Mata Pelajaran | Bahasa Arab |
Guru | Heri Sutopo,M.E.Sy |
KD. 3.8 mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi benda (sifat al- maddah), secara sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, 4.8 memproduksi teks sederhana berisi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan keberadaan benda (sifat al-maddah), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | |
Tujuan Pembelajaran: · Mampu mengucap, menulis kosa kata dalam shifat al-maddah · Menghafal kosa kata shifat al-maaddah. |
السلام عليكم ورحمة الله وركاته
| Kosa kata | المُفْرَدَاتُ: | |
Jalan itu panjang | الطَّرِيْقٌ طَوِيْلٌ | Panjang-pendek | طَوِيْلٌ – قَصِيْرٌ |
Masjid itu besar | المَسْجِدُ كَبِيْرٌ | Besar-kecil | كَبِيْرٌ – صَغِيْرٌ |
Batu itu berat | الحَجَرُ ثَقِيْلٌ | Berat-ringan | ثَقِيْلٌ – خَفِيْفٌ |
Lapangan itu luas | المَيْدَانُ وَاسِعٌ | Sempit-luas | ضَيِّقٌ – وَاسِعٌ |
Sumur itu dalam | البِئْرُ عَمِيْقٌ | Dalam –dangkal | عَمِيْقٌ – ضَحْلٌ |
Menara itu tinggi | المَنَارَةُ مُرْتَفِعَةٌ | Tinggi-rendah | مُرْتَفِعٌ – سُفْلَى |
Es itu dingin | الثَّلْجُ بَارِدٌ | Panas – dingin | حَارٌّ – بَارِدٌ |
Kota itu jauh | المَدِيْنَةُ بَعِيْدَةٌ | Jauh-dekat | بَعِيْدٌ – قَرِيْبٌ |
Buku itu tebal | الكِتَابُ ثَخِيْنٌ | Tebal-tipis | ثَخِيْنٌ – رَقِيْقٌ |
| Banyak – sedikit | كَثِيْرٌ – قَلِيْلٌ | |
| Jernih-keruh | صَافٍ – كَدِرٌ | |
| Bagus – buruk | جَمِيْلٌ – قَبِيْحٌ | |
| Bersih – kotor | نَظِيْفٌ – وَسِخٌ | |
| Manis - pahit | حُلْوَةٌ - مُرٌّ |
Penutup:
1. Masing-masing siswa untuk menghafal!
والسلام عليكم ورحمة الله وربكاته
Tidak ada komentar:
Posting Komentar