RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy
Nama Sekolah |
: SMA AL-AZHAR 3 BDL |
Materi Pokok |
: BAB 1 - الرياضة |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: مهارة الإستماع |
Kelas/Semester |
: XII/Ganjil |
Alokasi Waktu |
: 1 x 45 menit (pertemuan
ke – 1) |
A. Kompetensi
Dasar
3.1. Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna)
dari teks yang berkaitan dengan tema : الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) yang melibatkan tindak tutur membandingkan sesuatu
dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة 3.2. Menganalisis
gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema: الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari
susunan gramatikal : النعت - الإضافة |
4.1.Mendemonstrasikan
tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan
fungsi dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة baik secara lisan maupun tulisan 4.2.Mengkonstruksi
hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema: الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة ) dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari
susunan gramatikal : النعت – الإضافة
baik secara lisan maupun tulisan |
B. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui pembelajaran مهارة
الإستماع, peserta didik mampu melafalkan kosakata yang diperdengarkan
tentang jenis-jenis olahraga dengan baik
2. Melalui pembelajaran مهارة
الإستماع, peserta didik mampu menuliskan kosakata yang diperdengarkan
tentang jenis-jenis olahraga dengan benar
3. Melalui pembelajaran مهارة
الإستماع, peserta didik mampu mengkategorikan kosakata tentang
jenis-jenis olahraga (perseorangan/banyak) dengan benar
4. Melalui pembelajaran مهارة
الإستماع, peserta didik mampu melengkapi teks dari hiwar yang
diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan benar
C. Materi
Pembelajaran
Buku Bahasa Arab Kelas XII KMA 183 Revisi
Tahun 2020 halaman 3 – 5
Teks materi:
الدرس الأول : الرياضة
الرياضة النشاطات التي يستفيد منها الإنسان لشتى
الأهداف.....ألخ...
المفرات:
أ.
يستفيد:
ب. شتى:
ت. الأهداف: .....ألخ
D. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan :
1. Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan
salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a
2. Guru memberikan motivasi terhadap peserta
didik untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran
3. Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui
forum absensi,
Inti
1. Peserta didik diberikan tutorial membaca teks
tema الرياضة oleh Guru dan mempelajari materi
pembelajaran baik dalam bacaan disiapkan dalam BUKU MATERI Bahasa Arab SMA
2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik
untuk mandiri untuk membaca teks Bahasa Arab tema الرياضة sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang
ada di dalamnya
3. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
1. Guru dan peserta didik melakukan refleksi
hasil proses pembelajaran di kelas yang telah dilaksanakan
2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang
dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin
3. Guru memberikan evaluasi untuk mengukur
kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring
4.
Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
E. Penilaian مهارة الإستماع
معايير التقويم )Kriteria Penilaian) |
الإسم |
|||
جيد جدا 86-95 |
جيد 75-85 |
مقبول 46-75 |
راسب 0-45 |
|
|
|
|
|
Dora |
|
|
|
|
Dori |
|
|
|
|
Maya |
|
|
|
|
Laila |
|
|
|
|
Putri |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar