SEKOLAH : SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG
MAPEL : اللغة العربية
KELAS/SEMESTER : XI/ I IPA-IPS
MATER POKOK : الوحدة الأولى : فِيْ البَيْتِ :”Dirumah”
PERTEMUAN : 1
ALOKASI WAKTU : 1 JAM @45 MENIT
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
KD: 3.6 Mengemukakan tindak tutur yang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi (mudlari’) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
o Melafalkan kosa kata-kosa kata baru/ sulit.
o Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat.
o Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat.
o Menceritakan keadaan/ kegiatan sesuai konteks
o Melakukan percakapan tanya jawab sesuai konteks
Appersepsi :
Tentukan jenis fi’il di bawah ini:
أَجْلِسُ : Saya sedang duduk
أَسْتَأْذِنُ: Saya sedang minta izin
يُنَظِّفُوْنَ: Mereka (lk) sedang membersihkan (فعل مضارع) fi’il mudhari’
اُكْتُبْ : tulislah!
قُمْ :Berdirilah!
كُلْ :Makanlah! (فعل أمر) fi’il amri
لَا تَجْلِسْ : jangan duduk kamu (lk)!
لَا تَلْعَبْ :Jangan main kamu !
لَا تَجْرِ :Jangan lari!
MATERI PEMBELAJARAN:
المفردات:
يَغْسِلُ : mencuci
يُشَاهِدُ: menyaksikan
يَكْنُسُ:Menyapu
يَطْبَحُ:Memasak
الدرس السادس : الوحدة الأولى :
1. الاستماع و قراءة المقالة : فِيْ البَيْتِ (الصفحة : 137)
2. الإعتبار عن عرض المقالة : يغسل السيارة : يشرب القهوة : يشاهد التلفاز : ينظف البيت :
3. تحليل القواعد اللغوية : المفردات و الفعل المضارع و الضمائر.
4. التمرين لسانا أو كتابة
PENUTUP
· Guru dan peserta didik membuat kesimpulan pelajaran.
· Memberikan refleksi sederhana terkait kegiatan yang telah dilakukan
· Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran berupa tanya jawab secara lisan.
Tugas:
· Mencari kosakata nama-nama benda seputar lingkungan rumah!
· Mencari kosa kata pekerjaan disekitar rumah!
والسلام عليكم ورحمة الله وربكاته
Tidak ada komentar:
Posting Komentar