Rabu, 23 Juli 2025

BAHAN AJAR BAHASA ARAB KELAS 12

 BAHAN AJAR BAHASA ARAB KELAS 12

Tema: الرياضة (Olahraga)

Pendekatan: Pembelajaran Mendalam / Deep Learning

Sekolah: SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Guru: Heri Sutopo, M.E.Sy

A. Tujuan Pembelajaran

- Siswa mampu menyebutkan nama-nama cabang olahraga dalam Bahasa Arab.

- Siswa mampu membuat kalimat sederhana tentang aktivitas olahraga.

- Siswa memahami manfaat olahraga dalam kehidupan sehari-hari.

- Siswa mampu mendeskripsikan kegiatan olahraga yang mereka lakukan.

- Siswa terlibat aktif dalam diskusi dan permainan peran bertema olahraga.

B. Materi Pokok

1. Kosakata (المفردات):

Bahasa Indonesia

Bahasa Arab

Latin

Olahraga

الرياضة

ar-riyāḍah

Sepak bola

كرة القدم

kuratul qadam

Renang

السباحة

as-sibāḥah

Bola basket

كرة السلة

kurat as-sallah

Badminton

كرة الريشة

kurat ar-rīsyah

Futsal

كرة الصالات

kurat aṣ-ṣālāt

Pencak silat

السيـلات

as-sīlāt

Tim

فريق

farīq

Pemain

لاعب

lā‘ib

Lapangan

ملعب

mal‘ab

Seragam

زي رياضي

zīyy riyāḍī

Berlari

يركض

yarkuḍ

Melompat

يقفز

yaqfiz

Menang

يفوز

yafūz

Latihan

تدريب

tadrīb

 

C. Alur Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

Fase

Aktivitas Siswa

Aktivitas Guru

1. Tahap Kontekstualisasi

Menonton video pendek tentang pertandingan olahraga antar pelajar.

Menyajikan video dan memberi pertanyaan pemantik: “Apa olahraga favoritmu?”

2. Tahap Investigasi Konseptual

Mencari dan mencatat kosakata olahraga dalam Bahasa Arab.

Menyediakan tabel kosakata dan membantu siswa memahami maknanya melalui contoh.

3. Tahap Kolaborasi dan Aplikasi

Bermain peran sebagai komentator olahraga menggunakan Bahasa Arab.

Memfasilitasi diskusi kelompok dan permainan peran “laporan pertandingan.”

4. Tahap Refleksi dan Transfer

Menulis pengalaman pribadi berolahraga dalam Bahasa Arab.

Memberi umpan balik dan memandu siswa dalam menyimpulkan pembelajaran.


📝 D. Tugas dan Latihan

1.      Latihan 1: Cocokkan kosakata Arab dengan gambar cabang olahraga.

2.      Latihan 2: Lengkapi kalimat berikut:

o    أنا أحب رياضة _______

o    فريقي يلعب في ملعب _______

3.      Latihan 3: Tulis deskripsi pendek (5 kalimat) tentang kegiatan olahraga yang kamu lakukan.

4.      Latihan 4: Diskusi kelompok kecil: Manfaat olahraga dalam kehidupan sehari-hari (dalam Bahasa Arab sederhana).


🎯 E. Penilaian

Aspek

Teknik

Kriteria

Penguasaan kosakata

Kuis & Lisan

Menyebutkan min. 10 kosakata olahraga dengan benar

Kemampuan berbicara

Peran & Presentasi

Menjelaskan kegiatan olahraga sederhana

Pemahaman makna teks

Membaca & menjawab soal

Menjawab pertanyaan isi teks

Refleksi pribadi

Menulis deskripsi diri

Tulisan 4–5 kalimat tentang olahraga


📸 F. Ilustrasi Kegiatan Olahraga (Tersedia)

Saya dapat menyertakan gambar ilustrasi siswa-siswi SMA Indonesia sedang:

·         Bermain sepak bola di lapangan

·         Renang di kolam renang sekolah

·         Bola basket dengan seragam SMA

·         Bermain bulu tangkis di aula sekolah

·         Futsal di dalam ruangan

·         Pencak silat: siswa laki-laki dan siswi berhijab berlatih bela diri

 


Selasa, 22 Juli 2025

BAHASA ARAB KELAS XI

  

BAHAN AJAR BAHASA ARAB KELAS XI

Tema: في السوق (Di Pasar)
Fase: F (Kelas 11)
Pendekatan: Pembelajaran Mendalam / Deep Learning
Alokasi Waktu: 4 JP (4 x 45 menit)
Sekolah: SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Guru: Heri Sutopo, M.E.Sy


🎯 A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu menyebutkan nama-nama benda dan aktivitas di pasar dalam Bahasa Arab.
  2. Siswa mampu membuat kalimat dan dialog transaksi sederhana di pasar.
  3. Siswa mampu memahami struktur teks percakapan jual beli dalam Bahasa Arab.
  4. Siswa dapat mengekspresikan pendapat dan preferensi dalam berbelanja.
  5. Siswa mampu bekerja sama menyusun dialog simulasi jual beli.

📚 B. Materi Pokok

1. Kosakata (المفردات)

Bahasa Indonesia

Bahasa Arab

Latin

Pasar

السوق

as-sūq

Penjual

البائع

al-bā’i‘

Pembeli

المشتري

al-musytarī

Sayuran

الخضروات

al-khuḍrawāt

Buah-buahan

الفواكه

al-fawākih

Daging

اللحم

al-laḥm

Ikan

السمك

as-samak

Harga

السعر

as-si‘r

Murah

رخيص

rakhīṣ

Mahal

غالي

ghālī

Uang

النقود

an-nuqūd

Berat

الوزن

al-wazn

Timbangan

الميزان

al-mīzān

Membeli

يشتري

yashtarī

Menjual

يبيع

yabī‘


🧠 C. Alur Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

Fase

Aktivitas Siswa

Peran Guru

1. Kontekstualisasi

Siswa mengamati gambar atau video tentang suasana pasar tradisional.

Guru menampilkan video dan bertanya: “Apa saja yang ada di pasar?”

2. Investigasi Konseptual

Siswa mencari dan mencatat kosakata yang berkaitan dengan aktivitas jual beli.

Guru membimbing pencatatan kosakata dan memberi latihan mencocokkan.

3. Kolaborasi dan Aplikasi

Siswa menyusun dan memerankan dialog jual beli dalam kelompok.

Guru memberi contoh dialog dan memfasilitasi simulasi jual beli.

4. Refleksi dan Transfer

Siswa menulis teks narasi pengalaman berbelanja di pasar (dalam Bahasa Arab).

Guru memberi bimbingan dan umpan balik terhadap hasil karya siswa.


📝 D. Contoh Dialog Sederhana

المشتري: السلام عليكم 

البائع: وعليكم السلام 

المشتري: كم سعر هذا التفاح؟ 

البائع: عشرة آلاف رُبِيَّة

المشتري: هل يمكن أن تخفض السعر؟ 

البائع: نعم، تسعة آلاف فقط

المشتري: شكراً، أريد كيلوغراماً واحداً

البائع: تفضل.


📝 E. Latihan dan Tugas

  1. Latihan 1: Menyusun pasangan kata (kata benda + aktivitas di pasar).
  2. Latihan 2: Menjawab pertanyaan isi dari teks dialog.
  3. Latihan 3: Membuat dialog baru jual beli bersama teman.
  4. Tugas Proyek: Membuat vlog atau drama pendek berbahasa Arab tentang kegiatan di pasar.

📊 F. Penilaian

Aspek

Teknik

Indikator Pencapaian

Kosakata

Tes lisan & tulis

Menyebutkan min. 10 kosakata pasar dengan benar

Keterampilan berbicara

Simulasi & percakapan

Mampu melakukan dialog jual beli dengan percaya diri

Membaca pemahaman

Teks dialog

Menjawab isi teks dialog dengan tepat

Penulisan narasi

Menulis pengalaman

Teks naratif 5–7 kalimat tentang kegiatan di pasar

 

Silahkan klik Download Buku Pelajaran Bahasa Arab SMA Kelas 10, 11 & 12.

 

اللغة العربية 12

  📚 BAHAN AJAR BAHASA ARAB KELAS 12 📝 Materi: Na’at dan Man’ut (Sifat dan Yang Disifati) القاعدة I. Kompetensi Dasar Memahami kaidah ...