Mata Pelajaran |
Bahasa Arab |
Guru |
Heri
Sutopo,M.E.Sy |
KD. 3.8
mengemukakan tindak tutur yang menyatakan
dan menanyakan tentang deskripsi benda
(sifat al- maddah), secara sederhana dengan
memperhatikan fungsi sosial, 4.8 memproduksi teks sederhana
berisi tindakan memberi
dan meminta informasi terkait dengan keberadaan benda (sifat al-maddah), dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
|
Tujuan Pembelajaran: ·
Mampu
mengucap, menulis kosa kata dalam shifat al-maddah ·
Menghafal
kosa kata shifat al-maaddah. |
السلام
عليكم ورحمة الله وركاته
|
Kosa kata |
المُفْرَدَاتُ: |
|
Jalan itu panjang |
الطَّرِيْقٌ
طَوِيْلٌ |
Panjang-pendek |
طَوِيْلٌ –
قَصِيْرٌ |
Masjid itu besar |
المَسْجِدُ
كَبِيْرٌ |
Besar-kecil |
كَبِيْرٌ –
صَغِيْرٌ |
Batu itu berat |
الحَجَرُ ثَقِيْلٌ |
Berat-ringan |
ثَقِيْلٌ –
خَفِيْفٌ |
Lapangan itu luas |
المَيْدَانُ
وَاسِعٌ |
Sempit-luas |
ضَيِّقٌ – وَاسِعٌ |
Sumur itu dalam |
البِئْرُ عَمِيْقٌ |
Dalam –dangkal |
عَمِيْقٌ –
ضَحْلٌ |
Menara itu tinggi |
المَنَارَةُ
مُرْتَفِعَةٌ |
Tinggi-rendah |
مُرْتَفِعٌ –
سُفْلَى |
Es itu dingin |
الثَّلْجُ بَارِدٌ |
Panas – dingin |
حَارٌّ – بَارِدٌ |
Kota itu jauh |
المَدِيْنَةُ
بَعِيْدَةٌ |
Jauh-dekat |
بَعِيْدٌ –
قَرِيْبٌ |
Buku itu tebal |
الكِتَابُ ثَخِيْنٌ |
Tebal-tipis |
ثَخِيْنٌ –
رَقِيْقٌ |
Penutup:
1.
Masing-masing siswa
untuk menghafal!
والسلام
عليكم ورحمة الله وربكاته
Tidak ada komentar:
Posting Komentar