MATERI AJAR BAHASA
ARAB KELAS 11
GURU MAPEL : HERI
SUTOPO, M.E.Sy
Nama Sekolah |
: SMA AL-AZHAR 3
BDL |
Materi Pokok |
: BAB 1 - التسوق |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: مهارة الإستماع |
Kelas/Semester |
: XI/Ganjil |
Alokasi Waktu |
: 2 x 45 menit (pertemuan ke –1) |
A. Kompetensi Dasar
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema : التسوق ( في السوق
التقليدي، في السوويرماركيت ) yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan bentuk,
timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و
مليون و مليار و بليون 3.2. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang
berkaitan dengan tema: التسوق ( في السوق
التقليدي، في السوويرماركيت ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari
susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون |
4.1. Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan bentuk,
timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و
مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan 4.2. Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab
yang berkaitan dengan tema: التسوق ( في السوق
التقليدي، في السوويرماركيت ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari
susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون
baik secara lisan maupun tulisan |
B. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui pembelajaran
مهارة الإستماع, peserta didik mampu
melafalkan kosakata yang diperdengarkan tentang tema التسوق
dengan baik
2. Melalui pembelajaran مهارة
الإستماع, peserta didik mampu menuliskan kosakata yang diperdengarkan
tentang tema التسوق benar
C. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa Arab Kelas
X KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 3 – 4
Teks Materi:
عادة نحن نتسوق في السوق و السوبر ماركيت، و تباع فيهما
أنواع كثيرة من السلع....
المفردات:
الاستماع 1:
البائع و المشتري....
D. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
1.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a
2.
Guru memberikan
motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara
mengikuti protokol kesehatan Covid-19
3.
Guru memeriksa
kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, telegram,
google classroom dan sejenisnya maupun E-Learning Bahasa Arab MA
Inti :
1.
Peserta didik
diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan
(word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa
Arab MA
2.
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning
Bahasa Arab MA sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya
3.
Peserta didik
diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi
maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA
4.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
1.
Guru dan
peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah
dilaksanakan
2.
Guru memberikan
apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan
disiplin
3.
Guru memberikan
evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan
pembelajaran daring
4. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar