَلَّةٌ وَاحِدَةٌ |
2 |
كِتَابَانِ اثْنَانِ |
مَجَلَّتَانِ اثْنَتَانِ |
3 |
ثَلَاثَةُ كُتُبٍ |
ثَلَاثُ مَجَلَّاتٍ |
4 |
أَرْبَعَةُ كُتُبٍ |
أَرْبَعُ مَجَلَّاتٍ |
5 |
خَمْسَةُ كُتُبٍ |
خَمْسُ مَجَلَّاتٍ |
6 |
سِتَّةُ كُتُبٍ |
سِتُّ مَجَلَّاتٍ |
7 |
سَبْعَةُ كُتُبٍ |
سَبْعُ مَجَلَّاتٍ |
8 |
ثَمَانِيَةُ كُتُبٍ |
ثَمَانِيْ مَجَلَّاتٍ |
9 |
تِسْعَةُ كُتُبٍ |
تِسْعُ مَجَلَّاتٍ |
10 |
عَشَرَةُ كُتُبٍ |
عَشْرُ مَجَلَّاتٍ |
Penutup:
كَمْ كِتَابًا لَكَ؟ |
Berapa
jumlah buku milikmu? Milikku
ada 4 buku |
لِيْ أَرْبَعَةُ كُتُبٍ |
كَمْ
مَجَلَّةً عَلَى المَكْتَبِ؟ |
Berapa
jumlah majalah diatas meja? Diatasnya
ada 10 majalah |
عَلَيْهِ
عَشْرُ مَجَلَّاتٍ |
والسلام عليكم ورحمة الله وركاتة
Tidak ada komentar:
Posting Komentar