Senin, 22 Juli 2024

BAHASA ARAB 11

 

                                                        MATERI AJAR BAHASA ARAB KELAS 11

                                                           GURU MAPEL : HERI SUTOPO, M.E.Sy

 

Nama Sekolah

: SMA AL-AZHAR 3 BDL

Materi Pokok

: BAB 1 - التسوق

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: مهارة الإستماع

Kelas/Semester

: XI/Ganjil

Alokasi Waktu

: 2 x 45 menit (pertemuan ke –1)

 

A.      Kompetensi Dasar

3.1.     Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون

3.2.     Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون

4.1.  Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan

 

 

 

4.2.  Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema:

التسوق ( في السوق التقليدي، في السوويرماركيت )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : عدد ألف و مليون و مليار و بليون baik secara lisan maupun tulisan

 

B.      Tujuan Pembelajaran

1.       Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melafalkan kosakata yang diperdengarkan tentang tema التسوق dengan baik

2.       Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu menuliskan kosakata yang diperdengarkan tentang tema التسوق benar

C.      Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas X KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman 3 – 4

Teks Materi:

عادة نحن نتسوق في السوق و السوبر ماركيت، و تباع فيهما أنواع كثيرة من السلع....

المفردات:

الاستماع 1:

البائع و المشتري....

 

D.     Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.       Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.       Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara mengikuti protokol kesehatan Covid-19

3.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi, baik melalui grup whatsapp, telegram, google classroom dan sejenisnya maupun E-Learning Bahasa Arab MA

Inti :

1.       Peserta didik diberikan tutorial untuk mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan (word/pdf), maupun video yang sudah disiapkan dalam Aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA

2.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.       Peserta didik diberikan stimulus agar berani untuk bertanya yang berkaitan dengan materi maupun kesulitan dalam menggunakan aplikasi E-Learning Bahasa Arab MA

4.       Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.       Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran daring yang telah dilaksanakan

2.       Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.       Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.       Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

BAHASA ARAB KELAS 12

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy

 

Nama Sekolah

: SMA AL-AZHAR 3 BDL

Materi Pokok

: BAB 1 -  الرياضة

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab

Sub Materi

: مهارة الإستماع

Kelas/Semester

: XII/Ganjil

Alokasi Waktu

: 1 x 45 menit (pertemuan ke – 1)

 

A.    Kompetensi Dasar

3.1.   Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks yang berkaitan dengan tema :

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

yang melibatkan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

3.2.   Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari susunan gramatikal : النعت - الإضافة

4.1.Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal :  النعت – الإضافة

baik secara lisan maupun tulisan

 

 

 

4.2.Mengkonstruksi hasil analisis gagasan dari teks bahasa arab yang berkaitan dengan tema:

الرياضة ( أنواع الرياضة، المسابقات الرياضة )

dengan memperhatikan bentuk makna dan fungsi dari dari susunan gramatikal : النعت – الإضافة baik secara lisan maupun tulisan

B.     Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melafalkan kosakata yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan baik

2.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu menuliskan kosakata yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan benar

3.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu mengkategorikan kosakata tentang jenis-jenis olahraga (perseorangan/banyak) dengan benar

4.      Melalui pembelajaran مهارة الإستماع, peserta didik mampu melengkapi teks dari hiwar yang diperdengarkan tentang jenis-jenis olahraga dengan benar

C.    Materi Pembelajaran

Buku Bahasa Arab Kelas XII KMA 183 Revisi Tahun 2020 halaman  3 – 5

Teks materi:

الدرس الأول : الرياضة

الرياضة النشاطات التي يستفيد منها الإنسان لشتى الأهداف.....ألخ...

المفرات:

أ‌.         يستفيد:

ب‌.     شتى:

ت‌.     الأهداف: .....ألخ

D.    Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :

1.      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan salam dan mengajak peserta didik untuk berdo’a

2.      Guru memberikan motivasi terhadap peserta didik untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam pembelajaran

3.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui forum absensi,

Inti

1.      Peserta didik diberikan tutorial membaca teks tema الرياضة oleh Guru dan mempelajari materi pembelajaran baik dalam bacaan disiapkan dalam BUKU MATERI Bahasa Arab SMA

2.      Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mandiri untuk membaca teks Bahasa Arab tema الرياضة sekaligus mempelajari materi pembelajaran yang ada di dalamnya

3.      Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang kegiatan pembelajaran

Penutup :

1.      Guru dan peserta didik melakukan refleksi hasil proses pembelajaran di kelas yang telah dilaksanakan

2.      Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan disiplin

3.      Guru memberikan evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan atau mengukur ketuntasan pembelajaran daring

4.      Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran selanjutnya

E.     Penilaian مهارة الإستماع

معايير التقويم )Kriteria Penilaian)

الإسم

جيد جدا

86-95

جيد

75-85

مقبول

46-75

راسب

0-45

 

 

 

 

Dora

 

 

 

 

Dori

 

 

 

 

Maya

 

 

 

 

Laila

 

 

 

 

Putri

Senin, 13 Mei 2024

Bab 10 PAI Rangkuman Tokoh Penyebar Agama Islam di Nusantara

 Rangkuman Materi PAI Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 10 Peran Tokoh Ulama dalam Penyebaran Islam di Indonesia

Assalamualaikum wrwb....

Awal Mula Penyebaran Islam di Indonesia

Sumber sejarah dari Dinasti Tang pada tahun 674 Masehi memberikan petunjuk bahwa memang pada masa-masa awal pertumbuhan Islam, saudagar-saudagar muslim dari Arab sudah memasuki wilayah Nusantara.

Dorongan kuat bagi saudagar-saudagar Arab pada masa-masa awal Islam untuk menyebarkan Islam sampai ke wilayah Nusantara tersebut didorong oleh hadis Rasulullah Saw. yang berbunyi:

Karena kedatangan saudagar-saudagar muslim sejak tahun 674 M tersebut, ternyata belum diikuti dengan penyebaran Islam secara massif di kalangan penduduk pribumi, hingga munculnya para penyebar Islam di tanah Jawa yang dikenal dengan sebutan Wali Songo.

Dalam mengembangkan ajaran Islam di bumi Nusantara para wali memulai dengan beberapa langkah strategis yaitu:

Tadrij (bertahap)

‘Adamul Haraj (tidak menyakiti)

Dakwah Islam Periode Pra Wali Songo

Awal mulanya ada dua teori yang menyebutkan tentang kedatangan Islam di Nusantara, yaitu:

Dari pedagang Arab

Dari Persia

Dari pedagang Arab, Islam masuk ke Indonesia pada pertengahan abad ke-7 berdasarkan buku The Golden Kersonese: Studies in the Historical Geography of The Malay Peninsula Before A.D. 1500, karya P. Wheatley.

Pada abad ke-7 di masa kekuasaan Ratu Simha datangnya para pedagang Arab diberitakan cukup banyak oleh sumber-sumber dari Dinasti Tang di Cina.

Kemudian dalam Islam Comes to Malaysia, S.Q. Fatimi menuliskan bahwa pada abad ke-10 Masehi telah terjadi migrasi keluarga yang berasal dari bangsa Persia, yaitu:

Keluarga Lor

Keluarga Jawani

Keluarga Syiah

Keluarga Rumai

Nah namun terjadi permasalahan tentang sejarah ini yaitu dalam kurun waktu berabad-abad kemudian, tidak ditemukan bukti tentang pernah dianutnya Islam secara luas di kalangan penduduk Nusantara.

Pertanda yang muncul, justru terjadinya semacam penolakan dari penduduk setempat tentang upaya-upaya penyebaran Islam yang mereka lakukan.

Dan baru kemudian pada abad ke-15, yaitu masa dakwah Islam yang dipelopori oleh tokoh-tokoh sufi yang dikenal dengan sebutan Wali Songo, Islam dapat diterima dan diserap ke dalam asimilasi dan akulturasi budaya Nusantara.

Sejarah Dakwah Islam Masa Wali Songo

Dalam buku Sekitar Wali Songo yang dituliskan oleh Solichin Salam, Wali Songo berasal dari Wali dan Songo. Kata wali berasal dari bahasa Arab, suatu bentuk singkatan dari kata waliyullah, yang artinya adalah ‘orang yang mencintai dan dicintai Allah Swt.’ Sedangkan kata songo yang merupakan bahasa Jawa yag berarti ‘sembilan’.

Kemudian ada pendapat menurut Prof. K.H. R. Moh. Adnan, kata Wali Songo merupakan perubahan atau kerancuan dalam pengucapan kata sana yang berasal dari kata tsana (mulia) yang serupa dengan kata terpuji, sehingga menurutnya pengucapan yang benar adalah Wali Sana yang berarti wali-wali yang terpuji.

Sehingga kesimpulannya Wali Songo berarti Wali Sembilan yakni sembilan orang terpuji yang dicintai dan mencintai Allah Swt.







SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT...