Selasa, 15 Juli 2025

Bahasa Arab Kelas 11

 

Mata Pelajaran

BAHASA ARAB

Kelas

XI

Guru Pengajar

Heri Sutopo, M.E.Sy

Pertemuan Ke-

1

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mam pu memahami dan merefleksi berbagai jenis teks visual atau teks multimoda dalam cerita pendek/ artikel/ esai/laporan/buku ten tang berbelanja, kesehatan, berwisata, haji dan umroh, teknologi informasi dan komunikasi, agama-agama di Indonesia, olahraga, pemuda, puisi Arab, peradaban Islam, kuliah di universitas, dengan menggunakan susunan gramatikal:

untuk mengelola informasi dari berbagai jenis teks.

Tujuan Pembelajaran

§  Mengulangi bunyi kosakata dan ungkapan dalam teks tentang التسوق

§  Melafalkan teks bacaan terkait tema التسوق

§  Menyalin kosakata yang di dengar terkait tema التسوق

§  Menyalin 'adad dan ma’dud dari angka yang tersedia

§  Membuat kalimat dengan menggunakan ‘adad yang tersedia

ATP

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.

§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan pertanyaan pemantik materi yang akan diajarkan.

Guru memotivasi peserta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh)

         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi : مهارة القراءة

         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi : مهارة القراءة

         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai : مهارة القراءة

         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait : مهارة القراءة

 

 في السوق



Asesmen

ماذا في السوق؟

أين تشتري الملابس؟

كم ثمن كيلو من التفاحة؟

Tugas

Tuliskan kosa kata Bahasa arab mengenai pasar!

 

Silahkan klik Download Buku Pelajaran Bahasa Arab SMA Kelas 10, 11 & 12.

 

Senin, 14 Juli 2025

BAHASA ARAB KELAS 10 PERT-1

 

Mata Pelajaran

BAHASA ARAB

Kelas

X

Guru Pengajar

Heri Sutopo, M.E.Sy

Pertemuan Ke-

1

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mampu memahami dan merefleksi beberapa paragraf dalam teks visual atau teks multimoda secara interaktif sebagai sarana mempelajari agama dari sumber autentiknya tentang memberi salam dan berkenalan, keluarga dan rumah, sekolah dan lingkungannya, kehidupan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman, dengan menggunakan susunan gramatikal:

untuk memahami informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks.

Tujuan Pembelajaran

§  Peserta didik mampu menulis dengan bahasa Arab

§  Peserta didik mampu membaca teks bahasa Arab

ATP

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.

§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan APLIKASI pertanyaan materi yang akan diajarkan.

صباح الخير؟ ....... صباح النور

كيف حالكم؟....... بخير الحمد لله

ماسمك؟...... إسمي ....أحمد

من أين جئت؟ ....... جئت من تولانج باوانج

ماذا درسنا الآن؟ ....... درسنا الآن " اللغة العربية"

Materi Inti

§  Guru menayangkan beberapa gambar terkait


 dan memperdengarkan audio tentang mufrodat dan ungkapan tersebut

§  Peserta didik diminta mengamati gambar dan mendengarkan audio

§  Peserta didik melafalkan mufradat dan ungkapan tentang  bersamasama

§  Peserta didik diminta menulis mufradat dan ungkapan yang didengar melalui audio pada lembar kerja yang telah tersedia

§  Guru menayangkan video Hiwar tentang : ta'aruf kelas X hiwar tentang  pada channel youtube, peserta didik menyimak dan mengamatinya

 

Evaluasi

صباح الخير؟ ....... صباح النور

كيف حالكم؟....... بخير الحمد لله

ماسمك؟...... إسمي ....أحمد

من أين جئت؟ ....... جئت من تولانج باوانج

Tugas

Tuliskan teks percakapan berikut ke dalam buku catatan anda dari link video berikut ini:

Hiwar tentang : ta'aruf kelas X - YouTube

 Silahkan klik Download Buku Pelajaran Bahasa Arab SMA Kelas 10, 11 & 12.

BAHASA ARAB KELAS 11

 SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Mata Pelajaran

BAHASA ARAB

Kelas

XI

Guru Pengajar

Heri Sutopo, M.E.Sy

Pertemuan Ke-

1

Capaian Pembelajaran (CP)

Peserta didik mam pu memahami dan merefleksi berbagai jenis teks visual atau teks multimoda dalam cerita pendek/ artikel/ esai/laporan/buku ten tang berbelanja, kesehatan, berwisata, haji dan umroh, teknologi informasi dan komunikasi, agama-agama di Indonesia, olahraga, pemuda, puisi Arab, peradaban Islam, kuliah di universitas, dengan menggunakan susunan gramatikal:

untuk mengelola informasi dari berbagai jenis teks.

Tujuan Pembelajaran

§  Mengulangi bunyi kosakata dan ungkapan dalam teks tentang التسوق

§  Melafalkan teks bacaan terkait tema التسوق

§  Menyalin kosakata yang di dengar terkait tema التسوق

§  Menyalin 'adad dan ma’dud dari angka yang tersedia

§  Membuat kalimat dengan menggunakan ‘adad yang tersedia

ATP

§  Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam.

§  Melakukan pembiasaan berdoa, memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, posisi tempat duduk peserta didik dan kebersihan kelas.

§  Guru memberikan motivasi, memberikan pertanyaan pemantik materi yang akan diajarkan.

Guru memotivasi peserta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila (bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif, bergotong royong, serta kebhinnekaan global) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin (taaddub, tawassuth, tathawwur wa ibtikar, dan tasamuh)

         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi : مهارة القراءة

         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi : مهارة القراءة

         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai : مهارة القراءة

         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait : مهارة القراءة

Asesmen

ماذا في السوق؟

أين تشتري الملابس؟

كم ثمن كيلو من التفاحة؟

Tugas

Tuliskan kosa kata Bahasa arab mengenai pasar!


Silahkan klik Download Buku Pelajaran Bahasa Arab SMA Kelas 10, 11 & 12.





Rabu, 04 Juni 2025

SOAL BAHASA ARAB SAT KELAS 10 DAN 11 ( SUSULAN/ REMEDIAL/PERBAIKAN NILAI)

 ASSALAMULAIKUM WRWB



BAGI SISWA-SISWI YANG BELUM SEMPAT MENGIKUTI UJIAN BAHASA ARAB KELAS 10 DAN 11 DAPAT MENDOWNLOAD SOAL PADA LINK BERIKUT INI:


https://drive.google.com/drive/folders/12dAwbj2zsKqKCgRJsFTrEb84Sq9Ro0ME?usp=drive_link

Intruksi:

  • Soal didownload dan di PRINT sesuai jenjang kelas masing-masing
  • dikerjakan di lembar manual/ tulis/ tandai JAWABAN dengan X/ O pada (A, B, C dan D)
  • dan lembar jawaban soal di kumpulkan di hari selasa 10 Juni 2025..
  • terimakasih 


Sabtu, 24 Mei 2025

KISI-KISI BAHASA ARAB KELAS 10 DAN LATIHAN SOAL

 KISI-KISI BAHASA ARAB KELAS 10 

DAN LATIHAN SOAL

 Pilihlah jawaban yang dianggap benar !

Tentukan kalimat pertanyaan atau jawaban yang tepat pada soal berikut ini!

 

الألف

 

1. أَيْنَ تُصَلِّيْ الْمَغْرِبَ؟

2. مَتَى اِسْتَيقَظْتُمْ مِنَ النَّوْمِ؟

3. فِيْ أَيِّ سَاعَةٍ تُصَلِّي الصُّبْحَ؟

4. مَاذَا تَقْرَأُ فِْي الفَصْلِ؟

5. مَا هِوَايَتُكَ؟

6. ......................... ؟ أَنَامُ فِيْ السَّاعَةِ العَاشِرَةِ لَيْلًا

7. ..........................؟ نَقْرَأُ القُرْآنَ بَعْدَ صَلَاة ِالعِشَاءِ

8. ..........................؟ يَأْكُلُ الطَّالِبُ فِيْ الْمَقْصَفِ

9. ..........................؟ أَتَنَاوَلُ الغَدَاءَ فِيْ الْمَطْعَمِ

10.     .........................؟ هِوَايَتِيْ كُرَةُ السَّلَّةِ وَ السِّبَاحَةِ

 

Sempurnakan kalimat dibawah ini dengan pilihan jawaban yang tepat!

 

الباء

11.  أَتَوَضَّأُ قَبْلَ الصَّلَاة ِ.......... الْمِيْضَاءَةِ

12.  يَسْتَيْقِظُ عُمَرُ مِنَ النَّوْمِ ..........................

13.  ....................... إِلَى الْمَدْرَسَةِ صَبَاحًا

14.  ................... الكِتَابَ فِيْ الْمَكْتَبَةِ

15.  الطُّلَّابُ ..................... قِرَاءَةَ القُرْآنِ فِي الصَّبَاحِ

16.  .................. أَبِيْ القَهْوَةَ كُلَّ صَبَاحٍ

17.  تُسَاعِدُ فَاطِمَةُ أُمَّهَا فِْي..........................

18.  نَتَنَاوَلُ العَشَاءَ .................................. لَيْلًا

19.  كَانَتْ الشَّجَرَةُ ............... البَيْتِ 

20.  يَلْعَبُ ................... فِيْ الْمَيْدَانِ


 

Tentukan deskripsi yang tepat pada gambar-gambar berikut ini!

 

الجيم

1.    صُوْرَةٌ 1

أ

 

ب

 

ج

يُصَلُّوْنَ الْمُسْلِمُوْنَ  فِي الْمَسْجِدِ

د

 

 

 

2.    صُوْرَةٌ 2

أ

 

ب

الوَلَدُ يَقْرَأُ القُرْآنَ

ج

 

د

 

 

أ

 

ب

 

ج

يَذْهَبُوْنَ إِلَى الْمَدْرَسَةِ

د

 

3.    صُوْرَةٌ 3

 

أ

 

ب

 

ج

 

د

يَشْتَرِيْ الأَطْعِمَةَ فِيْ الْمَقْصَفِ

4.    صُوْرَةٌ 4

 

5.    صُوْرَةٌ 5

أ

السَّاعَةُ السَّادِسَةُ وَ الرُّبْعُ

ب

 

ج

 

د

 

 

6.    صُوْرَةٌ 6

أ

 

ب

 

ج

 

د

السَّاعَةُ الرَابِعَةُ إِلَّا الرُّبْعَ

 

7.    صُوْرَةٌ 7

أ

 

ب

السَّاعَةُ الوَاحِدَةُ إِلَّا دَقِيْقَتَيْنِ

ج

يُصَلُّوْنَ فِي الْمَسْجِدِ

د

 

 

8.    صُوْرَةٌ 8

أ

 

ب

 

ج

 

د

السَّاعَةُ الثَّانِيَةُ وَ النِّصْفُ

 

9.    صُوْرَةٌ 9

أ

يَلْعَبُ كُرَةَ القَدَمِ

ب

 

ج

يُصَلُّوْنَ فِي الْمَسْجِدِ

د

 

 

10.  صُوْرَةٌ 10

أ

 

ب

 

ج

يُصَلُّوْنَ فِي الْمَسْجِدِ

د

هِوَايَتِيْ صَيْدُ السَّمَكِ

 



















Uratkan kalimat berikut dengan tepat!

 

الدال

 

1.    السَّاعَةِ السَّابِعَةِ – فِيْ – لَيْلًا – العَشَاءَ – نَتَنَاوَلُ.

2.    بَيْتِيْ – كَبِيْرٌ – مَسْجِدٌ - أَمَامَ

3.    إِلَى – الصَّبَاحِ – تَذْهَبُ – السُّوْقِ – فِيْ – الأُمُّ.

4.    مِنَ- أَرْجِعُ – الْمَدْرَسَةِ- الرَّابِعَةِ – فِيْ – مَسَاءً

5.    الْمُدَرِّسُ – عَلَى – يَكْتُبُ – السَّبُّوْرَةِ.

Tentukan kata Bahasa arab yang tepat pada tanda ( ) berikut ini!

عين الكلمات المناسبة داخل القوسين () فيما تأتي!

الهاء

 

6.  تَتَنَاوَلُ عَائِشَةُ العَشَاءَ فِي.ْ.(restoran)

7. أُحِبُّ أَنْ أَطْبَخَ (makanan)  فِيْ الْمَطْبَخِ.

8. السَّاعَةُ (12.55) دَقَائِقَ

9. (Hobiku)   قِرَاءَةُ الكِتَابِ

10.     اِشْتَرَتْ أُمِّيْ (buah-buahan) مِنَ السُّوْقِ

 

 

 

Bahasa Arab kelas 12

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Guru Mapel : Heri Sutopo, M.E.Sy   N ama  Sekolah :  SMA AL-AZHAR 3 BDL Materi Pokok :  BAB 1 -    الريا...