Kamis, 25 Juli 2024

Bahasa Arab Kelas 12

 

Materi Pembelajaran

Heri Sutopo, M.E.Sy

Nama Sekolah

: SMA AL-AZHAR 3 BDL

Materi Pokok

: BAB 1 -  الرياضة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: مهارة الكتابة

Kelas/Semester

: XII/Ganjil

Alokasi Waktu

: 1 x 45 menit (pertemuan ke – 4)

 

A.    Kompetensi Dasar

3.1.   Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

yang melibatkan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

3.2.   Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

4.1.Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal :  النعت – الإضافة

baik secara lisan maupun tulisan

 

4.2.Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة  baik secara lisan maupun tulisan

 

B.     Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui pembelajaran مهارة الكتابة, peserta didik mampu menyusun kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan benar

2.      Melalui pembelajaran مهارة الكتابة, peserta didik mampu membuat kalimat dengan kata yang tersedia tentang الرياضة dengan baik

C.    Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas XII KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 13

الريضة ، أنواع الرياضة ، الأفعال تتعلق باارياضة.

D.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.      Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik.

3.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, telegram, google classroom yang mendukung belajar Bahasa Arab SMA

Inti :

1.      Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA

2.      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.      Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan Buku Bahasa Arab MA

4.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.      Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.      Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran di kelas

4.      Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

 

BAHASA ARAB KELAS 12

  الإعداد

القاء :١

المادة :اللغة العربية

الفصل :12

الغرض العام:

قدرة التلاميذ على فهم اللغة العربية أنهم من جزء دين الإسلام

Para siswa mampu memahami menkhayati bahasa arab adalah bagian dari ajaran Agama Islam

 الغرض الخاص:

قدرة التلميذ على نطق اللغة العربية من المفردات أو الكلمات

قدرة التلاميذ على قراءة المقالة العربية تتعلق بالموضوع

قدرة التلاميذ على وضع المفردات إلى جملة مفيدة

قدرة التلميذ على إجابة الأسئلة من المدرسヒ

المقدمة:

إلقاء السلام

التعارف

تحقيق المادة

Materi Pelajaran:

الأسئلة عن الدرس الماضى:pelajaran terdahulu

الطريقة: 

الاستقرائية induktif 

الاستجواب Tanya jawab

الحوار dialog

المادة : موضوع "الوحدة الأولى

المفردات:

طائر: Pesawat

هبط-يهبطmendarat:

وصل-يصل:sampai

حضر-يحضر:hadir ,ada,datang

رجا-يرجو:mengaharapkan

جرى-يجري:berlari

رحّب-يرحب:menyambut

انتظر-ينتظر: Menunggu

متن الدرس: المرجع من الكتاب  "الوحدة الاولى"


Rabu, 24 Juli 2024

bahasa arab 11

 

Mata Pelajaran

اللغة العربية

KELAS

11

Pert-2

كتابة المفردات و تركيب الجملة

TP:

1.       Siswa mampu menirukan kosa kata yang disampaikan opleh guru

2.       Siswa mampu menulis kosakata yang ditulis guru di papan tulis

3.       Siswa  mampu menyusun kalimat dari kosa kata yang disampaikan

Guru Mapel        : Heri Sutopo, M.E.Sy

 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Materi:

فِيْ السُّوْقِ

Pasar

سُوْقٌ

Penjual

بَائِعٌ

Pembeli

مُشْتَرِي

Pedagang

تَاجِرٌ

Duit/ Uang

نُقُوْدٌ/ فُلُوْسٌ

Menjual

بَاعَ – يَبِيْعُ

Membeli

اشترى – يشتري

Sayur mayor

الخضروات

Buah-buahan

الفاكهة ج. الفواكه

Kios/took

دكّان

Pakaian

الثياب

Perabot rumah

أثاث المنزل

Sembako

المَأْكُوْلَاتُ

Di/ pada

فِيْ

Bersama

مَعَ

Membayar

دَفَعَ – يَدْفَعُ

Contoh kalimat:

يَشْتَرِي الأَبُ السِرْوَالَ فِيْ دُكَّانِ الثِّيَابِ

والسلام عليكم ورحمة الله وركاته

Selasa, 23 Juli 2024

bahasa arab x

 

Mata Pelajaran

Bahasa Arab

Kelas

X

Guru Mapel

Heri Sutopo, M.E.Sy

TP.

1.      Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema:  و التعارف التحيات  yang melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berterimakasih, dan berpamitan dengan memperhatikan  تقسيم الكلمة – الارقام ا – 100

2.      Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema: (التحيات, التحيات و التعارف, البيانات الشخصية, التعريف بالنفس وبالغير ) و التعارف التحيات dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari تقسيم الكلمة –

ATP.

1.      Melalui pembelajaran مهارة القراءة, peserta didik mampu membaca teks qiroah tentang perkenalan dan memperkenalkan orang lain dengan baik

2.      Melalui pembelajaran مهارة القراءة, peserta didik mampu menganalisis gagasan dari teks qiroah tentang perkenalan dan memperkenalkan orang lain dengan baik

 

Assalamualaikum wrwb

مادة التدريس :

الأجوبة

التحيات

صباح النور

صباح الخير

مساء النور

مساء الخير

سعيد مباركة

نهارك سعيد

أهلا بك

أهلا وسهلا

مع السلامة

إلى اللقاء

في أمان الله

مع السلامة

عفوا

شكرا

في أمان الله

مع السلامة

أنا مسرور بمعرفتك

أنا سعيد بلقائك

 

Wassalamualaikum wrwb

Senin, 22 Juli 2024

BAHASA ARAB 11

 

                                                        MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS 11

                                                           GURU MAPEL : HERI SUTOPO, M.E.Sy

 

Nama Sekolah

: SMA AL-AZHAR 3 BDL

Materi Pokok

: BAB 1 - التسوق

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: مهارة الإستماع

Kelas/Semester

: XI/Ganjil

Alokasi Waktu

: 2 x 45 menit (pertemuan ke –1)

 

A.      Kompetensi Dasar

3.1.     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون

3.2.     Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون

4.1.  Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan

 

 

 

4.2.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema:

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan

 

B.      Tujuan Pembelajaran

1.       Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melafalkan kosakata yang diperdengarkan tentang tema التسوق dengan baik

2.       Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu menuliskan kosakata yang diperdengarkan tentang tema التسوق benar

C.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas X KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 3 – 4

Teks Materi:

عادة نحن نتسوق في السوق و السوبر ماركيت، و تباع فيهما أنواع كثيرة من السلع....

المفردات:

الاستماع 1:

البائع و المشتري....

 

D.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

3.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, telegram, google classroom dan sejenisnya maupun E-Learning Bahasa Arab MA

Inti :

1.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA

2.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA

4.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...