Kamis, 25 Juli 2024

Bahasa Arab Kelas 12

 

Materi Pembelajaran

Heri Sutopo, M.E.Sy

Nama Sekolah

: SMA AL-AZHAR 3 BDL

Materi Pokok

: BAB 1 -  الرياضة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: مهارة الكتابة

Kelas/Semester

: XII/Ganjil

Alokasi Waktu

: 1 x 45 menit (pertemuan ke – 4)

 

A.    Kompetensi Dasar

3.1.   Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

yang melibatkan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

3.2.   Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

4.1.Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal :  النعت – الإضافة

baik secara lisan maupun tulisan

 

4.2.Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة  baik secara lisan maupun tulisan

 

B.     Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui pembelajaran مهارة الكتابة, peserta didik mampu menyusun kata acak menjadi kalimat yang sempurna dengan benar

2.      Melalui pembelajaran مهارة الكتابة, peserta didik mampu membuat kalimat dengan kata yang tersedia tentang الرياضة dengan baik

C.    Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas XII KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 13

الريضة ، أنواع الرياضة ، الأفعال تتعلق باارياضة.

D.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.      Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik.

3.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, telegram, google classroom yang mendukung belajar Bahasa Arab SMA

Inti :

1.      Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA

2.      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.      Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan Buku Bahasa Arab MA

4.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.      Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.      Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran di kelas

4.      Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...