MATERI |
اللغة العربية |
GURU MAPEL |
Heri Sutopo, M.E.Sy |
KELAS |
11 IPA IPS |
KD-3.6: KD: 3.6 Mengemukakan tindak
tutur yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang
dilakukan/terjadi (mudlari’) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional
lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya |
|
TUJUAN PEMPELAJARAN: · Mampu memahami perubahan fi’il mudhari’ · Menyebutkan pola/wazan perubahan fi’il
mudhari · Menghafal 6 pola/wazan perubahan fi’il
mudhari’ · Dapat menempatkan dalam kalimat yang
tepat. |
Pola/ Wazan |
Fi’il (Kata Kerja) |
|
||
Amr (Perintah) |
Mudhari’ (sedang/akan) |
Madhi’ (Lampau) |
Arti |
|
1 |
اِفْعِلْ |
يَفْعِلُ |
فَعَلَ |
|
اضرب |
يَضْرِبُ |
ضَرَبَ |
Memukul |
|
اصبر |
يَصْبِرُ |
صَبَرَ |
Bersabar |
|
اجلس |
يَجْلِسُ |
جَلَسَ |
Duduk |
|
2 |
اِفْعَلْ |
يَفْعَلُ |
فَعَلَ |
|
افتح |
يَفْتَح |
فتح |
Membuka |
|
اسمع |
يقرأ |
قرأ |
Membaca |
|
اذهب |
يذهب |
ذهب |
Pergi |
|
3 |
اُفْعُلْ |
يَفْعُلُ |
فَعَلَ |
|
اسكن |
يسكن |
سكن |
Tinggal |
|
انصر |
ينصر |
نصر |
Menolong |
|
اكتب |
يكتب |
كتب |
Menulis |
|
4 |
اِفْعَلْ |
يَفْعَلُ |
فَعِلَ |
|
العب |
يلعب |
لعب |
Bermain |
|
اسمع |
يسمع |
سمع |
Mendengar |
|
5 |
اِفْعِلْ |
يَفْعِلُ |
فَعِلَ |
|
احسب |
يحسب |
حسب |
menghitung |
|
6 |
اُفْعُلْ |
يَفْعُلُ |
فَعُلَ |
|
اكرم |
يكرم |
كرم |
Menderma |
|
احسن |
يحسن |
حسن |
Menjadi baik |
Penutup:
1. Supaya menghafal 6 pola beserta
contohnya!
·
Tugas Latihan:
o ماذا يفعل الطالب في المدرسة؟
o ماذا تفعل الطالبة في المدرسة؟
Tidak ada komentar:
Posting Komentar