السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
KELAS X ( KURIKULUM
MERDEKA) :
1.
NAMA GURU : Heri Sutopo, M.E.Sy
2.
MATA PELAJARAN : PAI
3.
KELAS : X
4.
PERTEMUAN : Ke-2
5.
CP :
Di akhir fase E, Peserta didik mampu
menganalisis ayat AlQur’an dan hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam
kebaikan dan etos kerja.
Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancer ayat
Al-Qur’an serta Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan
etos kerja serta bahaya dari pergaulan bebas dan zina; dapat menyajikan konten
dan paparan tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja
6.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
a.
Peserta didik dapat menghafal dengan fasih dan
lancar ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang perintah untuk kompetisi dalam kebaikan
dan etos kerja.
b.
Peserta didik dapat menulis ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang perintah
untuk kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.
7.
MATERI : Bab 1. Berkompetisi
dalam kebaikan dan etos kerja.
8.
METODE :
Discovery Learning dan Diskusi Kelompok
9.
STRATEGI :
Persiapan Pembelajaran
1. Guru melakukan asesmen diagnostik dalam
bentuk kelancaran dalam membaca Q.S. Al-Maidah/5: 48 dan Q.S.
At-Taubah/9: 105 secara bersambung sebelu pembelajaran.
2. Guru menyiapkan bahan tayang video tentang
seorang membaca ayat Al-Qur’an
Q.S. Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
(15 menit)
a)
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
b)
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
c)
Guru memberikan apersepsi pentingnya menghafal Al-Qur’an.
d)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2. Kegiatan Inti (115 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a.
Guru bertanya tentang sejauhmana hasil bacaan siswa
b.
Peserta didik diminta untuk mulai menghafal masing-masing Q.S. Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
b.
Peserta didik diminta melakukan Kegiatan 1.2 mendengarkan untuk
menghafal
Q.S.
Al-Maidah/5: 48 pada Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X
dari PT
Penerbit Erlangga halaman 12.
c.
Peserta didik diminta mendengarkan hafalan Q.S. At-Taubah/9: 105 pada QR
Code Buku Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman7.
d.
Peserta didik diminta mendengarkan hafalan hadis tentang etos kerja pada QR
Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dari PT Penerbit
Erlangga halaman 9.
Langkah 3. Membimbing
Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang
dilakukan peserta didik.
b. Guru melihat dan mencatat sampel aktivitas
hafalan peserta didik/kelompok dan
diskusi
ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c. Guru bertanya tentang apa saja kendala peserta
kelompok dan memberikan bantuan
terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan
dan Menyajikan Hasil Hafalan
a.
Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikanhasil
hafalan Q.S. Al-Maidah/5: 48 dan Q.S.
At-Taubah/9: 105.
b.
Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c.
Guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan hasil
hafalan Q.S. Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
d.
elompok lain diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dihafalkan
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi
Proses Pemecahan Masalah
a.
Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi
terhadap peserta didik/kelompok yang
telah sukarela mempresentasikan hasil hafalan dan peserta didik yang sudah
terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang
kurang
sesuai.
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang
telah dilakukan yaitu Q.S. Al-Maidah/5:
48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.
b.
Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti I kelas X dari PT Penerbit Erlangga
halaman 17.
c.
Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Rencana Asesmen
Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu
Latihan Soal dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dari PT
Penerbit Erlangga halaman 19.
10.
PENGEMBBANGAN MATERI :
A.
URAIAN MATERI LEBIH SEMPURNA DI LENGKAPI MEDIA
PEMBELAJARAN ( PPT, VIDEO/KONTENT)
B.
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
1.
Apa itu yanmg dimaksud dengan Etos kerja?
2.
Bagaimana Etos kerja Seorang pelajar Muslim?
3.
Apa keuntungan seorang pelajar bila memiliki etos kerja yang baik?
C.
LATIHAN SOAL / TUGAS
1.
Berikan contoh 10 perilaku untuk meningkatkan etos
kerja dalam diri seorang pelajar!.
D.
KELAS X ( KURIKULUM MERDEKA) :
X A1 & X2
Wassalamualakum wrwb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar