Jumat, 06 Januari 2023

PAI KELAS X IPA 2.3 JUMAT

  

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

Pert-1 : Bab 6 Menuntut Ilmu

KD-3.6 : Menganalisis Semangat Menuntut Ilmu, menerapkan, dan menyampaikan ilmu kepada sesama

Tujuan Pembelajaran:

-        Mampu memahami ayat dan hadits menuntut Ilmu

-        Menyebutkan adab-adab bagi pelajar dalam menuntut ilmu.

-        Mendeskripsikan manfaat menuntut Ilmu

-        Menulis membaca dan menghafal ayat dan hadist menuntut Ilmu.

Appersepsi Sms 1:

1.     Sebutkan tiga sumber hukum Islam!

2.     Apa hukuman bagi pelaku Zina?

3.     Sebutkan batas aurat laki-laki dan batas aurat perempuan!

4.     Apa makna dari  al-jami’, al-‘adl dan al-matin?

5.     Sebutkan nama-nama Malaikat dan tugasnya!

 

Materi Pelajaran “Menuntut Ilmu”

·       Sari Tilawah: Surat Al-Mujadalah 11-13

يآيها الذين أمنوا إذا قيل لكم تفسحوا في المجالس فافسحوا يفسح الله لكم  وإذا قيل انشزوا فانشزوا يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات........إلخ...

·       Mulahazoh :

Hadist kewajiban menuntut Ilmu:

طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة (رواه ابن ماجة)

Artinya: mencari Ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim laki-laki ataupun perempuan HR. Ibnu Majah

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله ص.م : قال إذا مات الإنسان انقطع عنه عمله إلا من ثلاث: إلا من صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعوله (رواه مسلم)

Artinya:

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a Bahwa Rasulullah SAW bersabda : apabila manusia mati terputuslah segala amalnya kecuali 3 perkara: yaitu shadaqah jariah yang terus mengalir, ilmu yang bermanfaat, anak sholeh yang selalu mendoakan keduanya (H.R Muslim)

 

اطلب العلم ولو بالصين

Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China

اطلب العلم من المهد إلى اللحد

Tuntutlah Ilmu dari buaian hingga liang lahat

 

 

·       Evaluasi dan Penutup

1.     Sebutkan 3 perkara setelah manusia meninggal dunia!

2.     Apa arti ”Al-mahdií dan Al-lahdu?

3.     Apa arti “fariidhatun”?

 

·       Tugas:

Menghafalkan hadits-hadist “Menuntut Ilmu Pert-1!

 

والسلام عليكم ورحمة الله وربركاته

Kamis, 05 Januari 2023

اللغة العربية : للنصف الدراسي الثاني : KELAS 11 IPA-IPS

 

SEKOLAH                            :  SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

MAPEL                                 : اللغة العربية

KELAS/SEMESTER           : XI/ I IPA-IPS

MATER POKOK                 :  الوحدة الأولى : فِيْ البَيْتِ :”Dirumah”

PERTEMUAN                      : 1

ALOKASI WAKTU                        : 1 JAM @45 MENIT

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

KD: 3.6  Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi (mudlari’) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.

TUJUAN PEMBELAJARAN:

o   Melafalkan kosa kata-kosa kata baru/ sulit.

o   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat.

o   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat.

o   Menceritakan keadaan/ kegiatan sesuai konteks

o   Melakukan percakapan tanya jawab sesuai konteks

Appersepsi :

Tentukan jenis fi’il di bawah ini:

أَجْلِسُ : Saya sedang duduk

أَسْتَأْذِنُ: Saya sedang minta izin

يُنَظِّفُوْنَ: Mereka (lk) sedang membersihkan                             (فعل مضارع) fi’il mudhari’

اُكْتُبْ : tulislah!

قُمْ :Berdirilah!

كُلْ :Makanlah!                                  (فعل أمر) fi’il amri

لَا تَجْلِسْ : jangan duduk kamu (lk)!

لَا تَلْعَبْ :Jangan main kamu !

لَا تَجْرِ :Jangan lari!

MATERI PEMBELAJARAN:

المفردات:

يَغْسِلُ : mencuci

يُشَاهِدُ: menyaksikan

يَكْنُسُ:Menyapu

يَطْبَحُ:Memasak

الدرس السادس : الوحدة الأولى :

1.    الاستماع و قراءة المقالة : فِيْ البَيْتِ  (الصفحة : 137)   

2.    الإعتبار عن عرض المقالة : يغسل السيارة : يشرب القهوة : يشاهد التلفاز : ينظف البيت :

3.    تحليل القواعد اللغوية : المفردات و الفعل المضارع و الضمائر.

4.    التمرين لسانا أو كتابة

PENUTUP

 

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan pelajaran.

·         Memberikan refleksi sederhana terkait kegiatan yang telah dilakukan

·         Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran berupa tanya jawab secara lisan.

Tugas:

·         Mencari kosakata nama-nama benda seputar lingkungan rumah!

·         Mencari kosa kata pekerjaan disekitar rumah!

 

والسلام عليكم ورحمة الله وربكاته

PAI KELAS X IPA 1.2.3 Pert-1 Semester II

 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

Pert-1 : Bab 6 Menuntut Ilmu

KD-3.6 : Menganalisis Semangat Menuntut Ilmu, menerapkan, dan menyampaikan ilmu kepada sesama

Tujuan Pembelajaran:

-        Mampu memahami ayat dan hadits menuntut Ilmu

-        Menyebutkan adab-adab bagi pelajar dalam menuntut ilmu.

-        Mendeskripsikan manfaat menuntut Ilmu

-        Menulis membaca dan menghafal ayat dan hadist menuntut Ilmu.

Appersepsi Sms 1:

1.     Sebutkan tiga sumber hukum Islam!

2.     Apa hukuman bagi pelaku Zina?

3.     Sebutkan batas aurat laki-laki dan batas aurat perempuan!

4.     Apa makna dari  al-jami’, al-‘adl dan al-matin?

5.     Sebutkan nama-nama Malaikat dan tugasnya!

 

Materi Pelajaran “Menuntut Ilmu”

·       Sari Tilawah: Surat Al-Mujadalah 11-13

يآيها الذين أمنوا إذا قيل لكم تفسحوا في المجالس فافسحوا يفسح الله لكم  وإذا قيل انشزوا فانشزوا يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات........إلخ...

·       Mulahazoh :

Hadist kewajiban menuntut Ilmu:

طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة (رواه ابن ماجة)

Artinya: mencari Ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim laki-laki ataupun perempuan HR. Ibnu Majah

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله ص.م : قال إذا مات الإنسان انقطع عنه عمله إلا من ثلاث: إلا من صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعوله (رواه مسلم)

Artinya:

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a Bahwa Rasulullah SAW bersabda : apabila manusia mati terputuslah segala amalnya kecuali 3 perkara: yaitu shadaqah jariah yang terus mengalir, ilmu yang bermanfaat, anak sholeh yang selalu mendoakan keduanya (H.R Muslim)

 

اطلب العلم ولو بالصين

Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China

اطلب العلم من المهد إلى اللحد

Tuntutlah Ilmu dari buaian hingga liang lahat

 

 

·       Evaluasi dan Penutup

1.     Sebutkan 3 perkara setelah manusia meninggal dunia!

2.     Apa arti ”Al-mahdií dan Al-lahdu?

3.     Apa arti “fariidhatun”?

 

·       Tugas:

Menghafalkan hadits-hadist “Menuntut Ilmu Pert-1!

 

والسلام عليكم ورحمة الله وربركاته

Rabu, 04 Januari 2023

نصف الدراسي الثاني 12 IPA IPS اللغة العربية

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته... 

  اللقاء 1: kelas 12 IPA/IPS

  KD. 3.5 Menentukan isi teks cerita (al-qashah) pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis sesuai konteks penggunaannya. 

appersepsi:

عين نوعا من الاأفعال الآتية:

جلس

كتب

تناول

   : ج: فعل الماضى

أجلس

أكتب

أتناول

ج. فعل المضارع

Materi : الدرس 5 القصص

الوحدة 1

المفردات:

امانة

مشهور

نبوة

عاد يعود

سافر يسافر

عرض يعرض

menawarkan

أخبر يخبر

حم يحمي

melindungi


الشرف:   kemuliaan


..كان النبي صلى الله عليه وسلم قبل النبوة... إلخ


Selasa, 01 November 2022

اللغة العربية XI

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.... 

KD. 3.3

 WIHDAH 2

Menyuruh al amru

 

Rabu, 19 Oktober 2022

اللغة العربية 12

 Assalamu'alaikum wrwb

Pendahuluan:
Apersepsi:
Membahas SOAL PTS
http://hsutopo.blogspot.com/2022/09/kunci-jawaban-pts-bahasa-arab-kelas-12.html?m=1
KD dan Materi
KD. 3.4
Membedakan ungkapan sederhana terkait perintah (الأمر) dan melarang (النهي) melakukan suatu tindakan kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulisan sesusai dengan konteks penggunaann
4.4
Menggunakan teks sederhana terkait perintah (الأمر) dan melarang (النهي) melakukan suatu tindakan kegiatan dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulisan sesusai dengan konteks penggunaannya.
Materi inti:
الأمر:
قام يقوم قم :berdiri
جرى يجري اجر: berlari
تقدم يتقدم تقدم : maju
النهي:
لا تقم : jangan berdiri
لا تجر:jangan berlari
لا تتقدم : jangan maju
Evaluasi:
سمع -يسمع: mendengar
اهتم يهتم: memperhatikan
حفظ يحفظ: menghafal

اللغة العربية 11

 Bahasa Arab X1

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.... 

3.3 membedakan ungkapan minta ijin 

(isti’dzan), menyuruh (al-amr), dan 

melarang (al-nahyu), dengan 

memperhatikan fungsi sosial, 

struktur teks, dan unsur 

kebahasaan pada teks interaksi 

interpersonal lisan dan tulis, sesuai 

dengan konteks penggunaannya

4.3 menggunakan teks sederhana berisi 

tindakan minta ijin (isti’dzan), 

menyuruh (al-amr), melarang (al-

nahyu), dengan memperhatikan 

fungsi sosial, struktur teks, dan

unsur kebahasaan yang benar dan 

sesuai konteks

*Apresepsi

كيف تقول في العربية"izin ke kamar mandi saya"؟ 

أستأذن الى الحمام.. 

*المادة:

الاستئذان: meminta izin

استأذن -يستأذن : meminta izin

المثال: بضمير "أنا - أنت:

*أنا أستأذن إلى الحمام

أنت تستأذن إلى الى المَكْتبة

الأمر: menyuruh/perintah 

فعل الامر: kata kerja perintah

كتب -يكتب -اُكْتُبْ: menulis

جلس يجلس اجلس:duduk

أكل يأكل كل: makan

قام يقوم  قم: berdiri

سمع يسمع اسمع: mendengar

سكت يسكت اسكت: diam

رمى يرمي ارمِ: membuang

جرى يجري اجر: berlari

الخ...... 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته.... 

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...