BAHASA ARAB KELAS X
Nama Sekolah |
: SMA AL-AZHAR 3 |
Materi Pokok |
: BAB 1 - و التعارف التحيات |
Mata Pelajaran |
: Bahasa Arab |
Sub Materi |
: القواعد |
Kelas/Semester |
: X/Ganjil |
Alokasi Waktu |
: 1 x 45 menit (pertemuan ke –3) |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan
tema: و
التعارف التحيات
yang
melibatkan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf,
berterimakasih, dan berpamitan dengan memperhatikan تقسيم الكلمة – الارقام ا – 100 3.2. Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang
berkaitan dengan tema: (التحيات,
التحيات و التعارف, البيانات الشخصية, التعريف بالنفس وبالغير ) و التعارف التحيات dengan
memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari تقسيم
الكلمة – الارقام 1- 100 |
4.1.
Mendemonstrasikan
tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan
memperhatikan تقسيم الكلمة – الارقام ا – 100 baik secara lisan maupun tulisan 4.2.
Menyajikan
hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema و التعارف التحيات
(التحيات, التحيات و التعارف, البيانات الشخصية, التعريف بالنفس وبالغير )
dengan
memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari تقسيم
الكلمة – الارقام 1- 100 |
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Melalui
pembelajaran القواعد, peserta didik mampu
memahami kaidah pembagian kalimat yaitu isim fi'il dan harf dengan baik
2. Melalui pembelajaran القواعد,
peserta didik mampu mengkategorikan kalimat Isim fi'il dan harf dari sebuah
teks dengan benar
C. Materi Pembelajaran
Buku Bahasa Arab Kelas
X KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 9 - 13
D. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan :
1.
Guru membuka
kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a
2.
Guru memberikan
motivasi terhadap peserta didik
3.
Guru memeriksa
kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, telegram,
google classroom berBahasa Arab MA
Inti :
1.
Peserta didik
diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan
(word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam buku bahasa Arab MA
2.
Guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan buku Bahasa Arab MA sekaligus
mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya
3.
Peserta didik
diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi
maupun kesulitan dalam menggunakan buku Bahasa Arab MA
4.
Guru dan
peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran
Penutup :
1.
Guru dan
peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah
dilaksanakan
2.
Guru memberikan
apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan
disiplin
3.
Guru memberikan
evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan
pembelajaran daring
4. Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran
selanjutnya
Wassalamuakum wrwb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar