BAHAN AJAR BAHASA ARAB KELAS 12
Tema: الرياضة
(Olahraga)
Pendekatan: Pembelajaran Mendalam / Deep Learning
Sekolah: SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
Guru: Heri Sutopo, M.E.Sy
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mampu menyebutkan nama-nama cabang olahraga dalam Bahasa Arab.
- Siswa mampu membuat kalimat sederhana tentang aktivitas olahraga.
- Siswa memahami manfaat olahraga dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa mampu mendeskripsikan kegiatan olahraga yang mereka lakukan.
- Siswa terlibat aktif dalam diskusi dan permainan peran bertema
olahraga.
B. Materi
Pokok
1. Kosakata (المفردات):
Bahasa Indonesia |
Bahasa Arab |
Latin |
Olahraga |
الرياضة |
ar-riyāḍah |
Sepak bola |
كرة القدم |
kuratul qadam |
Renang |
السباحة |
as-sibāḥah |
Bola basket |
كرة السلة |
kurat as-sallah |
Badminton |
كرة الريشة |
kurat ar-rīsyah |
Futsal |
كرة الصالات |
kurat aṣ-ṣālāt |
Pencak silat |
السيـلات |
as-sīlāt |
Tim |
فريق |
farīq |
Pemain |
لاعب |
lā‘ib |
Lapangan |
ملعب |
mal‘ab |
Seragam |
زي رياضي |
zīyy riyāḍī |
Berlari |
يركض |
yarkuḍ |
Melompat |
يقفز |
yaqfiz |
Menang |
يفوز |
yafūz |
Latihan |
تدريب |
tadrīb |
C. Alur Pembelajaran Mendalam
(Deep Learning)
Fase |
Aktivitas Siswa |
Aktivitas Guru |
1. Tahap Kontekstualisasi |
Menonton video pendek tentang pertandingan olahraga antar pelajar. |
Menyajikan video dan memberi pertanyaan pemantik: “Apa olahraga
favoritmu?” |
2. Tahap Investigasi Konseptual |
Mencari dan mencatat kosakata olahraga dalam Bahasa Arab. |
Menyediakan tabel kosakata dan membantu siswa memahami maknanya
melalui contoh. |
3. Tahap Kolaborasi dan Aplikasi |
Bermain peran sebagai komentator olahraga menggunakan Bahasa Arab. |
Memfasilitasi diskusi kelompok dan permainan peran “laporan
pertandingan.” |
4. Tahap Refleksi dan Transfer |
Menulis pengalaman pribadi berolahraga dalam Bahasa Arab. |
Memberi umpan balik dan memandu siswa dalam menyimpulkan
pembelajaran. |
📝 D. Tugas
dan Latihan
1.
Latihan 1: Cocokkan kosakata Arab dengan gambar cabang olahraga.
2.
Latihan 2: Lengkapi kalimat berikut:
o أنا أحب رياضة _______
o فريقي يلعب في ملعب _______
3.
Latihan 3: Tulis deskripsi pendek (5 kalimat) tentang kegiatan olahraga
yang kamu lakukan.
4.
Latihan 4: Diskusi kelompok kecil: Manfaat olahraga dalam kehidupan
sehari-hari (dalam Bahasa Arab sederhana).
🎯 E.
Penilaian
Aspek |
Teknik |
Kriteria |
Penguasaan kosakata |
Kuis & Lisan |
Menyebutkan min. 10 kosakata olahraga dengan benar |
Kemampuan berbicara |
Peran & Presentasi |
Menjelaskan kegiatan olahraga sederhana |
Pemahaman makna teks |
Membaca & menjawab soal |
Menjawab pertanyaan isi teks |
Refleksi pribadi |
Menulis deskripsi diri |
Tulisan 4–5 kalimat tentang olahraga |
📸 F.
Ilustrasi Kegiatan Olahraga (Tersedia)
Saya dapat menyertakan gambar
ilustrasi siswa-siswi SMA Indonesia sedang:
·
Bermain
sepak bola di lapangan
·
Renang
di kolam renang sekolah
·
Bola
basket dengan seragam SMA
·
Bermain
bulu tangkis di aula sekolah
·
Futsal
di dalam ruangan
·
Pencak
silat: siswa laki-laki dan siswi berhijab berlatih bela diri