Senin, 14 Juli 2025

BAHASA ARAB KELAS 11

 SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Mata Pelajaran

BAHASA ARAB

Kelas

XI

Guru Pengajar

Heri Sutopo, M.E.Sy

Pertemuan Ke-

1

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mam pu memahami dan merefleksi berbagai jenis teks visual atau teks multimoda dalam cerita pendek/ artikel/ esai/laporan/buku ten tang berbelanja, kesehatan, berwisata, haji dan umroh, teknologi informasi dan komunikasi, agama-agama di Indonesia, olahraga, pemuda, puisi Arab, peradaban Islam, kuliah di universitas, dengan menggunakan susunan gramatikal:

untuk mengelola informasi dari berbagai jenis teks.

Tujuan Pembelajaran

§  Mengulangi bunyi kosakata dan ungkapan dalam teks tentang التسوق

§  Melafalkan teks bacaan terkait tema التسوق

§  Menyalin kosakata yang di dengar terkait tema التسوق

§  Menyalin 'adad dan ma’dud dari angka yang tersedia

§  Membuat kalimat dengan menggunakan ‘adad yang tersedia

ATP

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.

§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan pertanyaan pemantik materi yang akan diajarkan.

Guru memotivasi peserta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh)

         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi : مهارة القراءة

         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi : مهارة القراءة

         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai : مهارة القراءة

         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait : مهارة القراءة

Asesmen

ماذا في السوق؟

أين تشتري الملابس؟

كم ثمن كيلو من التفاحة؟

Tugas

Tuliskan kosa kata Bahasa arab mengenai pasar!


Silahkan klik Download Buku Pelajaran Bahasa Arab SMA Kelas 10, 11 & 12.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahasa Arab kelas 12

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy   N ama  Sekolah :  SMA AL-AZHAR 3 BDL Materi Pokok :  BAB 1 -    الريا...